alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
122
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d48dc3188b3cb604537cb9f/pelukan-itu-banyak-manfaatnya-tapi-mau-peluk-siapa-tersedu
Belakangan ini gue lagi sakit punggung dan sakit pinggang. Nyeri otot banget padahal nggak ngapa-ngapain. Maksudnya nggak ada aktivitas fisik berlebihan yang menyebabkan gue bisa sakit otot dan nyeri gitu. Tapi setelah gue pikir-pikir lagi mungkin sebenarnya karena gue sedang stres dan banyak pikiran. Ada banyak cara untuk menghilangkan atau mengurangi stres. Salah satunya adalah berpelukan!
Lapor Hansip
06-08-2019 08:47

Pelukan itu Banyak Manfaatnya, Tapi Mau Peluk Siapa.... (tersedu)

Past Hot Thread

Pelukan itu Banyak Manfaatnya, Tapi Mau Peluk Siapa.... (tersedu)


Curhat dikit bole? Belakangan ini gue lagi sakit punggung dan sakit pinggang. Nyeri otot banget padahal nggak ngapa-ngapain. Maksudnya nggak ada aktivitas fisik berlebihan yang menyebabkan gue bisa sakit otot dan nyeri gitu. Gue curiga ada setan yang nemplok di badan gue soalnya makin hari rasanya makin berat. Tapi setelah gue pikir-pikir lagi mungkin sebenarnya karena gue sedang stres dan banyak pikiran. Bagian ini memang agak tricky. Stres yang paling parah kan ketika kita nggak tahu apakah kita sedang stres atau tidak; atau ketika kita tidak tahu kenapa kita stres. Gue fix banget sih lagi ada di fase itu.

Ada banyak cara untuk menghilangkan atau mengurangi stres. Di HT KASKUS sering tuh gue baca cara-cara mengurangi stres gitu (terima kasih buat yang milihin HT KASKUS! Tahu aja gue lagi stres ya kan). Tapi salah satu yang katanya paling bermanfaat dan bisa mengurangi stres banget sekaligus mengurangi rasa sakit di badan dan nyeri-nyeri adalah berpelukan.

BERPELUKAN.

BER

PELUKAN.

Oke. Obat stres dan nyeri yang satu ini nggak bisa dibeli di apotek. Nggak bisa masuk apotek dan bilang "Mbak mau pelukan. Soalnya saya lagi stres." nanti bisa dihajar mbak-mbaknya dan dilaporin polisi atas tuduhan harrasment.

Katanya, pelukan itu bisa bikin hati jadi lebih adem. Baik buat yang dipeluk atau yang memeluk. Pelukan punya banyak manfaat nggak cuma buat fisik tapi juga psikologis seseorang. Secara psikologis dulu deh, pelukan punya efek positif seperti bikin bahagia dan menenangkan. Sementara secara fisik ternyata berpelukan juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan sindrom fibromyalgia. Sindrom fibromyalgia adalah penyakit yang bikin kita mengalami rasa sakit di sekujur tubuh dan bisa bersifat jangka panjang. Gue curiga juga nih gue mengalami ini karena sakit badan gue kayak nggak kelar-kelar. Tapi biasanya Fibromyalgia memang diikuti oleh stres dan lebih parah depresi. Salah satu "obat"-nya ya itu tadi: berpelukan.

Tapi masalahnya, mau peluk siapa?

Pelukan itu Banyak Manfaatnya, Tapi Mau Peluk Siapa.... (tersedu)


Hihihi... ya mungkin lo bisa bilang "Nikah lah! Biar ada yang dipeluk!" tapi sekali lagi kan nikah nggak semudah itu. Ini kan masalah komitmen seumur hidup. Bukan cuma sekedar untuk dapat pelukan hangat.

Anyway di Thread ini gue nggak akan bahas soal nikah dan bagaimana cara mendapatkan pelukan halal tapi mau ngasih sedikit fakta soal manfaat pelukan aja.

Kenapa pelukan bisa bikin senang dan tenang?

Ketika tubuh kita bertemu dengan tubuh orang lain saat sedang berpelukan, tubuh kita melepaskan hormon oksitoksin. Hormon ini bekerja seperti halnya dopamin dan serotonin, membuat kita merasa senang dan menjadi positif.

Mungkin ada salah satu dari kalian yang ketika berpelukan merasa seperti ada sesuatu yang bergerak dalam perut kalian. Atau merasa seperti senang dan bahagia tapi nggak bisa diutarakan dengan kata-kata. Gue sering banget kayak gitu pas lagi pelukan. Ya maksudnya kan kadang-kadang ada teman lagi ulang tahun terus kita peluk gitu buat ngasih selamat. Sekalian ngasih selamat sekalian merasakan manfaat pelukan colongan.

