alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.86 stars - based on 7 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d50cd0782d49574f11f587f/siswa-sma-di-kalimantan-tengah-jadi-juara-dunia-penyembuh-kanker
Lapor Hansip
12-08-2019 09:20
Siswa SMA di Kalimantan Tengah Jadi Juara Dunia Penyembuh Kanker
Past Hot Thread
Siswa SMA di Kalimantan Tengah Jadi Juara Dunia Penyembuh Kanker

SEPINTAS judul di atas terkesan berlebihan. Tapi, faktanya ada. Dua orang siswi SMA berhasil membawa karya ilmiahnya untuk dibuktikan di tingkat dunia.

Mereka menemukan tumbuhan yang bisa menyembuhkan total penyakit pembunuh nomor satu di dunia, kanker!

Pertama kali menerima informasi ini, saya setengah percaya. Kenapa? Barangkali sama seperti yang ada di benak pembaca sekalian, apa iya???

Saya pun melakukan penelusuran awal.

Informasi saya dapatkan dari Jurnalis KompasTV di Palangka Raya Kalimantan Tengah, Kurnia Tarigan. Ternyata informasi yang saya terima betul adanya.

Ada 2 siswi SMAN 2 Palangka Raya yang baru dua pekan lalu menerima penghargaan atas karya ilmiahnya menemukan tumbuhan penyembuh kanker, sekali lagi penyembuh, bukan meringankan, melainkan menghilangkan sel kanker yang ganas sekalipun.

Sekolah dan guru menolak wawancara??

Namun, ada satu masalah yang menghalangi publikasi atas temuan ini. Pihak sekolah dan guru keberatan untuk diwawancara.

Mereka khawatir akan ada eksploitasi besar-besaran atas hutan di Kalimantan Tengah jika informasi ini tersebar.

Tim AIMAN berusaha meyakinkan bahwa publikasi atas temuan ini bertujuan untuk memberi manfaat bagi umat manusia. Syukurlah, kami berhasil meyakinkan pihak sekolah dan para guru.

Saya bersama tim AIMAN segera bergegas menuju kota yang pernah disebut Bung Karno akan menjadi Ibu Kota RI tahun 60-an silam.

Setelah mendarat di kota ini, saya segera meluncur menuju ke SMA yang berada di tengah kota.

Saya langsung menuju laboratorium sekolah untuk melihat bagaimana bentuk tumbuhan yang diganjar medali emas pada kompetisi Life Science di Seoul, Korea Selatan pada 25 Juli 2019 lalu.

Saya melihat sepintas hanya batang atau mirip akar pohon biasa. Tak ada yang istimewa.

Tetapi berdasar hasil uji Laboratorium yang dilakukan di Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, tumbuhan ini memiliki kandungan anti-oksidan ribuan kali lipat dari yang jenis tumbuhan lain yang pernah ditemukan. ?

Saya menanyakan apa nama tumbuhan ini? Bajakah! Begitu orang menyebut tumbuhan ini.

Masuk ke hutan

Tumbuhan ini hanya hidup di hutan. Untuk mendapatkannya, kita harus masuk ke bagian dalam hutan.

Tak puas di laboratorium, saya bergegas menuju ke hutan yang berjarak sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Palangka Raya.

Saya diantar oleh seorang guru dan juga 2 siswi penerima penghargaan.

Sang Guru memberi catatan, saya tak boleh memberi tahu di mana hutan itu berada!??

Setelah melewati jalur Trans Kalimantan, saya dan tim AIMAN mulai masuk ke dalam hutan menggunakan mobil.

Beberapa menit perjalanan di dalam hutan, kami tiba di lokasi yang tidak bisa lagi dilalui mobil. Kami pun turun berjalan kaki selama beberapa menit dan tiba di sebuah tempat di tengah hutan di antara lahan gambut dengan airnya yang berwarna khas, coklat namun jernih, mirip warna minuman ringan ternama.

Di sinilah saya pertama kali melihat dan menemukan pohon yang dikatakan langka ini. Lagi-lagi sepintas pohon ini seperti pohon biasa, sulit membedakannya dengan tanaman lain.

