• Beranda
  • ...
  • Photography
  • Apa Perbedaan Antara Mirrorless Camera Dengan DSLR Camera? Yuk Mari Cari Tahu!

indriketarenAvatar border
TS
indriketaren
Apa Perbedaan Antara Mirrorless Camera Dengan DSLR Camera? Yuk Mari Cari Tahu!

Thread kali ini kita akan membahas tentang : "Apa itu perbedaan dari Kamera Mirrorless dan Kamera DSLR?" Tapi agan dan sista perlu ketahui dulu apa itu Mirrorless dan apa itu DSLR?

DSLR, mungkin agan dan sista sudah sangat akrab dengan nama yang satu ini. Kamera DSLR rata-rata orang Indonesia itu hampir semuanya pernah menggunakannya. Tapi banyak yang tidak tahu bahwa DSLR itu adalah singkatan dari Digital Single Lens Reflect. Kemudian apa itu Mirrorless? Mirrorless berarti Tanpa Cermin.

Kamera Mirrorless ini menggunakan sistem yang berbeda dengan Kamera DSLR. Kalau DSLR menggunakan cermin atau mirror untuk memantulkan gambarnya, tapi kalau untuk Mirrorless itu tanpa cermin alias tidak ada cermin seperti yang ada pada DSLR untuk memantulkan hasil dari gambar. Karena Mirrorless ini tidak memiliki cermin atau biasa disebut "mirror box", jadi dia sangat berbeda sistem kerjanya dengan DSLR.

Kamera Mirrorless jauh lebih kecil dan bobotnya juga jauh lebih ringan dan dengan sistem kerjanya jauh lebih ringkas. Agan dan sista pasti bertanya-tanya, sebenarnya cermin seperti apa yang tidak ada pada kamera Mirrorless?

Bisa agan sista lihat kalau pada Kamera DSLR itu terdapat mirror box (ada cermin kecil pada kamera), sedangkan Mirrorles tidak terdapat mirror box.

Disitulah letak perbedaan besar antara Mirrorless dan DSLR. Jadi Mirrorless memiliki sistem kerja yang jauh lebih sederhana ketimbang dengan DSLR. Dan inilah yang menjadi perbedaan yang pertama.

Perbedaan yang kedua adalah karena tidak memiliki cermin atau mirror box, maka Kamera Mirrorless rata-rata tidak mempunyai "viewfinder" seperti yang dimiliki oleh Kamera DSLR.

Semua Kamera DSLR itu pasti ada viewfinder-nya, karena ada bantuan cermin untuk memantulkan gambar atau objek menuju mata kita supaya kita bisa melihat objek-nya. Kalau Kamera Mirrorless tidak memiliki viewfinder, maka sistemnya langsung ditampilkan pada layar LCD.

Tapi ada beberapa jenis Kamera Mirrorless yang sudah memiliki viewfinder seperti Sony A7 S. Tapi sistem viewfinder Mirrorless berbeda dengan sistem viewfinder DSLR. Kalau viewfender Mirrorless itu rata-rata sama halnya dengan tampilan yang ada pada layar. Jadi kalau misalnya kita ingin melihat suatu objek, maka kita harus menyalakan terlebih dahulu kamera-nya. Kalau misalnya kita tidak menyalakan kamera-nya, maka kita tidak bisa melihat objek. Berbeda dengan DSLR Camera. DSLR walaupun dalam kondisi tidak menyala, kita masih tetap bisa melihat objek yang ada di depan kita. Walaupun begitu, ada beberapa Kamera Mirrorless yang sudah menyediakan viewfinder tambahan ya atau viewfinder external untuk dipasang pada Kamera Mirrorless.

Perbedaan selanjutnya antara Mirrorless dan DSLR adalah karena Mirrorless tidak memiliki yang namanya mirror box atau cermin seperti yang dibahas tadi diatas, maka otomatis body-nya jadi lebih kecil karena ada pemangkasan jarak pada kamera (tidak ada jarak mirror box). DSLR berbody besar karena makan jarak pada kamera akibat adanya mirror box. Inilah Kenapa akhirnya Mirrorless dibuatkan lensa yang baru dan berbeda dengan DSLR. Karena adanya beda dudukan, dudukan yang awal seperti yang digunakan pada DSLR tidak bisa lagi dimasukkan kepada Mirrorless sehingga akhirnya diciptakan lensa yang jauh lebih kecil ketimbang lensa DSLR.

