alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.93 stars - based on 14 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d3731de9a972e49c7735c7f/merah-vs-merah--perang-kamboja-vs-vietnam--tahun-1976-1980
Lapor Hansip
23-07-2019 23:12
Merah VS Merah : perang Kamboja VS Vietnam tahun 1976-1980
Past Hot Thread
BEAR VS DRAGON





Bukan hal baru ketika mendengar istilah merah vs merah terutama pada ahir masa perang dingin dimana terjadi perpecahan pada blok timur yang mengakibatkan panasnya hubungan antara Cina dengan Uni Sovyet. Ketegangan-ketegangan tersebut berdampak pada perang proxy yang disponsori oleh kedua negara. Salah satu contohnya adalah perang antara Vietnam dengan Kampucea (kamboja) yang masing-masing di sponsori oleh cina dan Uni sovyet. Vietnam dan Kampucea adalah dua negara yang berhaluan komunis namun berbeda kiblat, Vietnam beraliran komunis-stalinis sedangkan Kampucea beraliran Komunis-Leninis-Maois yang dalam penerapan pelaksanaan politiknya berbeda. Perpecahan dua komunis tersebut berawal dari meninggalnya pemimpin Uni Sovyet legendaris Josep Stalin pada tahun 1953 yang kemudian digantikan  oleh Nikita Kruschev. Kruschev berusaha melakukan pembersihan pengaruh stalin di dalam pemerintahan Uni Sovyet bahkan mengganti beberapa nama yaang mengandung nama stalin baik di monumen-monumen bahkan sampai mengubah lagu kebangsaan yang mengangungkan nama stalin. Muncul perasaan tidak suka oleh Mao Zedong yang menjadi pemmimpin komunis Cina dan kawan baik Stalin dan menganggap Kruschev bukan lagi seorang komunis seutuhnya.



Pol Pot




  Konflik bermula pasca kemenangan Vietnam dalam perang Vietnam melawan Amerika Serikat yang berhasil menyatukan seluruh wilayah Vietnam dalam saatu pemerintahan komunis. Muncul kekhawatiran oleh Rezim komunis Kampucea dibawah kekuasaan Pol Pot akan besarnya pengaruh Vietnam di semenanjung Indocina. Hal itu cukup beralasan, pasca kemenangan Vietnam kekuatan militernya semakin kuat dan berencana menyatukan semenanjung Indocina dibawah satu bendera Vietnam. Mengatasi hal tersebut, Pol Pot mulai menncari pembenaran dalam melaksanakan beberapa penyerangan-penyerangan ke wilayah perbatasan dengan Vietnam untuk mengganggu kestabilan politik di Vietnam. Salah satu pembenaran yang dilakukan oleh Pol Pot adalah dengan menyatakan bahwa wilayah Vietnam merupakan wilayah Kampucea yang direbut pada masa dinasti Khmer pada abad 17. Dengan klaim tersebut, Kampuchea mulai melakukan penyerangan di perbatasan dengan vietnam. Penyerangan awalnya berbentuk serangan-serangan kecil yang menyasar pos-pos keamanan di sepanjang perbatasan.  Eskalasi semakin meningkat seiring dengan serangan-serangan kampucea yang berhasil mengganggu stabilitas di perbatasan..



serangan tentara kampucea rezim Pol Pot ke Vietnam




Puncaknya terjadi ketika kampucea menyerang Provinsi An Giang dan Chau Doc secara mendadak dengan pasukan dalam jumlah besar yang disertai dengan artileri, tank, dan infantri dalam jumlah yang besar. Serangan tersebut menyebabkan ribuan korban sipil di pihak Vietnam. Serangan tersebut direspon oleh Vietnam dengan menyerang balik dan menawarkan opsi perdamaian. Kampucea mengajukan beberapa syarat antara lain daerah yang diduduki tetap diduduki oleh kampucea, Vietnam menolak dan perang berlanjut.


