alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4aa9cea727680bad0c1d93/yang-suka-buku-sudah-tahu-bibliomania-belum
Lapor Hansip
07-08-2019 17:37
Yang Suka Buku Sudah Tahu Bibliomania Belum ?
Past Hot Thread
Yang Suka Buku Sudah Tahu Bibliomania Belum ?

Sumber Gambar : pixabay.com


Yang Suka Buku Sudah Tahu Bibliomania Belum ?


Selamat datang di thread Ane buat Agan dan Sista.

Agan dan Sista yang suka sama buku berarti kita punya kesukaan yang sama. Buat ane buku, baca, dan nulis itu malah sudah jadi satu kecintaan.

Makanya saat kemarin keliling baca-baca artikel ane kaget juga saat menemukan istilah yang berhubungan dengan buku. Istilahnya dinamakan Bibliomania.

Yang membuat ane kaget ternyata istilah itu disematkan buat orang yang memiliki gangguan psikologisyang berhububgan dengan buku. Nah loh, kok bisa ?

Quote:Bibliomania dapat menjadi gejala gangguan obsesif-kompulsif yang melibatkan pengumpulan atau bahkan penimbunan buku ke titik di mana hubungan sosial atau kesehatan rusak.(Wikipedia)


Bibliomania juga bisa dikatakan kecintaan berlebihan (kecanduan) terhadap buku.

Jadi buat seseorang yang bibliomania sangat menyukai cenderung terobsesi pada buku secara fisik hingga selalu berusaha memiliki buku dan menimbunnya bahkan tidak jarang tanpa perlu untuk dilihat atau dibacanya.

Orang yang terkena bibliomania memiliki kebutuhan untuk mengumpulkan buku-buku sebagai pelarian atas hubungan-hubungan sosial yang terancam. Jika tidak, maka penderita Bibliomania akan merasa kesepian atau memiliki suasana hati tidak menentu.

Orang yang terkena bibliomania memenuhi kebutuhan atas bukunya tidak hanya dengan cara membeli saja mereka akan berusaha bagaimanapun caranya mendapatkan buku untuk di timbun.

Yang paling ekstrim ane baca di sebuah artikel ada yang terkena bibliomania sampai mencuri buku-buku yang ada di perpustakaan, sampai pada satu waktu diketahui oleh pihak berwenang lalu didatangi rumahnya dan di sana banyak buku menumpuk dan saat dibawa sampai harus menggunakan kontainer segala saking banyaknya buku yang diambil lalu ditimbunnya.

Antara kasihan dan aneh ane membaca orang yang terkena bibliomania ini. Kasihan karena ternyata bibliomania ini menjangkiti orang yang memiliki gangguan sehingga untuk menyembuhkannya diperlukan orang yang berkompeten. Aneh karena ternyata gangguan bisa mengenai banyak hal sampai pada orang yang menyukai buku segala.

Nah, bagaimana yang menyukai buku apa pasti penderita gangguan bibliomania ini ?

Kalau menyukai bukunya tetapi dibaca, ditelaah, dan dijadikan ilmu maka itu bukan bibliomania tetapi bibliofilia.

Quote:Bibliofilia atau bibliofilisme adalah kecintaan terhadap buku. Sementara bibliofil adalah seorang individu yang mencintai buku. Seorang kutu buku adalah orang yang mencintai buku karena isinya, atau dalam arti lainnya suka membaca. Seorang bibliofilia biasanya, namun tidak semua, adalah seorang kolektor buku. (Wikipedia)


Terima kasih buat Agan dan Sista yang sudah mampir, pemberian cendol segarnya, dan jejeran ratenya. Ditunggu kucuran ilmu dan diskusinya. Sampai ketemu di thread yang lain.

emoticon-2 Jempolemoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Rate 5 Star
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 28 lainnya memberi reputasi
29
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 6
11-08-2019 11:26
Ane mencintai komik conan karena ceritanya. Itu termasuk apa ya? emoticon-Malu
0
11-08-2019 11:35
Baru tau istilah ini...yg ane tau kutu buku doang emoticon-Wakaka
profile-picture
priamuda69 memberi reputasi
1
11-08-2019 11:39
baru tau kirain promo dari oshop soalnya nama depannya sama emoticon-Embarrassment
0
11-08-2019 11:40
Cihuy ane baru tahu....
Cos yg ane tau blibli ntu situs jual beli on line
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
youkyemazestha dan youdoyouknow memberi reputasi
2
11-08-2019 11:42
ada gak ya yang bibliophobia emoticon-Leh Uga
0
11-08-2019 11:43
nice info gan, ane baru tau istilah bibliomania, bagi ane buku itu gudangnya ilmu, semakin banyak baca semakin luas pengetahuan kita..
emoticon-2 Jempol
profile-picture
priamuda69 memberi reputasi
1
11-08-2019 11:44
bibliomania yaa, nice inpoh gan emoticon-Toast
0
11-08-2019 11:45
Baru tau ane sis
profile-picture
youdoyouknow memberi reputasi
1
11-08-2019 11:47
Ternyata suatu gangguan.
0
11-08-2019 11:50
Boleh Juga Buku Yang Enak Di masak Biar Ibu Rumah Tangga Bergoyang Saat Ada Menu Baru Rebutan Buku Tuuuuuuuh
0
11-08-2019 11:57
Quote:Original Posted By wulaniyati
Jatohnya jd kesian yaa ?



