alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 11 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d512a0e88b3cb5f773a9ee9/turis-aja-bangga-sama-wisata-dan-budaya-indonesia-masa-kita-engga
Lapor Hansip
12-08-2019 15:57
Turis aja bangga sama wisata dan budaya Indonesia, masa kita engga ?
Past Hot Thread
Turis aja bangga sama wisata dan budaya Indonesia, masa kita engga ?

emoticon-Merdeka INDONESIA BERUSIA 74 TAHUN PADA 17 AGUSTUS 2019emoticon-Merdeka
MERDEKA

emoticon-I Love IndonesiaMERDEKA emoticon-I Love Indonesia

emoticon-I Love IndonesiaMERDEKAemoticon-I Love Indonesia

Sudah sepatutnya bersyukur kepada Sang Pencipta khususnya kita yang menjadi warga negara INDONESIA. Karena Indonesia memang dikenal mempunyai kekayaan alam & budaya  yang sangat menarik perhatian turis asing . Mereka datang berkunjung untuk menikmati keindahan alam di Indonesia karena negara kita berada pada garis khatulistiwa, memiliki kawasan tropis yang menyimpan banyak sekali kekayaan alam. Tidak hanya masyarakatnya saja yang terpesona akan keindahan yan dimiliki Indonesia, namun penjuru dunia takjub akan keindahan kekayaan alam Indonesia, begitu juga budayanya. Tak heran bila Indonesia di penuhi oleh para petualang mancanegara. Berikut ada beberapa spot di Indonesia yang terkenal di mata dunia.

Seperti lirik lagu koes plus

ORANG BILANG TANAH KITA TANAH SURGA.

Ya, memang benar adanya . Kita harus bangga berada di Tanah Air tercinta ini.

Berikut point point yang menurut ane kita harus bangga pada Tanah Air kita .


Quote:ALAM

Turis aja bangga sama wisata dan budaya Indonesia, masa kita engga ?

CANDI BOROBUDUR, JAWA TENGAH

Sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini terletak kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia. Ini salah satu destinasi pilihan para turis. Pasti ada saja wisatawan asing yang datang kesini untuk mengunjungi salah satu tempat yang dulu pernah menjadi 7 keajaiban di diunia.


Turis aja bangga sama wisata dan budaya Indonesia, masa kita engga ?
TAMAN LAUT BUNAKEN, SULAWESI UTARA

Taman laut  Bunaken yang terletak di Sulawesi Utara, Indonesia. Taman ini terletak di Segitiga Terumbu Karang, menjadi habitat bagi 390 spesies terumbu karang. Taman laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman dengan kedalaman yang bervariasi. Dari 20 titik selam itu, 12 titik selam di antaranya berada di sekitar Pulau Bunaken. Dua belas titik penyelaman inilah yang paling kerap dikunjungi penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut. Tidak heran apabila keindahan alam bawah laut Bunaken telah mengundang ribuan petualang lokal dan asing untuk datang berkunjung menyelam disini. Indah banget di bawah sana loh gansis !

Turis aja bangga sama wisata dan budaya Indonesia, masa kita engga ?

GUNUNG JAYAWIJAWA, PAPUA

Buat para pendaki pasti tau dong gunung es yang ada di Indonesia gunung apa? Ya, betul sekali. Puncak Jayawijaya atau Carstensz Pyramid ialah sebuah puncak yang menjadi bagian dari Barisan Sudirman yang terdapat di Provinsi Papua, Indonesia. Puncak Jaya mempunyai ketinggian 4.884 m puncak tertinggi di Indonesia. Menjadi satu- satunya kawasan di Indonesia yang di selimuti oleh butiran es salju. Tidak hanya di Indonesia, Puncak Jayawijaya merupakan puncak tertingi di Australian dan Oceania. Banyak juga pendaki asing ingin menaklukan gunung ini. Proses izin mendaki disini cukup sulit, pendakian menuju puncak Jayawijaya menjadi pendakian termahal gansis.






