alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d497a45a72768696b68fe6d/rawatlah-orang-tuamu-dengan-mengisi-kesepian-dan-kerinduannya-melalui-panti-jompo
Lapor Hansip
06-08-2019 20:01
Rawatlah Orang Tuamu Dengan Mengisi Kesepian dan Kerinduannya (Melalui Panti Jompo ?)
Past Hot Thread
Rawatlah Orang Tuamu Dengan Mengisi Kesepian dan Kerinduannya (Melalui Panti Jompo ?)

Jujur, Gan dan Sis
Kalo ane ditanya tempat apa yang paling
bisa bikin ane trenyuh (bahkan takut)
adalah tempat di mana kita merasa sendirian
atau tidak dihargai sebagai individu
karena kita dianggap sudah tidak dapat memberi
kontribusi baik tenaga, pikiran atau materi.

Dan di tempat itulah kemungkinan akan menjadi rumah persinggahan terakhir kita sebagai orang yang dianggap sudah tidak berguna, pikun, renta atau menyusahkan orang lain. Ya, tempat itu bernama Panti Jompo atau kata kerennya adalah Panti Wreda.

Rawatlah Orang Tuamu Dengan Mengisi Kesepian dan Kerinduannya (Melalui Panti Jompo ?)

Secara umum, banyak yang mengabaikan fungsi dari Panti Jompo karena kita terlalu yakin dengan kesehatan, kekayaan bahkan perhatian dari anak cucu kita. Tapi apakah kita masih tetap yakin sepuluh atau dua puluh tahun mendatang apabila kita melihat gejala generasi sekarang yang kurang menghargai para orang tuanya ?

Masih maukah mereka
merawat dan menjaga kita dengan rasa cinta
dari anak cucu kita nanti ?

Kita mungkin bisa berpikiran positif ke anak cucu kita nanti, tapi kita juga harus siap kalo suatu saat kita akan dibuang atau kata halusnya 'diungsikan' ke tempat yang dianggap sebagai penampungan orang-orang yang akan dijemput oleh kematian.

Pertanyaannya...
ngapain juga TS bikin thread
yang menakut-nakuti ?

Rawatlah Orang Tuamu Dengan Mengisi Kesepian dan Kerinduannya (Melalui Panti Jompo ?)

Di sini, TS bukan bermaksud menakut-nakuti tapi bermaksud untuk lebih menyiapkan diri kita ketika kita berada di titik yang paling bawah, yakni sakit dan tua (dua hal yang tidak bisa kita hindari).

Ketika ane bertanya ke kakak ane yang tidak menikah untuk rencana ke depannya, dia hanya menjawab,"Ya, pastilah suatu saat nanti aku akan tinggal di Panti Jompo. Di sana aku akan menghabiskan sisa waktu dengan berdoa dan kegiatan berkumpul bersama dengan orang-orang yang senasib."

Kalo inget itu, kadang TS merasa sedih. Bagaimana mungkin seorang kakak yang dianggap baik dan sukses di keluarga kami bisa berkata seperti itu. Di manakah orang-orang yang menyayanginya, termasuk ane sendiri sebagai adiknya ?

Dan ketika liburan kemaren, ane dan keluarga mencoba mendatangkan salah satu Panti Werda sederhana dengan sumbangan ala kadarnya.

Walau sudah beberapa kali kami datang ke Panti Werda, tapi liburan kemaren terasa lebih berkesan karena ada seorang bapak tua yang bercerita mengapa dia bisa terdampar di Panti Werda tersebut.

Rawatlah Orang Tuamu Dengan Mengisi Kesepian dan Kerinduannya (Melalui Panti Jompo ?)

Sebetulnya jawaban yang hampir sama dengan para penghuni lainnya, yakni mereka dihadapkan pada situasi yang menganggap mereka menyusahkan dan (maaf) sudah tidak berguna di keluarganya. Jadi secara kasarnya sudah dianggap tidak dibutuhkan lagi baik tenaga, pikiran dan materi.

Si bapak tua itupun menambahkan bahwa secara kacamata awam, dia dianggap sebagai orang tua yang berhasil karena telah menyekolahkan anaknya ke sekolah terbaik di luar negeri, berprestasi dan menjadikan anak-anaknya sukses (sukses dalam kacamata awam adalah kaya dan mapan).