Hun Sen




Serangan kampucea semakin meningkat dengan mendobrak masuk lebih dalam ke wilayah Vietnam. Vietnam tentu saja tidak tinggal diam dan melancarkan counter offensif dengan 60.000 pasukan bersenjata lengkap, tank, dengan dilengkapi dengan pesawat pembom. Dengan pengalaman yang didapat pada masa perang Vietnam, pasukan Vietnam dapat dengan cepat membalik kondisi dan memukul mundur tentara kampucea kembali ke wilayahnya bahkan menduduki wilayah kampucea. Pasukan Vietnam memiliki keunggulan dalam hal persenjataan dengan dukungan langsung dari Uni Sovyet. Serangan Vietnam terhenti pada tahun 1978 dan menarik mundur pasukannya dari wilayah kampucea. Mundurnya pasukan Vietnam diikuti oleh beberapa kolabolator kampucea yang mendukung Vietnam salah satunya adalah Hun Sen yang akan menjadi perdana mentri pasca kampucea diduduki nantinya.



Tank Vietnam merangsek masuk ke wilayah kampucea




Ditariknya pasukan Vietnam dari kampucea menimbulkan anggapan bahwa pasukan Vietnam kehabisan sumber daya perang dan pasukan Pol Pot menganggap hal ini sebagai kemenangan dan mem propagandakan kemenangan nya. Hal ini tentu sangat keliru, faktanya Vietnam menarik pasukannya untuk merencanakan serangan yang lebih besar lagi dan berniat mengkonsolidasikan lagi kekuatannya. Tujuan Vietnam sekarang menjadi lebih jelas yaitu uuntuk menguasai kampucea dan menggulingkan rezim Pol Pot. Sembari bersiap-siap, Vietnam aktif mensponsori milisi-milisi yang menentang rezim Pol Pot di wilayah Kampucea Timur. Tindakan tersebut direspon dengan membantaui etnis Vietnam di wilayah kampucea yang teridir atas warga sipil disana.



bendera KNUFNS




Didirikan KNUFNS yang merupakan organisasi bentukaan untuk orang kampucea pelarian di Vietnam dan dipersenjatai oleh Vietnam. Berdasarkan saran dan nasehat dari KNUFNS diadakanlah invasi ke kampucea untuk membebaskan rakyat kampucea dari rezim Pol Pot. Tanggal 22 desember 1978 merupakan tanggal invasi Vietnam dengan kekuatan 120.000 bersenjatakan senjata organik Uni Sovyet beserta dukungan korps lapis baja yang terdiri atas unit tank terbaru buatan Uni Sovyet. Pasukan kampucea yang lebih inferior berusaha menahan gerakan masif Vietnam dengan menahan di sekitar perbatas dan melakukan geraka gerilya namun tetap gagal menahan sapuan masif kekuatan Vietnam. Tidak sampai 1 bulan ibukota kampucea jatuh ke tangan Vietnam pada tanggal 7 Desember 1979. Dengan cepat Vietnam mendirikan pemerintah boneka yang dinamakan Republik Rakyat Kamboja (RRK) yang dipimpin oleh Hun Sen. Pol Pot sempat melarikan diri ke hutan di kawasan kampucea yang lain dan berhasil melakukan kontak dengan pemerintah komunis cina.


divisi tank cina menyerang posisi Vietnam





Untuk merespon sekutunya tersebut, cina melakukan serangan balasan dengan melakukan invasi ke wilayah utara Vietnam. Cina melakukan konfrontasi langsung dengan menyerang Vietnam pada tahun 1979. Perang tersebut tidak berlangsung lama karena cina menghindari ketegangan lebih lanjut di semenanjung Indocina yang dapat menambah tempo peperangan. Pada tahun yang sama cina menarik pasukannya dari utara vietnam menandai berahirnya invasi Cina. Hal ini diketahui juga karena desakan Uni Sovyeet terhadap cina. Cina melihat invasi Vietnam tidak menguntungkan dalam berbagai segi.