Bedanya, pohon ini tumbuh dengan cara merambat meski memiliki batang yang kuat dan cukup besar.

Ia bisa merambat pada ketinggian 5 meter lebih hingga ke puncak pohon lain yang dirambatinya.

Akarnya menghujam di dasar aliran air lahan gambut.

Satu hal lagi yang saya dapatkan, tumbuhan ini hanya hidup di lokasi rimbun di mana sinar matahari tak banyak masuk, tertutup rimbunnya hutan.

Awal penemuan

Bagaimanakah kisah awal penemuan khasiat tumbuhan ini?

Adalah Daldin warga suku dayak asli di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, yang menyampaikan pertama kali. Ia pula yang memberi nama tumbuhan ini.

Kisahnya bermula pada sekitar tahun 1970-1980-an. Di kurun waktu itu, Ibunda Daldin menderita kanker payudara. Menurut dokter, levelnya sudah stadium 4.

Saat itulah ayah Daldin pergi ke hutan dan mencari tumbuhan ini untuk kemudian direbus dan airnya diberikan kepada sang istri.

Kondisi ibu Daldin saat itu sangat memprihatiankan. Sejumlah bagian tubuhnya yang terkena kanker bahkan sudah mengeluarkan nanah.

Namun sepekan meminum rebusan tumbuhan itu, perubahan mulai tampak. Luka pada payudara sang ibu membaik. Sebulan setelahnya, luka tersebut sembuh total.

Ibunda Daldin kini sehat walafiat. Dokter menyatakan bahwa Kanker yang sebelumnya menggerogoti sang ibu telah hilang sepenuhnya.

Program AIMAN yang tayang Senin 12/8/2019 pukul 8 malam di KompasTV, akan menayangkan wawancara lengkapnya.?? Bagaimanapun ini adalah sebuah awal. Kesembuhan pada penyakit apa pun adalah karunia Tuhan Yang Maha Kuasa, melalui perantaraan makhluk-Nya, bisa alam maupun manusia. Oleh karenanya, tak berlebihan jika temuan 2 siswi SMA ini ditindaklanjuti untuk kemanfaatan umat manusia, tanpa harus merusak alam.?? Saya Aiman Witjaksono... ?Salam!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Siswa SMA di Kalimantan Tengah Jadi Juara Dunia Penyembuh Kanker", https://regional.kompas.com/read/201...anker?page=all.

Editor : Heru Margianto


Diubah oleh kaskus.infoforum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rony25 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 10 dari 15
13-08-2019 13:40
Berharap benar, cm lucu ya bahasa beritanya

Ngevlog?
Ngeblog?
Apa gmn ni
0
13-08-2019 13:47
Quote:Original Posted By comrade.frias
well let see apa yang terselanjutnya


I will sir 😉
0
13-08-2019 13:47
Langsung deh orang2 sekitar situ berburu ni pohon trus dijualin online emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

jiwa wirausaha orang indonesia bakal keluar kalo liat berita kyk ginian.

wong dulu batu dicelupin air sama bocah aja laku.... inget ponari swet? emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

profile-picture
comrade.frias memberi reputasi
1
13-08-2019 13:50
Jika penasaran bahan apa aja yang terkandung di tanaman tersebut, silakan baca di sini gan
Kandungan di tanaman anti kanker
0
13-08-2019 13:51
mantep nih, semoga bisa dikembangkan dinegara sendiri... membantu orang yang tekena kanker.
0
13-08-2019 13:53
Adik pintar emoticon-Toast
0
13-08-2019 13:54
Quote:Original Posted By superkawaii
Langsung deh orang2 sekitar situ berburu ni pohon trus dijualin online emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

jiwa wirausaha orang indonesia bakal keluar kalo liat berita kyk ginian.

wong dulu batu dicelupin air sama bocah aja laku.... inget ponari swet? emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


