alexa-tracking
Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
7849
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5725b0a42e04c87c3b8b456c/japan-a-to-z-all-about-travelling-in-japan---part-1
Halo. Permisi mimin dan momod serta sepuh dan seluruh kaskuser traveller. Permisi newbie mau bikin thread. Ane lihat tidak ada thread yang mencakup tentang semua hal tentang Jepang, jadi semoga thread ini bisa sesuai pada tempatnya. Di sini ane mau sajikan informasi tentang Jepang dari A sampai Z. Semoga bisa menjadi tempat komunikasi dan sharing mengenai traveling ke Jepang. Segala pertanyaan, sa
Lapor Hansip
01-05-2016 14:30

Japan A to Z: All about Travelling in Japan

Halo. Permisi mimin dan momod serta sepuh dan seluruh kaskuser traveller. Permisi newbie mau bikin thread. Ane lihat tidak ada thread yang mencakup tentang semua hal tentang Jepang, jadi semoga thread ini bisa sesuai pada tempatnya. Di sini ane mau sajikan informasi tentang Jepang dari A sampai Z. Semoga bisa menjadi tempat komunikasi dan sharing mengenai traveling ke Jepang. Segala pertanyaan, saran, tambahan, dll diterima dengan senang hati. emoticon-Kiss

Tentang Saya
Saya adalah orang Indonesia, hobi flashpacking (semacam backpacking namun sedikit berbeda) yang tinggal di Tokyo, Jepang. Saya sudah pernah datang ke Jepang sebagai wisatawan, sebagai murid, dan juga sekarang kerja di Jepang dan berbisnis dengan orang Jepang jadi semoga saya punya sedikit gambaran tentang Jepang dari berbagai perspektif yang berbeda deh. Hehehe.

Sekilas Tentang Jepang
Jepang, atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Japan, atau Nihon dalam bahasa Jepang itu sendiri, adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Negara yang sering dijuluki sebagai Negeri Sakura atau Negeri Matahari Terbit ini adalah perpadauan antara masa lalu dan masa depan. Teknologi canggih, deretan pencakar langit, fashion dan gaya hidup modern berkembang bersama tradisi dan kebudayaan yang telah berumur ribuan tahun. Jepang adalah suatu teater kontradiksi. Banyak perusahaan dan korporasi Jepang, ambillah contoh Mitsubishi, Toyota, Nissan, Honda, Canon, dll mendominasi di dunia. Namun ketika membaca berita finansial sepertinya Jepang sedang dalam masalah keuangan yang parah. Banyak kota besar di Jepang sangat modern dan berteknologi tinggi, namun bangunan kayu klasik dan kuil keluarga berumur ratusan tahun masih dapat ditemukan di sebelah kondominium mewah yang harga sewanya mencapai ¥2.000.000 atau sekitar Rp 200.000.000,- per bulan. Anime-anime yang cute bertebaran, namun pornografi yang paling hardcore pun dapat ditemukan di tempat yang sama. Ketika saya tinggal di apartemen saya dulu yang jelek, dari jendela kecil tempat saya merokok di malam hari bisa dilihat suatu kondominium mewah yang di dalamnya terdapat baying-bayang TV raksasa yang lebih tinggi dari manusia. Di apartemen saya yang sekarang ini meskipun relatif modern dengan toilet otomatis ber-touchscreen (ya, beneran), dari balkon saya masih bisa melihat suatu balkon apartemen kecil berpintu geser kayu, di mana seorang kakek sepuh akan keluar beberapa kali sehari untuk melihat bonsai-bonsainya. Begitu juga pemandangan para eksekutif Jepang yang berdasi dan berjas, namun melakukan pembicaraan bisnis duduk tanpa kursi sambil menikmati teh hijau panas. Kebudayaan yang amat beragam ini menurut saya akan membuat kemungkinan anda akan bosan di Jepang menjadi kecil sekali.

Sejarah Jepang
Kepulauan Jepang mulai dihuni mulai 50.000 tahun lalu menurut bukti-bukti arkeologi. Menurut legenda yang ada di masyarakat, Kaisar Jimmu memerintah mulai abad ke-7 sebelum Masehi dan terus menerus menurunkan tahtanya sampai kekaisaran yang sekarang ini. Namun para arkeolog dan sejarawan mengatakan bahwa menurut bukti-bukti yang ada, kekaisaran ini dimulai dari abad ke-3 Masehi yang disebut sebagai Periode Kofun, dimana Jepang mendapat pengaruh kuat dari China, mulai penggunaan sumpit, agama Buddha Mahayana, sampai permainan Go.

