alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4918844601cf349327fb84/yuk-intip-gaji-amp-bonus-pegawai-pln
Lapor Hansip
06-08-2019 13:04
Yuk Intip Gaji & BONUS Pegawai PLN
smngat_Trasi

smoga mnjadi "Org BENER"

Selain Pertamina dan Telkom, salah satu BUMN yang menjadi incaran bagi para lulusan baru adalah PLN. Alasannya? Tentu saja selain gajinya yang relatif lebih besar dibandingkan dengan BUMN lain, PLN menawarkan segudang tunjangan yang nilainya wow!
Hati2 Mang !!

Sebelum kami membahas gaji pegawai PLN secara rata-rata ada baiknya kamu mengetahui bahwa cukup sulit sebenarnya mendapatkan gaji pegawai PLN. Tidak seperti perusahaan swasta yang lebih terbuka soal gaji, pada dasarnya cukup sulit mengetahui dengan pasti nilai gaji perusahaan BUMN.
Meski demikian menurut informasi yang kami dapatkan, rata-rata fresh graduateakan diberikan gaji sebesar Rp 6 juta hingga Rp 7 juta per bulannya. Gaji ini akan terus meningkat seiring dengan perjalanan karirmu.
Secara lebih rinci ada beberapa gaji PLN yang bisa kita bahas, posisi-posisi tersebut diantaranya adalah:

Sementara itu bila ditinjau dari grade nya, maka nilai gaji rata-rata pegawai PLN adalah sebagai berikut:

Keuntungan Lain yang Didapatkan Oleh Pegawai PLN

Nilai gaji yang akan selalu naik setiap tahunnya. Kenaikan gaji akan didasarkan dengan merit system.

Kesempatan sekolah dan pelatihan-pelatihan khusus.
soemoer

Dilansir dari JPNN, (24/12/2014) Imam menyatakan jika gaji Sofyan Basir saat itu ketika menjadi Dirut PLN memiliki nominal yang lebih kecil dibandingkan saat memimpin BRI.
Meskipun tidak menyebutkan secara mendetail, Imam membenarkan jika estimasi gaji dirut Dirut PLN ada di angka Rp 150—160 juta per bulan. Gaji petinggi PLN yang tergolong tinggi, tentunya harus sepadan dengan tanggung jawab yang siap diterimanya, bukan?
soemoer

Bonus & THR Pegawai PLN
Dari Trit yg sdkt Lawas (2013) boleh jadi pertimbangan sekarang (2019)
Quote:Original Posted By rumputt3tangga
sambungan ....
Fasilitas
fasilitas di kantor ya bisa dibilang cukup bagus. dibeberapa kantor sudah layak disebut kantor PLN, beberapa

masih seperti kantor kelurahan haahaha, meja udah buluk2, kursi buluk2 juga. tapi klo yang bagus ya udah kaya

kantor profesional lah.
mobil dinas standar lah pake inova, avanza, mobil tangga, l300 jg ada emoticon-Hammer , jangan ngarep dapet mobil dinas

yg melekat di PLN yah kalo belum mencapai level tertentu emoticon-Big Grin / mobil operasional istilahnya. beda dengan jaman

saya di telco dulu saya dapet fasilitas mobil operasional yg sy pegang sendiri sehari2.
fsailitas telpon? BB? di beberapa unit ada yang ngasi karyawane BB plus pulsa, ada yg ngasi smartfren, ada yg

cuek2 aja, beda2 tergantung kebijakan raja kecil setempat..
Laptop? PC? tergantung nasib dan unit juga. syukur sy dapet 2-2nya karena sy pegang alat. gitu lah kondisinya.
bagaimana dengan alat kerja? alat kerja lengkap kok gan, alat safety / apd juga lengkap. cuman ada bbrp yang udah

berumur.
dulu ada uang seragam, 2 juta per tahun, dibayarkan sekali, tapi sejak DI jadi dirut dihapus. seragam beli

sendiri. hahaha. seragam2 laen kaya wearpack trus baju model baju bengkel sering juga dibagi oleh unit2 setempat.

yah paling dananya dari kas kecil lagi emoticon-Hammer
fasilitas olahraga juga berbeda2 tiap kantor. ada yang punya lapangan futsal, tenis, ato ndak punya apa2 kecuali

tenis meja, ato bahkan ndak ada sama sekali.. ya tergantung lokasi lah. ada juga yang punya studio / ruang musik.

kegiatan seperti ini ada dananya resmi kok dari BKK / badan kesejahteraan karyawan, tapi ya ndak besar.

