hansiphoaxAvatar border
TS
hansiphoax
Beredar Surat Stempel Merah “Rahasia” Berisi Nama Menteri Jokowi, Fakta atau Hoax?
Quote:


Baru-baru ini kembali beredar foto yang menunjukkan selembar kertas dan terdapat stempel berwarna merah dengan tulisan "Rahasia". Dalam selembar kertas tersebut, tertulis Risalah Rapat Pengangkatan Menteri Pembantu Presiden Dalam Kabinet Kerja Jilid ll Periode 2019-2024 yang diadakan pada Minggu, 4 Agustus 2019.

Dari informasi yang kini tengah viral di media sosial tersebut, terdapat berbagai nama yang mengisi berbagai slot menteri, seperti Triawan Munaf sebagai Menteri Pariwisata, Rusdi Kirana sebagai Menteri Perhubungan, hingga Susi Pudjiastuti yang menjadi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman.



Melihat informasi yang kini tengah hangat menjadi perbincangan netizen ini, lantas bagaimana kebenarannya?


PEMERIKSAAN FAKTA
Melansir dari Tribunnews.com, Hansip Hoax mendapatkan sebuah pernyataan konfirmasi dari Triawan Munaf yang namanya juga terdapat dalam foto dokumen yang viral tersebut.

Menurutnya Triawan Munaf, informasi yang beredar tersebut hanya kerjaan dari orang yang iseng. Ia juga menambahkan pada saat event di Sentul pun terdapat juga hoaks serupa yang menyebarkan informasi palsu mengenai rapat untuk menentukan menteri.

Selain itu, fakta sebenarnya pada tanggal 4 Agustus 2019 tersebut Presiden Jokowi mengadakan gathering untuk para menteri, kepala lembaga, dan mantan menteri bersama keluarga di Istana Bogor, bukan mengadakan agenda rapat untuk menentukan nama menteri dalam Kabinet Kerja Jilid II.

Dalam foto yang terdapat stempel berwarna merah dengan tulisan RAHASIA tersebut juga memuat nama Pramono Anung sebagai Menteri Sekretaris Negara. Padahal menurut Triawan Munaf, pada hari tersebut Pramono Anung tidak berada di Sentul untuk mengikuti kegiatan gathering yang diadakan Presiden Jokowi.



KESIMPULAN
JADI GAN, BERDASARKAN PEMERIKSAAN FAKTA YANG DILAKUKAN HANSIP HOAX, DAPAT DISIMPULKAN BAHWA INFORMASI MENGENAI SUSUNAN NAMA MENTERI KABINET KERJA JILID II PERIODE 2019-2024 YANG BEREDAR DI MEDIA SOSIAL TELAH DIKONFIRMASI OLEH TRIAWAN MUNAF SEBAGAI INFORMASI YANG SALAH ALIAS HOAKS.

SEBARKAN YA INFORMASI KLARIFIKASI INI KE REKAN DAN KELUARGA KALIAN AGAR TERHINDAR DARI HOAKS YANG MENYESATKAN.


SUMBER
Kominfo.go.id
TurnBackHoax.id
Tribunnews.com
Diubah oleh hansiphoax 12-08-2019 07:15
tiger.gaul
junleon
tien212700
tien212700 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
12.8K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.