Kapitalist Dadakan emoticon-Betty
0
13-08-2019 13:55
Quote:Original Posted By fahree.muhammad
I will sir 😉


good luck son jangan sampe nasib seperti bang tawan emoticon-Ngakak
0
13-08-2019 13:58
Kyk tulisan stensil nih trit ngaco
profile-picture
kaum.berfikir.. memberi reputasi
-1
13-08-2019 13:58
Allahualam...Allah menciptakan segala alam seisinya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan umatNya. Kalau selama ini obat tersebut belum ditemukan, mungkin Allah juga belum memberikan hidayah. Dan melalui perantara suku Dayak tsb, akhirnya ditemukan obat utk kanker.
profile-picture
fahree.muhammad memberi reputasi
1
13-08-2019 13:59
Quote:Original Posted By comrade.frias
good luck son jangan sampe nasib seperti bang tawan emoticon-Ngakak


emoticon-Cendol Gan
profile-picture
comrade.frias memberi reputasi
1
13-08-2019 14:01
Quote:Original Posted By fahree.muhammad
emoticon-Cendol Gan


emoticon-Betty
0
13-08-2019 14:04
Yaa kalo emang benar2 teruji, siap - siap aja dijaadiin ladang bisnis oleh dunia farmasi emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
0
13-08-2019 14:07
Quote:Original Posted By huez
Yaa kalo emang benar2 teruji, siap - siap aja dijaadiin ladang bisnis oleh dunia farmasi emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin


Absolutely dan tentunya yang punya paten pun bakal dapat duit emoticon-Betty itu pun jika penemuan ini bener
0
Lihat 1 balasan
13-08-2019 14:09
Wuihhhh!!! Mantap bener nih!
0
Lapor Hansip
13-08-2019 14:09
Balasan post fahree.muhammad
Quote:Original Posted By fahree.muhammad


Pernah punya keluarga pejuang kanker gan? Sahabat? Adik? Yang semua berjuang sampai akhir dengan obat dan terapi yang mahal? Berhari-hari dan bulan? Sampai akhirnya ada yang berhasil dan banyak yang tidak?
Keluarga kita juga banyak yg dokter gan, dan semua juga berjuang sama2. Karena itu saya mengerti bagaimana keluarga dan pejuang kanker berusaha untuk terus melawan dan kuat. Berita seperti ini jadi angin segar bahwa ada harapan walaupun sedikit untuk mereka, dan anak2 itu juga membuka sedikit celah bagi pemerintah untuk bisa memberikan sedikit perhatian.

Seharusnya kita jadikan energi positif yang membangun, bukan malah saling curiga dengan dalih kritis dll. Sesekali posisikan diri sebagai pejuang kanker, bukan seperti kritikus novel. 🙏

Owh iya satu lagi, gk semua tanaman hoax gan, karena banyak obat-obatan juga didapat dari ekstraksi taneman dll.


Siapa yang bilang semua tanaman hoax ?
Gw juga tau banyak yang asal dari tanaman jadi obat
Misalnya digitalis purpurea
Tapi itu udah lewat uji klinis dengan berbagai tahap tentunya
profile-picture
profile-picture
fahree.muhammad dan comrade.frias memberi reputasi
2
Lapor Hansip
13-08-2019 14:14
Balasan post comrade.frias
Quote:Original Posted By comrade.frias


Absolutely dan tentunya yang punya paten pun bakal dapat duit emoticon-Betty itu pun jika penemuan ini bener


Dan akhirnya harga obatnya selangit langit jagat raya gan emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

0
13-08-2019 14:15
Quote:Original Posted By huez
Dan akhirnya harga obatnya selangit langit jagat raya gan emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


tenang selama langganan bpjs emoticon-Ngakak
0
13-08-2019 14:15
Quote:Original Posted By sosismalam
Siapa yang bilang semua tanaman hoax ?
Gw juga tau banyak yang asal dari tanaman jadi obat
Misalnya digitalis purpurea
Tapi itu udah lewat uji klinis dengan berbagai tahap tentunya


udah bre ntar jadi debat
0
Lihat 1 balasan
13-08-2019 14:20
luar biasa kalo benar benar bisa di manfaatkan..
semoga tidak di eksploitasi secara sepihak
0
Halaman 10 dari 15
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.