alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4b5cfea727682f4856442f/dubes-agus-maftuh-habib-rizieq-menyerobot-doa-di-pemakaman-mbah-moen
Lapor Hansip
08-08-2019 06:21
Dubes Agus Maftuh: Habib Rizieq Menyerobot Doa di Pemakaman Mbah Moen
Past Hot Thread
Dubes Agus Maftuh: Habib Rizieq Menyerobot Doa di Pemakaman Mbah Moen


Imam besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab hadir dalam pemakaman ulama karismatik KH Maimun Zubair atau Mbah Moen di Al Ma'la Mekah. Narasi yang berkembang di media sosial kemudian menyebut Habib Rizieq yang memimpin pembacaan doa pemakaman. Dubes Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel menyanggah narasi itu dan bahkan menyebut Habib Rizieq melakukan penyerobotan doa.

Agus Maftuh menuturkan proses pemakaman sang kiai memang dipadati banyak orang. Suasana penuh sesak dan para pelayat berebut ingin menyentuh jenazah Mbah Moen.

"Ketika saya menunggu di pemakaman Ma'la dengan para staf KBRI, memang datang jenazah dengan tutup kafan warna biru yang langsung dikerubuti oleh banyak jemaah di situ. Para jemaah memang saya lihat sudah bersiap-siap di beberapa lubang pemakaman di kiri kanan penuh sesak. Karena saya tahu penutup jenazah Mbah Moen adalah warna hitam seperti jubah kebesaran Saudi, saya tidak ikut berebut jenazah dan menunggu jenazah Mbah Moen yang belum sampai di makam," kata Agus Maftuh kepada wartawan, Rabu (7/8/2019).

"Saya lihat MRS (Muhammad Rizieq Shihab) memang hadir sejak awal dan berkerumun di lubang yang salah. Saya tahu nomer lubang karena yang mengurus di Provinsi Mekah adalah tokoh NU Saudi yaitu, KH Dr Fahmi, Dr Fahmi lah yang menemui pejabat provinsi Mekah dan dipastikan Mbah Moen dimakamkan di posisi yang sangat strategis di kompleks Ma'la," tuturnya.

Agus mengaku menggotong langsung jenazah Mbah Moen bersama santrinya bernama Muhlisin dan KH Syarif Rahmat. Saat jenazah hendak diturunkan ke liang lahat, banyak jemaah yang berebut untuk menyentuh keranda.

"Saya terlempar ke arah kiri dan Kiai Syarif terlempar ke kanan. Terjadi saling rebut jenazah sebelum dimasukkan ke liang pemakaman. Nah setelah selesai pemakaman, saya lihat ada orang yang membacakan talkin tanpa diminta. Dalam tradisi NU, kalau ada kiai besar wafat jarang ditalkin, dan kalaupun ditalkin harus dilakukan oleh seorang kiai yang selevel. Sebenarnya ini sangat tidak etis dan 'kewanen' terlalu berani dan su'ul adab (tak etis), apalagi talkin-nya model 'reguler'," ujar Agus.

Kemudian terdengar seseorang yang membacakan talkin setelah proses pemakaman Mbah Moen selesai. Setelah itu, Habib Rizieq langsung membacakan doa dengan suara keras.

"Selanjutnya tanpa aba-aba, Habib MRS membacakan doa dengan suara keras di tengah kerumunan jemaah. Setelah itu baru saya bisa masuk ke kerumunan bersama Bapak Menteri Agama dan kemudian kita berdoa bersama-sama untuk Mbah Moen dan Pak Menag berpesan kepada kita untuk selalu meneladani Mbah Moen," ujarnya.

Agus menyesalkan Habib Rizieq yang tanpa koordinasi membacakan doa di pemakaman Mbah Moen. Menurut Agus, tindakan tersebut sangat tidak etis.

"Ini yang saya sebut sebagai 'ketidak-etisan'. Meski saya muda saya ini jadi Bapak seluruh WNI yang ada di Arab Saudi dan saya sebagai shohibul bait (yang punya hajat). Saya heran ada orang tanpa koordinasi dengan shohibul bait memposisikan diri sebagai pembaca doa," ujar dia.

Pada prinsipnya, Agus tidak mempersoalkan ada orang yang berdoa di makam Mbah Moen. Namun, menurut Agus, ada budaya di NU yang harus dihormati oleh semua pihak.

