• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Surabaya Mendadak Heboh Gara-gara Gala Premier Perburuan dan Bumi Manusia, Pecah Gan!

bananacookieAvatar border
TS
bananacookie
Surabaya Mendadak Heboh Gara-gara Gala Premier Perburuan dan Bumi Manusia, Pecah Gan!

Baru saja Falcon Pictures mengadakan Gala Premier film Perburuan dan Bumi Manusia di Surabaya. Satu kata yang pas untuk menggambarkan gimana suasana di sana adalah: PECAH!



Kehebohan pertama datang dari adanya kabar jika Falcon Pictures memberangkatkan sekitar lebih dari 250 rombongan dari Jakarta  ke Surabaya untuk mengikuti Gala Premier dua film yang diadaptasi dari karya-karya Pramoedya Ananta Toer. Nggak tanggung-tanggung sih karena mereka bahkan menyewa pesawat khusus untuk memboyong rombongan ini.

Ane sendiri merupakan salah satu dari rombongan tersebut Gan Sis. Kemeriahan dan keseruan nggak hanya terjadi sesaat setelah kami menginjak tanah kota pahlawan saja. Karena ternyata suasana justru semakin bertambah heboh dan meriah pada saat acara berlangsung. Meriah banget!



Puncak dari rangkaian acara gala premier yang dinanti-nanti ini diselenggarakan pada Jumat 9 Agustus 2019 lalu Gan Sis. Gimana nggak meriah banget sih, dua film sekaligus dibuatkan dalam satu gala premier pada satu hari yang sama. Keduanya sama-sama diadaptasi dari karya-karya Pram, dan keduanya pun sama-sama diproduksi oleh Falcon Pictures.

Wajah dan suasana Surabaya Town Square (Sutos) pun berubah total dan mendadak heboh pada hari itu. Ribuan pengunjung memadati mall yang terletak di Jalan Hayam Wuruk Surabaya tersebut demi bisa melihat idola mereka sekaligus merasakan keseruan yang terjadi. Rangkaian acara yang telah dinanti-nanti ini dibuka dengan tarian reog juga arak-arakan dari para pemain menggunakan beberapa mobil jeep. Asli heboh banget!




Antusias pengunjung nggak ada matinya. Di siang hari mereka nggak peduli panas-panasan dan pada malam hari angin malam yang dingin pun nggak digubris. Bayangin aja sih Gan, acara dimulai dari siang hingga malam hari. Tapi semakin malam, para pengunjung justru semakin berdatangan membanjiri halaman depan Surabaya Town Square. Luar biasa!


Kemarin siapa nih diantara Agan Sista yang juga bisa menikmati dua film yang diambil dari karya-karya Pramoedya Ananta Toer di gala premier ini? Seru dan heboh banget kan? Ane beruntung nih bisa mendapatkan tiket gratis buat nonton kedua filmnya!


Di siang hari, para tamu undangan dan juga rombongan dari Falcon Pictures diajak menikmati film Perburuan terlebih dahulu. Perburuan merupakan salah satu novel karya Pramoedya Ananta Toer yang diangkat menjadi film dan disutradarai oleh Richard Oh. Film ini menceritakan tentang bagaimana perjuangan Hardo sebagai tentara PETA untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Buat yang penasaran, ntar ya ane buatkan reviewnya di thread terpisah. Yang jelas sih aktingnya Adipati Dolken sangat total di sini. Dan adegan favorit ane adalah dialog antara Hardo dengan bapaknya. Satir banget!

Balik lagi ke acara gala premiernya deh, daripada nanti malah jadi spoiler. 



Malam harinya keseruan masih berlanjut nih Gan. Sebelum memulai nobar film Bumi Manusia, terdapat red carpet dan penampilan dari tamu spesial, yaitu Iwan Fals dan Once. Kabarnya di malam itu mereka perdana membawakan soundtrack dari film Bumi Manusia ini lho Gan Sis. Bahkan sebelumnya, Iwan Fals pun juga membawakan lagunya yang berjudul Ibu, yang katanya pada malam itu ia persembahkan spesial untuk Nyai Ontosoroh. Gokil!


Selanjutnya pada malam hari, kami kembali diajak nonton film Bumi Manusia. Bumi Manusia merupakan awal dari tetralogi Pulau Buru yang dibuat oleh sang maestro sastra, Pramoedya Ananta Toer. Oleh Hanung Bramantyo novel ini kemudian diangkat menjadi sebuah film. Penasaran nggak nih sama filmnya? Durasinya nyaris tiga jam tapi nggak bikin bosen deh!


Ane kasih info sedikit ya Gan Sis, Bumi Manusia ini menceritakan tentang kisah Minke dan Annelies Mellema. Tapi film ini bukan hanya tentang kisah cinta mereka berdua aja sih, banyak banget konflik dan permasalahan sosial yang terjadi dan mengiringi. Jujur menurut ane priadi, film ini lebih dari sekadar Minke dan Ann, karena salah satu yang menarik perhatian dan fokus ane adalah sosok Nyai Ontosoroh. Duh, ntar deh ane bikinin reviewnya di thread terpisah juga soal film Bumi Manusia ini. Yang jelas sih rugi banget kalau sampai nggak nonton film ini Gan Sis.

Kemeriahan dan kemegahan yang disuguhkan oleh Falcon Pictures menurut ane bisa menjadi bukti nih jika mereka nggak main-main dalam menggarap karya-karya yang diangkat dari sastrawan ternama Indonesia, yaitu Pramoedya Ananta Toer.


Menurut pendapat ane pribadi sih kedua film yang berjudul Perburuan dan Bumi Manusia ini sangat layak untuk ditonton. Memang sih keduanya memiliki genre yang berbeda tapi nggak ada salahnya jika Agan Sista ingin mengetahui bagaimana dan apa yang terjadi di Indonesia pada masa lampau melalui film-film ini. Biar bisa lebih cinta dengan tanah air, toleransi, juga menghargai jasa-jasa pahlawan yang telah berjuang di masa lalu. Banyak banget deh moral value yang bisa diambil dari kedua film ini!

 

Penasaran kan? Mohon bersabar ya Gan Sis, karena film Perburuan dan Bumi Manusia akan segera tayang mulai tanggal 15 Agustus 2019 mendatang. Oh iya, saran dari ane, sebaiknya sebelum nonton Agan Sista hilangkan dahulu segala macam ekspektasi yang melekat di dalam kepala ya. Selamat menonton!


fira262
fira262 memberi reputasi
1
2.9K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.