alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4a3f2e2ac14819da143dfd/jerit-warga-tolak-rencana-anies-batasi-usia-mobil-10-tahun
Lapor Hansip
07-08-2019 10:02
Jerit Warga Tolak Rencana Anies Batasi Usia Mobil 10 Tahun
Jerit Warga Tolak Rencana Anies Batasi Usia Mobil 10 Tahun
Quote:
Rencana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membatasi usia mobil maksimal 10 tahun pada 2025 guna mengurangi polusi udara menuai kritik dari warganya sendiri. Rencana itu dinilai tidak ramah bagi semua kalangan.

Dewantoro Dwiputro (29), pegawai swasta, keberatan dengan rencana Anies tersebut. Menurutnya, jika rencana itu diterapkan, sama dengan memaksa masyarakat untuk mengganti mobilnya secara berkala.

Padahal, lanjut Dewan, tak semua kalangan bisa membeli mobil baru. Masih banyak warga yang membeli mobil seken atau bekas terlebih dahulu untuk membantu kegiatan sehari-hari. Itu dilakukan karena belum mampu membeli mobil baru.


"Masih ada masyarakat yang punya pola pikiran berbeda, misal yang penting punya kendaraan meski di atas 10 tahun. Daya beli masyarakat juga kebanyakan mungkin beli yang seken," ucapnya kepada CNNIndonesia.com, Senin (5/8).

Hal senada diutarakan Raja Haposan, warga Kalibata, Jakarta Selatan. Dia yakin banyak warga yang tak memiliki kemampuan finansial untuk membeli mobil di bawah 10 tahun.

Menurutnya, sangat disayangkan pula ketika masyarakat merawat mobil secara teratur, namun harus menjualnya ketika kondisi masih bagus dan layak pakai.

"Kan orang Jakarta enggak semua punya kemampuan kayak orang Pondok Indah dan Menteng. Kalau ada keluarga kecil yang hanya mampu beli mobil seken bagaimana?"
tanya Raja.

Raja juga pesimistis pemerintah mampu mengawasi kebijakan tersebut jika benar-benar diterapkan. Menurutnya, tidak mudah mengawasi mobil-mobil yang beredar di jalanan Jakarta karena jumlahnya yang sangat banyak.

"Bagaimana pengawasan pemerintah nantinya? Apakah dari pajak kendaraan di STNK atau ada razia-razia terus di jalanan yang terus menerus," tutup dia.

[table][tr][td]Lihat juga:
 Anies: Tak Ada Lagi Angkutan Umum Berusia Lebih 10 Tahun
[/td]
[/tr]
[/table]
[table][tr][td]
Jerit Warga Tolak Rencana Anies Batasi Usia Mobil 10 TahunFoto: CNN Indonesia/Hesti Rika
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan Instruksi Gubernur untuk mempersiapkan penerapan pembatasan usia mobil maksimal 10 tahun

[/td]
[/tr]
[/table]
Bagi Lily Yuliana (27), warga Jakarta Timur, juga keberatan dengan dengan rencana Anies membatasi usia mobil maksimal 10 tahun.

Lily mengaku punya mobil yang sudah berumur hampir tujuh tahun. Akan tetapi, kondisinya masih sangat baik karena dirawat secara berkala.

"Masih sangat prima kondisinya bagus dan rasanya masih layak banget untuk dipakai," kata Lily.

Kondisi kendaraan yang prima, kata Lily, merupakan hasil dari merawat mobil dengan telaten. Misalnya, rutin melakukan uji emisi dan mengganti oli mobil. Itu semua dilakukan agar mobil kondisi selalu prima dan berusia panjang.

Oleh karena itu, Lily merasa rugi jika usia mobil dibatasi maksimal 10 tahun.

"Sangat dirawat banget mobil, karena kalau enggak dirawat saya pemilik juga pasti rugi banyak PR-nya," kata Lily.

Sementara itu, Frans warga Pondok Gede, Jakarta Timur setuju jika rencana itu diterapkan. Menurutnya, kebijakan tersebut bisa mengurangi polusi udara di Jakarta secara signifikan.

Selain itu, Frans menganggap kebijakan itu juga bisa mendorong masyarakat untuk menggunakan moda transportasi umum.

