ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Kenapa konten edukasi kurang populer?



Pendidikan adalah sesuatu yang penting. Pendidikan anak sejak usia dini akan membantu sang anak dalam kehidupannya kelak. Bukan hanya pada anak tapi pendidikan itu penting bagi seluruh manusia.

Namun nyatanya, berpacu pada konten konten populer di internet, konten yang berbau edukasi kurang diminati atau peminatnya sedikit dibandingkan konten konten yang (jujur saja) tidak penting.

Coba saja lihat youtube, coba bandingkan video yang isinya seorang bayi makan bakso dengan video yang mengandung info info penting. Mayoritas video pendidikan memiliki jumlah view yang lebih sedikit dibandingkan video video unfaedah tersebut.

Kenapa hal ini bisa terjadi?

KESADARAN MASYARAKAT AKAN PENDIDIKAN MASIH TERGOLONG RENDAH

Alasan ini bisa dibilang hal paling penting. Bagaimana bisa seseorang memiliki minat untuk mencari tahu lebih jauh jika dia menganggap hal hal seperti itu tidak penting.

Jika seseorang merasa pengetahuan itu tidak penting maka untuk apa menghabiskan waktu dan kuota untuk itu? Lebih baik menghabiskannya untuk konten 18+ yang dapat memberikan kepuasan sesaat.

MERASA MAHATAU

Ini adalah sebuah penyakit yang mematikan, merasa bahwa kita mengetahui segalanya sehingga enggan untuk menghabiskan waktu pada sesuatu yang dapat merusak harga diri kita.

Orang orang seperti ini biasanya akan memikirkan segala sesuatu yang tidak mereka ketahui sendirian dan menganggap pemikiran mereka benar tanpa perlu melihat kebenarannya.

MEMANG SUDAH TAU

Kalo yang ini memang tipe orang yang cerdas beneran. Yang namanya sebuah pengetahuan itu jika sudah lengket maka tidak perlu di lihat lagi. Berbeda dengan hiburan yang bisa dilihat kapanpun jika merasa bosan.

Cobalah ambil contoh seperti video video lucu atau video musik. Wajar saja jika menontonnya berulang kali. Tapi wajarkah jika menonton video edukasi berulang kali jika kita sudah hafal isinya?

KONTEN EDUKASI TIDAK BEGITU BANYAK DAN CUKUP SULIT DIBUAT

Lihatlah kenyataan, penyedia konten edukasi membutuhkan dana. Untuk apa susah payah membuat konten edukasi tapi tidak ada yang melihat?

Karna tidak adanya income yang memadai maka para kreator mulai beralih haluan dengan membuat konten konten yang digemari masyarakat dan jadilah seperti sekarang.

KENYATAANNYA KONTEN EDUKASI MEMANG TIDAK MENARIK

Sad but truth.

Ngaku ayo, siapa yang sering ngantuk pas di sekolah?

Konten pendidikan di indonesia memang masih belum bisa menarik masyarakat agar tertarik dalam menontonnya karna cara penyampaiannya yang rumit dan yang namanya pengetahuan butuh dasar pengetahuan yang cukup.

Akibatnya masyarakat cenderung memilih tontonan yang sesuai dengan level mereka yakni tontonan tontonan *****

***

Pada akhirnya yang paling penting adalah edukasi sejak dini. Ajarkanlah anak anda (kalau punya) untuk rajin membaca dan jauhkan dia dari segala kebusukan yang ada di dunia maya dan mari kita support kreator konten edukasi untuk terus berkarya.

Sekian dari saya mari bertemu di thrad saya yang lainnya.
Diubah oleh ih.sul 12-08-2019 05:19
franco20
anasabila
pakolihakbar
pakolihakbar dan 35 lainnya memberi reputasi
36
9.8K
198
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.