Mahbubah127
TS
Mahbubah127
Indonesia Tanah Tumpah Darahku


Assalamualaikum. Hai Agan Sista yang terhormat! Eh, tumben-tumben nih ane menyambut Agan dan Sista sekalian dengan kata-kata yang terhormat? Tapi, gak papa kan? Ya, kali ini ane mau nge-trid tentang betapa bangganya saya menjadi warga atau bagian dari bangsa Indonesia.



Siapa pun tahu, bahkan sampai ke negeri-negeri seberang nun jauh di sana, bahwa Indonesia adalah negara yang besar, luas dan kaya akan sumber daya dan kekayaan alamnya. Betapa tidak, Indonesia memiliki kurang lebih 17.504 pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dan terdiri dari 32 provinsi.

Masing-masing pulau dan provinsi memiliki keanekaragaman budaya dan kekayaan alam masing-masing. Sejauh ane mengunjungi negeri lain atau saat berbincang-bincang dengan kawan yang berasal dari luar negeri, belum pernah ane mendengar kehebatan ragam budaya dan pesona alam seperti yang dimiliki oleh Indonesia.

Indonesia di mata ane merupakan surga yang diturunkan ke bumi. Coba lihat, di sini kita bisa mendapatkan buah-buahan, air, gunung, sungai, laut, danau, hewan ternak, hutan, minyak, gas alam dan lain-lain.

Semuanya tersedia, kita tinggal mengelola dengan bijaksana dan tidak mengeksplorasi secara membabi-buta. Berbagai agama dan budaya pun ada. Semua bisa berdampingan penuh rukun, asal tidak ada yang sengaja memancing keributan dengan tujuan tertentu. Bangga Gansis, karena ane lahir, besar, makan, minum dan bernafas di sini. Indonesia tercinta.

Banyak bangsa lain yang ingin meniru tata-cara kehidupan yang ada di Indonesia. Mereka menilai bangsa kita ini aman- tenteram, rukun dan damai. Padahal masyarakatnya terdiri dari berbagai agama, suku dan golongan. Prestasi yang tak tercatat di buku yang patut kita pertahankan keberlangsungannya.

Tak kalah, Indonesia juga memiliki 10 keajaiban dunia, diantaranya ialah :



1. Danau Toba
2. Candi Borobudur
3. Candi Prambanan
4. Pulau Komodo
5. Danau Kelimutu
6. Puncak Jaya Wijaya
7. Gunung Bromo
8. Gunung Krakatau
9. Toraja
10. Pulau Bali



Meskipun ada saja sebagian orang yang tidak suka akan apa yang ada di Indonesia, hal itu tidak mengurangi kecintaan ane terhadap negeri ini. Menurut ane, setiap negara itu memiliki kekurangan dan kelebihan. Jadi, jika ada ketidakpuasan kita terhadap prilaku sebagian orang, janganlah menjadikan Agan dan Sista lalu membenci negara sendiri. Justru kita harus bisa menunjukkan bakti untuk negeri. Turut membangun dengan cara apa pun yang Agan Sista mampu lakukan, bukan mencibir apalagi menuntut begini dan begitu tetapi tidak menyumbang apa pun untuk Indonesia.

Jadi, mari cintai negeri kita. Banggalah menjadi warga negara Indonesia. Jangan menunggu orang lain mencintai dan merebut negeri kita tercinta.

Merdeka!

Gambar by Yuktravel.com
Kabarmaya co.id.
Google

Probolinggo 8 Agustus 2019
Cahayahalimahalizazetistijabah
istijabah dan 13 lainnya memberi reputasi
14
1.6K
21
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.