alexa-tracking
Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d524bda6df2312c94429979/unik-kuliner-indonesia-ini-berbahan-dasar-jeroan
Lapor Hansip
13-08-2019 12:34
Unik! Kuliner Khas Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan
Past Hot Thread
Unik! Kuliner Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan
Sumber gambar Di sini

Halo, Agan dan Sista. Ketemu lagi di trit ane. Kalo berbicara kuliner indonesia, memang tidak ada matinya. Begitu cerdasnya bangsa kita, jeroan yang sebagian orang dianggap menjijikkan, karena memang tempat kotoran, bisa disulap jadi makanan yang mampu membuat kita mengangkat jempol, sambil bergoyang lidah.

Dicampur dengan rempah-rempah khas nusantara, menambah kecintaan kita terhadap warisan kuliner bumi pertiwi.

Berikut ini kuliner khas indonesia yang berbahan dasar jeroan.

1. Sate Usus
Unik! Kuliner Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan
Sumber gambar Di sini

Usus ayam bisa menjadi makanan yang lezat jika diolah dengan cara yang tepat. Salah satunya dijadikan sate. Menggunakan bumbu ungkep kuning atau bumbu bacem, sate usus dimasak terlebih dahulu. Kemudian digoreng atau bisa langsung disajikan. Selain dibuat sate, usus ayam juga dapat dijadikan keripik, rasanya yang gurih cocok untuk dijadikan camilan atau lauk pendamping nasi.

2. Paru Goreng
Unik! Kuliner Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan
Sumber gambar Di sini

Paru sapi adalah salah satu jetoan memiliki banyak penggemar. Memiliki tekstur yang halus, kenyal, dan aroma yang tidak menyengat. Sebelum diolah sebaiknya paru direbus dulu dengan rempah-rempah, untuk menghilang bau dan supaya empuk. Setelah direbus, diolah lagi dengan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan. Baru kemudian paru dapat digoreng.

3. Soto Babat
Unik! Kuliner Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan
Sumber gambar Di sini

Jeroan yang digunakan adalah bagian babat sapi. Babat adalah bagian yang berasal dari lambung hewan. Soto babat disajikan dengan irisan tomat, daun bawang, dan kerupuk emping. Untuk kuah, Agan dan Sista bisa memilih, mau berkuah bening atau bersantan.

4. Momoh Kendal
Unik! Kuliner Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan
Sumber gambar

Dari namanya saja kita sudah bisa menebak. Yup, kuliner ini berasal dari Kendal, Jawa tengah. Berbahan dasar jeroan sapi atau kepala dan kaki kambing. Dicampur dengan racikan bumbu-bumbu dan rempah pilihan, makanan yang satu ini diyakini dapat meningkatkan stamina, terutama kaum adam.

5. Gulai Tambusu
Unik! Kuliner Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan
Sumber gambar Di sini

Berasal dari Padang, Sumatra Barat. Gulai Tambusu adalah usus sapi yang didalamnya berisi tahu, telur dan bumbu-bumbu. Rasanya yang pedas dan gurih, dicampur dengan kuah gulai, cocok untuk menemani sepiring nasi hangat.

6. Bacem Jeroan Sapi
Unik! Kuliner Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan
Sumber gambar Di sini

Bagi penggemar jeroan, kuliner ini patut dicoba. Rasanya yang legit dan gurih ditambah teksturnya yang khas, membuat makin nagih. Jeroan yang dipilih haruslah benar-benar segar, supaya tidak mengubah rasa dan bau.

7. Nasi Goreng Piritan
Unik! Kuliner Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan
Sumber gambar Di sini

Berasal dari Jawa Barat. Berbahan dasar nasi dan jeroan ikan. Ikan yang digunakan adalah ikan mas. Jeroan ikan dibersihkan, kemudian digoreng setengah kering. Di racik dengan bumbu-bumbu, kemudian masukkan nasi, dimasak seperti nasi goreng pada umumnya. Disajikan dengan irisan timun, irisan tomat dan kerupuk.


Kuliner selalu berinovasi memenuhi tantangan zaman, tapi warisan leluhur harus tetap kita jaga kelestariannya.


