alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4959e0c0cad7094b20f24e/bos-pertamina-penutupan-pertamini-perlu-aparat-penegak-hukum
Lapor Hansip
06-08-2019 17:43
Bos Pertamina: Penutupan Pertamini Perlu Aparat Penegak Hukum
CNN Indonesia
Kamis, 18/07/2019 18:42

Bos Pertamina: Penutupan Pertamini Perlu Aparat Penegak Hukum
Ilustrasi. (Wahyu Putro A).
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Pertamina (Persero) menilai perlu keterlibatan aparat penegak hukum dan pemerintah untuk menertibkan maraknya penjual bahan bakar minyak (BBM) eceran, Pertamini. Pasalnya, perseroan tidak memiliki wewenang untuk melakukan pembinaan.

"Kalau memang tidak ada izin, pemerintah yang harus menutup, regulator yang harus melakukan aksi (penutupan) tersebut," ujar Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati saat menghadiri Rapat Kerja dengan Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Gedung DPR, Kamis (18/7).

Nicke mengungkapkan Pertamini berada di luar jalur distribusi resmi BBM perseroan, sehingga aspek keamanan dan keselamatannya tidak terjamin.


"Standar (Pertamini) tidak memenuhi standar Direktorat Jenderal Minyak dan Gas. Kadang-kadang hanya meja dan botol. Padahal, standarnya luar biasa ketat," ujarnya.

Lihat juga:Indonesia Bakal Gelar Pameran Khusus Kendaraan Listrik

Kendati demikian, perseroan menyadari kebutuhan BBM di daerah-daerah pelosok yang aksesnya jauh dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Maka itu, mulai tahun ini, perseroan mulai memperbanyak SPBU compact dengan kapasitas 1.000 kiloliter (kl) hingga 5.000 kl.

"Kapasitas 1.000 kl ini sebenarnya sama dengan Pertamini, kami sebut Pertashop," ujarnya.

Pilot project Pertashop sudah dilakukan di Pertamina Marketing Operation Region (MOR ) III wilayah Jawa Bagian Barat sebanyak 28 SPBU compact dan MOR IV wilayah Jawa Tengah sebanyak 4 SPBU compact. Perseroan juga membuka SPBU mini itu di ruas jalan tol Sumatra.

Selain itu, perseroan juga telah bekerja sama dengan produsen lokal, PT Pindad, untuk membuat dispenser dan nozzle Pertashop yang sesuai dengan spesifikasi keselamatan sesuai ketentuan pemerintah.

Lihat juga:BPH Migas Antisipasi Lonjakan Konsumsi Solar dan Premium

Untuk mempercepat penyebaran SPBU compact, perseroan terbuka untuk bekerja sama dengan pihak lain. Salah satunya, Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal.

"Di sana (Kementerian PDT) kan ada dana alokasi untuk desa yang bisa digunakan untuk modal kerja dan untuk penyediaan nozzle dan dispenser bisa bekerja sama dengan anak perusahaan kami," ujarnya.

Selain itu, perseroan juga membuka kesempatan bagi pemilik usaha Pertamini untuk bekerja sama membuka Pertashop di daerahnya.

"Kami menawarkan untuk pemilik Pertamini untuk ditingkatkan menjadi Pertashop tetapi harus memenuhi syarat keselamatan dan teknis yang ditetapkan Direktorat Jenderal Migas," ujarnya.

(sfr/lav)

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi...-penegak-hukum
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
06-08-2019 17:46
Apa urusan lho cuk..maen tutup tutup ajeh.. Itu pertamini ngebantu perusahaan elho buat distribusiin bengsin ..lagian Pertamini bengsinnya bukan bengsin subsidi cuk..pertalite sama pertamax coyyyyyyy...
profile-picture
48y24rd memberi reputasi
1
06-08-2019 17:46
Monggo aparat penegak hukum silahken ditertibkan
0
06-08-2019 17:48
ane jujur sebgai user, sngat terbntu dngan adanya pertamini, beli dibotol eceran pertalite hrganya 10 rbu, pkai pertamini cma 9.000
Diubah oleh steven.thereds
0
06-08-2019 17:55
orang kecil aja disikat

harusnya kalau emang niat

pert4mina kasih alat pertamininya dalam bentuk CSR

kalian untung karena CSR mengurangi beban biaya

mereka juga untung karena dapet alat

bukannya malah disikat dengan kerja sama sama aparat penegak hukum

emoticon-Cape d...
0
06-08-2019 17:57
Intinya itu kl mau jualan BBM harus pakai punya pertamina semua. Dari barang dagangan Dan juga alat.
Trus nanti harga alatnya lebih Mahal berkali-kali lipat
0
06-08-2019 17:58
Polisi disuruh ngurus pertamini mah ogah lah...siapa pula ini pertamina komandoin polisi...hahaha emoticon-Big Grin
0
06-08-2019 18:01
Yaelah.. kita2 dah tau kok.. bahwa resiko yg didptkan utk beli bensin di pertamini ditanggung masing2
emoticon-Leh Uga
Ibarat beli produk KW.. yg resiko masing2 emoticon-Ngakak
Keuntungan tdk tergerus kecuali bensin pertamini bener2 nyolong pertamina

