alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 8 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d49731882d4955cbe4292fd/wah-indahnya-ini-dia-gedung-kayu-tertinggi-di-dunia
Lapor Hansip
06-08-2019 19:31
Wah Indahnya, Ini Dia Gedung Kayu Tertinggi di Dunia
Past Hot Thread
Wah Indahnya, Ini Dia Gedung Kayu Tertinggi di Dunia

Maraknya pembangunan yang menggunakan baja dan beton menjadi salah satu sumber penghasil karbon di atmosfer. Hal ini diperparah dengan dibangunnya gedung-gedung besar yang komposisinya menggunakan baja dan beton. Hal ini tanpa disadari justru menjadi salah satu aktivitas penghasil karbon terbesar karena dari baja dan beton ini diproduksi sendiri menghasilkan jutaan emisi karbon tiap harinya.

Apakah alam kita masih dapat menampung karbon-karbon yang bertebaran ini? Ya tentunya masih, namun dalam waktu dekat bila kegiatan ini masih terus dilakukan maka adakalanya atmosfer di bumi ini masuk kedalam fase stasioner dimana atmosfer sudah tidak mampu lagi memurnikan dirinya kembali dan lapisan ozon semakin berlubang.


25 king building


Nah fenomena tersebut rupanya sangat diperhatikan oleh arsitek-arsitek di Australia. pada tahun ini mereka akhirnya memutuskan untuk mencoba konsep baru yang mana bisa mengurangi karbon hasil pembangunan gedung dengan menciptakan gedung yang tidak menggunakan beton ataupun baja yakni gedung dengan kayu. Terlihat aneh bukan? Tapi faktanya gedung ini sudah dibangun dan sukses menjadi gedung perkantoran berbahan dasar kayu pertama di dunia. Sebut saja nama gedung ini 25 King, gedung 25 King dibangun dengan dasar peduli lingkungan dan melestarikan alam. Gedung ini juga merupakan gedung kayu tertinggi di dunia (45 m).


Wah Indahnya, Ini Dia Gedung Kayu Tertinggi di Dunia

Yups gedung ini dibangun dengan rangka kayu sehingga bisa meminimalisir penggunaan kerangka baja. Kayu juga membutuhkan sedikit semen untuk menempelkannya sehingga terciptanya emisi karbon semakin ditekan. Secara khusus, bangunan ini menggunakan kayu laminasi-silang, sejenis kayu lapis yang dibuat menggunakan perekat canggih dengan kekuatan struktural yang sebanding dengan baja.


Wah Indahnya, Ini Dia Gedung Kayu Tertinggi di Dunia

Kekuatan tersebut memungkinkan desainer dan perusahaan konstruksi mulai merangkul kayu sebagai bahan yang ramah lingkungan untuk konstruksi bangunan besar. Kayu laminasi silang memiliki emisi karbon yang jauh lebih rendah daripada kayu konstruksi tradisional ataupun baja, yang padat sumber daya untuk membuatnya. Atas dasar ini maka ditetapkanlah kayu laminasj silang sebagai sumberdaya terbarukan yang dapat memerangkap karbondioksida.


Bagian interior bangunan ini pun terasa makin stylish karena perpaduan balok kayu yang indah dan penuh estetika membuat kegiatan perkantoran di gedung ini tidak membosankan. Selain itu keuntungan utama kayu sebagai bahan konstruksi adalah ringan — sekitar seperempat berat bangunan beton yang setara ukurannya yang berarti fondasinya bisa lebih kecil, dengan begitu akan dibutuhkan lebih sedikit beton dan juga lebih sedikit waktu untuk menggali dan menuangkan semen. Karena mudahnya membangun bangunan dengan kerangka kayu, tercatat gedung ini hanya perlu waktu 15 bulan untuk membangunnya, waw pencapaian yang luar biasa fantastis mengingat gedung ini tergolong besar. Berikut ini potret-potret interior didalamnya :


lobby


pintu masuk


bagian yang disewakan


ruang perkantoran


ruang perkantoran 2


the lounge


Wah indah sekali ya perpaduan kayu ditiap-tiap kerangka bangunan. Kalau begini jadinya gedung makin stylish dan ramah lingkungan — Jadi kekinian gitu kayak model-model cafe yang bertebaran di Indonesia hehe. Ane sih setuju banget dengan implementasi ini! Gimana komentarnya gan?, tulis aja di kolom komentar!