Pada Periode Asuka, Jepang mulai memiliki pemerintahan sentral dan baru pada Periode Nara, Jepang memiliki kekaisaran yang kuat beribukota di Nara. Kemudian pada Periode Heian ibukota Jepang dipindahkan ke Kyoto. Pengaruh China juga sangat kuat pada masa ini sehingga tak heran kebudayaan Jepang ada mirip-miripnya dengan China. Kemudian ada Periode Kamakura dan Periode Muromachi. ketika para samurai memiliki kekuatan politik. Samurai terkuat yang memiliki pengaruh ini disebut Shogun. Terjadilah perang turun-temurun antar penguasa daerah ini sampai Tokugawa Ieyasu berhasil menyatukan kembali Jepang pada tahun 1600. Shogun Tokugawa memerintah dari Edo atau yang hari ini disebut sebagai Tokyo.

Selama ribuan tahun sejarahnya, kontak Jepang hanya dilakukan dengan China dan Korea. Hal ini berubah ketika sebuah kapal AS dibawah kepemimpinan Matthew Perry mendarat di Yokohama pada 1854 dan memaksa Jepang membuka diri untuk perdagangan dengan dunia barat. Perjanjian pun ditandatangani dan para shogun pun kehilangan kekuasaan ketika timbul Restorasi Meiji pada 1867. Restorasi Meiji ini mirip pemaksaan globalisme pada masyarakat Jepang namun ternyata memiliki pengaruh baik bagi modernisasi. Industri Jepang sangat berkembang setelah Restorasi meiji, dibuktikan dengan perkembangan teknologi, universitas, pabrik-pabrik, bangunan dari batu bata, serta pembangunan bandara serta rel kereta api. Perkembangan Jepang sangat pesat pada masa ini, bahkan gempa bumi pada 1923 yang menghancurkan lebih dari 70% Tokyo dan membunuh 100.000 orang, nyaris tidak dapat menghentikan perkembangan ini.

Jepang yang memiliki wilayah sempit dan sumber daya yang terbatas, akhirnya melakukan invansi ke China. Pada 1895 Jepang menguasai Taiwan, Korea, dan sebagian Manchuria. Bahkan pada 1905 Jepang mengalahkan Rusia, yang dicatat sebagai kejutan sekaligus titik balik sejarah bahwa bangsa Asia bisa mengalahkan bangsa Eropa yang pada waktu itu dianggap tak terkalahkan. Pada 1931 Jepang melakukan serangan total ke China dan pada 1941 telah memiliki armada yang amat kuat. Tahun itulah Jepang menyerang Pearl Harbor, menghancurkan armada Pasifik Amerika Serikat sebagai persiapan menguasai Asia Tenggara yang kaya sumber daya alam. Bersekutu dengan Jerman dan Italia dalam perang yang dikenal sebagai Perang Dunia ke-II ini, akhirnya Jepang menyerah ketika bom atom meledak di Hiroshima dan Nagasaki. Untuk pertama kalinya dalam sejarah Jepang diduduki bangsa asing, dan kekaisaran kehilangan kekuasaannya. Jepang mulai saat itu menjadi bangsa demokratis dengan Amerika Serikat membangun pangkalan perangnya di sana. Jepang tidak lama-lama dalam kehancuran akibat kalah perang. Hanya sepuluh tahun setelah bom atom, Hiroshima dan Nagasaki telah kembali menjadi pusat ekonomi yang kuat seperti sebelum perang. Produk-produk Jepang membanjiri pasar negara barat dan korporasi besar di Jepang semakin menggurita. Dengan adanya kerjasama antara pemerintah dan para pengusaha (sering disebut sebagai Japan Inc. di barat), bangsa kepulauan kecil yang hancur dalam perang telah kembali sebagai kekuatan ekonomi terbesar kedua di dunia.

Namun tiada pesta yang tak berakhir. Pertumbuhan yang pesat ini juga akhirnya usai. Bursa saham Tokyo, Nikkei, akhirnya kolaps pada 1989, turun berantakan. Harga real estate jatuh sampai sepertiga, bursa saham turun sampai setengah, ditambah lagi sebuah gempa besar di Kobe pada 1995. Ditambah lagi utang pemerintah yang mencapai 2x GDP, permasalahan menuanya usia penduduk, dan masih banyak lagi, membuat tahun 1990 an disebut sebagai “lost decade” di Jepang. Akhirnya Jepang pun dilewati oleh China. Jepang memang dalam krisis, namun ekonominya masih tetap sangat tinggi untuk standar dunia sekalipun. GDP daerah Kanto (Tokyo dan sekitarnya) masih setara dengan keseluruhan Britania Raya. GDP daerah Kansai (Osaka dan sekitarnya) masih setara dengan keseluhan negeri Belanda.