Tapi bagaimana dengan si Bapak tua itu ?
Dia justru menganggap dirinya terpuruk dan gagal dalam mendidik nilai kasih sayang pada anak-anaknya. Kesibukan dan kesempatan meraih kesuksesan telah membutakan mata hatinya untuk dekat dengan anak-anaknya.

Rawatlah Orang Tuamu Dengan Mengisi Kesepian dan Kerinduannya (Melalui Panti Jompo ?)

Melalui harga kamar yang paling mewah di Panti Werda itu, anak cucunya seakan telah membayar lunas dari jasa si bapak tua yang telah berhasil menciptakan anak-anak yang sukses. Mereka berpikir bahwa dengan fasilitas terbaik untuk si bapak tua, mereka telah membayar kebahagiaan orang tua mereka tanpa berpikir bagaimana mengisi rasa kesepian dan kerinduan si bapak untuk berkumpul bersama anak cucunya di hari-hari tuanya.

Komen :
Berbahagialah kamu yang masih diberikan kesempatan hidup dengan orang tua kamu.

Rawatlah Orang Tuamu Dengan Mengisi Kesepian dan Kerinduannya (Melalui Panti Jompo ?)
Jagalah dan cintailah mereka karena pada saat kamu kecil, merekalah orang pertama yang memegang kamu ketika kamu terjatuh dan mereka pulalah sebagai orang pertama yang menghapus air mata kamu pada saat kamu meneteskan air mata pertama kamu.

Sekarang di masa tuanya, apakah kamu mau memegang mereka pada saat mereka sulit bergerak dan menghapus air mata terakhirnya ?

Rawatlah Orang Tuamu Dengan Mengisi Kesepian dan Kerinduannya (Melalui Panti Jompo ?)

Diubah oleh storm69
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kreautz dan 15 lainnya memberi reputasi
16
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 7
07-08-2019 22:15
ini nih yg bener dan terjadi didunia nyata, karna kurangnya perhatian dg keluraga, karena org tua sibuk dg dunia kerja

Quote:Original Posted By 0newaccount0
Kita mulai dari poin ini
Apa yg terjadi sekarang yg menyebabkan generasi sekarang kurang menghargai para orangtuanya disebabkan oleh generasi terdahulu
Yaitu orangtua itu sendiri

Kenapa dikatakan demikian ?
Jika orangtua memiliki waktu luang untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, mengajarkan nilai nilai kehidupan
Apakah hal tersebut akan terjadi ?

Suatu saat kita akan menjadi tua
Jika tidak ingin bila "tidak dihargai" dan ditinggalkan
Kita harus menempatkan diri kita di posisi tersebut dan seterusnya

Bagaimana kita bisa melepaskan orangtua kita untuk diasuh oleh orang lain ? Bagaimana jika orangtua kita diperlakukan tidak semestinya ?
Anggaplah semasa kecil orangtua yg mengasuh kita, dan ketika mereka tua dan renta, kitalah yg mengasuh mereka
Bagaimanapun keluarga tetap yg utama
Panti jompo bukan pilihan yg tepat


profile-picture
storm69 memberi reputasi
1
07-08-2019 22:21
aku paling takut daridulu kalo ortu aku meninggal, semoga ortu2 kita disini sehat selalu dan panjang umur ya agan2emoticon-Mewek
profile-picture
storm69 memberi reputasi
1
07-08-2019 22:21
film apa gitu judulnya, ada kakek jepang dirawat dipanti jompo malah bahagia sama perawatnya emoticon-Cendol (S)
profile-picture
storm69 memberi reputasi
1
07-08-2019 22:37
Quote:Original Posted By storm69
Serba salah, Bray kalo ada orang tua atau saudara sendiri yang justru pengen tinggal di panti jompo
emoticon-Cape d... emoticon-Turut Berduka emoticon-Cape d...
Karena orang lain pasti berpikir bahwa kita menelantarkan mereka


Nah itu, hidup kok serba salah.
Apakah orang lain yg beri anda makan? Apa hidup numpang ke mereka?
Kita gak bisa menyenangkan semua orang.
Jangan terlalu peduli apa kata mereka.
Hidup kita sendiri kok ribet dengan kata orang.
Malah panti jompo jadi solusi. Sy mungkin akan ke panti kalo sudah tua.
Gak akan bergantung sama anak.