Sallary / Benefit / pokoe sing urusane ma duit lah
waktu pertama masuk OJT selama 10 bulan gaji 2.5 jt klo ndak salah (lupa) trus setelah dapet SK kita dapet gaji

full. Gaji pertama saya sebagai masukan S1 NIP Z di peringkat 18 / spesific 4 adalah gaji pokok 4,2 jt +

tunjangan 567 ribu, potongan 200ribuan, jadi THP sekitar 4,5 jt. klo temen2 masuk jalur D3 NIP Z temen2 akan

berada di peringkat 20 / Basic 2 dengan salary pokok sekitar 3,5 jt + tunjangan 350 ribuan (lupa persisnya) thp

3,8 jt.

Selama setahun, kita dapet gaji seperti ini lah gambarannya :
gaji bulanan : 12 x THP
uang cuti thnan : 1 x Gaji pokok (GP)
uang THR : 1 x Gaji pokok (GP) (ini sering berubah2, pernah 2xGP, pernah 1,5x GP
IKS semester 1 (bonus kinerja) : bervariasi menurut nilai, sy dapet average besarannya kira2 1,8 x gaji pokok.

pernah dapet lumayan sekali dapetnya 3x gaji pokok.
IKS semester 2 (bonus kinerja) : sda.
Bonus tahunan : ini bervariasi juga, pernah 5x gaji pokok, 6 kali, 4 kali ga tentu sesuai kondisi perusahaan.


bayarnya dicicil setaun 2 kali biasanya.

so average pegawe PLN (nilai kinerja biasa2 aja y, ndak bagus2 banget) setaun paling ngga dapet 12xTHP + 10 GP.

silahkan hitung sendiri yak.

gimana dengan kenaikan gaji? kenaikan gaji seiring kenaikan peringkat sangat dikit jumlahnya. paling selisih 500

ribu emoticon-Big Grin kenaikan seiring masa kerja lebih parah lagi. 50 rebu paling. saat ini THP saya dikurangi potongan pokok

ya sekitar 4,8 juta. masa kerja dari 2009. bandingkan dengan istri saya kerja di bank lokal masa kerja 4 taun

juga dari awal 3,6 juta sampai dengan skrg 6,8 juta. emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak itu baru sama pegawe bank, sama oil? sama

telco? yah mungkin 20 taun lagi bisa diadu kali yaa.. amin.

Ok katanya dapet duit diluar gaji banyak gan?? hmm banyak sih tergantung ya, biasanya kita dapet dari sisa uang

sppd/perjalanan dinas. klo agan orangnya memang sering sppd/ nantinya kerja di proyek lumayan emang sppdnya. tapi

kalo ndak???? wkakakak. sama aja boong dong.
emang brp sih uang perdin itu? ya lumayan lah. sbg perhitungan sy ke jakarta 3 hari dapet 3 juta. tiket beli

sendiri, akomodasi nyari sendiri, pokoe dapet segitu lah. nah tinggal pinter2nya kita ngatur uang tuh. misal

nginep di mess yg murah, naek pesawat paling murah dll. tergantung nurani masing2.
o ya dalam sebulan saya bisa 2 kali ke jkt. trus bisa juga sppd lokal ke daerah sekitar sy (>50km jaraknya dr

kantor) dapet 600 ribu untuk 2 hari perjalanan. rekor sy 4 kali ke jkt + 5 hari sppd lokal dalam sebulan.

silahkan hitung sendiri.

gimana kalo overseas? tergantung overseasnya kemana, paling enak ke asia tenggara, pengalaman sy dapet 1500 usd

hanya habis sekitar 600 usd aja buat tiket pp sama akomodasi dan makan. tapi kalo ke overseasnya dibiayain vendor

/ pihak ke 3 laen cerita emoticon-Big Grin tergantung vendornya bisa pelit ato malah hambur2. nasib lah pokoe.

Kesehatan :
kesehatan kita (masih) ditanggung 100 persen, anak sampe anak ke 3. klo istri agan ga kerja ya ditanggung juga

pengobatannya. sistemnya reimburse, tapi memang harus dateng ke dokter langganan. nunggu reimbursenya sekitar

seminggu 2 minggu. cuman denger2 untuk rekrutan baru benefit kesehatannya beda sama yang dulu2. ini sy blm tau

persis.

