alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.75 stars - based on 8 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4be9450577a9671f7b9ae5/tiru-startup-pns-bakal-boleh-kerja-dari-rumah
Lapor Hansip
08-08-2019 16:20
Tiru startup, PNS bakal boleh kerja dari rumah
Past Hot Thread
Tiru startup, PNS bakal boleh kerja dari rumah
PNS di Sekretariat Pemerintah Kota Banda Aceh pada hari pertama masuk kerja di Banda Aceh, Aceh, Senin (10/6/2019). Pemerintah bakal memperbolehkan PNS kerja dari rumah.
Pemerintah bakal memperbolehkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) bisa bekerja dari rumah. Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, saat ini pihaknya sedang mendesain sistem kerja PNS di lembaga negara agar bisa meniru gaya perusahaan rintisan atau startup.

Menurut Wangsa, ke depan PNS akan memiliki fleksibilitas kerja alias bisa kerja dari rumah. Hal tersebut merupakan salah satu indikator birokrasi yang ditetapkan pihaknya. "Nanti akan bisa kerja dari rumah, tinggal ngatur aturannya kayak bagaimana," katanya di Auditorium KemenPAN-RB, Jakarta, Kamis (8/8/2019), seperti dinukil dari financedetik.

Salah satu kendala yang masih ada untuk mewujudkan ini adalah penguasaan teknologi informasi (IT). Menurut Wangsa berdasarkan data Global Talent Competitiveness Index 2018, Indonesia berada pada peringkat 77 dari 119 negara. Skor paling buruk Indonesia berada pada poin global knowledge skills, terutama penguasaan IT.

Maka, sepanjang 2014-2018, rekrutmen CPNS sudah menggunakan sistem terkomputerisasi. Sepanjang rentang itu, negara sudah merekrut 317.979 CPNS. Tahun ini, akan direkrut lagi sekitar 100 ribu CPNS lagi.

Harapannya, pada 2024 PNS memiliki basis IT yang cukup kuat. Jika bisa pemanfaatan IT, Wangsa yakin akan terjadi percepatan, efisiensi, dan akurasi pelayanan, serta berdampak sosial.

Selain itu, dengan adanya regenerasi, PNS yang lebih muda diharapkan lebih melek IT dan bisa memanfaatkannya untuk melayani publik.

Oleh karenanya untuk posisi tertentu akan diberikan fleksibilitas kerja. "Kami yakin mereka (PNS yang menguasai IT) adalah tulang punggung kita ke depan. Fleksibilitas kerja ini masuk dalam indikator birokrasi," kata dia.

Ide serupa pernah muncul dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indriastuti, Februari lalu. Sri Mulyani mengatakan bukan tidak mungkin jika pegawai Kemenkeu ingin bekerja di rumah, dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi.

Sri Mulyani menceritakan, pernah ada salah satu pegawai yang cerita punya anak satu dan ingin kerja dari rumah. Menurutnya, boleh tapi harus siap 24 jam 7 hari. Termasuk kalau sedang saat menyusui, tetap siap sambil kerja.

Sri punya pengalaman yang tak jauh beda, yakni menyusui tiga anak saya sambil menyusun buat disertasi. "Kalau Anda tidak pernah membayangkan, apalagi mengalami, Anda tidak punya simpati yang gerak ke sana," ujarnya, seperti dikutip dari CNBC Indonesia.

Sri Mulyani berharap, para pegawai Kemenkeu bisa memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memudahkan pekerjaan, menghasilkan ide-ide kreatif dan inovatif, memberikan informasi yang akurat, serta mempererat koordinasi antarunit.
Tiru startup, PNS bakal boleh kerja dari rumah


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...rja-dari-rumah

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Tiru startup, PNS bakal boleh kerja dari rumah Perpres diteken Jokowi, era kendaraan listrik dimulai

- Tiru startup, PNS bakal boleh kerja dari rumah Kemenhub tetapkan tarif baru ojol di 88 kota mulai besok

