benben98Avatar border
TS
benben98
5 Perpustakaan Indah ini Pasti Jadi Impian Setiap Pecinta Buku
Bagi seorang pecinta buku, pemandangan indah nggak cuma ditemukan di alam. Perpustakaan, yang berisikan ribuan buku yang berderet rapih  adalah pemandangan yang pastinya  bikin setiap pecinta buku terpesona.

Kalau kamu salah satu pecinta buku, perpustakaan-perpustakaan di bawah ini bisa kamu jadiin salah satu tujuan destinasi wisata kamu nih. Nggak cuma dipenuhi buku, perpustakaan-perpustakaan yang rata-rata udah berdiri selama berabad-abad ini juga punya arsitektur yang menakjubkan, serta nilai sejarah yang tinggi.

Penasaran ? Yuk, langsung aja simak ulasannya di bawah!

1. Admont Abbey Library - Admont, Austria



Dibangun tahun 1776, Admont Abbey Library adalah perpustakaan yang terhubung dengan biara tertua di Austria. Arsitektur perpustakaan ini didominasi oleh warna putih dan emas, serta  dihiasi dengan pahatan dan lukisan dinding bergaya Baroque . Perpustakaan ini menyimpan sekitar 200.000 koleksi buku, serta sekitar 1.500 manuskrip dari abad ke 8. Kalau ingin berkunjung, perpustakaan ini baru dibuka mulai dari bulan Maret hingga Desember.



2. Bodleian Library – Oxford, Inggris



Penggemar Harry Potter wajib banget dateng ke perpustakaan ini!  Salah satu ruang baca di perpustakaan ini merupakan lokasi syuting Hogwarts Library di film-film Harry Potter. Perpustakaan ini mulai digunakan sejak abad ke 14, dan menyimpan jutaan buku, termasuk cetakan langka First Folio karya William Shakespeare dan cetakan pertama  On the Origin of Species karya Charles Darwin.
 


3. Royal Library of San Lorenzo de El Escorial – Spanyol



Perpustakaan ini telah ditetapkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia (World Heritage Site) oleh UNESCO karena nilai sejarahnya yang tinggi. Bangunan perpustakaan ini bisa dibilang merupakan salah satu bangunan terpenting di Spanyol pada masa Renaisans. Bangunan ini bahkan pernah menjadi istana kerajaan dan tempat tinggal Raja Spanyol pada abad ke 16  dan 17.
 


4. Royal Portuguese Reading Room, Rio de Janeiro – Brazil



Diberi nama Royal Portuguese Reading Room, karena perpustakaan ini merupakan peninggalan dari Raja Portugal, Manuel II pada tahun 1906. Sekitar 350.000 buku memenuhi sisi-sisi ruangan setinggi tiga lantai di perpustakaan ini. Koleksi buku ini bakal terus bertambah karena setiap tahunnya, perpustakaan ini menerima sekitar 6.000 kiriman buku dari Portugal. Fun fact, perpustakaan ini awalnya didirikan oleh para imigran Portugis  di Brazil yang  mulai mengoleksi buku untuk menyebarkan budaya dan sastra mereka.



5. George Peabody Library, Baltimore, Maryland – Amerika Serikat


Perpustakaan yang terletak di dalam kampus John Hopkins University ini memiliki 5 lantai yang dipenuhi oleh lebih dari 300.000 koleksi buku. Koleksi tersebut didominasi oleh buku-buku dari abad ke 19 yang mencakup buku keagamaan, seni, geografi, sejarah, hingga karya sastra. Meskipun merupakan bagian dari universitas, perpustakaan ini dibuka secara gratis untuk umum.
 


Itu tadi 5 perpustakaan paling menakjubkan di seluruh dunia. Yang mana, nih, yang paling pengen kalian datengin?


izzy713
anasabila
4iinch
4iinch dan 8 lainnya memberi reputasi
9
3.5K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.