Worthed ndak sih kerja di PLN kaya gini gaji kaya gini??? menurut saya kalo dapet bagian yang nyantai sih worthed

banget. tapi klo yang banting tulang?? hmm relatif sih ya emoticon-Big Grin agan sendiri yg bisa menilainya. klo sy sih dengan

job desk saya sekarang merasa cukup asalkan penempatan masih di jawa. klo diluar jawa. duh berat hidup segitu.

apalagi sy asli pulau jawa. imho gaji PLN THP untuk D3 berkisar 5 jt, S1 nya 7 jt hahahaha (eh serius, coba

bandingkan dengan energy company laennya e.g. TNB, EGAT dll) makanya temen2 yang pinter2 jarang nglirik PLN nihh,

kurang menarik mnrt standar mreka.

moral story :
hmm mikir kan sekarang kerja di PLN emoticon-Ngakak
memang kerja di PLN itu yang dicari adalah ilmu dan pengabdian. kalo agan pengen beli mobil mewah rumah megah ya

ndak bisa dari pegawe PLN kecuali kalo agan memang kaya dari sononya. lihat aja kantor PLN hahaha mana ada pegawe

yg bawa mobil emoticon-Hammer ada sih tp cuma brp jelek2 lagi hahahahahah emoticon-Hammer becanda gan..
Imhoo sih, klo pengen PLN dilirik sama temen2 berkualitas ya harusnya sisi benefit ini ditingkatkan. tapi juga

susah mengingat kita masih disubsidi pemerintah emoticon-Cape d... (S)
jujur aja dari taun ke taun tren minat masuk PLN semakin menurun di PTN ternama, karena apa? yaaa pikir sendiri

laaah.
ok true moral story : dimana2 kerja harus ikhlas, hmm memang, tapi jangan ke ikhlas en banget menurut sy.

profesional lah. kalo memang tidak cocok dengan visi agan kedepan ya silahkan cari alternatif lain. karena itu

akan jadi pegangan hidup agan sekalian.


KESIMPULAN :
yah begitulah kerja di PLN. perusahaan ini memang jauh dari kata ideal, tapi sudah ada percikan2 perubahan yang

mulai mengarah ke arah yg lebih baik aminn. soal kesejahteraan memang PLN kalah dibanding bbrp BUMN energi

laennya. ya itulah kondisi saat ini. kembali ke agan2 sendiri nantinya dalam menyikapinya. klo buat nafkah sih

cukup2 aja asal hidup agan ndak glamor. klo ketemu temen2 kampus dulu yang kerja di oil ato telco ya jangan ngiri

pokoe hehe. jauh mah PLN sama mereka. . .
trus apa untungnya kita masuk PLN? ya nomer satu ilmu (klo agan bisa cari) pengabdian (klo agan iklas), nafkah

(ya cukup lah), sabar (pasti dapet haha), pokoknya jangan patah semangat kalo masuk PLN. ya namanya juga

pengabdian emoticon-Ngakak ga semua nanti reward agan berupa harta ato uang kalo sudah masuk ke ranah pengabdian. amin

oke sekian IMHO saya, mungkin experience dari temen2 PLN lain berbeda, ato sama, ato lebih parah hehe. ya itu

mungkin dan sebaiknya sih dishare juga disini. supaya kita bisa tau nih bobrok2 yg harus diperbaiki disini. ok.

soemoer

Ane :
"Maaf 1000x maaf ane tulis Trit ini, agar para Pegawai PLN yg mendapat Rezeki lbh dari Cukup agar kerja lebih maksimal, ingat mereka yg dibawah ini, harus kerja mati2an untuk bayar LISTRIK yg tidak MURAAAAH !!!"
soemoer Pic Mbah uGeL🙏


Semoga membantu & menyemangati Agan & Sis Sekalian

emoticon-Cendol Gan
Nuhun
emoticon-Nyepi


Jangan Lewatkan Trit Ane yg laenemoticon-Malu (S)


JOKOWI TEGUR PLN


Orang Kaya, Saat Mati Lampu, Nagita Slavina Ngungsi ke Singapura

Ane jamin 100%, kgk ada yg kasi Cendolemoticon-Sorry
Diubah oleh maman80
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KumanImut dan 15 lainnya memberi reputasi
16
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 4
Lapor Hansip
06-08-2019 16:50
Balasan post maman80
Quote:Original Posted By maman80


Sama2 Gan emoticon-Nyepi
Tapi sbnernye sasaran ane Oknum Pagawai PLN yg kgk becus..
Smoga sibaca emoticon-Ngakak


Cakep gan
profile-picture
maman80 memberi reputasi
1
06-08-2019 17:00
Quote:Original Posted By bingsunyata
Yang outsourcing, 'gimana 'gan ?
Apalagi yang bagian "yantek" ...