penarikan pasukan Vietnam tahun 1997




Pendudukan Vietnam di kampucea berlangsung sampai dekade 1980an sampai berahirnya masa Uni Sovyet yang menjadi sekutu utama vietnam. Uni sovyet mengurangi bantuannya ke negara sekutunya karena masalah internal yang mengakibatkan vietnam kekurangan dukungan baik secara ekonomi maupun militer. Vietnam yang menyadari kolapsnya uni sovyet mulai melunak pada tekanan internasional dan bersedia menarik pasukannya dari kamboja secara bertahap sampai masa transisi kamboja selesai. Pasukan Vietnam teerahir keluar dari kamboja pada tahun 1997 yang menandai berahirnya perang Kamboja-Vietnam dan masa kamboja baru bercorak demokratis. Pada masa awal transisi kepemimpinan kamboja masih dirundung permasalahan internal akibat perebutan kekuasaan yang ditinggalkan Vietnam.
-JAS MERAH-


SUMBER:

SUMBER 1
SUMBER 2
SUMBER 3

Mengharapkan :

BATA DAN CENDOL
KOMEN DAN KOREKSI BIJAK AGAN DAN AGAN WATI
RAATE DAN SHARE DIPERSILAHKAN
PM JIKA ADA KESAMAAN PENULISAN DAN PERTANYAAN PRIBADi
Diubah oleh gurusejarah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rampratamadhan dan 50 lainnya memberi reputasi
49
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 8
10-08-2019 21:41
kata guru sejarah ane, vietnam kenapa menang lawan usa, karena menerapkan strategi perang gerilya yang dipelajari dari indonesia. bener kagak gan?
profile-picture
comrade.frias memberi reputasi
1
10-08-2019 21:57
Bentar lagi ada dedengkot formil yg mampir kesini lalu komen "siapa bilang US kalah sama Vietnam,
US terpaksa mundur karena parlemen mereka tidak kuat menahan tekanan publik mereka sendiri, bla.. bla.." sambil nunjukin jumlah korban lah, alustita lah, ini lah, itu lah..

Kalah mah, kalah aja, contoh noh Jepang kalah WW2 padahal penduduk mereka setia mendukung pemerintah dan kekaisaran dia.



emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Diubah oleh yueda
profile-picture
profile-picture
tiada.tara dan comrade.frias memberi reputasi
2
10-08-2019 22:06
baru tau ane klo dua negara ini pernah berperang
0
10-08-2019 22:07
akhirnya ada cerita sejarah lagi, ane suka gan baca baca sejarah. apa lagi kalau kerajaan-kerajaan di Indonesia. walopun yg ane tau dari SD itu kebanyakan ceritanya yg berbeda dari aslinya.
0
10-08-2019 22:16
Quote:Original Posted By tiada.tara
Ternyata Vietnam powerful ya
Kita (ane) sering diboongin ama kejayaan rambo yg ngalahin pasukan Vietnam
Jd image nya tu pasukan Vietnam jd pasukan kelas 3.. tp ternyata pasukan Vietnam berhasil mengalahkan pasukan no 1 dunia (Amerika) dan invasi Kamboja (krn kesalahan Kamboja sendiri) dan dg gentle melepas Kamboja u/ jd merdeka sendiri (plus ngalahin Cina jg)
Salut ama Vietnam..!!
Mengalahkan amerika, china (negara2 superpower), ama kamboja (tetangga)
Makasih y juragan suhu u/ info nya

Btw bener ga y katanya pasukan Vietnam jg berguru ama pasukan Indonesia?
(Seni perang gerilya misalny)


US di asia babak belur gan setelah perang dunia 2,di vietnam,afganistan,perang korea
0
10-08-2019 22:18
Quote:Original Posted By wangbadan
Kata siapa amerika kalah perang vietnam
Memang korban dr pihak amerika banyak
Tp jelas jauh lebih banyak korban dr vietnam
Pasukan amerika ditarik dr vietnam karena desakan publik amerika yg merasa perang vietnam ngga ada kepentingan dan keuntungannya


