agungdar2494
TS
agungdar2494
Gak Mesti Kaya! Agan Bisa Punya Mobil dan Rumah, Begini Nih Caranya!
7 Langkah Membuat Rencana (Finance Planning) Menjadi Nyata


Sumber Foto : Pinterest

Quote:


Pernah gak gansist, merasa pengen banget beli sesuatu hingga akhirnya menabung dari jauh hari, tetapi pada saat uang kekumpul, merasa sayang banget ngeluarin uangnya wkwkwk. Atau, pernah gak pakai kartu kredit untuk beli barang-barang karena cicilan 12 bulan rasanya gak begitu berat? eh tapi ketika cicilan mulai berjalan, tiba-tiba pusing bayar karena akumulasi cicilan pada akhirnya juga bikin berat (karena terlalu banyak yang dicicil).

Berdasarkan istilah ane sendiri, dana yang kita gunakan dari kartu kredit itu adalah "dana masa depan", sebab kita mengandalkan pembayaran tagihan dengan asumsi dana dari masa depan (singkatnya, ngutang, bayar belakangan).

Bicara perihal masa depan tentu menjadi perbincangan yang sangat menarik. 

Untuk membuat perbincangan ini semakin bermanfaat, mari kita bahas (sedikit) mengenai financial planning nya juga.

Apa itu financial Planning ? adalah strategi atau perencanaan yang dibuat oleh individu atau bahkan kelompok guna mencapai tujuan-tujuan finansial. Sebagai manusia dengan segala keinginannya, tentu wajar jika kita punya impian untuk membeli rumah, mobil, pesawat dan sebagainya. Nah, untuk mewujudkan hal tersebut langkah pertama adalah dengan membuat rencana-rencana yang komprehensif.



Sumber Foto : Pinterest
Quote:




Sebagai manusia memiliki banyak keinginan tentu adalah hal yang wajar. Nah menurut ane, pertanyaannya bukanlah tentang "apa bisa?" melainkan "bagaimana agar bisa?" 

Berikut ane rangkum 7 Tahapan Membuat Rencana Ini Menjadi Nyata :

1. Audit (Muhasabah) Keuangan Kita Saat Ini.

Gansist, tahap pertama dalam finance planningini adalah dengan bermuhasabah diri. Uang kita sekarang ada berapa, hutang dan tagihan kita ada berapa. Anggap ini sebagai modal awal, yang kemudian dari sini kita akan merencanakan sesuatu.

2. Cermati Pengeluaran Sebelumnya.

Kalo ane sih rutin mencatat di excel, tiap hari ane keluarin uang berapa dan buat apa. Tujuannya adalah agar ane mengetahui, biaya apa sih yang paling besar ane keluarin setiap bulan. Dan biaya mana saja sih yang bisa ane tekan.

3. Latihan Menekan Kebutuhan Pelengkap.

Kebutuhan Pelengkap ini berbeda-beda ya setiap orang, tetapi bagi ane pribadi masih menganggap biaya seperti kuota internet itu adalah pelengkap (masih bisa disesuaikan, agansist gimana?), namun bagi sebagian yang lain internet sudah termasuk kebutuhan pokok ckckck (kalo gak ada internet mati kutu).  Contoh lain dari kebutuhan lengkap adalah jajan diluar, pulsa, perlengkapan mandi mahal (cari yg murah dan diskon aja, toh yang penting bersih dan wangi).

4. Lakukan Penganggaran Satu Bulan Kedepan!

Penganggaran adalah sebuah konsep perencanaan kegiatan yang dinyatakan berdasarkan satuan nilai (keuangan). Sebagai perencana yang baik, kita harus mampu menganggarkan dana yang kita miliki saat ini terhadap kebutuhan yang akan kita hadapi di satu bulan kedepan. Kalo mampu anggarkan untuk satu tahun kedepan (kayak APBN versi agan pribadi ckckck).

Bagi kebutuhan menjadi tiga tingkatan,

a. Kebutuhan Pokok (Gak bisa Nggak) 50%
Sewa Rumah (Kos, Kontrak), Transportasi (Bensin, Servis, Ojol), Perlengkapan (Mandi, Dapur, Rumah Tangga), Belanja Bulanan (Beras, dsb), atau Makan Sehari-hari (Khusus anak kos).

b. Kebutuhan Masa Depan (Financial Planning) 30%
Iuran Pensiun, Cicilan Kartu Kredit (Hutang), Tabungan, dan Simpanan Dana Darurat.

c. Kebutuhan Pelengkap 20%
Kuota Internet, Pulsa, Pakaian Baru, Jajan di Luar, Rencana Liburan.

5. Buat Daftar Yang Ingin di Beli di Masa Depan.

Ini serius, efektif banget buat memicu motivasi gansist. Misal ane pribadi nih, berencana tahun depan pengen menikah (curhat eak), oleh sebab itu ini ada di daftar pertama dari goals ane.
kolom yang dibutuhkan adalah Target Nabung Per Bulan, Realisasi Target Per Bulan, Total Biaya (Anggaran), dan Sisa Target.


Sumber : Dokpri (Anggaran Bukan Sebenarnya)

Waktu target juga disesuaikan dengan kemampuan menabung ya gansist, jangan dipaksakan. Tetapi percaya saja, bahwa kita punya tuhan yang mengabulkan segala doa, dan menghargai setiap usaha.

6. Manfaatkan Segala Sumber yang Bisa Menambah Penghasilan.

Penghasilan, tidak hanya gaji. Masih banyak pintu-pintu lain. Misal, menulis di kaskus sebagai Kaskus Kreator (ikut event, dan ngandelin view wkwk). Buka usaha jasa titip, ngojek online, ngerjain skripsi orang (eh), dan banyak lagi. Jangan menyerah jika gaji hanya UMR. Karena ingat, bahwa rezeki bukan cuma ada di 1 pintu, banyak pintu lain. Gedor aja!

7. Stick to Your Plan! (Konsisten dan Disiplin)

Dan ini langkah terakhir, yang gak sulit juga gak mudah, adalah konsisten dan disiplin terhadap rencana dan target yang sudah dibuat. 

8 (Bonus). Bersedekah!

Gansist percaya kan, bahwa setiap kali kita bersedekah. Rezeki kita akan berlipat ganda, ane udah membuktikan ini berkali-kali. Khususnya ketika rezeki ane, ane bagi ke kaum dhuafa. Lebih daripada itu, bersedekah saja dengan ikhlas, masalah rezeki itu bonus, dan kita kembalikan saja hak progretifnya pada tuhan yang maha esa.

Gimana gan sist? applicable,bukan? 

Quote:

 
Sekian thread dari saya, semoga berkenan. 
Kalau mungkin ada saran lain, mari berdiskusi dengan hati dan jiwa yang lapang.

Quote:







Quote:
Diubah oleh agungdar2494 22-08-2019 09:36
Mutimumut11tata604wadonsubur
wadonsubur dan 57 lainnya memberi reputasi
58
14.1K
204
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Perencanaan Keuangan
Perencanaan Keuangan
icon
9.1KThread5.5KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.