alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.7 stars - based on 10 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d48c9d5fac4487e686fa475/tungku-kayu-kompor-gas-dan-kompor-listrik-mana-yang-lebih-hemat
Lapor Hansip
06-08-2019 07:29
Tungku Kayu, Kompor Gas dan Kompor Listrik, Mana yang Lebih Hemat?
Past Hot Thread
Pilih yang mana? Ramah, Ribet atau Bahaya?
Tungku Kayu, Kompor Gas dan Kompor Listrik, Mana yang Lebih Hemat?


Kompor gas bahaya, tungku kayu ramah tapi ribet, kompor listrik mahal dan boros!
Pilih yang mana?
Pilih yang paling nyaman dan pastinya ringan!


Tungku Kayu, Kompor Gas dan Kompor Listrik, Mana yang Lebih Hemat?


Semakin berkembangnya tekhnology, semakin canggih pula alat-alat bantu pekerjaan manusia.
Dari alat kerja kantor, rumah tangga bahkan alat pertanian semua sudah tersedia.

Semua diciptakan untuk mempermudah segala aktifitas manusia, bahkan sampai robot pun dibuat untuk membantu kerja manusia.

Siapa yang tidak tahu kompor?
Dulu orang-orang menggunakan tungku kayu untuk memasak, namun berdasarkan kemajuan tekhnology semakin dimudahkan dengan adanya kompor gas dan kompor listrik, sebelum gas dan listrik ada kompor minyak, tapi tidak terlalu lama karena minyak tanah lebih susah dan tidak awet.

Sista menggunakan kompor jenis apa?
Di bawah ini Ane rangkum kelebihan dan kekurangan tungku kayu, kompor gas dan listrik! Simak ....


Kelebihan dan Kekurangan tungku, kompor gas dan kompor listrik


Memang setiap barang ada kelebihan dan ada kekurangan, jika tidak ada kekurangan maka tidak akan ada penemuan yang lebih baik.

Mudah-mudahan di era yang akan databg akan ada alat masak yang lebih canggih lagi, misalkan dari limbah air cucian atau plastik atau apa lah.

Gimana GanSis tulisan Ane kali ini, menambah wawasan kita semua dong tentunya, yang baik boleh diambil yang jelek tinggalkan saja, oke!

Buat yang sudah mampir, jangan lupa jejak Cendol, Rating and Follow me.
Terima kasih!


Tungku Kayu, Kompor Gas dan Kompor Listrik, Mana yang Lebih Hemat?


Penulis: Masnukho
Ilustrasi Gambar: 1,2,3,4,5
Diubah oleh masnukho
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KaptenNeptunus dan 29 lainnya memberi reputasi
28
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 9 dari 18
11-08-2019 07:55
makan pagi dolo
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1
11-08-2019 07:56
pakai tenaga matahari emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
masnukho dan AnisMo memberi reputasi
2
11-08-2019 07:57
Quote:Original Posted By yunda.me
Po'o sam?
emoticon-Bingung


Jadi keinget sama seseorang ganemoticon-Mewek
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1
Lapor Hansip
11-08-2019 07:58
Balasan post AnisMo
bener, mending beli lauk mateng aja kalo sendiri mah..
gw yg dah nikah aja kalo diitung2 lebih irit beli lauk mateng. kalo masak mah suka mubazir kaga abis, sayang tenaga juga jadinya.
profile-picture
profile-picture
masnukho dan AnisMo memberi reputasi
2
11-08-2019 08:00
Gw tambahin gan, kekurangannya pake tungku kayu:

Kalau lgi musim hujan, susah buat cari kayu bakar yg kering.. emoticon-Frown

Oh ya gw di rumah kadang suka masih pake cara ini, terutama jika pas mau jelang hari raya idul fitri. Itu pun cuma dipake buat masak ketupat aja. Soalnya konon rasanya lebih enak dengan pake cara ini.. emoticon-Blue Guy Cendol (L): emoticon-Ketupat emoticon-Peluk
profile-picture
profile-picture
masnukho dan AnisMo memberi reputasi
2
11-08-2019 08:01
Quote:Original Posted By anakkrl
bener, mending beli lauk mateng aja kalo sendiri mah..
gw yg dah nikah aja kalo diitung2 lebih irit beli lauk mateng. kalo masak mah suka mubazir kaga abis, sayang tenaga juga jadinya.