Di Indonesia beragam suku dan budaya yang beraneka ragam indahnya. Kesenian dari berbagai daerah di Indonesia juga beragam jenisnya.

Harusnya kita sebgai generasi penerus bangsa bisa melestarikan dan menjaga warisan budaya dan kesenian yang telah di wariskan turun temurun oleh nenek moyang kita. Budaya dibuat dengan tatanan dari masing masing adat . Karena budaya di negara kita sangatlah indah dan elok sampai ada  negara lain yang ingin meng-klaim bahwa itu adalah budayanya.

Beberapa budaya & kesenian Indonesia berikut ini pernah diakui oleh negara lain.


Quote:
BUDAYA DAN KESENIAN


Turis aja bangga sama wisata dan budaya Indonesia, masa kita engga ?

WAYANG KULIT

Kesenian yang sudah melekat di masyarakat Indonesia khususnya Jawa, wayang kulit, pernah diklaim Malaysia sebagai kebudayaannya. Hal tersebut karena beberapa orang Indonesia yang menetap di Malaysia sering menghelat pemantasan wayang kulit. Beruntung, kesenian yang berasal dari kata Wah Yang yang artinya menuju kepada roh spiritual, dewa atau Tuhan ini ditetapkan sebagai warisan kebudayaan Indonesia pada 27 November 2003 .

Turis aja bangga sama wisata dan budaya Indonesia, masa kita engga ?

 REOG PONOROGO

Selain pernah mengklaim Wayang Kulit, Malaysia juga pernah mengklaim kesenian Reog Ponorogo pada November 2007. Padahal dari namanya saja sudah jelas, Reog Ponorogo, ada identitas geografis daerah Ponorogo, Jawa Timur. Namun demikian, pihak Malaysia mengatakan bahwa mereka tidaklah menjiplak Reog Ponorogo, melainkan mengkreasikan tari yang disebut 'Barongan'. Sejatinya, perbandingan antara keduanya sangat mirip. Termasuk jika ditelusuri, sejumlah media melansir bahwa kesenian Reog masuk ke Malaysia melalui orang-orang Jawa yang melakukan migrasi ke Johor Bahru. Di sana, kesenian Reog mulai dikenal dan dipentaskan dengan berbagai tujuan.

Turis aja bangga sama wisata dan budaya Indonesia, masa kita engga ?

BATIK

Malaysia pernah mengklaim budaya Indonesia yang satu ini sebagai bagian dari budaya mereka. Untuk menghindari polemik berkepanjangan, pemerintah Indonesia pun segera mendaftarkan batik ke UNESCO untuk mendapatkan pengakuan. Meski telah didaftarkan sejak 3 September 2008, UNESCO baru mengakui batik sebagai warisan budaya Indonesia pada 2 Oktober 2009 setelah dilakukan pengujian.
emoticon-Batikemoticon-Bangga Pake Batik



Turis aja bangga sama wisata dan budaya Indonesia, masa kita engga ?TARI PENDET, BALI

Ternyata pada tahun 2009 Malaysia juga pernah meng-klaim tari - tarian budaya bangsa kita, yaitu tari pendet yang berasal dari Bali. Padahal menurut sejarah tarian ini dulunya diciptakan oleh seorang Maestro yang berasal dari bali yaitu I Wayan Rindi pada Tahun 1967. Dahulunya tari pendet merupakan tarian yang bersifat sakral dan hanya di pentaskan di Pura .



Makanya gansis harus mau menjaga dan melestarikan yah. Jangan nanti mereka nge-klaim itu budaya mereka baru deh kita koar koar bilang bahwa budaya kita diambil. Jangan hanya mengikuti trend luar negeri aja biar hits. Budaya kita bisa menjadi hits dan mendunia kok.

Point yang terakhir ni gansis

cekidot



Quote:
BAHASA


Turis aja bangga sama wisata dan budaya Indonesia, masa kita engga ? 