"Ya asalkan pemerintah juga terus memperbaiki, memodifikasi, memperbanyak transportasi publik. Kenyamanan juga harus ditingkatkan," ucap Frans.

Anies menerbitkan Instruksi Gubernur DKI Jakarta No. 66 tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara. Ingub diterbitkan pada Kamis lalu (1/8).

Dalam Ingub, Anies meminta Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk membatasi angkutan umum di tahun 2019 dan kendaraan pribadi yang berusia lebih dari 10 tahun di tahun 2025.

Ia juga meminta Dinas Perhubungan DKI menyiapkan Rencana Peraturan Daerah tentang Pembatasan Usia Kendaraan untuk Angkutan Umum pada tahun 2019 dan kendaraan pribadi pada tahun 2025.

Ada sejumlah rencana lain yang diungkapkan Anies dalam Ingub tersebut guna mengurangi polusi udara di Jakarta. Salah satunya adalah memperluas wilayah penerapan ganijl genap, penggunaan solar panel di gedung-gedung milik pemerintah, serta penerapan ganjil genap bagi sepeda motor di jalan-jalan Jakarta.

(CTR/sur)




https://www.cnnindonesia.com/nasiona...obil-10-tahun

itu yg komplen nasbung jkt58 atau nastak jkt42? emoticon-Big Grin
ktny kemenangan rakyat miskin
tp yg diuntungin cukong2 astra ama dealer mobil/motor emoticon-Big Grin
polusi & macet kotanya ,sengsara warganya (yang miskin)emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kristiyan.3gp dan 16 lainnya memberi reputasi
17
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6
07-08-2019 10:03
atpm dan leasing senang neh sama wan abud

kampret 58 bisa beli mobil baru euro 4 gak setelah bayar cicilan rusun dp 0 ? emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mana.mana.aja dan 8 lainnya memberi reputasi
9
Lihat 1 balasan
07-08-2019 10:06
sebenarnya meski tua tapi klo terawat terus lolos uji emisi ya gag masalah kan
klo untuk mengurangi jumlah mobil ya percuma
yg tua di batasi tp penjualan mobil baru kagag dibatesin
ya tetep melimpah itu kendaraan di jalan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
07-08-2019 10:07
sori, biaya nyapres gede, mesti gandeng sono sini. lagian wan abud percaya rakyat udah tajir2, jangankan 10taun sekali 5taun sekali aja bisa ganti mobil
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 6 lainnya memberi reputasi
7
07-08-2019 10:07
Mantab nies.
ini hasil riset TGUPP yang 73 orang itu ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mana.mana.aja dan 9 lainnya memberi reputasi
10
07-08-2019 10:08
mobil injeksi modern tinggal setting dikit, emisinya jauh lebih sedikit daripada mesin karburator terbaru
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
3
07-08-2019 10:08
Salahkan netizen yg koar2 udara jakarta polusi terberat.

Mobil punya elo
Motor punya elo
Polusi elo yg bikin
Sesak napas elo yg rasain

Napa goberner yg disalahin?

Mamam tuh serangan balik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan 2 lainnya memberi reputasi
-1
Lihat 7 balasan
07-08-2019 10:09
masih rencana saja sudah di bilang menjerit emoticon-Ngakak
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
1
07-08-2019 10:09
Gantian dong kalian semua jangan egois
Ini namanya keberpihakan, berpihak kepada dealer mobil asing
Gang mungkin kan Anies selamanya berpihak kepada rakyat miskin
Gag ada untungnya buat dia
emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
Diubah oleh dewars12yo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Lapor Hansip
07-08-2019 10:10
Balasan post ustad.syam
Quote:Original Posted By ustad.syam
atpm dan leasing senang neh sama wan abud

kampret 58 bisa beli mobil baru euro 4 gak setelah bayar cicilan rusun dp 0 ? emoticon-Ngakak (S)

Mungkin nanti akan ada program beli mobil dp 0% ..emoticon-Ngacir
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
1
07-08-2019 10:10
Gw lebih setuju yang punya mobil wajib punya parkiran
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Lihat 1 balasan
07-08-2019 10:11
Sekelas ibu kota metropolitan memang wajib dibatasi lah tapi dimulai dari angkutan umum dulu deh kayak metromini,kooaja yg jelas2 gak layak pakai masih beroperasi emoticon-Najis (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Lihat 1 balasan
07-08-2019 10:13
Quote:Original Posted By banghindar
Salahkan netizen yg koar2 udara jakarta polusi terberat.

