alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4a4ac4c0cad722bb0c987e/penyalahgunaan-wewenang
Lapor Hansip
07-08-2019 10:51
Penyalahgunaan Wewenang
Past Hot Thread
Penyalahgunaan Wewenang



Ini adalah Bupati yang memimpin Kabupaten di mana KTP saya diterbitkan. Dia tertangkap OTT oleh KPK karena diindikasikan menerima suap untuk pengisian jabatan Kepala Dinas. Kepala Daerah, dalam hal ini Bupati, memang mempunyai kewenangan itu. Tapi, entah setan apa yang membisikinya hingga dia melakukan apa yang saya sebut penyalahgunaan wewenang. Iya, Kepala Dinas yang harusnya dipilih berdasar kompetensi, ternyata bisa potong kompas dengan membayar.

Ada cerita lagi, kurang lebih dua bulan yang lalu saya alami. Ketika saya diminta bantuan salah satu klub di Liga 3 untuk mencari pemain. Sesuai prosedur, saya menghubungi beberapa pemandu bakat untuk dapat rekomendasi pemain mana saja yang bisa saya rekomendasikan untuk direkrut. Saya pun disodorkan beberapa nama. Saya diarahkan untuk melihat kemampuan pemain itu saat berada di lapangan. Sekilas tidak ada yang salah kan ya?

Penyalahgunaan Wewenang

Karena saya bukan orang yang gampang dirayu, maka saya memutuskan untuk datang saat akademi (sebut saja begitu) tersebut bertanding. Pemain yang direkomendasikan main, dan saya bisa mengamati secara gamblang selama pertandingan berlangsung bukan cuma si pemain rekomendasi tapi seluruh pemain, tanpa si pelatih melihat saya. Lha saya menyaru sebagai penonton biasa kok. Namun ada yang salah! Apa itu? Ada pemain lain dengan posisi yang sama, namun mempunyai skill, stamina, dan tingkat kengototan di atas rata-rata.

Dalam benak saya, sudah pengen misuh-misuh  saja. Kok yang direkomendasikan kepada saya bukan yang terbaik? Padahal saya sudah minta yang terbaik lho. Soal fee transfer  bisa diatur lah. Singkat cerita saya menemui si pemandu bakat akademi dan menyodorkan nama-nama yang beda dari yang dia rekomendasikan. ekspresi wajahnya nampak tidak suka, bahkan memberikan komentar negatif pada pemain pilihan saya.

Penyalahgunaan Wewenang

Tapi saya keukeh dan tetap memilih pemain pilihan saya. Belakangan terungkap, dari pemain yang akhirnya direkrut oleh klub yang meminta bantuan saya, bahwa dia tidak punya "uang panjar" untuk si pemandu bakat! Dia juga bukan saudara, atau pemain yang punya kedekatan pribadi dengan si pemandu bakat! Weleh! Pantesan sepakbola Indonesia tidak maju-maju, lha praktek penyalahgunaan wewenang semasif ini. Bakat kalah dengan uang dan kedekatan.

Dari dua story di atas, saya kira kita bisa mengambil simpulan betapa bahayanya penyalahgunaan wewenang. Tidak saja menimbulkan ketidak adilan, namun juga akan membunuh karier sesorang. Dan ini jelas lebih kejam dari pada dibunuh dengan AK-47. Kalau dibunuh dengan KA-47, sekali tembak selesai urusannya, wong sudah meninggalkan dunia. Tapi membunuh karier orang? Apa akan selesai secepat itu?

Penyalahgunaan Wewenang

Dalam kasus PNS di atas, bisa jadi akan merubah mindset. Dari yang semula pekerja keras, pekerja tangguh dan jujur, akan berubah menjadi pekerja yang pragmatis. Lha ngapain kerja keras, ngapain jujur kalau untuk jadi kepala dinas cukup dengan setor uang. Saya kerja keras, jujur, melayani, ujungnya cuma jadi babu dan kacung kok, lha dia yang cuma kerja seenaknya, asal ada uang, jadi Kadinas. Mungkin akan seperti ini.

Sama dengan yang dialami oleh pesepakbola. Bukannya giat latihan, justru giat menjilat kepada pelatih agar memperoleh kedekatan. Kalau sudah begini, apa yang bisa diharapkan? Kehancuran lah. Apalagi? So, mari ngaca dan bertanya pada diri kita masing-masing. Apakah kita sudah menjadi pribadi yang bisa menggunakan wewenang dengan baik, atau masih jadi manusia gila hormat yang rela menyalahgunakan wewenang untuk mendapat hormat dari para penjilat? Salam Damai.



Merdeka!