Punya anak kok pikirannya agar ada yg ngurus di hari tua. Mending uang dan biaya ngurus anak ditabung dan investasi untuk masuk panti jompo. Toh gak ada bedanya.

Hidup jangan banyak drama, hanya akan menghabiskan waktu dan pikiran.
Punya anak tahu konsekuensinya. Mereka akan pergi dan menjalani kehidupan sendiri.
Jangan bebani mereka dengan ngurus orang tua yang semakin tambah umur semakin bebal. Bukannya dapet pahala malah dosa karena gak ikhlas. Jangan bersembunyi di balik alasan kewajiban anak.
Kalo ada cara praktis, kenapa harus ribet.

Harus dimulai dari generasi sekarang menjadi orang tua yang tahu diri. Pikirkan masa tua sejak dini. Belajar dari pengalaman yg sudah ada.
profile-picture
storm69 memberi reputasi
1
07-08-2019 22:59
Bener banget ts, orang yg udah tua rawan kesepian. Apalagi anaknya gak perhatian. Ane punya nenek sama kakek dirumah cuman berdua, nenek ane sering nangis. Gimana ya udah gak ada temen seumuran, trus fisik udah gak oke. Anaknya yg mepet rumah malah gak perhatian sama sekali, cuman disuruh bantu masakin udah ngomel " anakmu itu gak cuman aku" gitu ngomong k nenek ane, padahal sama ibu ane juga udah bantu rawat mandiin, nyuci, gantiin diapers, bersihin rumah nenek ane. Kadang kalau ibu sibuk, ane yg ganti bantu2. Padahal rumah ane lumayan jauh. Sebenarnya ibu ane, udah nawarin pindah ke rumah, cuman kakek nenek ane gak mau karena mereka terlalu sayang sama rumahnya. Seandainya mungkin cuman ada "anaknya yg itu" pasti sudah berakhir di panti jompo
profile-picture
storm69 memberi reputasi
1
07-08-2019 23:07
Orang tua ane yg ngelahirin ane, ane yg bakal jaga mereka seumur hidup ane emoticon-Angkat Beer

Nice thread emoticon-Cool
profile-picture
storm69 memberi reputasi
1
07-08-2019 23:11
setujuu nihhh bree, orang tua yg rela berkorban bahkan mati demi anaknya masa pas udah tua kita sbg anak gamau ngurus
profile-picture
storm69 memberi reputasi
1
07-08-2019 23:11
menurut ane orang tua tuh sbnernya ga terlalu butuh uang...mereka butuh kita, mereka butuh kehadiran kitaaaa
profile-picture
profile-picture
storm69 dan lemuku memberi reputasi
2
07-08-2019 23:12
Quote:Original Posted By Raaiiinnn
Orang tua ane yg ngelahirin ane, ane yg bakal jaga mereka seumur hidup ane emoticon-Angkat Beer

Nice thread emoticon-Cool


Aminnm semangatt bree, semoga diberikan kesehatan selalu...dilindungi dalam segala pekerjaan dan diberi kekuatan utk menjaga ortunya
profile-picture
profile-picture
storm69 dan Raaiiinnn memberi reputasi
2
Lihat 1 balasan
07-08-2019 23:13
Quote:Original Posted By syaefink
makasih gan ane jadi keinget ama orang tua ane nih semoga diberi kesehatan selalu orang tua ane emoticon-Mewekemoticon-Matabelo


Aminnm bree semangaatttt ane doain semoga agan juga selalu diberikan kesehatan shingga klo punya waktu bisa nemenin ortu
profile-picture
profile-picture
storm69 dan Raaiiinnn memberi reputasi
2
07-08-2019 23:17
allhamdulillah ane lg di fase dimana kedua orang tua ane sakit parah semua, cuma bisa tidur dikasur, ane tinggalin kuliah ane, pdhl tgl skripsi. ada sodara tpi ya gtu pd sibuk dgn dunia nya sendiri. kadang sedih,sedihnya pnya sodara tpi pd sibuk dgn dunia mereka sendiri. kadang seneng bisa ngerawat orang tua sendiri, senengnya bisa ngebantu mereka dari segala hal walapun jasa mereka tak bisa terbalaskan sma ane. ttp semangat buat agan2 yg disana. keep fighting! ttp hibur orang tua kita sampai titik drh penghabisan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sadako88 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
07-08-2019 23:21
Quote:Original Posted By azid12353
Betul sekali gan.

