alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.92 stars - based on 13 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d50de596df2313ae74a7f1b/masak-daging-bersama-sendok-bisa-bikin-daging-lebih-cepat-empuk-mitos-atau-fakta
Lapor Hansip
12-08-2019 10:34
Masak Daging Bersama Sendok Bisa Bikin Daging Lebih Cepat Empuk. Mitos Atau Fakta?
Past Hot Thread
Penjelasan kimia, biologi fisika ketika daging direbus bersama sendok logam akan lebih cepat empuk/matang.

Masak Daging Bersama Sendok Bisa Bikin Daging Lebih Cepat Empuk. Mitos Atau Fakta?



Assalamualaikum warohmatullah wabarokatu.

Selamat siang GanSist.
Selamat hari Senin.
Selamat hari raya Idul Adha bagi umat islam.

Pagi-pagi gini pasti lagi pada bingung mikir nanti siang daging kurban yang di dapat kemarin mau dimasak apa ye kan ye kan?
Mungkin ada yang mau nyate lagi, atau di buat sop, semur, rendang, kaleo dll.
Mendadak jadi chef lah pokoknya ya.

Mungkin sebagian besar dari GanSist udah banyak tau tentang cara-cara membuat daging empuk secara cepat.

Yang pilih pake nanas buat ngempukin daging kambing buat di sate, saran ane jangan banyak-banyak pakai nanasnya cukup satu atau dua irisan saja.
Soalnya ane pernah nyoba, setengah buah nanas ane pake udah gitu ane parut tuh nanas, tanya donk jadinya gimana?

Jadi kayak bubur tuh daging kambing, pas dibakar jadi rapuh banget gitu kayak hati ane ... #ehhh canda dink.
Copot2an dagingnya GanSist, jatoh ke arang. Padahal tusukannya lumayan banyak emoticon-Mewek.

Oke ... skip, kali ini yang ane mau bahas masih seputar cara bikin daging empuk secara cepat pakai sendok logam.
Kok ... sendok sih? Iya ... sendok.
Oh ... iya caranya bukan diaduk-aduk terus ya rebusan dagingnya pakai sendok.
Tapi dengan merebusnya bersama sendok logam.
Kok bisa empuk? Ahh mitos kali tuh ...
Wait ... sebelum kita menyimpulkan, ada baiknya kita tabayyun, ceileh sok alim lu TS ... akakaa, biarin ... TS mah bebas!

Ceki ceki dah yok!


Kenapa merebus bersama sendok logam bisa bikin daging cepat empuk
Masak Daging Bersama Sendok Bisa Bikin Daging Lebih Cepat Empuk. Mitos Atau Fakta?



Oki doki ... eittts tunggu dulu. Sebelum kita masuk ke pokok bahasan kita ... ceileh ... gaya lo TS. Kita cari tahu dulu kenapa daging bisa jadi empuk ketika melalui proses pemanasan baik direbus, goreng maupun panggang/bakar.

Jadi ... daging itu punya jaringan ikat yang dikenal dengan nama kolagen. Nah, kolagen ini mengelilingi serat otot pada daging yang membuat daging itu menjadi keras.

Nah dengan melalui proses pemanasan, jaringan ikat itu akan hancur sehingga membuat daging bisa menjadi empuk.
Saat dipanaskan, terjadi proses yang disebut denaturasi, yaitu suatu proses perubahan struktur molekul tanpa adanya pemutusan ikatan kovalen.

Proses denaturasi ini yang membuat kolagen berubah menjadi gelatin. Akibatnya, daging yang tadinya keras berubah deh jadi empuk. Pada daging sapi, proses denaturasi terjadi pada suhu sekitar 70 ° Celcius.

Nah, terus kenapa sih, kalau kita ngerebus daging bersama sendok bisa buat daging lebih cepat empuk?

Jadi gini, GanSist ... pada saat kita merebus daging, suhu air akan naik lebih lama dibanding suhu panci. Karena panci yang terbuat dari logam adalah penghantar panas yang baik sedangkan air bukan penghantar panas yang baik.

*kalo ane penghantar cinta yang baik emoticon-Malu (S) (#plak woii TS ngebucin mulu) biarin emoticon-Wink TS mah bebaass

Panas itu akan merambat dari suhu tinggi ke suhu yang lebih rendah, nah air yang berada paling dekat dengan dinding panci akan panas duluan dibanding air yang berada di tengah.

Dengan menambahkan sendok ke dalam panci, karena sendok juga terbuat dari logam yang menjadi penghantar panas yang baik. Suhu sendok akan naik lebih dulu dibanding suhu air. Nah sendok ini akan membantu panci menyebarkan panas ke dalam air yang berada ditengah panci. Dengan begitu, suhu air di dalam panci pun akan lebih cepat naik yang mengakibatkan daging yang sedang kita rebus menjadi lebih cepat empuk dan matang.

Intinya sendok logam itu membantu proses pendistribusian panas dalam panci yang dipakai untuk merebus daging.