- Tiru startup, PNS bakal boleh kerja dari rumah Peredaran bibit padi unggulan di Aceh masih jadi polemik

profile-picture
profile-picture
profile-picture
hammyhamzz dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 7 dari 11
09-08-2019 10:00
Menurut saya, kalau pns bekerja dari rumah saja dan alasan pemerintah ingim meniru perusahaan startup, artinya siap siap juga dipecat jika kinerja tidak sesuai dan gaji siap dipotong, apalagi teknologi kedepan nya makin mengurangi pengaruh manusia, siap juga tuj asn digantikan robot.
0
09-08-2019 10:01
tambah males aja
0
09-08-2019 10:01
birokrasi aja masih berbelit belit ,mau flexible working ours .
0
09-08-2019 10:03
PNS mah absen doank pagi terus balik lagi ke rumah... sore absen pulang....
Tiru startup, PNS bakal boleh kerja dari rumah

Tiru startup, PNS bakal boleh kerja dari rumahTiru startup, PNS bakal boleh kerja dari rumahTiru startup, PNS bakal boleh kerja dari rumah

Tiru startup, PNS bakal boleh kerja dari rumah Tiru startup, PNS bakal boleh kerja dari rumah Tiru startup, PNS bakal boleh kerja dari rumah

Tiru startup, PNS bakal boleh kerja dari rumah Tiru startup, PNS bakal boleh kerja dari rumah Tiru startup, PNS bakal boleh kerja dari rumah
0
09-08-2019 10:03
SEKARANG AJA ABSEN DOANG...APALAGI KAYA STARUP...
profile-picture
lyndonbaines memberi reputasi
1
09-08-2019 10:05
Quote:Original Posted By perisalka
banyak yg iri atau alergi gitu denger kata pns kenapa yak emoticon-Bingung


Abisan digaji pake uang rakyat tp kerjanye mungliin rakyat...hahahaha...
0
Lapor Hansip
09-08-2019 10:07
Balasan post jiwa.dc.2009
@jiwa.dc.2009 image PNS emang udah jelek gan. terutama karena kelakuan-kelakuan yg ente tulis itu. Aib kok diumbar gan?

Tapi perubahan ke arah yg lebih baik itu nyata gan. Online system skrg ada hampir di semua lini. Tinggal kesiapan SDM nya aja gan.. ASN yang gak siap dengan perubahan ya mending pensiun dini. Itu aja gan..

Ohya ane bukan protes, ane coba mengimbangi aja emoticon-Wink
Diubah oleh junjuniawan
profile-picture
profile-picture
qisatria dan Gailham memberi reputasi
2
09-08-2019 10:07
Quote:Original Posted By AceForest
kerjaan PNS itu kerjaan apa sih?filing document aja butuh manpower seabrek gw yang kerja di swasta kagak rela duit pajak gw dipake sm orang2 kerja ga jelas


Quote:Original Posted By jiwa.dc.2009
@junjuniawan
skeptis? lol
buktikan kalo perkataan gue salah

sorry, keluarga gue bnyk yg ASN coy. dari polhut, polis, pajak, kecamatan, tim walkot, dll.
dan gue emg liat sendiri kerjaan mereka ngapain

mereka juga kalo gue bahas kerja gaji buta biasa aja, malah ngasi tau seluk beluknya. karena emg itu realita yg terjadi di lingkungan ASN

jadi kalo lo gak terima ada yg ngatain ASN itu kebanyakan makan gaji buta, jgn protes
karena itu emg kenyataannya.

Sampe sekarang blm ada yg bisa ngebuktiin kebalikannya. kalo cuma via ketikan, anak sd juga bisa ngetik dramatisir soal "beratnya" hidup sebagai ASN


Ane cuma ngeliat temen ane yang kebetulan ASN Kementrian Pertanian. Kerjaannya ya sesuai tupoksi bagiannya. Bikin peraturan, nyari data, kontrol pengawasan, kerjaan overtime, bahkan harus rela kalau anggaran bidangnya dipotong buat kunker Mentan yang gak jauh dari kampanye. Pernah hari Minggu dia harus pagi2 dateng ke pasar buat ngawasin operasi pasar, padahal itu jadwal dia buat nge-date ama yayangnya.