Kapan US pernah menang perang sendirian tanpa sekutunya?di PD2 dia menang keroyokan dan uni soviet pemenang perangnya,di Afganistan dia babak belur,di korea setelah china ikut beking korut dia stagnan,vietnam apalagi,pasukannya pada gila karena frustasi dengan vietcong
profile-picture
comrade.frias memberi reputasi
1
Lihat 2 balasan
10-08-2019 22:35
Sejarah yg menarik, ternyata selain Indo - Malay negara Asean ada juga yg berkonflik.
0
10-08-2019 22:37
Quote:Original Posted By limkokhui20000
kata guru sejarah ane, vietnam kenapa menang lawan usa, karena menerapkan strategi perang gerilya yang dipelajari dari indonesia. bener kagak gan?


itu hny mitos sejarah belaka, gan....

Quote:Original Posted By yueda
Bentar lagi ada dedengkot formil yg mampir kesini lalu komen "siapa bilang US kalah sama Vietnam,
US terpaksa mundur karena parlemen mereka tidak kuat menahan tekanan publik mereka sendiri, bla.. bla.." sambil nunjukin jumlah korban lah, alustita lah, ini lah, itu lah..

Kalah mah, kalah aja, contoh noh Jepang kalah WW2 padahal penduduk mereka setia mendukung pemerintah dan kekaisaran dia.

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By venta77


US di asia babak belur gan setelah perang dunia 2,di vietnam,afganistan,perang korea


amerika kalah perang dr vietnam itu hny mitos holiwud belaka, gan....

Quote:Original Posted By venta77


Kapan US pernah menang perang sendirian tanpa sekutunya?di PD2 dia menang keroyokan dan uni soviet pemenang perangnya,di Afganistan dia babak belur,di korea setelah china ikut beking korut dia stagnan,vietnam apalagi,pasukannya pada gila karena frustasi dengan vietcong


hmm, umum nya, kepolisian menangkap penjahat kambuhan itu rame2, gan...

btw....

kasus USSR di afghan mksd ente?? mlh pihak USSR yg babak belur.... hingga jd penyebab salah satu knp ekonomi nya bangkrut pd dekade 1980-an, yg ikut menunjang keruntuhan USSR pd awal 1990-an & bubarnya perang dingin pd akhir 1980-an, yg kemudian dimenangkan oleh blok barat sampe skrg.....

kasus perang korea pd 1950-an awal ya.... ?? malah pihak korut yg babak belur, hingga mreka butuh bantuan a-z dr pihak RRT & USSR pd dekade 1950-an secara masif, gan.... kasus korsel sendiri bs cepat bangkit ekonominya (berkat bantuan a-z dr blok barat) hingga bs menyalip ekonomi korut dlm waktu yg tak lama kemudian pasca perang korsel tuh.....

kasus vietnam pd dekade 1970-an ?? ekonomi amrik itu terguncang hny krn blokade expor migas dr negara2 arab ke amrik, sbg akibat perang arab vs israel pd 1973.... selebihnya, militer amrik bs digdaya dimana-mana pd saat itu.... mlh, pd 1974-75 di vietnam, tiada satupun militer amrik yg berperang dgn pasukan komunis vietnam utara tuh.... jd, yg berperang melawan pasukan komunis hny pasukan viet selatan aja, hingga kejatuhan kota saigon ditangan kaum komunis....

kasus afghan 2001-2019 skrg ?? ekonomi & militer amrik msh fine2 aja tuh, gan, malah sikon ekonomi amrik msh berada di puncak terbaiknya..... ttg sikon militer di afghan, pihak amrik bs aja terus menerus berperang di sono, tp pihak2 yg sok kemanusiaan & kaum pro taliban scr global, bakal terus menerus teriak ke dunia internasional bhw amrik sbg pelanggar HAM berat di afghan....

apanya yg babak belur ya bg amrik.....??