Bahasa pemersatu kita tentunya Bahasa Indonesia seperti yang tertera pada ikrar sumpah pemuda (27-28 Oktober 1928) . Tapi apakah gansis tau jumlah bahasa daerah dari sabang sampai merauke jika semua di akumulasikan ?

Menurut BPS tahun 2010 terdapat 1211 bahasa di Indonesia (1158 bahasa daerah).

emoticon-pencetsumber BPS 2010

Berikut ini ada fakta unik agar gansis juga menjadi bangga akan bahasa kita di kancah Internasional :


1. Dijadikan Bahasa Resmi Ke-2 di Vietnam
2. Bahasa Indonesia dipelajari lebih dari 45 Negara di dunia
3. Wikipedia Bahasa Indonesia Menduduki Peringkat Ke-26 di Dunia dan Terbesar Ke-3 di Asia
4. Bahasa Indonesia Bahasa Ketiga yang Paling Banyak Digunakan pada Wordpress
5. Bahasa dan Musik Indonesia Dikirim ke Luar Angkasa
6. Keunikan Angka dalam Bahasa Indonesia
7. Pusat Studi Indonesia di Afrika
8. Menjadi Bahasa Pilihan di Situs Klub Sepakbola
9. Bahasa Lama di Jepang
10. Bahasa Resmi untuk ASEAN








emoticon-terimakasihSekian Thread dari ane emoticon-terimakasih



Turis aja bangga sama wisata dan budaya Indonesia, masa kita engga ?





Diubah oleh yenyoktafia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
keylakey dan 19 lainnya memberi reputasi
20
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 6
13-08-2019 23:05
Quote:Original Posted By wiskey31
Pernah liat org indo selfie pake kimono atw hanbok?
emoticon-Bingung
Kadang kita emang suka kebolak-balik


Kayaknya perumpamaan "rumput tetangga keliatan lebih hijau" emang bener adanya sampe bikin kita ketuker2🤔 harus dipupuk lagi cinta indonesianya nihh
profile-picture
yenyoktafia memberi reputasi
1
13-08-2019 23:07
Quote:Original Posted By Kdeantz
Kalo lagi di LN sering kangen Indonesia...
sering ke temu bule pakai batik.. sayang saat di tanya mereka ngak tau asalnya, cuma suka coraknya..


Wadaw padahal udah diakui UNESCO, memang dari kitamya harus digencarin lagi berarti supaya dunia tau itu dari indonesia🤔
profile-picture
yenyoktafia memberi reputasi
1
13-08-2019 23:09
Quote:Original Posted By amispelem
Buat bahasa itu bahasa indo apa bahasa daerah gan? Soalnya sekarang perusahaan besar mintanya pake bahasa inggris gimana tuh?


Beda konteks kalo perbandingan ke persyaratan kerja gan. Kalo perusahaan besar (apalagi multinasional) pasti minta kemampuan bahasa inggris karena memang paling universal itu. Kalo soal kebanggaan budaya tentunya kita harus bisa melestarikan bahasa indonesia dan minimal daerah masing2
Cmiiw
profile-picture
yenyoktafia memberi reputasi
1
13-08-2019 23:11
Quote:Original Posted By zhenya
Berterimakasilah kpd mereka, kalo tdk di klaim kan tidak mungkin di perhatikan..
Tunggulah pulau terjauh di Indonesia di klaim pasti langsung di perhatikan..


Wkwkwk bener juga nih, kita kagak ngelestariin pas diadopsi orang langsung ngomel. Cukup tersadarkan dengana adanya klaim2 tapi harusnya sekarang kita jangan tunggu klaim lagi wkwk
profile-picture
yenyoktafia memberi reputasi
1
13-08-2019 23:12
Ane pribadi bangga dengan keberagaman budaya di indonesia terutama dari segi kuliner karena banyak makanan2 daerah yg rasanya luar biasa enak parah gengs:3
profile-picture
yenyoktafia memberi reputasi
1
13-08-2019 23:16
mantap banget memang Indonesia 😍
profile-picture
yenyoktafia memberi reputasi
1
13-08-2019 23:33
Quote:Original Posted By yenyoktafia
Mau kasi sepuluh cendol cuma bisa lempar satu sih gan . Setuju bgt emang sampah kita aja udh sampe negara Thailand loh (kemarin ane liat thread nya) makasih sudah komen gan :terimakasih


Nuhun gan..
Ada banyak yang berpikir gan
Tapi sedikit yang berbuat

Sama2 jaga alam, sama2 indonesia.
Ga usah tunggu orang, mulai dari diri sendiri. Toped aja bilang ," Mulai aja dulu "
Buang sampah pada tempatnya !