Gitu aj kok repot emoticon-Ngakak
Diubah oleh ruuuruuu
0
06-08-2019 18:05
Quote:Original Posted By sukhoivsf22

Selain itu, perseroan juga membuka kesempatan bagi pemilik usaha Pertamini untuk bekerja sama membuka Pertashop di daerahnya.

"Kami menawarkan untuk pemilik Pertamini untuk ditingkatkan menjadi Pertashop tetapi harus memenuhi syarat keselamatan dan teknis yang ditetapkan Direktorat Jenderal Migas," ujarnya.

(sfr/lav)

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi...-penegak-hukum



halah, itil.
Ujung2 nya mau nyari dana buka2 mitra emoticon-Busa




Bagi bata om emoticon-Bata (S)
profile-picture
profile-picture
hcoonamatata dan mang.jebot memberi reputasi
-2
06-08-2019 18:09
Quote:Original Posted By steven.thereds
ane jujur sebgai user, sngat terbntu dngan adanya pertamini, beli dibotol pertalite 10 rbu, pkai pertamini cma 9.000


Ini sarkas apa serius sih? :Ngakak
0
06-08-2019 18:09
kurang gawean...
0
06-08-2019 18:12
Kalau mau buka pertashop ijin dan pengurusannya bagaimana..
0
06-08-2019 18:26
pihak pretamina pengen nya sistem precais kali biar dpt untung lg emoticon-Shutup emoticon-Thinking
0
06-08-2019 18:35
emangnya polisi mau jalan sendiri?
0
06-08-2019 18:36
Ah khonthol
0
06-08-2019 18:37
lho bukannya Pertamini beli BBM nya ke Pertamina, kan sama aja jadi rantai distribusi, kecuali belinya di luar Pertamina.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 2 lainnya memberi reputasi
3
06-08-2019 18:38
Kabarnya pertashop membutuhkan dana sekitar 500 jutaan (republika). Terlalu berat buat masyarakat kecil.
0
06-08-2019 18:47
takut saingan sama pertaminiemoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
0
06-08-2019 18:48
memang pemerintah+62 ajaib sih.
pertamina sebagai corporate, mementingkan standar peralatan ecer juga sudah semestinya.

asal ente nasbung tahu saja, di negara maju sono, restoran aja punya standar keselamatan, apalagi depot bahan bakar.
bahan bakarrr coy, artinya kalo lalai dikit aja ya terbakar.

emangnya bisnis pertamini sudah diaudit k3?
gue yakin nggak tuh. palingan dipandang kayak kios rokok gerobak pinggir jalan.
entar pas meleduk aja baru salahin kiri kanan, lempar atas bawah.

ah peduli amat, yang penting pertamininya jualan nggak di samping rumah gue. emoticon-Big Grin

+62? ya sudahlah.emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan anesca memberi reputasi
2
Lihat 2 balasan
06-08-2019 18:52
Kalu emang pertamini ga boleh jualan, kenpa SPBU ngasi barang ketika pertamini order ?
0
Lapor Hansip
06-08-2019 18:53
Balasan post bodico
Quote:Original Posted By bodico
memang pemerintah+62 ajaib sih.
pertamina sebagai corporate, mementingkan standar peralatan ecer juga sudah semestinya.

asal ente nasbung tahu saja, di negara maju sono, restoran aja punya standar keselamatan, apalagi depot bahan bakar.
bahan bakarrr coy, artinya kalo lalai dikit aja ya terbakar.

emangnya bisnis pertamini sudah diaudit k3?
gue yakin nggak tuh. palingan dipandang kayak kios rokok gerobak pinggir jalan.
entar pas meleduk aja baru salahin kiri kanan, lempar atas bawah.

ah peduli amat, yang penting pertamininya jualan nggak di samping rumah gue. emoticon-Big Grin

+62? ya sudahlah.emoticon-Traveller


Iya iya.. nastaik emang mahabenar emoticon-Angkat Beer
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.