Sumber : Disini
Sumber gambar : Bing.com
Diubah oleh dompetjadipeci
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sapiSYGsapiMLG dan 17 lainnya memberi reputasi
18
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 10
08-08-2019 15:50
Hutan juga habis ntar. Yg bagus itu pake beton disekelilingnya tanam pohon yg banyak. Itu baru go green
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
08-08-2019 15:50
emejing gan,,
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
08-08-2019 15:52
Kerennnn, mudah2an tahan api kayunya emoticon-Motret
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
08-08-2019 15:53
Kalo dari kayu selain meningkatkan potensi illegal loging buat dijual jadi bahan baku.. belum lagi potensi yang rawan kebakaran karena arus pendek atau memang ada yang sengaja ngebakar..who knows emoticon-Ngacir
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
08-08-2019 15:53
keren yak, nuansa kayu gitu adem aja liatnya, ditambah banyak hijau-hijauan.. tautau lumut emoticon-Ngakak
btw nice thread yaksemoticon-thumbsup
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
08-08-2019 15:55
rawan rayap ya akhiemoticon-Maaf Agan
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
08-08-2019 15:59
Quote:Original Posted By azid12353
@dompetjadipeci Mungkin bisa juga pake metode tebang pilih, atau bisa juga ketika udah ditebang, direboisasi kembali ya gan emoticon-Malu emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol


Reboisasi itu lama gan. Mau baja dampak nya ke atmosfer. mau kayu dampaknya hutan yg gundul. Intinya setiap pembangunan bangunan akan berdampak pada alam. Ngomong apasi gw emoticon-Ngakak
0
08-08-2019 16:03
dimakan rayap ntar
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
08-08-2019 16:05
keren gedungnya gak kalah sama bangunan beton
profile-picture
profile-picture
Zedcool dan dompetjadipeci memberi reputasi
2
08-08-2019 16:06
wew rawan banget terbakar kalo ada safety yg mumpuni.
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
08-08-2019 16:07
Kayu bisa diproduksi sendiri, makanya go green.
Kalo beton, baja, batu, mana bisa diproduksi. Yg ada habis tu gunung.
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
08-08-2019 16:12
bagus tapi dalam jangka panjang kalau ga dirawat kayu dan pohon atau hutan akan tidak bagus.
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
08-08-2019 16:28
gw setuju kalo stylish tapi kalo ramah lingkungan sih gak, lha mereka potong kayu dalam jumlah besar, kalo diganti sih gak masalah
profile-picture
profile-picture
dompetjadipeci dan dwioktabayuaji memberi reputasi
2
Lapor Hansip
08-08-2019 16:31
Balasan post Zedcool
emoticon-Ngakak
profile-picture
Zedcool memberi reputasi
1
08-08-2019 16:32
Quote:Original Posted By dompetjadipeci
Nggak loh gan justru karena pake kayu ini biayanya jauh lebih murah ketimbang pake baja dan beton emoticon-Amazed


ya murah kalo kayu punya sendiri.
profile-picture
Zedcool memberi reputasi
-1
Lapor Hansip
08-08-2019 16:32
Balasan post ikzir29
Quote:Original Posted By ikzir29
Hutan juga habis ntar. Yg bagus itu pake beton disekelilingnya tanam pohon yg banyak. Itu baru go green


Nggak loh gan itukan di Australia sono, aristektur tahu betul supaya nggak ngabisin pohon emoticon-Amazed
0
08-08-2019 16:33
Bener nih ramah lingkungan ?. Pasal tempat dimana kayu yang ditebang harus sudah tertanami bibit pohon kembali maka moto Ramah Lingkungannya dapet. Kalo tidak ditanami kembali ya sama aja bohong.
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
Lapor Hansip
08-08-2019 16:35
Balasan post roni.riyanto
Quote:Original Posted By roni.riyanto
Kalo dari kayu selain meningkatkan potensi illegal loging buat dijual jadi bahan baku.. belum lagi potensi yang rawan kebakaran karena arus pendek atau memang ada yang sengaja ngebakar..who knows emoticon-Ngacir


Nggak loh gan, ini di Australia. Semua hal-hal seperti itu udah dipertimbangin. Iya kalo di Indo mah!! emoticon-Amazed
0
Lapor Hansip
08-08-2019 16:37
Balasan post fitsa...hats
Quote:Original Posted By fitsa...hats
rawan rayap ya akhiemoticon-Maaf Agan


Nggak kok kan sudah dilapisi anti-rayap, pokoknya pintarlah arsitektur Australia! emoticon-Angkat Beer
0
08-08-2019 16:40
modal bensin aja 1 dregen... mateng dah tuh gedung
Wah Indahnya, Ini Dia Gedung Kayu Tertinggi di Dunia

Wah Indahnya, Ini Dia Gedung Kayu Tertinggi di DuniaWah Indahnya, Ini Dia Gedung Kayu Tertinggi di DuniaWah Indahnya, Ini Dia Gedung Kayu Tertinggi di Dunia

Wah Indahnya, Ini Dia Gedung Kayu Tertinggi di Dunia Wah Indahnya, Ini Dia Gedung Kayu Tertinggi di Dunia Wah Indahnya, Ini Dia Gedung Kayu Tertinggi di Dunia

Wah Indahnya, Ini Dia Gedung Kayu Tertinggi di Dunia Wah Indahnya, Ini Dia Gedung Kayu Tertinggi di Dunia Wah Indahnya, Ini Dia Gedung Kayu Tertinggi di Dunia
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
Halaman 3 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.