Jadi misalnya kita melihat lensa kit dari kamera DSLR itu akan lebih besar ketimbang lensa kit dari Mirrorless. Itu disebabkan karena tadi dudukan lensa yang awalnya ada pada DSLR dipengaruhi oleh adanya mirror box. Tapi para produsen itu sudah mengakalinya supaya lensa dari dataran ini bisa masuk ke kamera Mirrorless dengan menggunakan adaptor yang sudah banyak disediakan baik itu dari produsen merek kamera tersebut ataupun dengan produsen merek-merek yang lain.

Berikutnya kita akan melihat menu-menu yang terdapat pada Kamera Mirrorless dan juga pada Kamera DSLR. Ada beberapa menu yang tidak tersedia di Kamera Mirrorless ketimbang Kamera DSLR. Tentunya akan lebih lengkap menu-menu atau pilihan menu yang ada di Kamera DSLR ketimbang di Kamera Mirrorless.

Jadi apa beda hasil dari foto dan video antara DSLR Camera atau Mirrorless Camera?

Jadi tidak usah bertanya lagi karena sama halnya kita membandingkan antara motor matic dan motor bebek ya, dimana sama-sama motor, sama-sama bisa dikendarai dan sama-sama bisa mengantarkan kita sampai ke tujuan.

Ya... kira-kira seperti itulah perbedaannya. Tapi kalau kita berbicara soal zaman sekarang, orang akan pengen yang praktis dan pengen yang mudah dibawa kemana-mana tentu pilihan terbaiknya adalah Mirrorless Camera. Karena sudah terlihat bagaimana besarnya DSLR Camera dan bagaimana kecilnya Mirrorless Camera dan dengan hasil foto dan video yang tidak jauh berbeda. Tapi intinya tetap bahwa setiap orang pasti punya pilihan masing-masing. Kalau agan sista adalah type-kal orang yang suka berjalan-jalan dan ingin sekali punya Kamera yang praktis di bawa, berarti agan sista bisa memilih Mirrorless Camera. Tapi kalau misalnya agan sista merasa tidak kesulitan untuk membawa Kamera yang ukuran besar disaat berjalan-jalan, ya pastinya yang terbaik adalah DSLR Camera.

Kira-kira bagusan mana kalau misalnya kita pakai Mirrorless Camera atau DSLR Camera untuk foto dan untuk video?

Kedua-duanya menghasilkan foto dan video yang bagus. Balik lagi ke individunya atau orangnya ya, jangan tergantung kepada sebuah alat/camera yang digunakan. Jadi apapun alat/camera yang digunakan, selagi agan sista bisa memanfaatkannya semaksimal mungkin maka agan sista akan bisa menciptakan foto-foto yang berkelas atau video-video yang bagus. Jadi jangan terfokus pada alat/camera saja. Jadi jika agan sista ingin punya Mirrorless Camera yang harganya mungkin hanya berkisar 4-6 juta atau mungkin agan sista ingin punya DSLR Camera yang mungkin harganya juga tidak terlalu mahal, maka itu semua tidak menjadi masalah. Karena yang terpenting adalah tergantung cara bagaimana agan sista menggunakan Kamera tersebut.



Sekian info thread kali ini. Terima kasih sudah berkunjung ke thread ini dan mudah-mudahan agan sista sudah mendapatkan informasi perbedaan antara Mirrorless Camera dan DSLR Camera. Agan sista bisa tentukan mana Kamera yang ingin agan sista pilih, baik itu Mirrorless Camera atau DSLR Camera karena semuanya punya kelebihan masing-masing dan tinggal bagaimana cara agan sista memanfaatkan kekurangan dari Kamera tersebut untuk menjadikan sebuah kelebihan.
swiitdebby
mr.croovooc
tata604
tata604 dan 20 lainnya memberi reputasi
21
12.6K
88
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Photography
Photography
icon
14.2KThread4.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.