Tak peduli saat ini kau jauh ataupun tengah bersama dengannya, kesempatan berkasih sayang itu harus selalu dilakukan, ntah hanya sekedar sapaan dalan telphone semata, atau hanya sebatas dalam doa.

Berterima kasihlah kepada orang tuamu, sebab dengan kerja kerasnya, ntah dalam merawatmu, menjagamu, dan mengarahkanmu hingga kau tumbuh menjadi seperti sekarang, semua itu tak lain hanya karena kasih sayang mereka yang amatlah besar kepadamu.

Ingatlah, berjauhan bukan batas untuk kita tetap berkasih sayang pada orang tua kita. Ntah karena kita telah bekeluarga, bekerja, ataupun tengah mengembara mencari ilmu, yang namanya berkasih sayang kepada orang tua harus tetap kita lakukan dengan baik, sebab merekalah salah satu jemabatan kita menjadi seperti saat ini, lantas tak bisakah kita terus mengigat jasa-jasanya? masa iya kita sampe tega menaruh mereka di panti jompo? emoticon-Sorry emoticon-Sorry emoticon-Sorry emoticon-Sorry


Ane juga setuju gan, kita ga bakalan ada tanpa adanya mereka maka kita wajib menyayangi orangtua kita sebelum terlambat
emoticon-Matabeloemoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Vinzarc dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Lapor Hansip
07-08-2019 23:26
Balasan post apefras11
Amiiin..smoga kita semua mampu mewujudkannya gan emoticon-Angkat Beer
profile-picture
storm69 memberi reputasi
1
07-08-2019 23:27
tapi ada nyokap temen ane, dia malah minta buat masuk panti jompo pas tua nanti (jadi si tante ini udah janjian ber-4 sama geng sosialitanys buat masuk panti jompo bareng pas anak2nya udah berumah tangga semua). itu panti jompo ‘sosialita’ sih, yg biaya pertahunnya 220juta, trus pas ane kesana liat di madingnya foto2 si oma2 gaul ini pada jalan2 bareng ke london, paris, dll. jd nyokap temen ane ini pengen pas udah tua dia hepi2 sama temen2nya kayak pas muda dulu ketimbang dia sendirian di rumah ga ada anak2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
azid12353 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
07-08-2019 23:39
Sebaik-baiknya tempat adalah berada disekeliling keluarga dan orang terkasih
profile-picture
storm69 memberi reputasi
1
08-08-2019 00:21
huhu sedih jadinyaa keinget emang beberapa bulan ini ane selalu sibuk sendiri sampe lupa nyisihin waktu buat sekedar jalan jalan sama mamah. emang yang paling berharga tuh waktu dan kesempatan yaa huhu semoga mamah dikasih umur panjang emoticon-Mewek
profile-picture
storm69 memberi reputasi
1
08-08-2019 01:09
at least we treat them like they used to treat us emoticon-Smilie


kan waktu kita kecil ga dilempar juga ke panti asuhan
profile-picture
storm69 memberi reputasi
1
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
08-08-2019 01:29
Quote:Original Posted By apefras11
menurut ane orang tua tuh sbnernya ga terlalu butuh uang...mereka butuh kita, mereka butuh kehadiran kitaaaa


Nah ini bener... Mereka hanya butuh temen ngobrol dan mereka butuh perhatian dari kita...
profile-picture
storm69 memberi reputasi
1
08-08-2019 02:08
Itulah kenapa kalau kita sudah menjadi ortu harus mendidik anak supaya hormat dan patuh terhadap ortu.

Jangan membiarkan anak nakal dan main di luar rumah trus.
Kelak kita tua nanti mereka tidak perduli terhadap kita emoticon-Cool

Btw gue merawat bapak gue yg sakit stroke udah bertahun2 sih.
Saran aja kalau ada temaan terdekat yg keluarga nya ada penyakit bertahun2 tolong di bantu meringan kan. Dengan memberi uang atau kebutuhan obat2an gitu.
profile-picture
storm69 memberi reputasi
1
Halaman 4 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.