alexa-tracking
Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.89 stars - based on 9 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d524bda6df2312c94429979/unik-kuliner-indonesia-ini-berbahan-dasar-jeroan
Lapor Hansip
13-08-2019 12:34
Unik! Kuliner Khas Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan
Past Hot Thread
Unik! Kuliner Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan
Sumber gambar Di sini

Halo, Agan dan Sista. Ketemu lagi di trit ane. Kalo berbicara kuliner indonesia, memang tidak ada matinya. Begitu cerdasnya bangsa kita, jeroan yang sebagian orang dianggap menjijikkan, karena memang tempat kotoran, bisa disulap jadi makanan yang mampu membuat kita mengangkat jempol, sambil bergoyang lidah.

Dicampur dengan rempah-rempah khas nusantara, menambah kecintaan kita terhadap warisan kuliner bumi pertiwi.

Berikut ini kuliner khas indonesia yang berbahan dasar jeroan.

1. Sate Usus
Unik! Kuliner Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan
Sumber gambar Di sini

Usus ayam bisa menjadi makanan yang lezat jika diolah dengan cara yang tepat. Salah satunya dijadikan sate. Menggunakan bumbu ungkep kuning atau bumbu bacem, sate usus dimasak terlebih dahulu. Kemudian digoreng atau bisa langsung disajikan. Selain dibuat sate, usus ayam juga dapat dijadikan keripik, rasanya yang gurih cocok untuk dijadikan camilan atau lauk pendamping nasi.

2. Paru Goreng
Unik! Kuliner Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan
Sumber gambar Di sini

Paru sapi adalah salah satu jetoan memiliki banyak penggemar. Memiliki tekstur yang halus, kenyal, dan aroma yang tidak menyengat. Sebelum diolah sebaiknya paru direbus dulu dengan rempah-rempah, untuk menghilang bau dan supaya empuk. Setelah direbus, diolah lagi dengan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan. Baru kemudian paru dapat digoreng.

3. Soto Babat
Unik! Kuliner Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan
Sumber gambar Di sini

Jeroan yang digunakan adalah bagian babat sapi. Babat adalah bagian yang berasal dari lambung hewan. Soto babat disajikan dengan irisan tomat, daun bawang, dan kerupuk emping. Untuk kuah, Agan dan Sista bisa memilih, mau berkuah bening atau bersantan.

4. Momoh Kendal
Unik! Kuliner Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan
Sumber gambar Di sini

Dari namanya saja kita sudah bisa menebak. Yup, kuliner ini berasal dari Kendal, Jawa tengah. Berbahan dasar jeroan sapi atau kepala dan kaki kambing. Dicampur dengan racikan bumbu-bumbu dan rempah pilihan, makanan yang satu ini diyakini dapat meningkatkan stamina, terutama kaum adam.

5. Gulai Tambusu
Unik! Kuliner Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan
Sumber gambar Di sini

Berasal dari Padang, Sumatra Barat. Gulai Tambusu adalah usus sapi yang didalamnya berisi tahu, telur dan bumbu-bumbu. Rasanya yang pedas dan gurih, dicampur dengan kuah gulai, cocok untuk menemani sepiring nasi hangat.

6. Bacem Jeroan Sapi
Unik! Kuliner Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan
Sumber gambar Di sini

Bagi penggemar jeroan, kuliner ini patut dicoba. Rasanya yang legit dan gurih ditambah teksturnya yang khas, membuat makin nagih. Jeroan yang dipilih haruslah benar-benar segar, supaya tidak mengubah rasa dan bau.

7. Nasi Goreng Piritan
Unik! Kuliner Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan
Sumber gambar Di sini

Berasal dari Jawa Barat. Berbahan dasar nasi dan jeroan ikan. Ikan yang digunakan adalah ikan mas. Jeroan ikan dibersihkan, kemudian digoreng setengah kering. Di racik dengan bumbu-bumbu, kemudian masukkan nasi, dimasak seperti nasi goreng pada umumnya. Disajikan dengan irisan timun, irisan tomat dan kerupuk.


Kuliner selalu berinovasi memenuhi tantangan zaman, tapi warisan leluhur harus tetap kita jaga kelestariannya.


