alexa-tracking
Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d524bda6df2312c94429979/unik-kuliner-indonesia-ini-berbahan-dasar-jeroan
Lapor Hansip
13-08-2019 12:34
Unik! Kuliner Khas Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan
Past Hot Thread
Unik! Kuliner Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan
Sumber gambar Di sini

Halo, Agan dan Sista. Ketemu lagi di trit ane. Kalo berbicara kuliner indonesia, memang tidak ada matinya. Begitu cerdasnya bangsa kita, jeroan yang sebagian orang dianggap menjijikkan, karena memang tempat kotoran, bisa disulap jadi makanan yang mampu membuat kita mengangkat jempol, sambil bergoyang lidah.

Dicampur dengan rempah-rempah khas nusantara, menambah kecintaan kita terhadap warisan kuliner bumi pertiwi.

Berikut ini kuliner khas indonesia yang berbahan dasar jeroan.

1. Sate Usus
Unik! Kuliner Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan
Sumber gambar Di sini

Usus ayam bisa menjadi makanan yang lezat jika diolah dengan cara yang tepat. Salah satunya dijadikan sate. Menggunakan bumbu ungkep kuning atau bumbu bacem, sate usus dimasak terlebih dahulu. Kemudian digoreng atau bisa langsung disajikan. Selain dibuat sate, usus ayam juga dapat dijadikan keripik, rasanya yang gurih cocok untuk dijadikan camilan atau lauk pendamping nasi.

2. Paru Goreng
Unik! Kuliner Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan
Sumber gambar Di sini

Paru sapi adalah salah satu jetoan memiliki banyak penggemar. Memiliki tekstur yang halus, kenyal, dan aroma yang tidak menyengat. Sebelum diolah sebaiknya paru direbus dulu dengan rempah-rempah, untuk menghilang bau dan supaya empuk. Setelah direbus, diolah lagi dengan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan. Baru kemudian paru dapat digoreng.

3. Soto Babat
Unik! Kuliner Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan
Sumber gambar Di sini

Jeroan yang digunakan adalah bagian babat sapi. Babat adalah bagian yang berasal dari lambung hewan. Soto babat disajikan dengan irisan tomat, daun bawang, dan kerupuk emping. Untuk kuah, Agan dan Sista bisa memilih, mau berkuah bening atau bersantan.

4. Momoh Kendal
Unik! Kuliner Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan
Sumber gambar

Dari namanya saja kita sudah bisa menebak. Yup, kuliner ini berasal dari Kendal, Jawa tengah. Berbahan dasar jeroan sapi atau kepala dan kaki kambing. Dicampur dengan racikan bumbu-bumbu dan rempah pilihan, makanan yang satu ini diyakini dapat meningkatkan stamina, terutama kaum adam.

5. Gulai Tambusu
Unik! Kuliner Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan
Sumber gambar Di sini

Berasal dari Padang, Sumatra Barat. Gulai Tambusu adalah usus sapi yang didalamnya berisi tahu, telur dan bumbu-bumbu. Rasanya yang pedas dan gurih, dicampur dengan kuah gulai, cocok untuk menemani sepiring nasi hangat.

6. Bacem Jeroan Sapi
Unik! Kuliner Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan
Sumber gambar Di sini

Bagi penggemar jeroan, kuliner ini patut dicoba. Rasanya yang legit dan gurih ditambah teksturnya yang khas, membuat makin nagih. Jeroan yang dipilih haruslah benar-benar segar, supaya tidak mengubah rasa dan bau.

7. Nasi Goreng Piritan
Unik! Kuliner Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan
Sumber gambar Di sini

Berasal dari Jawa Barat. Berbahan dasar nasi dan jeroan ikan. Ikan yang digunakan adalah ikan mas. Jeroan ikan dibersihkan, kemudian digoreng setengah kering. Di racik dengan bumbu-bumbu, kemudian masukkan nasi, dimasak seperti nasi goreng pada umumnya. Disajikan dengan irisan timun, irisan tomat dan kerupuk.


Kuliner selalu berinovasi memenuhi tantangan zaman, tapi warisan leluhur harus tetap kita jaga kelestariannya.


Sampai berjumpa lagi, di trit ane berikutnya. Terima kasih atas apresiasinya. Selamat beraktifitas.
Diubah oleh iissuwandi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
azid12353 dan 32 lainnya memberi reputasi
33
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 14
13-08-2019 18:50
Quote:Original Posted By aremdaun
Yg nomer 4 itu foto Babat Gongso semarang gan.
Unik! Kuliner Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan

penampakan Momoh

Unik! Kuliner Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan
momoh ini adalah makanan berkuah khas Kendal yang memanfaatkan jeroan sapi sebagai bahan dasarnya.


