red1302
TS
red1302
Mengenal Dana Darurat, Dana yang Harus Dimiliki Semua Orang

Pada thread-thread ane sebelumnya ane udah banyak ngebahas tentang keuangan mulai dari investasi, cara menabung, dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah rasanya kurang lengkap kalau kita ngebahas tentang keuangan tapi ga ngebahas tentang dana darurat. Maka dari itu pada kesempatan kali ini ane bakalan jelasin tentang dana darurat.

Di thread ini ane akan ngebagi topik jadi 3 biar lebih rapih ada keliatannya, yaitu :

1. Apa Itu Dana Darurat
2. Berapa Jumlah Seharusnya Dana Darurat
3. Bagaimana Cara Mengelola Dana Darurat

Dana Darurat

Dana darurat seperti namanya merupakan dana yang kalian siapkan untuk berjaga-jaga siapa tau ada suatu hal yang darurat. Jadi kalian bisa pakai duit yang memang udah kalian sediakan buat hal-hal darurat ini.

Seberapa penting dana darurat? Penting banget, dana darurat membantu banget kalian biar ga kebingungan cari uang kalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi pastikan kalian selalu menyisihkan uang buat dana darurat kalian.

Berapa Sih Jumlah Dana Darurat yang Baik

Ada beberapa versi buat nentuin jumlah dana darurat yang seharusnya tapi ane nentuin dana darurat dengan cara menghitung pengeluaran bulanan ane yang udah pasti ane keluarin setiap bulannya kaya makan, tempat tinggal, dan lain-lain.

Besaran dana darurat adalah 6-15x pengeluaran kalian. Misalnya pengeluaran kalian perbulan 1 juta maka baiknya dana darurat kalian 6-15 juta. Kenapa tidak disarankan lebih banyak dari itu? Jawabannya adalah nantinya uang kalian ga kepake dan malah kependem di ATM. Lebih baik kalian sisihkan sesuai dengan kebutuhan dan sisanya di investasikan.

Gimana Caranya Ngelola Dana Darurat

Contohnya kalian membutuhkan 15 juta untuk dana darurat bukan berarti kalian harus menyiapkannya langsung. Kalian bisa cicil dana darurat ini perbulan sesuai kemampuan kalian dan harus kalian stop kalau uangnya udah mencukupi.

Terus dana darurat kapan bisa dipakai? Sebelum kalian mencairkan dana darurat kalian ada 3 hal yang harus kalian tanyakan ke diri kalian sendiri.

1. Apakah pengeluarannya benar-benar tidak terduga?
2. Apakah harus segera dibayar?
3. Apakah membahayakan nyawa?

Kalau jawabannya iya maka kalian bisa menggunakan dana darurat kalian.

Itulah thread ane tentang dana darurat kali ini, semoga bermanfaat buat kita semua. Kalau ada pertanyaan bisa langsung komentar dibawah dan kalau ada bahasan tentang keuangan yang mau dibawah lagi bisa request dibawah. Kalau ane bisa bahas pasti ane bahas. 
syafetritriwinartimisstumbler
misstumbler dan 11 lainnya memberi reputasi
12
9.7K
57
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.