Iyaa Gan, dalam sehari bisa ganti2 menu pula.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1
11-08-2019 08:02
ga ada kesimpulannya? katanya dipertanyakan di awal
0
11-08-2019 08:04
Quote:Original Posted By anakkrl
bener, mending beli lauk mateng aja kalo sendiri mah..
gw yg dah nikah aja kalo diitung2 lebih irit beli lauk mateng. kalo masak mah suka mubazir kaga abis, sayang tenaga juga jadinya.


Tpi kalau masak sendiri, ada kepuasan tersendiri gan. Setidaknya kita nanti jadi bisa masak. Apalagi jika hasil masakan kita enak, wah bisa dapat pujian dri orang lain fan natinya jadi ketagihan.. emoticon-Ngakak
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1
11-08-2019 08:06
jadi yg mana........ kaga ada jawabnya....... emoticon-Ngacir

profile-picture
masnukho memberi reputasi
1
11-08-2019 08:08
Didesa q tungku kayu cuma dipakai pas masak lontong am acara mantenan buat masak rawon ama jenang emoticon-Big Grin
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1
11-08-2019 08:08
Quote:Original Posted By daenk17
laah jadinya mana yg lebih hemat

Yang lebih hemat, tergantung orang dan kemampuan

Quote:Original Posted By Wongdan0297
hemat kalo kita kaga makan....

emoticon-Ngakak mati

Quote:Original Posted By l96ai
Kompor kayu/arang secara aroma rasa makanan lebih nikmat karena ada semacam efek smoked nya.

emoticon-Matabelo iya lebih enak

Quote:Original Posted By yukinura
Aku pake yang induction emoticon-Malu

emoticon-Bingung imduction

Quote:Original Posted By giovanni2406
menurut ane ya tergantung pemakaian dan kebutuhan,gas 12 kg kalo cm buat masak ane bisa tahan 2bulan,harganya klo beli eceran rp.165 k udah ongkos antar,kalo beli 3kg sebulan bisa belik 2 atau 3x,beli eceran rp 25k klo beli agen rp.17,5k tp males antrinya panjang berjam2 belum lagi bisa langka,makanya ane mending beli yg 12kg udah jamin di mana2 ada tp kalo mw hemat pake yg 5,5kg tp lum ada tabungnya

emoticon-Matabelo ribet juga ya itungannya

Quote:Original Posted By sexforwoman
Mohon tolong Bantuan dukungannya untuk mengembangkan pengetahuan dan kreatifitas anak bangsa ya teman-teman..

Channel ini berisikan tentang segala informasi tentang pengetahuan dan resep-resep kreatif masakan teman, silahkan lihat-lihat dulu ke




jika teman-teman suka dan tertarik, silahkan dukung channel ini untuk terus mengembangkan pengetahuan dan kreatifitas anak bangsa teman..

Mohon tolong bantuan dukungannya dengan cara :

1.Silahkan masuk ke



2. Silahkan lihat videonya dan mohon tolong menonton videonya sampai selesai ya teman-teman,
3.klik tombol subscribenya
4.klik tombol loncengnya
5.klik tombol like,
6.komen sebanyak-banyaknya,
7.serta share ke semua sosial media kamu, group facebook, group wa, dan teman-teman lainnya sebanyak-banyaknya ya teman.

Supaya Channel ini bisa terus mengembangkan pengetahuan dan kreatifitas anak-anak bangsa teman-teman

Sekali lagi tolong Mohon bantuan dukungannya untuk mengembangkan kreatifitas anak bangsa ya teman-teman..


Quote:Original Posted By silvanyfatwa
Kalo udah di tangan bini, semuanya hemat emoticon-Cool


Quote:Original Posted By aldreikonan
dulu jaman ane kecil tiap lebaran diajak ke rumah buyut di klaten yg masih pake tungku kayu.. asli semua makanan rasanya lebih enak, cuman air minumnya ga enak, sangit2 gimana gitu.. harus dijadiin teh/kopi biar mantap.

emoticon-Ngakak Ane juga pernah kayak gitu.

