• Beranda
  • ...
  • Android
  • 10 Manfaat Betapa Pentingnya Akun Google Di Android, Kamu Wajib Tahu!

indriketarenAvatar border
TS
indriketaren
10 Manfaat Betapa Pentingnya Akun Google Di Android, Kamu Wajib Tahu!

Halo agan dan sista! Selamat berjumpa kembali dengan thread saya. Kali ini saya akan berbagi tips sederhana ya yaitu tentang :

"10 Manfaat Pentinya Akun Google di Android"

Tujuan dari informasi ini yaitu agar agan dan sista benar-benar menjaga akun googlenya dan jangan sampai lupa password atau kata sandinya, karena itu bisa menghilangkan semua data.

1. Media Penyimpanan Kontak
Quote:
Ini sering dilupakan oleh kita bahwa akun Google kita bisa untuk menyimpan banyak kontak. Jika pada ponsel, kontak hanya bisa disimpan dalam beberapa ratus saja atau ada batas maksimum tertentu. Namun pada akun Google ini, kita bisa menyimpan kontak sampai ribuan bahkan mungkin ratusan ribu atau tidak terbatas. Dan kontak itu tidak akan hilang ketika kita berpindah perangkat seperti dari satu Android ke Android lainnya.

2. Akun Media Sosial dan Media Perpesanan
Quote:
Tentu kita pasti tahu media sosial ya. Akun media sosial salah satunya adalah Facebook. Kita bisa melakukan login ke Facebook jika kita memiliki akun google. Begitu juga dengan media perpesanan seperti WhatsApp. Walaupun WhatsApp hanya menggunakan nomor telepon untuk bisa login, akan tetapi untuk backup data tetap saja menggunakan akun Google.

3. Akun Game Online
Quote:
Contoh kita memiliki game COC (mengenang game dulu yang sangat ngetren). Game COC semua pasti tahu bahwa akun ini tidak bisa dijalankan tanpa akun Google. Yang sering terjadi ketika kita memiliki akun COC yang sudah memiliki pertahanan yang kuat seperti sudah memiliki TH9 dan kita dulu merintisnya dari awal sampai akhir atau sampai susah payah dan tiba-tiba HP kita error dan wajib di format (flash ulang), maka semua data di ponsel akan hilang semua. Tapi jika kita mengingat kata sandi dan nama akun Google kita, otomatis game yang kita rintis itu akan kembali menjadi milik kita. Dan masih banyak game-game yang memang online menggunakan akun Google.

4. Media Penyimpanan Data
Quote:
Jika Ponsel kita tidak mau kehilangan data seperti foto, lagu atau semua data penting lainnya, maka kita wajib menyimpannya di Google Drive. Pada ponsel Android biasanya sudah ada aplikasi Google Drive dan untuk bisa masuk kita wajib memiliki akun Google. Kita bisa menyimpan berbagai macam file di Google Drive dengan menggunakan akun Google. Jika data-data hilang di HP seperti terhapus, eror atau ganti perangkat baru, namun jika kita sudah menyimpannya ke Google Drive tentu data tersebut akan tetap ada.

5. Media Surat-menyurat
Quote:
Siapa yang tidak tahu dengan surat-menyurat? Jika dulu kita melakukan surat-menyurat dengan kertas ya, tapi dengan adanya akun Google kita bisa kirim-kirim surat melalui email pada aplikasi Gmail. Kita bisa mengirim pesan dan menerima pesan melalui email termasuk surat menyurat untuk melamar kerja, menawarkan produk dan sebagainya. Aplikasi Gmail bukan hanya mengirim surat ya, namun juga bisa mengirim file berbentuk foto atau dokumen-dokumen penting lainnya.

6. Mendownload Aplikasi di Play Store
Quote:
Ya kelihatannya sepele sih. Namun coba kita bayangkan jika kita memiliki sebuah ponsel berbasis Android dan tidak bisa mendownload aplikasi di Play Store, tentu akan sangat tidak sempurna ponselnya. Ketika kita sudah memiliki akun Google yang sudah tertanam pada Android kita, maka ketika membuka Play Store kita tinggal bebas memilih aplikasi-aplikasi dan game-game gratis dan mendownloadnya. Jika kita tidak menggunakan akun Google, maka mustahil bisa untuk mendownloadnya.

7. Mengatasi Lupa Pola atau Sandi
Quote:
Ketika kita lupa pola atau sandi pada Android kita, maka kita bisa menggunakan nama akun Google beserta kata sandinya untuk membukanya.

8. Online Shop
Quote:
Untuk kita yang berbisnis di internet khususnya online shop, tentu memerlukan akun Google. Contohnya seperti di Bukalapak. Jika anda mendaftar di Bukalapak selaku pelapak atau penjual, maka dibutuhkan akun Google agar bisa Log in. Bukan hanya di Bukalapak, namun biasanya di Olx, Lazada, Shoope, Tokopedia, BliBli atau yang lainnya pasti memerlukan akun Google.

9. Mengunci dan Mencari Ponsel yang Hilang
Quote:
Ketika anda mengalami HP hilang, anda hanya perlu masuk ke Google Chrome atau browser apa saja kemudian masuk ke situs my find device dengan akun Google. Jika anda ingin melacak keberadaan HP yang hilang kemudian ingin mengunci HP tersebut atau juga menghapus semua datanya, maka tinggal masuk ke device manager dan secara otomatis sistem akan melacak keberadaan ponsel yang hilang tersebut dan bisa untuk mengunci ponsel dan menghapus data penting didalamnya dari jarak jauh.

10. Media Global for Android
Quote:
Tentu akun Google ini untuk kehidupan di Android. Tanpa akun Google, Android bisa di ibaratkan mati suri karena tidak bisa ini dan tidak itu. Hanya bisa SMS, Telepon dan mendengar Music atau menonton video yang sudah di download sebelumnya di Hp. Tidak bisa untuk keperluan yang lain seperti browsing dan lainnya.



Inilah 10 kegunaan dari akun Google. Sebenarnya masih banyak lagi karena keunggulan dari akun Google ini adalah satu akun untuk semuanya. Namun saya hanya merangkumnya 10 saja. Semoga threadnya bermanfaat. Jika ada tambahan lainnya silahkan bagikan di kolom komentar dibawah thread ini. Sampai jumpa pada thread berikutnya.......!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Diubah oleh indriketaren 16-10-2019 02:57
jahotma
swiitdebby
fanserker
fanserker dan 20 lainnya memberi reputasi
21
20.1K
91
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Android
Android
icon
29.4KThread12.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.