Orang Jepang
Sebagai sebuah negara kepulauan yang relative terisolasi dari bangsa asing selama berabad-abad, populasi Jepang relatif sangat homogen. Lebih dari 97% warga Jepang adalah orang asli Jeapng. Minoritas kebanyakan dari etnis China dan Korea, dengan total sekitar 2 juta jiwa. Orang Jepang dikenal dengan kesopanannya dan dikenal cukup ramah pada pendatang. Generasi muda Jepang biasanya tertarik untuk bertemu dan berteman dengan wisatawan asing.

Namun ada juga orang-orang Jepang yang tertutup pada bangsa asing. Orang-orang ini dapat dibagi menjadi 2. Pertama, mereka yang memang rasis dan malas berurusan dengan orang asing (外人 gaijin). Kedua, orang yang malu saja. Banyak teman bule saya yang bercerita bahwa orang Jepang terutama generasi tua agak enggan berbicara dengan mereka karena takut tidak bisa bahasa Inggris. Banyak pula teman Jepang saya yang berkata bahwa mereka mengaku sungkan bila berbicara dengan orang Eropa, dll karena malu akan kemampuan berbahasa Inggrisnya.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
azidqi dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Tampilkan isi Thread
Halaman 382 dari 395
Japan A to Z: All about Travelling in Japan - Part 1
Lapor Hansip
11-08-2019 21:52
Balasan post kingtacchan
@kingtacchan
pengennya ada review langsung yagn sudah pernah hehehehe, ini juga lagi ngumpulin review, cuman masih ragu ragu dengan transit di cina.
0 0
0
Japan A to Z: All about Travelling in Japan - Part 1
Lapor Hansip
12-08-2019 05:23
Balasan post billykristiawan
Tanya sama diri sendiri: ente tahan/suka dingin apa ga?
Ane sih pake long john klo suhu di bawah 15 derajat, tapi ada lho orang yg 5 derajat bisa pake kaos doang?
Jaket ane ga punya yg tebal cuma Un*qlo Ultra Light Down, musim dingin -16 derajat pun ane pake itu karena punyanya itu doang. Ya seberapa tebel tergantung jawaban pertanyaan di atas... Dan agan sbnrnya punya jaketnya seberapa...
Atau ya coba deh datengin Jepang lgsg... Nanti di sana terasa gimana baru ente beli long john atau jaket di sana. Bawa jaket yg udah ada jg bisa... Klo kurang beli lg klo kelebihan ya ga dipake jaketnya...
Yg penting sih klo dingin ente banyak bergerak, banyak minum, klo udah ga kuat ya cari ruangan yg ada penghangat klo bisa. Selain itu yg ditakutin pas dingin tuh angin jadi cari jaket yg bisa nahan angin.
0 0
0
Japan A to Z: All about Travelling in Japan - Part 1
Lapor Hansip
12-08-2019 08:52
Balasan post rakata
@rakata ga usah antre kok haha kemarin pas cathay pacific sama ana buka travel fair, ane juga gabisa dtg karena temen ane wisuda dan skripsi belum kelar. Ane telepon aja travel yg ane tahu dan mereka bisa pesenin. Coba nanti telepon aja p**orama atau dw*d*ya tour mereka ikut japan travel fair atau engga
0 0
0
Japan A to Z: All about Travelling in Japan - Part 1
Lapor Hansip
12-08-2019 10:04
Balasan post clonetroop
Quote:Original Posted By clonetroop
@rakata ga usah antre kok haha kemarin pas cathay pacific sama ana buka travel fair, ane juga gabisa dtg karena temen ane wisuda dan skripsi belum kelar. Ane telepon aja travel yg ane tahu dan mereka bisa pesenin. Coba nanti telepon aja p**orama atau dw*d*ya tour mereka ikut japan travel fair atau engga


