ceuhetty
TS
ceuhetty
Dage Bule Dan Dage Exotic, Limbah Kelapa Yang Super Lezatos
Aneka ragam manfaat kelapa



Holla kaskuser lovers! Lagi pada ngapain nih? Kalau ane sih, lagi boring banget nih, Gansist!

Laper tapi bosen liat menu yang itu-itu aja. Pengennya mencoba sesuatu yang baru atau menu yang udah lama gak diicip. Biar sensasi enak sama kangennya lumer serta meleleh bersamaan.

Duhlah, gegara perut keroncongan, tapi lidah sama mulutnya lagi pada demo. Jadinya imajinasi ane yang berkeliaran.

Ane jadi ngebayangin masakan rumah di kampung. Masakan yang ala kadarnya tapi nikmatnya luar biasa. Salah satunya adalah kuliner ndeso tapi super lezatos. (Dage GalendoMakanan favorit tapi jarang banget bisa dinikmati.

Masalahnya, untuk dapetin makanan ini tuh susah-susah gampang. Karena komposisi utamanya terbuat dari limbah pembuatan minyak kelapa.

What, limbah? Emang enak? Emang bisa? Emang bisa enak?

Dage adalah nama jenis makanan yang diproses dengan cara dieram atau didiamkan selama beberapa hari. Dage memiliki banyak ragam cita rasa. Tergantung dari bahan dasarnya.

Di antaranya ada Dage galendo karena terbuat dari galendo, dage kacang kedelai, kacang tanah, wijen, lamtoro, dst.



Untuk memperkaya cita rasa Dage Galendo, biasanya dimasak dengan ditambahi bumbu-bumbu seperti; Daun salam, daun kemangi, serai, cabe dan garam.Kemudian dikukus atau digoreng. Lalu, disantap dengan nasi yang masih mengepul.

Just for your informasion di daerah Pajampangan sekarang makanan ini lagi naik daun, alias lagi nge-hits banget. Padahal sudah ada sejak dahulu kala guys! Tapi baru ngetop-nya sekarang.

Karena terbuat dari limbah pembuatan minyak kelapa, maka untuk mendapatkanGalendo itu berarti kita harus membuat minyak kelapa . Apa ada yang sudah tau caranya? Kalau belum, ayo merapat!

Spoiler for Minyak kelapa :


Pertama; pilih kelapa yang benar-benar sudah tua, biasanya ditandai dengan batok yang berwarna coklat tua. Setelah dibersihkan, parut dan peras daging kelapa untuk mengeluarkan air santannya.

Setelah itu, air santan direbus hingga mendidih. Biasanya memerlukan waktu yang cukup lama dengan nyala api yang besar, agar santan berubah menjadi minyak yang bagus. Setelah santan berubah menjadi minyak, di bawah kuali paling dasar biasanya akan terdapat endapan yang disebut Galendo

Belakangan ini peminat dage membludak, memaksa sang pengrajin putar otak. Betapa tidak? Sebab untuk memanen kelapa tua tidak mungkin dilakukan setiap hari. Oleh sebab itulah kemudian para produsen Dage Galendo berinisiatif mengolah pula kelapa yang setengah tua. Dan ternyata hasil Galendo-nya justru malah lebih endos.

Perbedaan yang mencolok dari dua jenis dage sama-samaGalendo ini adalah dari warnanya. Jika kelapa tua akan menghasilkan Galendo yang berwarna coklat, maka kelapa setengah tua akan menghasilkan Galendo berwarna putih. Karena warna putih itulah kemudian ia mendapat julukan Dage Bule.



Terlanjur ngebahas kelapa. Marilah kita sekalian saja ngebahas segala tentang yang berkenaan dengannya.

:goyang

Apa Gansist pernah ngerasain air bunga kelapa yang disadap? Itu tuh yang cikal bakal jadi gula merah. Rasanya manis, sama persis dengan sadapan air nira.

Untuk mengolah menjadi gula itu butuh perjuangan panjang gansist! Waktu yang dibutuhkan untuk merebusnya dan menjadi gula itu cukup lama. Serta harus selalu berada di atas kobaran api yang besar.

Setelah air sadapan mengental dan biasanya berwarna kecoklatan. Langkah selanjutnya adalah mengaduk-aduk adonan gula sampai benar-benar padat. Lalu dicetak dengan menggunakan cetakan khusus. Biasanya terbuat dari bambu, batok kelapa, atau paralon.

Biarkan adonan dalam tatakan khusus, hingga gula benar-benar keras. Setelah benar-benar dingin, barulah dilakukan packing. Biasanya pembungkus yang dipakai juga ramah lingkungan. Yakni; memakai daun kelapa kering. Akhirnya gula pun tampil menarik serta memiliki bau dan ciri yang khas.




Untuk memperkaya pengetahuan kita tentang manfaat kelapa si serba guna, silahkan baca thread ini sampai selesai ya, Gansist.

Quote:


Demikian thread ane kali ini dan semoga bermanfaat. Jangan lupa baca klik poto Avatar untuk membaca thread ane yang lainnya. Share, rate, subscribe and follow me, sangat dipersilakan.

Gansist juga boleh kasih kritik dan saran, di kokom ya. Untuk thread yang lebih baik lagi.

Selamat menikmati hari Gansist! Dan jangan lupa bahagia. See you ....








Writer : Ceuhetty
[URL=https:S E N S O R.com/cse?cof=FORID:0&q=manfaat%20akar%20kelapa&ref=IME2_KSS_B&cx=partner-pub-8558226521654845:3586758231]Referensi [/URL]
Pict : Facebook ,here
Diubah oleh ceuhetty 25-09-2021 13:58
danQebangshishigamiswiitdebby
swiitdebby dan 26 lainnya memberi reputasi
27
9.2K
159
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread11.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.