"YANTEK"
Para pekerja yang selama ini tak dianggap sebagai karyawan PLN, karena statusnya hanya outsourcing.
Sampe ada slogan Gan
“Kami Jaga Anda Terang Hingga Fajar Kesucian Menjelang”
Neh linknye Gan, biar kumplit Infonye
"YANTEK:
0
06-08-2019 17:01
Quote:Original Posted By silent.stalker
kalo bener gaji karyawan pln sesuai sama di thread ini, berarti gak gede2 amat. berarti imej kalo pln (atau bumn) gajinya gede gak sepenuhnya benar. memang gaji itu di atas umr, tp ane bilang gaji segitu dibilang gede (utk posisi masing2) ya nggak juga. gaji standar itu mah. perusahaan2 biasa (non bumn dan non migas) juga banyak yg rate nya segituan.


Baca komeng ane sblmnye Gan emoticon-Jempol
emoticon-Nyepi
0
06-08-2019 17:01
Quote:Original Posted By s.o.s.s.o
bokap ane pensiunan pln, dr ceritanya si gaji tergantung ranking/peringkat gitu, dlu waktu pensiun di peringakat 16 ga tau gajinya berapa, yg jelas gaji+bonus dll untuk ukuran waktu masi aktif dulu bisa dibilang besar krn tinggal di kota kecil,


Yupz emoticon-Jempol
0
06-08-2019 17:12
Quote:Original Posted By datalk
Bagian pajak scr keseluruhan emg gede gajinya. PNS kemenkeu dibainding PNS kemen lain juga beda, lbh gede di kemenkeu.

Tp ada yg lbh gede dr itu semua dan jarang dilirik. 1. bagian IT di startup. fresh grad aja nyampe 2 digit. bahkan temen ane lulusan S2 blm pernah kerja di offer 35 jt sama startup.

2. Satu lagi yg gajinya gede puluhan juta. baby sisternya rafathar.


1. IT emng salarynye yahud2 Gan, sohib ane krja cuman 4 jam sehari prbln $28rb krja sama prshaan di Mamarika, tp gawenye di +62
Tapi yg ane bahas Gan yg sharusnye Gawe tp males2an, dh ntu di gaji dr kaom Jelata (ane), ntu yg bikin ane DONGKOL Gan emoticon-Sorry

2. Ane Nglamar kgk di trma emoticon-Sorry
0
06-08-2019 17:23
Msh kalah sama Pertamina klo THP ga jauh dari umr.
Klo gitu semua BUMN ga sama grade level gajinya ...
PNS DKI yg menurut ane saat ini cukup aman dapet gaji ke 13 plus tunjangan dan bonus ..denger2 sih ..
Well apapun itu disyukurin ja dah ..bisa kerja .
profile-picture
maman80 memberi reputasi
1
Lapor Hansip
06-08-2019 18:00
Balasan post pemburu.kobokan
Tergantung kotanya di mana dulu. Kalau di Yogya atau sebagian Jawa, 2.5jt itu cukup besar lho. Semangkok soto aja masih dapat di bawah 10rb. emoticon-Big Grin
profile-picture
maman80 memberi reputasi
1
06-08-2019 18:32
hmm ternyata masih kalah dari Telco
profile-picture
maman80 memberi reputasi
1
06-08-2019 18:37
mayan lah
profile-picture
maman80 memberi reputasi
1
Lapor Hansip
06-08-2019 19:00
Balasan post gusmi21
Quote:Original Posted By gusmi21
1.Staff administrasi memiliki rata-rata gaji sebesar Rp 7 juta hingga Rp 10 juta per bulannya.
2.Sementara seorang manajer memiliki rata-rata gaji sebesar Rp 6 juta hingga Rp 10 juta per bulannya.

