Papa.T.BobAvatar border
TS
Papa.T.Bob
Mengarsipkan Musik, Mencintai Indonesia


Pertama-tama izinkan ane menjadi "spesies" netijen yang biasa kalian sebut sebagai overproud Indonesian.

Atau mungkin lebih tepatnya, "warganet Indonesia yang cuma bisa berbangga-bangga tanpa melakukan apa-apa".



*****

Musik Etnik Indonesia

Kita sama-sama tahu, banyak orang barat yang menunjukkan ketertarikan pada alat musik gamelan. Tapi tahukah agan?


wikimedia.org

Syahdan pada tahun 1931 Antonin Artaud, seorang sutradara beraliran surealis asal Prancis, mengalami epifani ketika melihat pertunjukan tari Bali untuk pertama kalinya.

Konon Artaud begitu terkesima, dan meskipun ia tidak tahu persis mengenai latar belakang atau makna dari tarian tersebut, ia terhipnotis oleh gerak tubuh para penari serta magisnya iringan suara gamelan.

Sampai kemudian, pada tahun 1937, lahirlah konsep teater ciptaan Artaud bertajuk Theatre of Cruelty yang cukup berpengaruh pada perkembangan dunia teater di abad ke-20. Konsep itu sendiri terinspirasi dari pertunjukan musik serta tari Bali yang disaksikannya di Paris.


abebooks.com

Dan tidak hanya Artaud seorang yang "tergerak", sebab kabarnya pertunjukan di Paris Colonial Exposition, pada tahun 1931, itu menjadi momen pertama budaya Bali bersentuhan dengan panggung global.

Namun, karena sumber daya yang terbatas serta kendala lain yang disebabkan oleh penjajahan di era kolonial, salah satu penampil dalam pertunjukan di Paris tahun 1931 yang tersisa, Anak Agung Gde Mandera baru dapat mengabadikan pertunjukan musik gamelannya dua dekade kemudian.


discogs.com

"Reka ulang" pertunjukan tersebut diabadikan dalam bentuk plat piringan hitam bertajuk Dancers of Bali: Gamelan Orchestra from the Village of Pliatan, Bali, Indonesia (1952), lewat bantuan John Coast, seorang bekas tentara kolonial yang terobsesi dengan budaya Bali. Dalam rangka mempromosikan album ini ia mengajak para musisi serta penari yang terlibat untuk menjalani tur di Amerika Serikat.

Spoiler for tambahan:


*****

Masuk Amrik

Quote:


Berlanjut pada tahun 1971, Ray Manzarek menandai masuknya pengaruh musik etnik Indonesia dalam ranah budaya pop Amerika, dengan "meniupkan" unsur gamelanpada lagu the Doors yang berjudul L'America (album L.A. Woman). Hal yang sama kemudian dilakukan oleh Robert Fripp, lewat band beraliran rock progresif yang didirikannya, King Crimson, satu dekade kemudian lewat tiga album berturut-turut (Discipline, Beat, dan Three of a Perfect Pair).

Tak berhenti sampai di situ, penghargaan terbesar dunia pada gamelan bisa jadi adalah ketika Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengirimkan musik gamelan, sebagai salah satu representasi dari peradaban bumi, melalui plat piringan berlapis emas yang diangkut oleh Voyager 1 ke ruang angkasa pada 1977.

Dan musik etnik asli Indonesia yang diakui oleh dunia tentu bukan gamelan saja. Pada katalog Smithsonian Folkways Recordings kalian bisa menemukan album-album musik etnik dari seluruh penjuru Indonesia, seperti dari Maluku, Sumbawa, Sulawesi, Biak, Mentawai, hingga Betawi.


folkways.si.edu

Sampai sekarang pun kegiatan pengarsipan musik etnik asli Indonesia masih berlangsung. Salah satu proyek yang patut diapresiasi adalah Aural Archipelago gagasan etnomusikolog asal Amrik, Palmer Keen. Proyek Aural Archipelago sendiri merekam musik etnik dari seluruh penjuru Indonesia, dengan tujuan agar musik-musik ini tetap lestari dan dapat diakses oleh lebih banyak pendengar.


auralarchipelago.com

Palmer Keen seakan menapaki kembali jejak yang dilalui oleh Jaap Kunst hampir seabad lalu. Jaap Kunst adalah etnomusikolog asal Belanda yang lama menetap di Indonesia. Ia dikenal dunia sebagai tokoh yang mencetuskan istilah "etnomusikologi".

Baik Kunst maupun Keen, mereka berdua tertarik dengan musik etnik Indonesia selepas mendengar lantunan musik gamelan untuk pertama kalinya.

*****

Musik Rock Indonesia


folkways.si.edu

Dan kaum bule ternyata tidak cuma tertarik pada musik etnik Indonesia saja. Mereka juga antusias mengulik musik rock asli Indonesia. Terutama musik dari band-band abad lampau.

Pada tahun 2011, label rekaman Now-Again Records merilis antologi musik rock Indonesia dari kurun tahun 1970-1978. Antologi tersebut diprakarsai oleh Egon, pemilik label Now-Again, dan dikurasi oleh Jason "Moss" Connoy, seorang produser musik hip hop asal Kanada. Dengan judul yang diambil dari salah satu langgam di dalamnya, yakni Those Shocking Shaking Days, album tersebut mendapat sambutan yang cukup baik dari kalangan pendengar musik barat.


stonesthrow.com

Sampai-sampai musisi hip hop seperti Madlib, A$AP Rocky, hingga Kanye West tertarik menggunakan sampel dari lagu-lagu band rock jadul Indonesia untuk karya mereka. Sebut saja lagu Shark Move - Evil War (Madlib & Freddie Gibbs ft. Karriem Riggins - City) dan Rasela - Doa untuk Kekasih (A$AP Rocky ft. Joe Fox & Kanye West - Jukebox Joints; Lazy-J - Shatter Interlude).

Begitu dihargainya plat piringan hitam dari musisi rock jadul Indonesia, sehingga tidak salah jika belakangan David Tarigan berinisiatif untuk mencetuskan proyek pengarsipan Irama Nusantara. Dalam laman informasinya sendiri tertulis, bahwa arsip-arsip tentang musik Indonesia jaman dahulu memang sangat langka dan sulit ditemui. Seperti mengumpulkan harta karun.

*****

Penutup


medcom.id

Kegiatan mengarsipkan musik adalah bentuk kecintaan pada Indonesia. Sebab melestarikan arsip-arsip musik asli Indonesia sama dengan menjaga kekayaan aset budaya (dari klaim bangsa lain, misalnya). Yang berarti menjaga kedaulatan Indonesia. Selain juga menjaga eksistensi musik itu sendiri.

Akhir kata, mencintai Indonesia memang bisa lewat beragam cara, salah satunya melalui pengarsipan musik. Dan ane bangga Indonesia punya orang-orang yang begitu peduli, serta mencintai musiknya.

*****

Sekian dari Ane Bre & Sis.
Agan bangga gak dengan orang-orang yang mencintai musik Indonesia seperti mereka? Mari ngobrol di kolom komen :monggo
Salam dan sampai jumpa di thread Cipt. Papa.T.Bob selanjutnya.
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Toast

*****

Bonus

Spoiler for bonus:

Diubah oleh Papa.T.Bob 24-08-2019 07:22
kolollolok
anasabila
4iinch
4iinch dan 12 lainnya memberi reputasi
13
5.5K
64
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.