Sampai berjumpa lagi, di trit ane berikutnya. Terima kasih atas apresiasinya. Selamat beraktifitas.
Diubah oleh iissuwandi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
azid12353 dan 32 lainnya memberi reputasi
33
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 6 dari 14
13-08-2019 19:31
Quote:Original Posted By diandraps
nah bner bgt gan, setahu ane juga gitu. bahkan dulu ada cerita, waktu ada tamu dari us datang ke indo merasa heran, kenapa menu yang disajikan ada yang berbahan jerohan wkwk pdahal disana buat makan hewan emoticon-Ngakak


Kalo di luar negeri memang jadi sampahemoticon-Ngakak
profile-picture
diandraps memberi reputasi
1
13-08-2019 19:32
Quote:Original Posted By gagalbunting
Ane penggemar jeroan apalagi ati emoticon-Big Grin


Asal jangan makan hati, atiit, Ganemoticon-Mewek
0
13-08-2019 19:34
Quote:Original Posted By DeYudi69
widih bikin ngiler ...
like this 😀


Cuuuusss, traktir ane, Ganemoticon-Ngacir2
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
1
13-08-2019 19:35
wihhhhh bener banget, mantab nih ts nya, aku tunggu update threadnya. emoticon-Wink
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1
13-08-2019 19:36
4, 6 ma 7 blom pernah jajal, dimana ituh yg jual
0
13-08-2019 19:37
Quote:Original Posted By diandraps
iya gan, emang enak si tapi klo kebanyakan bisa bikin naik kolestrol. ya secukupnya saja lah klo makan emoticon-Jempol emoticon-Toast


Yups, asal tidak makan berlebihan dan terlalu sering. Ok, ok saja
profile-picture
diandraps memberi reputasi
1
13-08-2019 19:38
Quote:Original Posted By priamuda69
Kalo gk mau disebut rakus emoticon-Ngakak
Luar dalam diembat semuanya ...
Kalo perlu ups maaf kotorannya sekalian.. emoticon-Wakaka


Cobain trites gan, makanan khas Karo.
Belum jadi tai sih, hampir aja jadi
profile-picture
profile-picture
priamuda69 dan iissuwandi memberi reputasi
2
Lihat 1 balasan
13-08-2019 19:39
Enak bgt tp jangka panjang bs ga baik buat kesehatan🤭
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1
13-08-2019 19:42
Quote:Original Posted By vly69
Ane cuma doyan sate usus dan paru goreng doang
emoticon-Malu


Selera orang memang beda, Sisemoticon-Malu
0
13-08-2019 19:42
nomer 4, jadi pengen nyoba emoticon-Big Grin
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1
13-08-2019 19:42
Quote:Original Posted By prinn
Enak bgt tp jangka panjang bs ga baik buat kesehatan🤭


Beneremoticon-Jempol
0
13-08-2019 19:44
Kurang suka jeroan
0
13-08-2019 19:46
Sate usus tuh sering banget nampang di hik
0
13-08-2019 19:48
Semuanya enak dan mestinya mengandung kolesterol tinggi. Jangan lupa harus diimbangi dengan konsumsi sayur dan buah yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol y agan dan jangan lupa olah raga.
0
13-08-2019 19:54
Paru sapi the best gan,
Selalu beli setiap beli masakan padang deket rmh emoticon-Toast
0
13-08-2019 19:54
dah pada cek tensi belom emoticon-Angkat Beer
0
13-08-2019 20:01
aduh sate usus sama soto babat ni bikin ngiler gann
0
13-08-2019 20:15
ane pernah baca gan di salah satu penelitian, makanan jeroan gini yang ngebuat orang indonesia berasa kalo kita nih udah makan daging... padahal faktanya di lapangan dari penelitian yang ada, orang indonesia ini konsumsi dagingnya masih sedikit/rendah dibanding warga negara lain dan ini bukan kabar yang cukup baik gan
Diubah oleh blunar
0
13-08-2019 20:17
beberapa hari ke depan bakal sering bertemu sapa sama daging
0
13-08-2019 20:18
Kuliner ngeri2 sedap ini..sebulan sekali dua kali..bolehlah..
profile-picture
profile-picture
RetnoQr3n dan iissuwandi memberi reputasi
2
Halaman 6 dari 14
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.