Cheersemoticon-excited
profile-picture
yenyoktafia memberi reputasi
1
14-08-2019 00:10
Aku cinta Indonesia😍
profile-picture
yenyoktafia memberi reputasi
1
14-08-2019 01:05
Batik ajaa dipake sama tokoh tokoh duniaa kaya nelson mandela, beyonce. Malah joe jonas pernah make jaket yang gambarnya mangkok ayam bakso wkwkwkwk. Haruss bangga dongg sm budaya kitaa, tp jangan bangga doang kalo bisa ikut lestarikan dan tetep menjaga
profile-picture
profile-picture
yenyoktafia dan dhikapradana memberi reputasi
2
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
14-08-2019 05:11
disini masih pada muja2 budaya sekulernya barat emoticon-Mad
profile-picture
yenyoktafia memberi reputasi
1
14-08-2019 06:10
kenapa turis bangga, takjub, terpesona? karena yang mereka lihat adalah sesuatu yang berbeda dari apa yang ada di negaranya. kebudayaan, keanekaragaman, keramahan, alamnya tapi kalo mereka lihat jeroan indonesia, mungkin mereka bakal bilang amit2 jabang bayi
profile-picture
yenyoktafia memberi reputasi
1
14-08-2019 06:17
Wisata dan budaya nusantara sangat beragam silahkan dikondisikan. Karena memang wisata itu membuat orang menjadi mengeluarkan biaya, agar diatur lebih bagus lagi.
profile-picture
yenyoktafia memberi reputasi
1
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
14-08-2019 06:27
Harus bangga dong...
Dan pastinya ga cuma bangga tapi ikut melestarikan dan melindunginya
profile-picture
yenyoktafia memberi reputasi
1
14-08-2019 06:30


Quote:Original Posted By mars1234
Batik ajaa dipake sama tokoh tokoh duniaa kaya nelson mandela, beyonce. Malah joe jonas pernah make jaket yang gambarnya mangkok ayam bakso wkwkwkwk. Haruss bangga dongg sm budaya kitaa, tp jangan bangga doang kalo bisa ikut lestarikan dan tetep menjaga

Iya gan batik emang udah mendunia sih, udah diakui unesco... Ane inget tuh jaketnya joe jonas lucu banget hahaha...
Yap emang harus banget melestarikan, boleh mengagumi budaya luar tapi jangan lupa kultur indonesia ya
profile-picture
yenyoktafia memberi reputasi
1
14-08-2019 09:54
ts, bikin trit tentang apa saja yang malaysia curi dari negara indonesia dan negara lain dnk
profile-picture
yenyoktafia memberi reputasi
1
14-08-2019 12:15
Yang bilang nggak bangga siapa gan emoticon-Big Grin
profile-picture
yenyoktafia memberi reputasi
1
14-08-2019 13:22


Quote:Original Posted By Cikklancang
ts, bikin trit tentang apa saja yang malaysia curi dari negara indonesia dan negara lain dnk


Oke gan makasi masukannya
0
14-08-2019 15:32
Quote:Original Posted By farinamany
benerrr turis suka liat warisan budaya sama peninggalan peninggalan sejarah di indonesia


Alhamdulillahhh ada yang sependaapatttt hahaha bener nih yee gan berarti ane kagak salah yaa? Hahaha takutnya salah gituuu kan ntar menyesatkan wkwk
profile-picture
yenyoktafia memberi reputasi
1
Halaman 5 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.