"Dalam tradisi NU, ulama kalau disuruh berdoa masih memakai budaya ewuh-pekewuh, yang senior biasanya yang didorong untuk berdoa dan kiai-kiai yang junior mendampingi. Lha ini kok ada yang main serobot doa tanpa izin shahibul bait yang punya tanggungjawab mulai proses perizinan sampai pemakaman seorang yang sangat dihormati oleh Umat Islam di Indonesia khususnya Nahdlatul Ulama. Ini tak etis dan tidak dikenal dalam tradisi pesantren," bebernya.

https://m.detik.com/news/berita/d-46...728.1545290407

≠==============={{{{{============


tidak selevel tapi menyerobot
Diubah oleh KASKUS.HQ
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gargantuar89 dan 54 lainnya memberi reputasi
51
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 7 dari 10
08-08-2019 11:57
Quote:Original Posted By 37sanchi
Kayaknya kepingin ikut diajak pulang tuh bang toyib....



Dubes Agus Maftuh: Habib Rizieq Menyerobot Doa di Pemakaman Mbah Moen


Woakeowkeoakwkeoowkaowowowkwoaowkwowoakowowkqkaowkkwo
0
08-08-2019 11:59
bar bar kayak ormas nya
gak salah cap sudah
0
08-08-2019 12:06
jadi imam sholat aja nggak boleh asal serobot loh. harus disetujui makmumnya.


apalagi mendoakan orang yang penting dalam kehidupan islam suatu negara.

bisa bisa disumpahin pengikut mbah moen itu bebib.
0
08-08-2019 12:06
doanya pasti ga tulus ada maunya (nyari panggung)
0
08-08-2019 12:09
cuma bisa cenyum emoticon-Smilie
0
08-08-2019 12:12
semua boleh berdoa tp ya mbo tolong jaga adab...
profile-picture
maria.olivia memberi reputasi
1
08-08-2019 12:12
duH sampe segitunya, semoga beneran niat doain yaaa...
0
08-08-2019 12:14
kenapa banyak yg benci sama HRS? apa yg benci kebanyakan anak2 lonte yg emaknya kena grebek FPI? entahlah....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riezazura dan 6 lainnya memberi reputasi
-7
08-08-2019 12:16
Ini aneh......
Gw mendukung FPI dibekukan Dan HRS jika pulang nanti diproses hukum.
Tapi jika siapapun....ya siapapun.....ingin mendo'akan Dan memberi penghormatan terakhir utk almarhum itu perlu diapresiasi sebagai sesuatu yg baik.
Terlebih almarhum adalah kyai figur nan karismatik milik umat.
Jadi ga usahlah seperti ini.
0
08-08-2019 12:21
Tuh su'ul adab, harus tau tradisi nu dong. Kalau inget rizieq menghina2 gusdur jadi panas sendiri
0
08-08-2019 12:26
Quote:Original Posted By entecavir
Dubes Agus Maftuh: Habib Rizieq Menyerobot Doa di Pemakaman Mbah Moen


ngakak ini mah😂
profile-picture
entecavir memberi reputasi
1
08-08-2019 12:28
mantap
0
08-08-2019 12:49
Mantan supir bus jd wajar kelakuannya begitu
Diubah oleh vxvxvx
0
08-08-2019 12:53
islam sama islam ribut itu dah biasa
islam sama islam bunuh juga biasa
biasanya kita ribut / bunuh untuk hal yg seharusnya kita biasa-biasa aja
0
08-08-2019 12:54
salah lubang emoticon-Ngakak jadi bibib ngelayat siapa? emoticon-Ngakak mungkin doa dengan keras itu ditujukan bibib buat jenazah di lubang yang dia datangi (bukan buat mbah moen) emoticon-Leh Uga
0
08-08-2019 13:09
buseett nih onta...saking ngebet nya pen a
di akuin imam besar kali ya....dia ada pasti ada masalah.....pendem aja noh sekalianemoticon-Cape deeehh
0
08-08-2019 13:12
pulang aje napa . banyak kasus menantimu disini wahai Rijiq
0
08-08-2019 13:21
ini sih keliatan MRS ingin menunjukan dirinya sederajat saja dgn almarhumah, padahal mah jauh pake banget. kayak surga dan neraka bedanya.
profile-picture
maria.olivia memberi reputasi
1
08-08-2019 13:33
super sekali
0
08-08-2019 13:34
Baru tau ya 😅😅
Diubah oleh loabakung
0
Halaman 7 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.