Sumber Tulisan : Pemikiran Sendiri
Sumber Gambar : sini, sini, sini, sini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vchiekun dan 28 lainnya memberi reputasi
29
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 7 dari 9
09-08-2019 04:05
Susah mah kalau sudah menyangkut uang.

Seperti politik money yang sebenarnya sudah tau dilarang tapi masyarakat yg dapat uang seolah tutup mata sama praktik curang seperti ini, karena apa?
Ya karena sama" butuh. Siapa coba yg ngga butuh duit.
Sama aja kayak kasus suap kayak gini.
0
09-08-2019 04:24
waduh kenapa korup sih padahal pendapatan udah lebih dari cukup juga emoticon-Bingungemoticon-Cape d...
0
09-08-2019 04:29
Jepara bt pemilihan kepala dinas jg bgtu...
tpi bupati udha ketangkep karena kasus lain , sam2 korupsi intinya.
0
09-08-2019 04:58
greedy greedy greedy -_-
Jadi inget horang satu kampung, kakak adek sekaligus barsamaan dpt beasiswa kuliah di luar negeri dr departemen x, kok kebetulan bgt ortunya kerja di departemen x😂
Gak boleh berburuk sangka, tapi mau gimana yah terlalu mencurigakan hihihi...
0
09-08-2019 05:12
Sudah jadi rahasia umum jual beli jabatan atau jual beli ASN di wil. Pantura
0
09-08-2019 06:08
Kalo KPK mau jalan2 ke provinsi calon ibukota mungkin bakalan rame di daerah sana 😁
0
09-08-2019 06:25
yang terbaik aja
0
09-08-2019 06:25
Quote:Original Posted By Ilucinasih
Kalo KPK mau jalan2 ke provinsi calon ibukota mungkin bakalan rame di daerah sana 😁


Mau ngapain pak kesana
0
09-08-2019 06:53
susah emang gan kalo di mari apalagi dari tingkat daerah sudah lumrah hal suap menyuap, sogok menyogok, tusbol menusbol emoticon-Ngakak
0
Lihat 1 balasan
09-08-2019 06:57
agan baru balik dari luar negeri apa baru lahir di indonesia? maap2 ya gan, rakyat kita kan terkenal ramah2 nih tapi kalo soal duit mah apa aja bisa dilakuin. itu baru dua kasus di bidang yang berbeda kalo dijembrengin mah, setiap bidang pasti ada kasusnya. tanah kuburan aja bisa diduitin
0
09-08-2019 06:59
Kira2 berapa persen ya om pemain bola baik di klub maupun timnas yg "titipan"? hehehe
Ane yakin masih banyak pemain yg bagus di negeri ini. Tapi ya gitu, banyakan nyari ceperan daripada nyari bakat
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
09-08-2019 07:05
Ketika kekuasaan di tangan yg benar bisa menjadi kekuatan tetapi apabila sebaliknya bisa menjadi penyalahgunaan kekuasaan,benangnya sangat tipis diantara kedua hal tersebut sehingga apabila sebagai pemimpin dengan iman yang tipis hal itu bisa menjadi kekuatan penyalahgunaan kekuasaan...emoticon-Nohope
0
09-08-2019 07:19
Selamat datang di Indonesia,
Dimana disini memakai kekuatan maha takjub, tak terkalahkan, tak terlihat yang disebut Kekuatan Orang Dalam
0
09-08-2019 07:39
emoticon-Cool duit duit duit kesini dong aku lagi butuh duit emoticon-Cool

-alam-
0
09-08-2019 07:46
Di indonesia terlalu banyak orang meremehkan.. KKN di setiap sudut ada di sini...
Bahkan dalam komunitas kecil pun ada.. gap2an.. akhirnya yang dianggap vokal di bungkam dengan paksa saat mempertanya kan keadilan...
Karena gak punya power jadi dibuang padahal sudah membuat karya yang banyak dan besar..
Kapan indonesia sembuh dari ini kalo dari komunitas kecil.. lingkungan kecil sudah di pupuk untuk memandang tanpa objektivitas..
Apa benar harus di bumi hangus kan satu generasi untuk membuat Indonesia lebih sehat??emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
r3di45 memberi reputasi
1
Lapor Hansip
09-08-2019 07:52
Balasan post gantinyabejok78
welkom tu de janggel emoticon-Ngakak
0
09-08-2019 07:57
Pelicin mah dimana2 ada...
Gak tau kapan tuh ilangnya
0
09-08-2019 08:14
yah bgtulah kebanyakan di kita, sangat sedikit orang yang bener2 memikul tanggung jawabnya, sebagai kepala.
0
09-08-2019 09:15
tradisi lama susah sekali untuk diberantas ya, sudah banyak oknum keciduk tapi tetap aja ga punah itu tradisi
0
Halaman 7 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.