beritapalestinaAvatar border
TS
beritapalestina
Ajaran Setanisme Diakui oleh Pemerintah Swedia
Pemerintah Swedia melegalkan ajaran kelompok Setanisme yang membuatnya setara dengan agama lain.


Menurut surat kabar Dagen, seperti dikutip Sputnik, 2 Agustus 2019, Komunitas Setanis Swedia telah diterima sebagai denominasi agama oleh Badan Layanan Hukum, Keuangan dan Administrasi Swedia.

Untuk menjadi komunitas keagamaan yang terdaftar di Swedia, ada beberapa persyaratan, seperti mengatur layanan keagamaan, seperti doa atau meditasi, dan memiliki nama yang tidak bertentangan dengan kebiasaan baik atau ketertiban umum. Menurut pihak berwenang, para setanis telah memenuhi semua syarat.

Kelompok ini dipimpin oleh pasangan yang sudah menikah, Erik dan Jenny Hedin dari Stockholm. Keduanya adalah sarjana dalam sejarah dan linguistik, dan diakui tidak memiliki latar belakang dalam gerakan keagamaan lainnya. Menurut data mereka, mereka memiliki sekitar 100 pengikut. Gerakan ini terinspirasi oleh The Satanic Temple, sebuah kelompok aktivis dari Massachusetts, AS, yang antara lain telah melobi untuk meninggalkan doa di sekolah.


Meskipun memiliki nama yang menunjukkan penyembahan iblis atau pengorbanan hewan, komunitas Setan sebenarnya merayakan pendekatan ilmiah, negara sekuler dan keadilan sosial. Bahkan pandangan sepintas pada halaman Facebook komunitas mengungkapkan banyak poin pembicaraan yang umumnya terkait dengan debat sayap kiri atau liberal, seperti masalah LGBT, perlindungan lingkungan dan kritik terhadap bidan yang menolak untuk melakukan aborsi. Kelompok Setanis juga membagikan handuk sanitasi dalam sebuah proyek yang disebut Menstruasi dengan Setan.

Selama Pekan Pride Stockholm, kelompok itu mengadakan seminar tentang perlunya feminisme Setan.

Adapun Setan sendiri hanya dilihat sebagai "tokoh sastra" oleh masyarakat Swedia. Sementara Setan dipuji sebagai panutan dan "pemberontak abadi" yang selamanya mendapatkan kekuasaan, kelompok itu melakukan ritual seperti "doa Lucifer dan Lilith". Titik fokusnya adalah menempatkan diri sebagai pusat dari segalanya.


"Manusia sempurna seperti dia, kita tidak perlu mendengarkan orang lain tetapi bisa percaya pada diri sendiri. Ini juga tentang mempertanyakan norma dan otoritas yang sewenang-wenang," Jenny Hedin menjelaskan kepada Dagen.

Namun sejak Gereja Swedia dipisahkan dari negara pada tahun 2000, sebuah dorongan untuk perlakuan yang lebih setara terhadap komunitas agama lain dimulai. Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah besar masyarakat religius telah terdaftar di Swedia, dari badan fatwa Islam hingga para Ilmuwan.

Sejauh ini, pengakuan formal pemerintah Swedia terhadap kelompok Setanisme tidak lebih dari itu, dan para Setanis tidak menikmati hibah atau hak pemerintah untuk melakukan upacara pernikahan.

https://dunia.tempo.co/read/1231679/...a/full?view=ok


dewa ENKI diakui swedia



Diubah oleh beritapalestina 03-08-2019 08:38
comrade.frias
sebelahblog
anasabila
anasabila dan 3 lainnya memberi reputasi
4
3.9K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar Negeri
icon
78.8KThread10.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.