Pelukan bisa mengurang stres

Seharusnya, mereka yang sudah menikah bisa memanfaatkan pasangan halalnya untuk dipeluk sepanjang malam atau semau mereka. Apalagi kalau misalnya sedang stres karena kerjaan atau karena apapun. Soalnya pelukan bisa banget mengurangi stres. Cuddling apalagi. Udah enak, bermanfaat pula ya kan.

Pelukan itu Banyak Manfaatnya, Tapi Mau Peluk Siapa.... (tersedu)


Hormon oksitoksin yang dikeluarkan tubuh saat berpelukan memberikan efek tenang buat badan dan hati kita. Hormon kortisol yang dikenal sebagai hormon stres juga bisa ditekan jumlahnya sehingga kita jadi lebih kalem. Soalnya, kalau hormon kortisol ini ada di level yang tinggi bisa sangat berbahaya nggak cuma busat fisik kita aja tapi juga psikologis.

Kuncinya di sini adalah pelukan yang tulus. Kalau nggak tulus nggak mungkin bahagia. #Yha #Bhaiq.

Pelukan bikin jantung sehat

Kita tadi sudah menyinggung sedikit soal manfaat berpelukan untuk fisik kita. Ternyata, organ penting seperti jantung juga mendapatkan manfaat besar lho dari berpelukan. Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Behavioral Medicine menulis bahwa ada hubungan antara sentuhan fisik seperti berpelukan dengan kesehatan jantung manusia.

Pelukan itu Banyak Manfaatnya, Tapi Mau Peluk Siapa.... (tersedu)


Studi yang dilakukan begini: pasangan responden dibagi jadi dua kelompok. Kelompok yang pertama diminta berpegangan tangan dan berpelukan. Kelompok kedua hanya diminta duduk aja nggak ada kontak fisik dan diam tanpa suara.

Ketika hasilnya keluar, kelompok pasangan pertama mengalami penurunan tekanan darah dan detak jantung. Amazing right?

Pelukan menjaga kesehatan

Kita mungkin sudah menjaga makanan, berolahraga, tapi tetap saja ada yang kurang gitu rasanya. Pelukan mungkin adala kuncinya. Studi membuktikan bahwa berpelukan bisa membuat fisik kita lebih sehat. Seperti penelitian yang ada di jurnal Psychological Science yang menulis bahwa berpelukan bisa mengurangi risiko terkena infeksi dan penyakit.

Penelitian ini melibatkan 404 orang dewasa yang diminta untuk mengisi kuesioner dan wawancara via telepon. Kemudian peneliti mencari dampak pelukan terhadap para responden. Mereka yang ikut dalam penelitian ini diberi virus pilek sampai gejala pileknya muncul dan mereka tetap dalam pengawasan peneliti. Pada akhirnya ditemukan bahwa responen yang sering dipeluk menunjukkan gejala pilek yang lebih ringan daripada mereka yang jarang dipeluk.

Aduh aduh aduh... ternyata jarang dibelai itu real ya guys.

Pelukan itu Banyak Manfaatnya, Tapi Mau Peluk Siapa.... (tersedu)


Pelukan meredakan nyeri

Kadang-kadang badan sakit tanpa sebab. Nyeri datang tanpa kita tahu kenapa. Bersentuhan fisik seperti berpelukan terbukti mengurangi rasa sakit atau nyeri itu GanSis. Holistic Nursing Practice melakukan penelitian soal ini kepada pasien dengan sindrom fibromyalgia. Mereka yang menerima sentuhan mengalami penurunan rasa nyeri yang sangat signifikan dan meningkatkan kualitas hidup mereka lho!

Memang sih respondennya semua mengalami sindrom fibromyalgia, tapi nggak menutup kemungkinan penderita penyakit lain juga bisa merasakan manfaat pelukan ini. Termasuk mereka yang selalu cemas, punya kepercayaan diri rendah, dan susah berkomunikasi. Pelukan juga bisa meningkatkan rasa bahagia seseorang.

Jadi, harus pelukan berapa kali sehari?

Ya sebisa mungkin sih sering-sering. Hehe. Tapi para ahli merekomendasikan 12 kali berpelukan dalam sehari untuk meningkatkan kualitas hidup. Nggak harus lama-lama, meski sesaat kita sudah bisa mendapatkan manfaatnya.

Hehe.

Masalahnya tetap tidak selesai ya ini karena.....

Gue mau peluk siapa....

HEHEHEHE....


