skiesman
TS
skiesman
Disebut Bahaya dan Perlu Diatur UU, Ini Komentar Seksolog Soal Seks Oral
Jakarta - Rancangan Undang-undang tentang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) juga mengatur soal hubungan seks yang tak lazim seperti halnya seks oral. Putusan ini didasari oleh pendapat bahwa seks oral bisa meningkatkan risiko tertular beberapa penyakit mulai dari infeksi hingga kanker.

Menanggapi hal tersebut, seksolog Prof dr Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAACS dari Universitas Udayana menegaskan, jika disertai kekerasan maka perilaku itu termasuk pemaksaan. Namun jika kedua belah pihak ada kemauan bersama, tidak termasuk dalam kategori tersebut.


"Tetapi kalau pasangan melakukan seks oral karena kemauan bersama dan keduanya menikmati, tentu tidak ada yang bisa melarang. Berbeda kalau seks oral dilakukan karena dipaksa atau diancam kekerasan, nah ini pasti melanggar hukum dan bisa dipidana," jelasnya kepada detikHealth dalam perbincangan via saluran telepon, Selasa (6/8/2019).


Yang perlu dicatat jika pasangan suami-istri yang memang mau dan senang melakukan seks oral harus berada dalam keadaan sehat, tidak mengidap penyakit menular seksual (PMS) atau tidak melakukan hubungan seksual dengan orang lain.

"Apalagi jika orang tersebut berisiko tinggi tertular penyakit menular seksual. (Bisa tertular) semua infeksi, seperti chlamydia, gonorrhea," lanjutnya.

Seks oral mungkin terkesan sebagai praktik seks yang aman, namun tetap berisiko tinggi menularkan penyakit. Salah satu cara untuk mencegah penularan adalah dengan menggunakan proteksi seperti kondom. 

Terakhir dr Wimpie kembali mengingatkan sekali lagi seks oral harus dilakukan atas dasar kemauan bersama.

Sebelumnya, Ketua Kelompok Studi Infeksi Menular Seksual Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit Dan Kelamin Indonesia (Perdoski) Hanny Nilasari menyebut perempuan harus berani menolak ajakan seks oral bila RUU PKS disahkan.

"Itu berbahaya karena menjadi pintu masuknya virus dan bakteri. Itu yang harus kita informasikan kepada masyarakat kalau jalur mulut itu bukan jalur yang aman," katanya, dikutip dari Antara, Selasa (6/8/2019).


SUMUR




gabener.edandavecchiogungun76946
gungun76946 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
5.8K
35
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.