@clonetroop
lho bisa ya gan, setahu aku order di travel fair tidak bisa diwakilkan, eh ini malah bisa lewat travel agent saya baru tahu malah, terima kasih infonya bro
0 0
0
Japan A to Z: All about Travelling in Japan - Part 1
12-08-2019 12:08
Mau tanya dong. Ane bulan depan mau kesana dan minggu ini mau resmi resign. Dan sekarang sedang proses visanya kesana. Kira2 di kolom visa application pada"Current profession or occupation and position" sama "Name and address of employer" ga perlu diisi gapapa kan ya? Ane bisa buktikan di rekening koran 3 bulan terakhir kalo selama trip disana ane punya uang yang cukup. Terima kasih
Diubah oleh monsterpickup
0 0
0
Lihat 6 balasan
Japan A to Z: All about Travelling in Japan - Part 1
Lapor Hansip
12-08-2019 13:23
Balasan post rakata
@rakata di travel fair pasti ada agennya gan wkwk coba aja dicek partnernya sapa aja di link ini
https://www.jnto.or.id/berita-jnto/detail/japan-
Waktu saya ke Garuda Travel Fair juga pake metode yg sama, ga harus dtg ke venue😄
0 0
0
Japan A to Z: All about Travelling in Japan - Part 1
Lapor Hansip
12-08-2019 13:49
Balasan post monsterpickup
Quote:Original Posted By monsterpickup
Mau tanya dong. Ane bulan depan mau kesana dan minggu ini mau resmi resign. Dan sekarang sedang proses visanya kesana. Kira2 di kolom visa application pada"Current profession or occupation and position" sama "Name and address of employer" ga perlu diisi gapapa kan ya? Ane bisa buktikan di rekening koran 3 bulan terakhir kalo selama trip disana ane punya uang yang cukup. Terima kasih


kl menurut ane itu penting di isi gan, soalnya itu menunjukkan agan punya pekerjaan tetap dan dijamin akan kembali ke Indonesia, kalau ga di isi nanti bisa dianggap mau jadi TKI Illegal... emoticon-Peace


0 0
0
Japan A to Z: All about Travelling in Japan - Part 1
Lapor Hansip
12-08-2019 14:03
Balasan post monsterpickup
@travelin Kalo diisi perlu lampiran surat keterangan kerja ngga gan? Ane punyanya yg tahun 2017, sementara minggu ini ane resign. Kalo ane minta surat keterangan kerja lg yang baru ke HRD malah ga valid lagi pas hari H keberangkatan ke jepang, sementara ane sudah resmi resign.
Diubah oleh monsterpickup
0 0
0
Japan A to Z: All about Travelling in Japan - Part 1
Lapor Hansip
12-08-2019 15:28
Balasan post monsterpickup
@monsterpickup
mesti nya gpp buat yang baru, kan status nya memang saat ini agan masih bekerja? dan sepengalaman ane waktu buat Visa utk beberapa negara, belum pernah satu pun yang di konfirmasi ke kantor... emoticon-Big Grin

atau boleh jg minta bantuan teman, dulu temen ane waktu ke Eropa, pernah minta tolong teman lainnya utk dibuatkan SK.

atau agan bisa juga minta bantuan Biro jasa utk dibuatkan Visa nya.. emoticon-Peace


0 0
0
Japan A to Z: All about Travelling in Japan - Part 1
Lapor Hansip
12-08-2019 18:30
Balasan post travelin
@travelin Hooh gitu ya gan. Ane masih nyoba sih komunikasi sm HR, tapi ane baca lagi di web kedubes jepangnya ngga ada mesti lampirkan dokumen itu. Apa opsional ya? Trus kalo minta bantuan biro jasa bukannya sama aja ya minta dokumen lengkap jg ujung2nya (SK)? hahaha
0 0
0
Japan A to Z: All about Travelling in Japan - Part 1
Lapor Hansip
12-08-2019 20:56
Balasan post monsterpickup
@monsterpickup
ane kurang tau gan, optional atau ga, tapi selama ane apply Visa, ane pasti sertain Doc. itu.
biasanya Biro Jasa bisa beri jalan keluar... emoticon-Big Grin
cari yang bonafide, atau agan konsultasi kan dulu dng BJ, spy punya gambaran yang lebih jelas.. emoticon-Peace

0 0
0
Japan A to Z: All about Travelling in Japan - Part 1
Lapor Hansip
13-08-2019 08:28
Balasan post billykristiawan
Share pengalaman aja, klo ane pas kesana saat autumn jg, kisaran tengah November 2018 sih belum perlu Long john. Saat itu suhu kisaran 10-12 C waktu siang dan bisa turun nyampe separuhnya waktu malam (kota), Cukup Jaket tebel satu sama syal. Kupluk bila perlu buat nahan angin nya autumn yg udh lumayan semriwing. Tapi kembali lagi ke ketahanan tiap orang beda2 ya.
0 0
0
Japan A to Z: All about Travelling in Japan - Part 1
Lapor Hansip
13-08-2019 14:55
Balasan post travelin
@travelin oke gan. Sementara ane mo urus sendiri dulu. Ane udh minta ke HR, dikasihnya SK yang nunjukkan completion work alias referensi untuk ane ngelamar di tempat lain. BIsa dipake kan ya?
0 0
0
Japan A to Z: All about Travelling in Japan - Part 1
Lapor Hansip
13-08-2019 19:23
Balasan post billykristiawan
Quote:Original Posted By billykristiawan
halo gan
ane rencana pergi ke osaka, kyoto, tokyo tgl 10-24 november nanti...
nah berhubung udah masuk musim gugur (autumn), mau nanya beberapa hal :
1. jaket nya harus seberapa tebal ya gan?
2. apa perlu long john?