 

profile-picture
profile-picture
profile-picture
bucuhilma02139 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 7
Pelukan itu Banyak Manfaatnya, Tapi Mau Peluk Siapa.... (tersedu)
07-08-2019 06:17
Peluk pohon emoticon-Ngakak
0 0
0
Pelukan itu Banyak Manfaatnya, Tapi Mau Peluk Siapa.... (tersedu)
07-08-2019 06:25
peluk guling aja emoticon-Wkwkwk
0 0
0
Pelukan itu Banyak Manfaatnya, Tapi Mau Peluk Siapa.... (tersedu)
Lapor Hansip
07-08-2019 06:32
Balasan post sambangiggs
Huss..., affectionnya itu baru aktif kalau itu masih hidup. Kalau mati, mending peluk guling aja. Lebih empuk ... emoticon-Big Grin
0 0
0
Pelukan itu Banyak Manfaatnya, Tapi Mau Peluk Siapa.... (tersedu)
07-08-2019 06:52
peluk tiang listrik biar antimainstream emoticon-Ngakak
0 0
0
Pelukan itu Banyak Manfaatnya, Tapi Mau Peluk Siapa.... (tersedu)
07-08-2019 07:01
Memeluk rembulan emoticon-Moon
0 0
0
Pelukan itu Banyak Manfaatnya, Tapi Mau Peluk Siapa.... (tersedu)
07-08-2019 07:10
Mau peluk sama someone
0 0
0
Pelukan itu Banyak Manfaatnya, Tapi Mau Peluk Siapa.... (tersedu)
07-08-2019 07:19
kalo ane mah kalo kesepian meluk binor aje ane tunggu pas lagi jemur baju dari belakang ane sergap dan peluk, pas doi meronta ane tinggal bilang spontan... uhuy... sebelum lakine dateng , trus ane nyari binor lagi dan melakukan hal yg sama emoticon-2 Jempol
profile-picture
bam09 memberi reputasi
1 0
1
Pelukan itu Banyak Manfaatnya, Tapi Mau Peluk Siapa.... (tersedu)
07-08-2019 07:23
mo peluukkk emoticon-Embarrassment
0 0
0
Pelukan itu Banyak Manfaatnya, Tapi Mau Peluk Siapa.... (tersedu)
07-08-2019 07:23
memeluk Tuhan dalam doa...
0 0
0
Pelukan itu Banyak Manfaatnya, Tapi Mau Peluk Siapa.... (tersedu)
07-08-2019 07:34
Pantas, teletubies sehat, yah, karena sering berpelukan emoticon-2 Jempol
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Pelukan itu Banyak Manfaatnya, Tapi Mau Peluk Siapa.... (tersedu)
07-08-2019 07:39
Jadi inget pelajaran bhs indonesia di SD

Ingin hati memeluk gunung
Apa daya tangan tak sampai.

Kenapa kalimat nya memeluk gunung ya?
Skrg ane jadi mikir yg aneh2 ma gunung kembar... ups...emoticon-Shutup
0 0
0
Pelukan itu Banyak Manfaatnya, Tapi Mau Peluk Siapa.... (tersedu)
07-08-2019 07:44
Pelukan itu Banyak Manfaatnya, Tapi Mau Peluk Siapa.... (tersedu)
profile-picture
bam09 memberi reputasi
1 0
1
Pelukan itu Banyak Manfaatnya, Tapi Mau Peluk Siapa.... (tersedu)
07-08-2019 07:52
Guling bisa gan dipeluk emoticon-Ngakak
0 0
0
Pelukan itu Banyak Manfaatnya, Tapi Mau Peluk Siapa.... (tersedu)
Lapor Hansip
07-08-2019 08:07
Balasan post pabloo
Quote:Original Posted By pabloo


Gak mau ah emoticon-Hammer2


Gpp gan, rasakan sensasi empuknyaemoticon-Peluk
0 0
0
Pelukan itu Banyak Manfaatnya, Tapi Mau Peluk Siapa.... (tersedu)
07-08-2019 08:07
Bener gan, enak kalo lagi ada masalah di kantor, curhat sama nyokap, sembari dengerincnasehat dari beliau dan selesai itu ane langsung meluk. Rasanya beban hidup itu terlepas begitu saja.
0 0
0
Pelukan itu Banyak Manfaatnya, Tapi Mau Peluk Siapa.... (tersedu)
07-08-2019 08:12
Aduuhh gua kesini gara” liat nayeon emoticon-Ngakak
0 0
0
Pelukan itu Banyak Manfaatnya, Tapi Mau Peluk Siapa.... (tersedu)
07-08-2019 08:18
ane sering pelukan gan, peluka sama istri emoticon-Peluk
0 0
0
Pelukan itu Banyak Manfaatnya, Tapi Mau Peluk Siapa.... (tersedu)
07-08-2019 08:28
coba beli dakimakura gan emoticon-Embarrassment
0 0
0
Pelukan itu Banyak Manfaatnya, Tapi Mau Peluk Siapa.... (tersedu)
Lapor Hansip
07-08-2019 08:32
Balasan post ikhwan.abas
Wah bener banget,, Peluk kedua orang tua mungkin.
0 0
0
Halaman 4 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Rp 91.000
bottle-cap-usb-aromatherapy-humidifier
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.