hansiphoax
TS
hansiphoax
Benarkah China Mengirimkan Kayu Gelondongan Berisi Amunisi Senjata ke Indonesia?
Quote:




Belakangan ini beredar luas di media sosial Facebook tentang video penangkapan kayu gelondongan yang disebut berisi amunisi senjata. Dalam video tersebut juga terdapat narasi dari pengunggah bernama Andika Syarifah yang menyebutkan:

“Setelah Tiang Pancang Untuk Proyek Reklamasi Yg Berisi NARKOBA DARI CHINA Kini Kayu Gelondongan Yg Berisi AMUNISI DARI CHINA. Ini Mau Bisnis Dagang Atau Persiapan Perang Sebenarnya Sih? Untung Zaman Canggih Segala Yg Tersembunyi/Gelap2 Mudah Ketahuan.”


Sejak diunggah, video berdurasi 2 menit 8 detik tersebut telah mendapat 290 Komentar dan dibagikan 3.846 kali oleh akun lainnya.

Lantas bagaimana kebenaran informasi tersebut?


PEMERIKSAAN FAKTA
Melansir dari Tempo.co, Hansip Hoax mendapatkan fakta bahwa video yang dibagikan oleh akun Facebook bernama Andika Syarifah tersebut sebelumnya telah banyak beredar di Youtube. Salah satunya diunggah oleh akun The Shiny Peanut pada 21 Mei 2019.

Video tersebut mengulas kasus-kasus penyelendupan paling parah di sejumlah negara. Diantaranya penyelundupan rokok di Rumania. Video yang digunakan juga identik dengan video yang diunggah akun Andika Syarifah di Facebook.

Kasus ini juga pernah diulas dalam sebuah artikel di laman euronews.com, 3 Agustus 2017. Menurut laman itu, di Rumania, penyelundupan rokok adalah kebiasaan yang sulit untuk berhenti.

“Penyelundupan rokok adalah bisnis besar di Rumania. Menurut sebuah penelitian, 1 dari setiap 10 rokok selundupan di Uni Eropa ada di sana,” tulis euronews.com.

Video serupa juga pernah diunggah akun Youtube Silvan500pada 30 Juni 2013. Akun Silvan500 memberi narasi pada videonya bahwa penyelundupan di Rumania: 70.000 bungkus rokok Ukraina disembunyikan di dalam batang kayu.

Pada video tersebut juga terdapat credit title yang jika diterjemahkan berarti ‘polisi perbatasan otoritas bea cukai nasional’.



Situs politiadefrontiera.romenjelaskan bahwa Polisi Perbatasan Rumania adalah lembaga khusus yang melaksanakan tanggung jawabnya mengenai pengawasan dan kontrol atas perbatasan negara, pencegahan dan pemberantasan migrasi ilegal dan kejahatan lintas batas.



KESIMPULAN
JADI GAN, BERDASARKAN PEMERIKSAAN FAKTA YANG DILAKUKAN HANSIP HOAX, DAPAT DISIMPULKAN BAHWA VIDEO DENGAN NARASI YANG MENYEBUTKAN BAHWA CHINA MENGIRIMKAN KAYU GELONDONGAN BERISI AMUNISI SENJATA KE INDONESIA ADALAH INFORMASI YANG SALAH ALIAS HOAKS. KARENA BERDASARKAN PENULUSURAN HANSIP HOAX, VIDEO TERSEBUT ADALAH PERISTIWA PENYELUNDUPAN ROKOK MENGGUNAKAN GELONDONGAN KAYU YANG DISELUNDUPKAN DI RUMANIA.

SEBARKAN YA INFORMASI KLARIFIKASI INI KE REKAN DAN KELUARGA KALIAN AGAR TERHINDAR DARI HOAKS YANG MENYESATKAN.


SUMBER
Tempo.co
djtiger.gauljunleon
junleon dan 49 lainnya memberi reputasi
48
22.3K
189
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.