• Beranda
  • ...
  • Games
  • Mengenang GameShark, Idola Bagi Gamer Jaman Dulu

cintadineAvatar border
TS
cintadine
Mengenang GameShark, Idola Bagi Gamer Jaman Dulu

Kembali ane akan membahas thread tentang game. Industri video game saat ini semakin dinamis dengan terus bermunculan game online yang kompetitif terutama pada platform mobile. Bisa dibilang perkembangan game online di Indonesia sudah mencapai babak baru dengan semakin dikenalnya esport. Dunia gaming sekarang tentu berbeda dengan apa yang terjadi dengan sekitar lima belas tahun yang lalu di mana platform konsol rumahan masih berjaya, dalam hal ini konsol generasi kelima dan keenam (Playstasion dan Playstasion). Pada waktu itu dunia gaming memang sangat seru dan di Indonesia masih mengalami kejayaan rental PS. Nah, salah satu yang mewarnai dunia video game di era tersebut adalah munculnya "Gameshark".

Apa itu Gameshark? Gameshark adalah produk cartridge dan CD game yang berguna untuk cheat alias curang dalam suatu video game. Gameshark memungkinkan penggunanya untuk "merusak" sistem yang ada dalam permainan sehingga bisa membuka sesuatu yang terkunci dalam game ataupun mengubah nilai tertentu dalam game itu sendiri. Contohnya kita bisa menjadikan nyawa atau uang dalam game menjadi unlimited.

Gameshark dikembangkan dan dirilis oleh Mad Catz Global Limited untuk berbagai platform antara lain untuk Playstasion, Playstation 2, Nintendo 64, Game Cube, dan Sega Saturn, Xbox, Dream Cast, dan konsol portable seperti Game Boy Advance. Namun, gamer di Indonesia lebih mengenal Gameshark sebagai cheat untuk PS1 dan PS2. Gameshark sangat terkenal di era 2000an awal dan seakan menjadi dewa penolong bagi gamer yang kesulitan menamatkan sebuah judul video game.


Game-game yang paling sering menggunakan gameshark adalah game petualangan, meski game balapan juga banyak menggunakan Gameshark. Misalnya Gran Turismo, Gameshark akan berguna untuk membuka semua lisensi, mendapatkan uang tak terbatas, dan membuka track yang sebelumnya dikunci. Pun demikian dengan game Crash Team Racing (CTR), Gameshark akan membuka semua karakter spesial tanpa harus bersusah payah menamatkan mode adventure.


Apakah cheat menggunakan Gameshark pada saat itu adalah tindakan salah? Tentu saja tidak, karena pada saat itu game masih bersifat offline dan tidak ada pihak yang dirugikan. Pada saat itu game juga belum ada microtransaction dan DLC, jadi developer pun tidak dirugikan karena produknya sudah dibeli sepenuhnya oleh konsumen (kecuali kalau memang membeli game bajakan emoticon-Ngakak)


Gameshark mempunyai ribuan kode cheat untuk ribuan judul game, terkadang akan terjadi error jika si pemain memasukan terlalu banyak kode cheat. Di PS1 cara menggunakan cheat Gameshark adalah dengan cara memutar CD Gameshark pada perangkat Playstasion, memilih judul game, memasukan kode cheat yang akan diaktifkan dan menjalankannya, berikutnya sistem akan meminta si pemain untuk mencopot CD Gameshark di perangkat PS dan menggantinya dengan CD game yang akan dimainkan. Tapi tanpa memencet tombol reset karena sistem akan otomatis akan langsung masuk ke game dan... Cheat dalam game sudah aktif!

Sejak era PS3 (konsol generasi ketujuh) di mana video game sudah banyak yang online serta developer sudah membuat mircotransaction, maka Gameshark sudah tidak ada lagi. Akan tetapi Gameshark tetap bisa digunakan di berbagai emulator konsol game jadul.

Ya, begitulah gan. Dulu dunia gaming masih belum ada microtransaction dan embel-embel DLC. Gameshark pun dulu jadi idola para gamer. Sekarang yang menjadi dewa penolong para gamer adalah uang untuk top up agar bisa membeli item spesial di game emoticon-Ngakak

Quote:
raafirastania26
nouze23
ediptyaa
ediptyaa dan 16 lainnya memberi reputasi
17
12.8K
119
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Games
Games
icon
38.9KThread15.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.