Waduuuh



Waah jgn kasih pertanyaan kyk gitu sm emak2 kudet kyk ane, bikin ribet sampe ane tanya ke anak paling gede umurnya seumuran Agan kali (20 thn an umur anak ane yg paling gede)...eeeh dia malah jawab...orang yg nanya kyk gitu biasanya anak pinter tp iseng....laaah 😂😂😂

Buat semuaa tengkiuu yaaa dah mampir


Emak2 kece nih...semangat dan aktif nulis diforum...
emoticon-Recommended Seller
0
11-08-2019 12:02
baru denger istilah sperti itu, nice info sisemoticon-Big Grin
0
11-08-2019 12:22
Manfaat sekali ini buat saya
0
11-08-2019 12:28
nah loe...
kutu buku gak bagus jg ternyata...
mending ngaskus bs macam2... emoticon-Smilie
0
11-08-2019 12:29
Baru tahu ane
0
11-08-2019 13:01
Ane mah bibliokedia, alias demen dia yang suka baca emoticon-Hammer (S)
0
11-08-2019 13:04
ane juga suka, tapi karena budget tipis baca bukunya ebook aja emoticon-Malu
0
11-08-2019 13:11
oke siap gan emoticon-Embarrassment
0
11-08-2019 13:48
Quote:Original Posted By wulaniyati
Yang Suka Buku Sudah Tahu Bibliomania Belum ?

Sumber Gambar : pixabay.com


Yang Suka Buku Sudah Tahu Bibliomania Belum ?


Selamat datang di thread Ane buat Agan dan Sista.

Agan dan Sista yang suka sama buku berarti kita punya kesukaan yang sama. Buat ane buku, baca, dan nulis itu malah sudah jadi satu kecintaan.

Makanya saat kemarin keliling baca-baca artikel ane kaget juga saat menemukan istilah yang berhubungan dengan buku. Istilahnya dinamakan Bibliomania.

Yang membuat ane kaget ternyata istilah itu disematkan buat orang yang memiliki gangguan psikologisyang berhububgan dengan buku. Nah loh, kok bisa ?



Bibliomania juga bisa dikatakan kecintaan berlebihan (kecanduan) terhadap buku.

Jadi buat seseorang yang bibliomania sangat menyukai cenderung terobsesi pada buku secara fisik hingga selalu berusaha memiliki buku dan menimbunnya bahkan tidak jarang tanpa perlu untuk dilihat atau dibacanya.

Orang yang terkena bibliomania memiliki kebutuhan untuk mengumpulkan buku-buku sebagai pelarian atas hubungan-hubungan sosial yang terancam. Jika tidak, maka penderita Bibliomania akan merasa kesepian atau memiliki suasana hati tidak menentu.

Orang yang terkena bibliomania memenuhi kebutuhan atas bukunya tidak hanya dengan cara membeli saja mereka akan berusaha bagaimanapun caranya mendapatkan buku untuk di timbun.

Yang paling ekstrim ane baca di sebuah artikel ada yang terkena bibliomania sampai mencuri buku-buku yang ada di perpustakaan, sampai pada satu waktu diketahui oleh pihak berwenang lalu didatangi rumahnya dan di sana banyak buku menumpuk dan saat dibawa sampai harus menggunakan kontainer segala saking banyaknya buku yang diambil lalu ditimbunnya.

Antara kasihan dan aneh ane membaca orang yang terkena bibliomania ini. Kasihan karena ternyata bibliomania ini menjangkiti orang yang memiliki gangguan sehingga untuk menyembuhkannya diperlukan orang yang berkompeten. Aneh karena ternyata gangguan bisa mengenai banyak hal sampai pada orang yang menyukai buku segala.

Nah, bagaimana yang menyukai buku apa pasti penderita gangguan bibliomania ini ?

Kalau menyukai bukunya tetapi dibaca, ditelaah, dan dijadikan ilmu maka itu bukan bibliomania tetapi bibliofilia.



Terima kasih buat Agan dan Sista yang sudah mampir, pemberian cendol segarnya, dan jejeran ratenya. Ditunggu kucuran ilmu dan diskusinya. Sampai ketemu di thread yang lain.

emoticon-2 Jempolemoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Rate 5 Star


saya beli buku juga sering ndak kebaca. akhirnya stop beli buku. pingin cari info cukup search google. semua info ada di internet.
0
11-08-2019 14:14
ane juga suka koleksi ebook sih sampe bergiga² mungkin tanda tanda juga. emoticon-Bingung emoticon-Bingung emoticon-Malu
Diubah oleh atocraft
0
Halaman 4 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.