ini yg boneng level jabatan staf range gajinya setara sama manager? emoticon-Bingung (S) padahal beban kerjaannya tinggian level managerial soalnya berhubungan dengan keputusan emoticon-Ngakak (S) terus juga ngeliat tunjangannya g wow2 amat yak standar lah perusahaan swasta macam sampoerna kurang lebih juga kyk gitu apa tunjangan lain2 yg belum dimasukin? emoticon-Ngacir


itu kan rata2 dan ane jawab mungkin. karna banyak karyawan2 senior yg sudah kerja belasan/puluhan taun levelnya staff. jadi mereka menang di masa kerja. sementara yg manajer mungkin karna banyak anak2 dari jalur MT yg baru kerja 4-7 taun.

klo BUMN tuh level manager itungannya masi jabatan rendah gan. beda sama swasta.

profile-picture
maman80 memberi reputasi
1
06-08-2019 19:02
Quote:Original Posted By KRAVZHENKO
hmm ternyata masih kalah dari Telco


Mungkin Gan emoticon-Jempol

Tapiii ntu yg ane jabarkan sdkt lawas 2013,
Kgk tau dah klo skrng (2019) emoticon-Bingung
0
06-08-2019 19:06
wah, ada lowongan kah Gan di PLN.?

hehehee
profile-picture
maman80 memberi reputasi
1
06-08-2019 19:09
Quote:Original Posted By bLuch
wah, ada lowongan kah Gan di PLN.?

hehehee


Coba Gan emoticon-Jempol
Ada ato kgk ad nye ane kgk tau emoticon-Sorry
profile-picture
bLuch memberi reputasi
1
06-08-2019 19:10
waw beruntung yah kerja di BUMN dari dulu apply di BUMN ga pernah tembus emang bukan takdir kali emoticon-Nohope

btw temen ane kerja di anak perusahaan BUMN di IPC jabatan udah managerial assisten dirut keuangan perbulan gajinya 2 digit denger2 sih gapoknya tahun 2013 aja 13jt ga tau kalo sekarang, tiap tahun bonus melimpah udah gitu tiap project kalo bagus dapet kepretan dari bossnya, dalam 5 tahunan kerja disana dari staff biasa sekarang rumahnya di bekasi mobilnya 2 semuanya eropa mercy & VW intinya makmur kalo dinas keluar kota / keluar negeri dapet akomodasi full, tapi emang pinter sih temen saya lulusan UGM wawasannya luas, kalo ngomong ama dia berasa dikuliahin emoticon-Hammer
Diubah oleh motorage
profile-picture
maman80 memberi reputasi
1
06-08-2019 19:13
Quote:Original Posted By motorage
waw beruntung yah kerja di BUMN dari dulu apply di BUMN ga pernah tembus emang bukan takdir kali emoticon-Nohope

btw temen ane kerja di anak perusahaan BUMN di IPC jabatan udah managerial assisten dirut perbulan gajinya 2 digit tiap tahun bonus melimpah udah gitu tiap project kalo bagus dapet kepretan dari bossnya, dalam 5 tahunan kerja disana dari staff biasa sekarang rumahnya di bekasi mobilnya 2 semuanya eropa mercy & VW intinya makmur kalo dinas keluar kota / keluar negeri dapet akomodasi full, tapi emang pinter sih temen saya lulusan UGM wawasannya luas, kalo ngomong ama dia berasa dikuliahin emoticon-Hammer


Sabar Gan emoticon-Nyepi

Ane juga ngiler liat tmn di sono emoticon-Sorry
0
06-08-2019 20:06
Unt pegawai yg kerja lapangan, hari lebaran pun mereka hrs masuk minimal stand by di kntr jaga2 siapa tau ada gangguan tak terduga
emoticon-Matabelo
profile-picture
maman80 memberi reputasi
1
06-08-2019 20:07
ndak heran

Yuk Intip Gaji & BONUS Pegawai PLN

emoticon-Imlek
profile-picture
maman80 memberi reputasi
1
06-08-2019 20:45
tanah buat gardu aja banyaknya minta atau nebeng. nikmat emang monopoli. keparat.
Diubah oleh zetu
profile-picture
maman80 memberi reputasi
1
06-08-2019 21:36
Enak kalii yaaa bisa kerja di BUMN gan emoticon-Sorry
Sayangnya ane cuman lulusan SMA emoticon-Sorry
profile-picture
maman80 memberi reputasi
1
06-08-2019 22:04
Wawww.. kapan ya buka lowongan nya???
profile-picture
maman80 memberi reputasi
1
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.