So, kalo GanSist mau coba cara ini boleh banget ya kan ... mumpung persediaan daging lagi melimpah.



Quote:


Sekian dari ane.
Wassalamualaikum warohmatullah wabarokatu.


Sumber : Video
Diubah oleh tsuway.c001
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 31 lainnya memberi reputasi
32
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 7 dari 10
13-08-2019 09:52
Quote:Original Posted By agungdar2494
Masak sih?
wkwkwk


Ya kan emang topik nya masak ... emoticon-Bingung

Nah bikin bingung nih
0
13-08-2019 09:56
sendok kan kecil ni gan, kalo gantti dengan yang agak gedean dikit gimana?? biar distribusi panasnya makin maknyuss
cth: sendok ganti ama spatula stainless, ato sendok nasi
0
13-08-2019 10:02
trus kenapa steak mahal itu tetap empuk padahal dimasak setengah matang?
0
13-08-2019 10:03
Sipp.. makasih infonya gan emoticon-thumbsup itu kalau untuk melunakkan daging yang mau dimasak ya gan, tapi kalau untuk melunakkan daging yang mau dibuat sate bisa dengan cara membungkus daging yang sudah dicuci bersih dengan daun pepaya selama sekitar 30 menit. Ane udah nyoba kemarin, beneran dagingnya jadi empuk gan.
0
13-08-2019 10:13
Quote:Original Posted By sk8damn
rendam daging di air cola atau beer


Keyakinan ane tidak memperbolehkan penggunaan itu gan emoticon-Malu

Quote:Original Posted By achmad74
ane masak pake sendok, sendoknya yang empuk emoticon-Ngakak


Keren gan ... bisa gitu ya? emoticon-Ngakak
0
13-08-2019 10:15
Quote:Original Posted By Xzys
sendok kan kecil ni gan, kalo gantti dengan yang agak gedean dikit gimana?? biar distribusi panasnya makin maknyuss
cth: sendok ganti ama spatula stainless, ato sendok nasi


Bebas gan asal logam yg masih bisa ditolerir, jangan logam yg berbahaya dan kalo pancinya muat emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By cheria021
Sipp.. makasih infonya gan emoticon-thumbsup itu kalau untuk melunakkan daging yang mau dimasak ya gan, tapi kalau untuk melunakkan daging yang mau dibuat sate bisa dengan cara membungkus daging yang sudah dicuci bersih dengan daun pepaya selama sekitar 30 menit. Ane udah nyoba kemarin, beneran dagingnya jadi empuk gan.


Kalo yg dibakar bisa pake nanas juga kok gan
profile-picture
Xzys memberi reputasi
1
13-08-2019 10:19
Oh ane baru nyaho rebus daging pake sendok
0
13-08-2019 10:23
kalau sudah jadi daging enak, tinggal masak sesuai selera.
ngejagalnya yang rada2 sulit
{thread_title}
embah2 ini semaput didhupak sapi emoticon-Hansip emoticon-Keep Posting Gan
0
13-08-2019 10:25
Mampir lagi buat bunda 😇😘😘.....
Masak daging pakai pepaya biar empuk katanya bund
0
13-08-2019 10:30
Quote:Original Posted By Richy211
Mampir lagi buat bunda 😇😘😘.....
Masak daging pakai pepaya biar empuk katanya bund


Bukan pepaya beb ... tapi daunnya, karena mengandung enzim papain yg fungsinya sama ... memecah kolagen
0
13-08-2019 10:34
Jadi pengen rendang
0
13-08-2019 10:36
Enak pakai bumbu dapur.
0
13-08-2019 10:46
Masuk akal juga gan. Tapi kalo kita ngerebus daging yg banyak dengan panci penuh ya susah. kan sendoknya bakal tenggelam di bawah. jadi tetep aja kurang merataemoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
0
13-08-2019 10:46
Hmm..
thanx for the Info Sis...
Klo masak Air mungkin lecih cepet mateng ya...
Diubah oleh shotgunBlues
0
13-08-2019 11:15
Ts nya jago masak nih
0
13-08-2019 11:15


Quote:Original Posted By mulivw
Enak pakai bumbu dapur.

Buat sendiri atau beli
0
13-08-2019 11:16
kalo ane dulu pernah dikasih tahu buat masak bubur kacang ijo
0
13-08-2019 11:18
Quote:Original Posted By dompetjadipeci
Oalah begitu toh

Masak Daging Bersama Sendok Bisa Bikin Daging Lebih Cepat Empuk. Mitos Atau Fakta?


Kalo ini daging numbuh ane bisa lebih cepat......

























Cepat mengeras emoticon-Leh Uga
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
13-08-2019 11:24
ada bahayanya gak sih kalo pake sendok?
0
13-08-2019 11:34
Ane kok malah sempet mikir kalo pake sendok takut bahaya, ternyata pengetahuan ane masih secetek itu ya emoticon-Embarrassment
0
Halaman 7 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.