prasetyanddyAvatar border
TS
prasetyanddy
Apa yang sebenarnya terjadi ? semuanya Dikit-Dikit Viral !!!


Makin kemari, Internet sudah hampir merata di seluruh Indonesia. Bisa dibilang bahwa Internet sudah bisa disebut sebagai kebutuhan primer. Rasanya kek ada yang kuraaaaang gitu kalo ga ada internet. Smartphone berasa jadi fitur phone jadul yang cuma bisa diake sms dan telfon doang.

Dengan menyeruaknya internet ini, secara tidak langsung memudahkan kita dalam berbagi banyak hal. Berbagai jenis informasi, konten, dan media bisa dengan mudah kita bagikan mulai dari sosial media, forum, email, surat kabar dan berbagai media lainnya. 

Hanya saja, terkadang informasi yang dibagikan sama sekali tidak bermanfaat atau tidak berfaedah. Gak jarang juga info yang dibagikan tidak sesuai dengan kondisinyatanya atau yang biasa kita dengar dengan istilah Hoax. 

Contoh : 


Quote:


Beberapa waktu lalu sempet viral tangkapan layar yang berisikan keluhan "seorang" fresh graduate yang ketika menjalani interview, dia ditawari gaji 8 Jt dan merasa gaji tersebut terlalu kecil untuk  "sekelas" fresh graduate lulusanuniversitasnya.

oke, kita kesampingkan isi nya. 

Yang bikin ane gedek adalah, kebenaran dari tangkapan layar itu, siapa pembuatnya, apakah itu real"keluh kesah" atau hanya sekedar mencari sensasi dan pansos.

Semua itu belum jelas dan valid. 

Ane juga gatau ini fakta atau orang iseng yang cuman bikin rame sosmed 

"TAPI HAMPIR SEMUA KOLOM KOMEN DI SOSMED ISINYA MAKI MAKI"

emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga 

Mau contoh lain yang katanya "ngeprank satu negara" ? 

kasus 4udr3Y yang sempat viral dan "menggemakan" hastag hampir di semua sosial media, belakangan ini terkuak fakta bahwa isu tersebut adalah hoax atau palsu. 

emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga 

Seharusnya dengan kejadian ente2 kena prank ini, banyak yang bisa banget dipelajari dari ini semua. 



"Kenapa Informasi 'Sampah' itu bisa menyebar dengan begitu cepat?"
Masih banyak orang-orang yang begitu mudah membagikan informasi yang belum pasti kebeneranya. Kemudian dibarengi dengan 'Penghakiman' membabi buta serta kritik tajam melalui kosa kata yang begitu indah nan menusuk hati. 
Tidak jarang juga karena 'Subject' yang ada pada suatu 'konten' tersebut adalah yang menarik untuk dikonsumsi. Misal, Ciwi-Ciwi gemes yang semlohay. Wah kalo ini sih hampir di setiap sosmed atau media-media hampir pasti ada dan 'ANEHNYA' selalu disambut 'ANTUSIAS' bagi Masyarakat atau yang kita sebut 'NETIJEN'

"
"ANTUSIAS-ME ini terkadang dibarengi dengan Likes, comment, dan Share"


Disisi lain, tidak jarang informasi dan konten yang tersebar menimbulkan dampak positif bagi perseorangan maupun kelompok. Contohnya, Twitter dengan hastag khas "TWITTER PLEASE DO YOUR MAGIC" udah sering menyebarkan beberapa kondisi perseorangan atau kelompok yang sedang dalam kondisi kesulitan dan membutuh bantuan kita secara moral dan materi nih gan!
bahkan di beberapa kasus juga "pesan" ini sampai ke telinga pemerintah hingga membuat pemerintah turut mengambil tindakan. 
Tapi yang lagi sering terjadi belakangan ini adalah konten video atau foto amatir yang menunjukan sebuah kondisi yang kurang baik atau tercela, dan didukung dengan deskripsi atau caption yang MENGGIRINGopini bagi si pembaca atau penikmat konten. Padahal kita tau bahwa sembarangan memotret atau merekam orang atau objek adalah tindak kriminal yang mana sudah diatur dalam uu berikut ini 

Quote:

Dalam kondisi ini, biasanya orang atau kelompok yang ada didalamnya ada yang memang dalam kondisi "terbunuh oleh keadaan". Namun ada juga yang memang "bersalah" dengan sadar atau dilandasi dengan kesengajaan. Terus setelah viral? klise. Minta maaf.

nah, apakah menimbulkan efek jera? itu yang harus digaris bawahi
banyak yang beralasan
"biar kapok gan"
"kalo ga gitu bakal diulangi terus"


Yaa, ane setuju dengan ini, masalah nya, malah ada yang "pengen Viral" dengan melakukan hal hal bodoh atau hal lain yang kadang kita ga habis pikir. Ya ini lah yang disebut dengan PANSOS (PANjat SOSial)
Banyak banget contoh kasus dimana sebenernya kita bisa menegur secara langsung, atau mengambil tindakan nyata pada saat peristiwa itu terjadi. 

Contohnya, ane kasih contoh kasus yang sepertinya udah sering kejadian. cuman ane kasih contoh fiksi aja biar ga jadi ribut.

emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga

Quote:

dan BOOM! 

VIRAL!!! yang gaikut apa apa dan gatau apa-apa ikutan maki-maki, ikutan share, ngejelek-jelekin. 

padahal si pria tadi tidak sengaja tertidur, dan mengacuhkan si ibu hamil tadi untuk menggantikan tempat duduknya. 

Bisakah kita menegurnya ? bisa tentu saja. 

 Namun, kita memilih mengabadikanya dan membagikanya di media sosial. 


Quote:

Quote:


Sumur

Quote:


Baca juga : 








Diubah oleh prasetyanddy 11-08-2019 07:48
l13ska
anasabila
4iinch
4iinch dan 36 lainnya memberi reputasi
37
13.6K
229
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.