Waduh, terima kasih, Gan. Nanti diedit. Matur suwun. Nyari sumber di googleemoticon-Mewek
0
13-08-2019 18:52
yg juara soto babat/kalau ada nasi babat madura.
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1
13-08-2019 18:52
Quote:Original Posted By priamuda69
Di Barat.. jeroan sbg salah satu pemicu kolestrol gk dimakan gan... yg dimakan dagingnya.. jeroan jadi bahan dasar pakan meong dan guk guk emoticon-Ngakak

Di Indonesia selera pemberani dari daging ampe jerohan sikat abiez... kecuali bulu hewannya gk dimakan... kulitnya aja dijadikan kikil masih dimakan juga... emoticon-Wakaka

Beda budaya beda kebiasaan makan... emoticon-Toast


Bener banget, orang indonesia emang juara memanfaatkan bahan yang ada, Ganemoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
Vinzarc dan priamuda69 memberi reputasi
2
Lihat 1 balasan
13-08-2019 18:53
Quote:Original Posted By Vinzarc
yg juara soto babat/kalau ada nasi babat madura.


emoticon-Jempol juara punya
profile-picture
Vinzarc memberi reputasi
1
13-08-2019 18:57
Kolestrol tinggi. Kebanyakan bisa stroke. Hati2 emoticon-Big Grin
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1
Lapor Hansip
13-08-2019 18:57
Balasan post priamuda69
Quote:Original Posted By priamuda69
@aremdaun dirimu sama dengan diriku penggemarrr sedooooot gann.... bukan sedot maho yee...😂😂😂😂

Sedot sumsum tulang sapie... 😂😂😂😂


Sedot-sedot Kenikmatannya y gan emoticon-Ngakak
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1
13-08-2019 18:58
widih bikin ngiler ...
like this 😀
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1
13-08-2019 19:04
Ane cuma doyan sate usus dan paru goreng doang
emoticon-Malu
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1
13-08-2019 19:04
sayang gue kaga boleh makan jeroan.., kolesterol up gan.... emoticon-Turut Berduka
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1
13-08-2019 19:04
Quote:Original Posted By iissuwandi
Beeuuhh, top markotop kalo doyan mah, sisemoticon-I Love Indonesia


Pengen nyoba, sih. Tapi liat usus dll, jadi gk nafsu emoticon-Ngakak
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1
Lapor Hansip
13-08-2019 19:07
Balasan post iissuwandi
Kalo gk mau disebut rakus emoticon-Ngakak
Luar dalam diembat semuanya ...
Kalo perlu ups maaf kotorannya sekalian.. emoticon-Wakaka
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1
13-08-2019 19:07


Quote:Original Posted By TaraAnggara
enak2, tapi awas kolestrol. Jangan kebanyakan makannya😄


iya gan, emang enak si tapi klo kebanyakan bisa bikin naik kolestrol. ya secukupnya saja lah klo makan emoticon-Jempol emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
TaraAnggara dan iissuwandi memberi reputasi
2
13-08-2019 19:08
Quote:Original Posted By greengeckoijo1
Kolestrol tinggi. Kebanyakan bisa stroke. Hati2 emoticon-Big Grin


Asal.gak berlebihan, amanemoticon-Cool
0
13-08-2019 19:08
serem kl denger jeroan...tp enak sih. gw suka soto babat..sate ampela...sate usus..mantaap
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1
13-08-2019 19:09
Quote:Original Posted By darmawati040
Pengen nyoba, sih. Tapi liat usus dll, jadi gk nafsu emoticon-Ngakak


Jangan dipaksa, sisemoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
Vinzarc dan darmawati040 memberi reputasi
2
13-08-2019 19:09
sate usus menu wajib angkringan bgt tu bersama teman pertusukan lainnya wkwk, selain itu cocok juga buat temen makan soto di pagi hari emoticon-Smilie
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1
13-08-2019 19:09
Quote:Original Posted By Wongdan0297
sayang gue kaga boleh makan jeroan.., kolesterol up gan.... emoticon-Turut Berduka


Kesehatan lebih penting, sehat itu mahal, Ganemoticon-Mewek
profile-picture
Vinzarc memberi reputasi
1
13-08-2019 19:11
Quote:Original Posted By diandraps
sate usus menu wajib angkringan bgt tu bersama teman pertusukan lainnya wkwk, selain itu cocok juga buat temen makan soto di pagi hari emoticon-Smilie


Betul banget, ada telur puyuh, hati rempela dan temen2nyaemoticon-Peluk
profile-picture
profile-picture
diandraps dan Vinzarc memberi reputasi
2
13-08-2019 19:11
Quote:Original Posted By luluvi
serem kl denger jeroan...tp enak sih. gw suka soto babat..sate ampela...sate usus..mantaap


Samaan, babat favoritkuemoticon-Angel
profile-picture
Vinzarc memberi reputasi
1
13-08-2019 19:13


Quote:Original Posted By priamuda69
Di Barat.. jeroan sbg salah satu pemicu kolestrol gk dimakan gan... yg dimakan dagingnya.. jeroan jadi bahan dasar pakan meong dan guk guk emoticon-Ngakak

Di Indonesia selera pemberani dari daging ampe jerohan sikat abiez... kecuali bulu hewannya gk dimakan... kulitnya aja dijadikan kikil masih dimakan juga... emoticon-Wakaka

Beda budaya beda kebiasaan makan... emoticon-Toast


nah bner bgt gan, setahu ane juga gitu. bahkan dulu ada cerita, waktu ada tamu dari us datang ke indo merasa heran, kenapa menu yang disajikan ada yang berbahan jerohan wkwk pdahal disana buat makan hewan emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
priamuda69 dan iissuwandi memberi reputasi
2
Halaman 4 dari 14
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.