Sampai berjumpa lagi, di trit ane berikutnya. Terima kasih atas apresiasinya. Selamat beraktifitas.
Diubah oleh iissuwandi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 27 lainnya memberi reputasi
28
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 9 dari 12
13-08-2019 23:29
meskipun jeroan, ttp mantul ye kan gan... mantul nih thread inspiratif dan informatif gini gan...
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan RetnoQr3n memberi reputasi
2
13-08-2019 23:37
Favorit ane kripik usus sama sate usus, hati ayam goreng emoticon-Wowcantik emoticon-Genit
Diubah oleh pinknam00
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan RetnoQr3n memberi reputasi
2
13-08-2019 23:40
bikin ngiler semua. awas kalap 🤣🤣🤣
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan RetnoQr3n memberi reputasi
2
13-08-2019 23:45
Hanya di +62 daleman aka jeroan diolah jadi makanan wkwkw
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan RetnoQr3n memberi reputasi
2
Lihat 1 balasan
14-08-2019 00:11
Aaaa sate usus😍 Jadi pengenn
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan RetnoQr3n memberi reputasi
2
14-08-2019 00:34
Kalo sate usus mah masih enak apalagi usus gorengnya pecel ayam wkwkkwk tapi kalo jeroan jeroan lainn gaa berani anee dan belum pernah coba, gaberani coba jugaa karena udah ngebayangin duluan sebelum dimakan hahahaha apasihh emangg rasanya tuh jeroan jeroan yg lain selain usus wkwkkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 2 lainnya memberi reputasi
3
14-08-2019 01:32
Makanan pembunuh paling cepat ...... jeroan .... di LN dimakan buat anjing ...., makan aja tu semua jeroan .... paling kena kanker ujung2 nya .... atau kolesterol ....
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan RetnoQr3n memberi reputasi
2
Lihat 1 balasan
14-08-2019 01:35
gak ada coto makassar
padahal di coto makassar smua jeroan ada
Unik! Kuliner Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan
Diubah oleh brunomydog
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan RetnoQr3n memberi reputasi
2
14-08-2019 01:40
Quote:Original Posted By neo_mx
Makanan pembunuh paling cepat ...... jeroan .... di LN dimakan buat anjing ...., makan aja tu semua jeroan .... paling kena kanker ujung2 nya .... atau kolesterol ....


Bner hu @priamuda69
Tmen nubi di blanda mau beli jeroan buat diolah dan di konsumsi sndiri
Malah di bilangin ama yg jual "ini buat dogy ny yah??"
Dari pada panjang x lebar tmen nubi iya in aja dan cepet2 pulang
emoticon-Shutup
Diubah oleh brunomydog
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan RetnoQr3n memberi reputasi
2
Lapor Hansip
14-08-2019 04:53
Balasan post be46
Quote:Original Posted By be46
Hanya di +62 daleman aka jeroan diolah jadi makanan wkwkw


Di inggris juga ada santapan jeroan. Jeroan domba. emoticon-Leh Uga

Makanan yg disebut puding malah awalnya pakai bahan dasar darah ternak emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan RetnoQr3n memberi reputasi
2
Lapor Hansip
14-08-2019 04:56
Balasan post neo_mx
Quote:Original Posted By neo_mx
Makanan pembunuh paling cepat ...... jeroan .... di LN dimakan buat anjing ...., makan aja tu semua jeroan .... paling kena kanker ujung2 nya .... atau kolesterol ....


Yah makan sewajarnya bro emoticon-Recommended Seller

Klo gak tahu ngolahnya yah gak enak. Wajar orang bule gak makanin karena bumbu masak mereka lebih sedikit dibanding orang Asia. emoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan RetnoQr3n memberi reputasi
2
14-08-2019 05:55
Quote:Original Posted By iissuwandi
mari makan


Ane suka soto babat, tapi abis itu asam urat
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1
14-08-2019 05:59
Quote:Original Posted By khadapy94
ane trauma sama soto babat, kalau liat handuk bawaannya kaya liat babat.


Mirip-mirip gtu ya
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan khadapy94 memberi reputasi
2
14-08-2019 06:14
makanan ekstrim versi kearifan lokal, hati2 kolestrol
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1
14-08-2019 06:21
Sedap semua bre. Yang ga doyan bahkan jijik banyak juga sih kaya page belakang. Die kagak nikmatnya soto babat, atau sate usus yang pengolahannya bener. Beghhhj


Ada lagi yang super mantul juga. Kwe kia theng. Jeroan babik. Dah babik haram, jeroannya lagi. Telinga babiknya kriuk keiuk. Mantap betul.


emoticon-Ngakak
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
14-08-2019 06:32
Nice thread gan...
Indonesia emang luar biasa, jeroan aja bisa dimasak jadi sedemikian rupa dan enak enak banget...
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1
14-08-2019 06:34


Quote:Original Posted By Kaskus3010
Kalo sate usus mah masih enak apalagi usus gorengnya pecel ayam wkwkkwk tapi kalo jeroan jeroan lainn gaa berani anee dan belum pernah coba, gaberani coba jugaa karena udah ngebayangin duluan sebelum dimakan hahahaha apasihh emangg rasanya tuh jeroan jeroan yg lain selain usus wkwkkwkwk

Enak lho gan.. Kaya ati ampela babat... Ane sih suka banget sama babat asal dimasaknya bener, tapi kayanya jeroan emang harus dimasaknya bener deh kalau ngga jadi fail rasanya ya
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1
14-08-2019 08:17
jeroan oseng mercon
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1
14-08-2019 08:47
Quote:Original Posted By iissuwandi
Bagi yang doyan endezz, ada juga pepes jeroan ikanemoticon-Peluk


Ane biasanya ga masalah sama extreem food. Tapi pas denger jeroan ikan..... Eu....
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1
Halaman 9 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.