fadahoyAvatar border
TS
fadahoy
Jembatan Gantung Terpanjang di Asia adanya di Indonesia Loh
Kemaren saya baru aja dari Sukabumi. Baru tau juga ternyata jembatan gantung terpanjang di Asia ada disana. Nama tempatnya yaitu Situ Gunung.

Situ Gunung terletak sekitar 16 km dari kota Sukabumi. Jarak tempuh dari kota kesana sekitaran 44 menit. Situ Gunung memiliki beberapa tempat wisata yaitu Jembatan Gantung, Curug Sawer, Curug Cimanaracun, Buper Arben, Buper Arcun.




Karena memang tujuannya cobain si jembatan jadilah yang diambil jalur jembatan gantung lalu ke arah curug sawer.

Untuk masuk ke wilayah Situ Gunung, harus membayar tiket masuk. Harga tiketnya Rp 17.000,- (weekeday). Untuk yang weekend harga tiketnya sekitar Tp 18.000,- an. Harga tiket belum termasuk parkir motor/mobil. Parkir mobil akan dikenakan biaya Rp 10.000,- dan parkir motor akan dikenakan biaya Rp 5.000,-.
Kebetulan ya kemarin datangnya weekday. Tapi tetep pengunjung cukup ramai. Musim liburan sekolah sepertinya.



Menuju arah jembatan gantung, dari parkiran harus melewati jalan sekitaran 3 atau 4 km. Jembatan gantung ini memiliki panjang 243 meter dengan lebar 18 meter dan ketinggian 161 meter.



Sebelum mulai untuk melewati jembatan, akan ada petugas tiket yang berada di depan jembatan. Harga tiket untuk melewati jembatan adalah Rp 50.000,- Kalau untuk anak - anak dikenakan harga setengahnya yakni Rp 25.000,-. Tiket tersebut merupakan tiket terusan dari jembatan yang bisa dilanjutkan menuju ke Air Terjun Curug Sawer. Selain berfungsi sebagai tiket masuk, tiket tersebut juga bisa ditukarkan dengan snack dan minuman.

Jembatan gantung ini memiliki kapasitas 90 orang. Setiap orang akan dipasangi semacam alat pengaman ketika akan melintasi jembatan. Apabila sewaktu waktu ada peringatan, pengaman ini harus dikaitkan ke sisi jembatan.



Selama di jembatan, diperbolehkan untuk mengambil foto. Jadi puasin deh ambil banyak foto. Secara pemandangannya instagramable gitu loh. Ini nih rules selama berada di jembatan :



Dari jembatan kita bisa melanjutkan perjalanan ke air terjun curug sawer. Perjalanan sekitaran 3 km.

Selama perjalanan, kita juga akan melewati Situ Gunung Glamping. Ini adalah tempat untuk berkemah. Bagi yang berminat untuk bermalam, bisa dicoba



Jangan takut kelaperan atau kehausan, karena sebelum sampai curug akan ada kantin kecil. Di kantin ini kita bisa beli makanan atau minuman untuk dinikmati sambil liat air terjun hihihi

Dan inilah bentuk air terjunnya



Seger banget air terjunnya, apalagi setelah perjalanan yang cukup panjang menuju tempat ini.

Puas menikmati air terjun, kita bisa kembali lagi ke rute yang sama untuk jalan pulang. Tenang, naik jembatan gantungnya tidak akan dikenakan biaya lagi kok.

Haus dan lapar? Saatnya ambil snack. Tukarkan tiket yang tadi sudah dibeli di tempat penukaran snack dan minuman. Ada snack berupa singkong rebus, pisang rebus yang bisa dinikmati dengan teh manis atau kopi hangat.

Demikian cerita nyobain jembatan terpanjang se asia ini. Seru dan menyenangkan. Konon jembatan ini menghabiskan dana sekitar 4 Milyar dalam pembuatannya. Jembatan terbuat dari kayu ulin yang didatangkan dari Papua.


Sumber: https://travelingyuk.com/jembatan-ga...gunung/130365/

Daripada penasaran, mending langsung aja cobain sensasinya
trifatoyah
heatbl4st
bedypop
bedypop dan 4 lainnya memberi reputasi
5
3.6K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
Travellers
icon
23.1KThread10.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.