tolong tunjukin bukti2 nya disini ya, jgn hny berasumsi belaka.....ok, gan ??
Diubah oleh yoseful
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tololdevil dan 2 lainnya memberi reputasi
1
10-08-2019 23:02
seru juga ya bacanya, ane sangat dodol kalo urusan sejarah wkwkw nanti ane baca lebih lanjut deh tentang perang ini.
0
10-08-2019 23:13
Quote:Original Posted By wangbadan
Kata siapa amerika kalah perang vietnam
Memang korban dr pihak amerika banyak
Tp jelas jauh lebih banyak korban dr vietnam
Pasukan amerika ditarik dr vietnam karena desakan publik amerika yg merasa perang vietnam ngga ada kepentingan dan keuntungannya


Selain itu juga muncul penolakan terutama publik amerika ketika muncul kebijakan wajib militer untuk dikirim ke Vietnam, ramai2 rakyat Amerika menolak nya terutama beberapa tokoh publik figur terkenal amerika yng menolak dikirim ke vietnam
profile-picture
comrade.frias memberi reputasi
1
10-08-2019 23:14
Quote:Original Posted By japarina
seru juga ya bacanya, ane sangat dodol kalo urusan sejarah wkwkw nanti ane baca lebih lanjut deh tentang perang ini.


Perdalam lagi pengetahuan sejarahnya gan, sejarah itu asik kok heheh
0
10-08-2019 23:14
Quote:Original Posted By Inderasa
Sejarah yg menarik, ternyata selain Indo - Malay negara Asean ada juga yg berkonflik.


Di semenanjung indochina lebih sering berkonflik gan cuma ekskalasinya engga terlalu gede sampai perang sih
0
10-08-2019 23:16
Quote:Original Posted By strongs
akhirnya ada cerita sejarah lagi, ane suka gan baca baca sejarah. apa lagi kalau kerajaan-kerajaan di Indonesia. walopun yg ane tau dari SD itu kebanyakan ceritanya yg berbeda dari aslinya.


Kebanyakan kurikulum sejarah di indonesia merupakan sejarah suntingan yang disesuaikan dengan pemerintah yang berkuasa gan, jadi yaa kita harus aktif buat cari sumber kredibel secara mandiri emoticon-Malu
profile-picture
comrade.frias memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
10-08-2019 23:16
Quote:Original Posted By gurusejarah
Perdalam lagi pengetahuan sejarahnya gan, sejarah itu asik kok heheh


siap gan, soalnya ane sering blunder sendiri kalo lagi baca materi sejarah.. ada tips nggak gan biar belajar sejarah jadi kerasa asik
0
10-08-2019 23:35
mantab tritnya emoticon-Cendol Gan
0
10-08-2019 23:49
Quote:Original Posted By japarina
siap gan, soalnya ane sering blunder sendiri kalo lagi baca materi sejarah.. ada tips nggak gan biar belajar sejarah jadi kerasa asik


Kalo sejarah itu kan banyak sub-topiknya gan, agan bisa pelajari yang sesuai dengan ketertarikan agan aja misal agan suka sejarah-sosial masyarakat Indonesia bisa lebih difokuskan aja ehehehe
profile-picture
comrade.frias memberi reputasi
1
10-08-2019 23:51
Mantap kali.
Merah VS Merah : perang Kamboja VS Vietnam tahun 1976-1980
Diubah oleh eggnostick
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tololdevil dan 2 lainnya memberi reputasi
3
11-08-2019 00:22
klo ana baca ibarat bangunin singa tidur tuu si kamboja wkwk, wong si vietnam lg bagus secara moral dan persenjataan lg lengkap krn abis perang lawan US ..
Diubah oleh dilute_31
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
11-08-2019 00:52
ane selama denger info terkait perang yg terjadi di wilayah asean kok jarang banget ya nemuin kata “thailand”? apa dugaan ane selama ini kalo thailand itu negara yg suka maen aman itu bener? cmiiw ane awam~~~
profile-picture
comrade.frias memberi reputasi
1
Halaman 4 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.