Quote:Original Posted By ojunno
lebih boros kalo makan pake GoF**D atau Gr*BF**D tiap hari hahaha jd meningan masak sndri aja
kompornya pake gas aja, susah kalo dikota masak pake kayu,

emoticon-Ngakak iya lah. Instan tu enak tapi gak sehat dan mahal

Quote:Original Posted By jasonreka
kamu kompor gas emoticon-Leh Uga
by pakde indro

Pakde Indro?emoticon-Bingung
0
11-08-2019 08:09
pingin beli kompor listrik tapi masih mahal, belum lagi panci dsb juga harus yang support gak bisa sembarangan emoticon-Hammer2
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1
11-08-2019 08:09
tergantung lingkungan
di desa kompor kayu lebih hemat
kompor Gas lebih hemat kalau ada ternak,kotoran ternak bisa jadi bio Gas

di kota kompor listrik lebih hemat kalau Ada panel surya
Kompor kayu juga hemat asal bakar perabotan atau ada kebakaran numpang masak.emoticon-Hammer2
Diubah oleh cahmlg123456
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1
11-08-2019 08:09
Quote:Original Posted By sremet
pakai tenaga matahari emoticon-Cool


Kalau musim hujan, bijimane emoticon-Matabelo
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1
11-08-2019 08:13
Quote:Original Posted By deravengers
thread unfaedah. ga ngasih info yg lebih hemat dr ketiga jenis kompor itu

emoticon-Cape d... kan judulnya Ane nanya, karena skala hemat tiap orang itu beda

Quote:Original Posted By maria.olivia
Tetap GAS nomor 1 di era modern, bagi yg suka masak akan lebih nyaman menggunakan kompor gas daripada listrik.

Kayu bakar cocok untuk BBQ an dan sejenisnya.

emoticon-2 Jempol bener lebih mudah juga

Quote:Original Posted By tukangwarn3t
kaga bisa nyalain lilin pake kompor listrik :'(

emoticon-Bingung pengen kebakaran ya

Quote:Original Posted By Big Bholo
Tergantung kebutuhan, yah, utk di perkotaan yg sdh modern, mending pakai gas atau listrik.

Iya Gan. Mampu apa gak kira-kira?
Soalnya gak semua orang di kota kaya

Quote:Original Posted By marywiguna13
Jadi diantara ketiga jenis kompor, mana yang lebih hemat? Lu ga jabarin? Kalo cuma kelebihan dan kekurangan mah, judulnya ganti aja judulnya.

Lagian cocoknya masuk subforum home appliances.

Oke Suhuemoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By jaerumpi
kalo praktis ya pake LPG

Sipemoticon-2 Jempol

Quote:Original Posted By rahmatarif90
Masak pake tungku kayu kekurangannya jga di asapnya gan bikin perih di mata .

Untuk kompor gas sih lbh enak tpi harus penuh dengan ketelitian dan kewaspadaan jika gas bcor sedikit hrs bner2 langsung di akali biar tidak terjadi hal2 yg tidak di inginkan

Untuk kompor listrik sh blm pernah sama sekali menggunakan .

Kalau kompor listrik lebih simpel lagi

Quote:Original Posted By yunda.me
hemat gak nya tergantung lokasi.

dimana kayu melimpah dan harga murah bisa jadi hemat.

demikian juga dengan gas.

kalo listrik ya mahal.
kecuali ente tinggal diasrama yg listrik air nya di bayarin .

emoticon-Cool

Nahhh ini maksut Ane, kebanyakan pada komen tapi gajeemoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By Cahayahalimah
Ngg gan, masih bNyak yg gunain, tp pas momen tertentu, kaya sekarang lebaran buat masak ketupat, irit gan

Iya Sis, kalau pakai gas ya boros banget buat masak tupat

Quote:Original Posted By greenhead22
klo yg lebih hemat? gak usah dimasak. langsung makan. tuh buktinya sapi masih idup

emoticon-Cape d...masak dibandingin sama sapi?
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1
11-08-2019 08:18
Quote:Original Posted By omBotak
Kompor listrik bisa pake power bank gk klo lg mati listrik dr pln? emoticon-Big Grin

emoticon-Ngakak ya kagak lah

Quote:Original Posted By RetnoQr3n
Ane pake gas



Di kampung ane masih ada.donh

Iya Sis, di kampung lebih asri. Orangnya juga ramah

Quote:Original Posted By fa.uz
ane tunggu ada penemuan kompor tenaga fusi,emoticon-Cool

emoticon-Bingung

Quote:Original Posted By AngelMalaika
kayu & gas

emoticon-2 Jempol

Quote:Original Posted By mykuroo
hemat pake sampah
tu pabrik tahu bakarnya pake sampah. satu truk sampah cuma seharga 600k, tapi kalo kayu 2jt