thank you jawabannya gan


Kalo menurut ane si belum perlu,,gan...kecuali kalo perginya bulan desember ky ane tahun lalu,,cz bulan desember udara di 3 kota itu udah dibawah 10 dan makin malem makin dingin,,jadi wajib pakai "perlengkapan perang" di musim dingin.
Kalo masih november dan ga ke Hokkaido cukup jaket tebel aja tanpa long john.
0 0
0
Japan A to Z: All about Travelling in Japan - Part 1
Lapor Hansip
14-08-2019 12:45
Balasan post radamel13
@radamel13

terima kasih agan,.. maaf saya baru bisa balas , thanks ya masukannya ,....
0 0
0
Japan A to Z: All about Travelling in Japan - Part 1
Lapor Hansip
14-08-2019 12:47
Balasan post kingtacchan
terima kasih agan,.. maaf saya baru respon skrg,. lagi diluar kota kemarin,.. makasih info nya masalah JR PASS ya,..
0 0
0
Japan A to Z: All about Travelling in Japan - Part 1
14-08-2019 12:48
maaf agan-agan,.. ada yang tau lokasi/daerah yang enak untuk menginap di Tokyo ?... minta saran dan masukannya ya,. makasih
0 0
0
Lihat 3 balasan
Japan A to Z: All about Travelling in Japan - Part 1
14-08-2019 13:02
Quote:Original Posted By TwoHeart
maaf agan-agan,.. ada yang tau lokasi/daerah yang enak untuk menginap di Tokyo ?... minta saran dan masukannya ya,. makasih


Gk tau ane gan,
coba ke forum japan gan
di kaskus ni da juga
0 0
0
Japan A to Z: All about Travelling in Japan - Part 1
Lapor Hansip
14-08-2019 16:35
Balasan post TwoHeart
Sebenarnya kategori enak juga subyektif ya gan.
Bisa enak artinya dekat ke obyek wisata, bisa juga enak karena dekat sama tempat makan bagi yg demen kuliner. Atau enak karena deket pusat perbelanjaan, etc.

Untuk salah satu sumber bisa coba cek di link berikut gan:
https://matcha-jp.com/id/5996
"Enaknya Menginap di Mana, Ya? Inilah 11 Rekomendasi Area untuk Menginap di Tokyo!"
0 0
0
Japan A to Z: All about Travelling in Japan - Part 1
Lapor Hansip
14-08-2019 16:38
Balasan post TwoHeart
Maksudnya lokasi enak apa nih?
Coba lebih spesifik.
Klo ane mah di mana aja asal dkt stasiun dan MURAH.
Ane di Tokyo pernah nginap di daerah Komae (Odakyu), Kanegafuchi (Tobu), Nippori (JR, Keisei, Toei Nippori Toneri Liner). Kyknya itu daerah "aneh" semua sih menurut ane.
Kriteria enak menurut agan mungkin beda nih.
Atau kenapa ga coba Google "Best Places to stay in Tokyo" kayaknya ane pernah baca sih. Tapi daerah yg disebut di situ rada mahal2 menurut ane.
Selain itu, jawabannya jg bakal beda tergantung dari bandara mana... Dan mau gampang ke bandara ga nanti pas pulang. Misalnya Haneda, agan pertimbangkan yg dkt stasiun Keikyu biar sekali naik. Kalau Narita, dkt stasiun JR/Keisei.
Trs klo pegang JR Pass ya bagus klo nginap di dkt stasiun JR... dsb...
Diubah oleh kingtacchan
profile-picture
kunkuntoto memberi reputasi
1 0
1
Halaman 382 dari 395
icon-hot-thread
Hot Threads
The Rest of the World (International Food)
saus-saus-pasta-mana-yang-jadi-kesukaanmu
icon-jualbeli
Jual Beli
Rp 3.900
Rp 130.000
kaos-raglan-jdm---merah
Rp 5.000
Rp 100.000
kaos-kaskus---ofcl-putih
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.