Ibu ane kebetulan juga PNS Guru. Dan dulu kerjaan beliau bahkan sampai harus dibawa ke rumah (ketika terima raport, koreksi ulangan), dan itupun gak dapet uang lembur.

Oke mungkin pengamatan ane gak lebih banyak ketimbang gan @jiwa.dc.2009. Tapi gak bijak menyebut semua PNS kerjaannya gak jelas. Bisa sakit hati juga temen2 PNS yang harus kerja jauh dari ortu atau kerjaannya overtime kalau agan-agan sebut kerjaannya gak jelas.
profile-picture
profile-picture
alter dan junjuniawan memberi reputasi
2
Lihat 1 balasan
09-08-2019 10:07
wah bisa magabut tuh entar, di kantor aja kaga produktif gimana di rumah coba emoticon-Leh Uga
0
09-08-2019 10:07
ane bosen di rumah gan. apalagi kalo kerja di rumah, makin bosen emoticon-Ngakak
0
09-08-2019 10:13
di kantor aja banyakan baca koran emoticon-Ngakak
di rumah bisa ternak anak emoticon-Wakaka
0
09-08-2019 10:13
Lagi2 pns dengan segala kemalasan dan ketololannya
Diubah oleh avatarizki
profile-picture
dupa.fair memberi reputasi
1
09-08-2019 10:14
Sekalian biar gampang dirumahkan kalo kerjanya gak becus
emoticon-Ngakak
0
09-08-2019 10:14
tiap hari ke kantor aja gak becus apalagi di rumah yang tanpa pengawasan, tugas satu gak kelar kelaremoticon-Leh Uga
profile-picture
dupa.fair memberi reputasi
1
09-08-2019 10:15
Waaah setuju, bukan cuma daya beli nya yg masih rendah dan harus di bantu dengan kenaikan gaji yg cukup signifikan. PNS juga harus di longgar kan kerja nya biar bisa nyari sambilan buat tambahan untuk hidup yg lebih baik. Ini lagi pada ngomongin PNS negara maju macem UK or US kan? Soalnya income dan jam kerja PNS di indonesia udah surga emoticon-Bingung
0
09-08-2019 10:19
CMIIW, tapi kerja dari rumah itu kalau target oriented. ga bisa diawasin jam kerjanya yang penting proyek selesai.

Kalau diaplikasiin mungkin:
1. rakyat submit data secara onlen
2. pns yang kerja dari rumah proses data (mungkin ditarget selesaikan sekian aplikasi per hari)
3. atau bisa juga pakek timer dari mulai submit data sampek selesai kurang lebih 10 menit (tapi kasian kalau lagi kebelet boker ke wc ga capai target doang kalau per aplikasi gitu emoticon-Stick Out Tongue

yah tinggal disusun-susun aja sih gimana caranya supaya kaga kelayapan itu PNS. hasil kerjanya juga perlu dicek lagi biar kaga asal2an kualitasnya. apakah sudah siap mental en disiplin kalau kerja tanpa diawasin?
0
09-08-2019 10:19
selama memberikan efek pd peningkatan kualitas dan kecepatan pelayanan publik,
knp enggak?
0
Lapor Hansip
09-08-2019 10:20
Balasan post Gailham
kerjaan yang jauh dari kata technikal dan butuh pemikiran tinggi ampe kepala botak ya...kecuali guru cuma guru juga kalau murid libur ya ikut libur dan dimanjakan dengan tunjangan2 tinggi dan juga banyak di bantu tenaga pengajar honorer
profile-picture
amiruls.lee memberi reputasi
1
09-08-2019 10:20
Tambah males aja deh tuh emoticon-Hammer
0
09-08-2019 10:21
start up apaan yang kerja dirumah emoticon-Hammer2
0
Halaman 7 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.