Beda cerita lagi kalau pabrik Gan. Skala besar kalau pakai gas ya bangkrut

Quote:Original Posted By Pazonda95
jgn pake kompor listrik, ntr panik2 ajaib pas blackout jakarta kmaren emoticon-Ngakak

emoticon-Ngakak gak makan 2 hari

Quote:Original Posted By donal.truk.
ane sih diperkebunan kopi, jadi ya make tungku, kompor gas bakal apaan?
Ga bisa dipake tuk ngangetin badan emoticon-Malu

emoticon-Ngakak dipanggang pakek Gas

Quote:Original Posted By pisa.purp
ada satu lg gan , pake sumbu + minyak tanah wkwk

kalau ane sih lebih efisien kompor gas yah pastinya yang blue , kalo yg ijo itu harusnya udah di musnahin deh karna yg blue jauh lebih aman

kompor listrik mahal + mateng nya lama

Iya itu ada juga, tapi sekarang minyaknya susah dan mahal

Quote:Original Posted By pabloo
makan pagi dolo

Pakek opor ayam sama sate

Quote:Original Posted By sremet
pakai tenaga matahari emoticon-Cool

emoticon-Bingung emang ada

Quote:Original Posted By ciliwoeng
Gw tambahin gan, kekurangannya pake tungku kayu:

Kalau lgi musim hujan, susah buat cari kayu bakar yg kering.. emoticon-Frown

Oh ya gw di rumah kadang suka masih pake cara ini, terutama jika pas mau jelang hari raya idul fitri. Itu pun cuma dipake buat masak ketupat aja. Soalnya konon rasanya lebih enak dengan pake cara ini.. emoticon-Blue Guy Cendol (L): emoticon-Ketupat emoticon-Peluk

emoticon-2 Jempol iya Gan, ketupat masaknya juga berjam2 jadi kalau pakai gas ya gak cukup 1
0
11-08-2019 08:19


Quote:Original Posted By masnukho
Tungku kayu sudah mulai punah ya😆


Iyaa gan, di kota kota dah jarang. Bahkan udah gaada mungkin ya. Kalo di kampung kampung atau di desa desa sih masih banyak yg pake tungku kayu gan emoticon-Malu
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
11-08-2019 08:20
Quote:Original Posted By pulpe
jadi yg mana........ kaga ada jawabnya....... emoticon-Ngacir

Jawabannya tergantung masing2 orang Gan.
Hemat menurut orang satu dengan orang lain itu beda, maka dari itu Ane ajak mikir barengemoticon-2 Jempol

Quote:Original Posted By Mawarhitam22
Didesa q tungku kayu cuma dipakai pas masak lontong am acara mantenan buat masak rawon ama jenang emoticon-Big Grin

Iya Gan. Wihhh jenang enak tu

Quote:Original Posted By sabianxramadhan
pingin beli kompor listrik tapi masih mahal, belum lagi panci dsb juga harus yang support gak bisa sembarangan emoticon-Hammer2

emoticon-Matabelo iya Sis, dapur juga harus dapur permanent

Quote:Original Posted By Big Bholo
Kalau musim hujan, bijimane emoticon-Matabelo

Nahhh tetap ada kelemahan kan.
Maka dari itu Ane ajak mikir bareng😁
profile-picture
sabianxramadhan memberi reputasi
1
11-08-2019 08:22
Quote:Original Posted By azid12353
Iyaa gan, di kota kota dah jarang. Bahkan udah gaada mungkin ya. Kalo di kampung kampung atau di desa desa sih masih banyak yg pake tungku kayu gan emoticon-Malu


Iya Gan. Di desa Ane juga gitu
Maka dari itu tidak Ane ambil kesimpulan mana yang lebih hemat.
Karena satu orang dengan orang lain pasti beda skala hematnya
profile-picture
azid12353 memberi reputasi
1
Halaman 9 dari 18
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.