Mobil punya elo
Motor punya elo
Polusi elo yg bikin
Sesak napas elo yg rasain

Napa goberner yg disalahin?

Mamam tuh serangan balik


goberner apaan seh, paman gober?? emoticon-Ngakak

trus maksud ente soal serangan balik paan?? emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan rizaradri memberi reputasi
2
07-08-2019 10:19
Celah masuk buat pasar mobil cina .. murah meriah .. kridit ringan .. pake 10 tahun dikiloin... Kelas pekerja... Kl sultan ma bebas .. kayak artis ma pengusaha aseng.. mau u batasin tiap bulan juga mampu mereka beli mobil jepang mau pun eropa.. yg jadi pertanyaan sisih mana nya kebijakan ini berpihak buat orang miskin free bumi? Wkwkwkkwkw .. auto ngakak inget ya nasbuk jgn makan nasi bungkus basi sesuai anjuran gub rasa pleciden ... : ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bidot666 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
07-08-2019 10:20
Gabener bloon... Kubur aje vespa loe nohh... Biar jadi teladan warga jkt 58.
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
1
07-08-2019 10:21
sebenernya jakarta ini belum bisa memfasilitasi warganya untuk menggunakan transport publik dengan nyaman, makanya ogah pindah

misalnya kita liat trotoar yg sangat gk tertib di jakarta sehingga bikin males jalan kaki

kemudian ada daerah2 yg blum ada transportasi massal

contoh misalnya yg sederhana sekali

dari gunung sahari menuju sunter, gk ada transportasi massal yg langsung,

pilihan lain ya kalau gk punya pribadi yg naik gojek/grab

sekarang gunung sahari malah mau dibatasin ganjil genap

persoalannya bukan masalah miskin atau kaya, warganya blum difasilitasi dengan baik tapi udah dikasih "hukuman"
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
Lapor Hansip
07-08-2019 10:23
Balasan post banghindar
Quote:Original Posted By banghindar
Salahkan netizen yg koar2 udara jakarta polusi terberat.

Mobil punya elo
Motor punya elo
Polusi elo yg bikin
Sesak napas elo yg rasain

Napa goberner yg disalahin?

Mamam tuh serangan balik


eh tolol dibatasin ny usia kendaraan malah maksa org bli lagi
harusnya yg bener tu usia makin tua dipajak progresif makin tinggi disamping jumlah mobilnya
klo ganjil genap ama usia kendaraan malah bikin org pgn bli mobil lagi nambah scra pajakny tetap
yg utg dealer mobil, polusi pun ga brubah krn org ganti hari cuma ganti mobil plat genap/ganjil
trus polusi bisa aj RPTRA yg dulu dibangun ga dilanjutin bangunny
aktivitas pabrik ga dikontrol dampak lingkunganny
malah cuma nanam lidah mertua
fix gabener itu goblok,yg belain lbh goblok emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
07-08-2019 10:24
Lagi ngumpulin dana buat nyapres ya nisemoticon-Leh Uga
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
1
07-08-2019 10:27
harusnya jgn cuma mobil diatas 10 thn.. tapi semua mobil pribadi dan motor pribadi dilarang melintas di Jakarta.. emoticon-Jempol

Kalo ada gaberner brani kaya gitu.. Jakarta bakalan kagak macet dan udara makin bersih cepet dalam waktu 5 thn
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
1
07-08-2019 10:33
Jerit Warga Tolak Rencana Anies Batasi Usia Mobil 10 Tahun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
4
07-08-2019 10:34
Lebih setuju ngasi pajak yg tinggi buat kendaraan pribadi buat batesin dari pada umur kendaraan.. Trus bedain juga kendaraan yg buat angkut logistik ma yg buat penumpang aja..
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan bagask memberi reputasi
2
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.