• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kuda, Salah Satu Hewan Paling Berjasa Bagi Manusia Yang Kita Sia-Siakan 🤧

online.addictAvatar border
TS
online.addict
Kuda, Salah Satu Hewan Paling Berjasa Bagi Manusia Yang Kita Sia-Siakan 🤧
Hello Agan dan Aganwati warga Kaskus semuanya. Jumpa kembali dengan online.addict, id jadul yang jarang online emoticon-Malu (S)

Pernah kepikiran ga sih Gan,
Quote:


Walau hanya dalam bentuk nandatanganin petisi di change.org kini manusia mulai sadar buat melindungi hewan langka. Mereka jadi langka pun salah satu faktornya gara-gara kita juga kan. Tapi anehnya manusia bisa ga inget sama sekali sama kuda yang dahulu dijadikan tunggangan perang, hingga kini dimanfaatkan edan-edanan tenaganya, dijadikan bahan taruhan sampai diperas susunya. Namun perlakuan mereka terima seringkali tak baik. Manusia itu "Berperikemanusiaan Namun Tak Berperikehewanan" istilahnya (but 'berperikehewanan' is not even a word). Tidak tahu terima kasih.

Quote:



Ini pengalaman ane barusan mudik Idul Adha. Foto hanya ilustrasi. Ga sempet moto, saking kagetnya emoticon-Berduka (S)


Kalau ga kebaca tulisannya apa (itu dari IG Story ane soalnya wkwk), atau kurang ngerti karena campur bahasa sunda, singkat cerita :
Quote:


Ketika motor ane jalan sejajar sama si kuda yang jalannya terseok2, ane yang kebanyakan nonton drakor pun meneriakkan "Semangat!" sambil mengepalkan tangan ke arah si kuda. Kalau ane bilang "Himne se yo"mana ngerti dia kan. emoticon-Ngakak (S) Pengen mah nolong tapi ga berani, kebayang kuda lagi panik gimana. Yang jelas liatnya tuh perih banget Gan. emoticon-Mewek



Kejadian di Tasik, Febuari 2019 kemaren. Warganet sempet heboh boikot naik andong Gan.



Quote:


Di kita paling yang peduli sama kuda tuh para equestrian, yang punya penangkaran kuda sama cagar alam yg ada kuda liarnya kali yah? Mamang-mamang delman? Walau ane yakin pasti ada yang sayang sama kudanya, rata-rata mereka cuma anggap kuda alat cari duit. Sepatunya dipake sampe ga layak (dipake narik di kota, kena aspal jalan raya kan cepet aus tuh, beda sama kalau di jalanan yang masih tanah), kuda udah kecapean sampe berbusa mulutnya masih aja dipecutin suru narik. Bahkan ada kisah kuda yang being put down to 'sleep'alias dimatiin karena kakinya patah/kena tetanus sampe gabisa narik lagi. emoticon-Berduka (S)



Kuda delman yang udah kecapekan dan kehausan dipukulin kusirnya di bagian mata dan mulut, terus dipecutin sampe baret. Kejadian di Serpong 2017


Dibandingin sama di mari, di luar negeri tampaknya kuda lebih disayang.Seperti yang Agan pelajari di pelajaran sejarah, di beberapa negara, zaman dulu bahkan banyak anggota kerajaan dan bangsawan yang dikubur bareng kudanya. Di video dokumenter luar pun keliatan mereka diperlakukan kayak pet aja, disayang-sayang, dielus-elus. Bahkan di game the Sims pun ada pilihan kuda sebagai hewan peliharaan. Emang itu game doang, tapi bukannya game juga terinspirasi pengalaman nyata dan kebiasaan masyarakat sehari-hari di sana? Intinya budaya orang luar tuh sayang sama kuda. Banyak film barat (sampe ratusan) yang fokus menceritakan persahabatan manusia dengan kuda, pokoknya ngajak kita buat memperlakukan kuda dengan baik. Yang paling ngetop di antaranya :


Quote:


Quote:



Quote:



Quote:



Quote:



Quote:



Quote:



Selain itu masih ada film tentang kuda balap seperti Seabiscuit dan Secretariat dan ada animasi kuda kayak Maximus dan Spirit : Stallion of the Cimarron. Ntar ane tambahin kalau muat.

Quote:


Bikin petisi di change minta UU perlindungan hewan misalnya? Atau dengan sadar diri kalau badan gede jangan naik kuda apalagi yang udah tua kudanya. Gausah sok cantik pengen boncengan naik kuda kayak di novel2 romance, kasian. Ajak anak ente nonton film kuda di atas biar tumbuh rasa sayang sama kuda. Ajak mereka ke farmhousesdi mana kita bisa berinteraksi sama kuda atau kuda ponny. Mari ciptakan Indonesia sebagai negara yang sayang kuda!


Orang luar mah anak batita pun udah ngerti sayang sama kuda Gan, beda banget duh sama bocah tadi

Ane ga bakal ajak ente buat boikot delman kayak warganet geram yang beraksi akan kasus penganiayaan kuda di video atas. Kalau diboikot ntar bisa jadi mereka (si kuda) ga bisa makan. Mereka ga terlatih buat jadi kuda balap, ga mungkin dipaksain. Kalau udah 'ga ada kerjaan' kitu gimana coba kalau mereka dimatiin kayak cerita-cerita diatas? Atau disiksa pemiliknya karena kesel mereka jadi ga laku gtu, pan sedih juga. Serba salah emoticon-Bingung (S)

Quote:



Sekian thread tentang kuda ini dari ane. Harapan TS akan muncul lembaga entah dari komunitas pecinta binatang atau lembaga perlndungan hewan yang mau mengedukasi para mamang delman agar memperlakukan kuda mereka dengan layak. Pendidikan itu penting pemirsa!





Semoga hati Agan-Agan terketuk untuk menyayangi kuda. Rate dan cendol bila berkenan emoticon-Toast
Diubah oleh online.addict 22-08-2019 12:51
alifrian.
anasabila
4iinch
4iinch dan 13 lainnya memberi reputasi
14
14.9K
105
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.