alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.85 stars - based on 20 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d46dfb1dbf7643aa74649ae/penulisan-di-yang-diharamkan-tetapi-masih-sering-dilakukan
Lapor Hansip
04-08-2019 20:37
Penulisan 'Di' Yang Diharamkan, Tetapi Masih Sering Dilakukan
Past Hot Thread
Pernahkah Agan dan Sista menjumpai tulisan-tulisan seperti di bawah ini? Coba dibaca lagi, apakah ada yang keliru? Pasti ada jika agan dan sista teliti. Nah, di foto pertama ada kesalahan dalam penulisan partikel 'di' begitu juga di foto kedua. Agan dan Sista ada yang tahu di mana letak kesalahannya? Yuk, kita belajar bersama.

Penulisan 'Di' Yang Diharamkan, Tetapi Masih Sering Dilakukan
Sumber gambar tertera

Penulisan 'Di' Yang Diharamkan, Tetapi Masih Sering Dilakukan
Sumber gambar: wikipedia

Sebelum mulai belajar, mari kita menanamkan kalimat ini terlebih dahulu.


Thread ini untuk belajar dan belum semua orang tahu akan hal ini, maka mari bagikan info ini kepada orang-orang yang belum tahu agar tidak keliru lagi. Bagikan dengan cara yang santun, ya, Agan dan Sista.


Nah, mari kita belajar!

Sebagai orang Warga Negara Indonesia yang baik, kita juga harus mengetahui bagaimana penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Salah satunya adalah penulisan partikel 'di'. Selama ini masih sering kita temui di kehidupan nyata penulisan partikel 'di' yang keliru. Hayo, sudah tahu belum bagaimana penulisan partikel 'di' yang benar?

Penulisan partikel 'di' untuk mengacu pada keterangan tempat harus dipisah, sedangkan penulisan partikel 'di' yang mengacu pada keterangan kerja dan imbuhan harus digabung. Apakah Agan dan Sista masih bingung? Yuk, lihat lagi gambar di atas beserta koreksinya.


Tolong bacanya jangan sambil nyanyi, ya, hehe.
Di gambar kedua 'disini' harusnya dipisah, karena mengacu pada keterangan tempat.

Nah, saya beri contoh mudahnya, ya.

Contoh 1

Emak: Nak, itu cuciannya tolong dijemur!
Kamu: Iya, Mak. Dijemur di mana, Mak?
Emak: Di halaman belakang aja.

Contoh 2

Kamu: Aduh, aku digigit serangga, nih!
Doi: Sakit enggak?
Kamu: Enggak, dong. Kan ada kamu di sampingku, jadinya enggak sakit, dong.


Contohnya alay sekali๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

Nah, Agan dan Sista sudah paham bagaimana penulisannya sekarang bukan? Hayo ngaku siapa yang masih sering salah menulis 'di'? Mulai sekarang jangan sampai salah lagi, ya, Agan dan Sista.

Sangat disayangkan sebenarnya karena masih banyak media nasional yang keliru menuliskannya. Mungkin karena itu pula banyak yang masih keliru dalam penulisannya. Semoga setelah membaca thread ini, teman-teman tidak keliru lagi. Sekian, semoga bermanfaat.

emoticon-Big Kiss
Diubah oleh rezaagustin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jusjengkolpete dan 56 lainnya memberi reputasi
57
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 9 dari 10
06-08-2019 14:14
Quote:Original Posted By rezaagustin โ–บ
Maafkan daku yang masih anak baru teman-teman senior, mohon bimbingannya๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™


Hai hai hai... Apa kabar???
emoticon-Hai
profile-picture
rezaagustin memberi reputasi
1
06-08-2019 15:31
Quote:Original Posted By rezaagustin โ–บ
Maafkan daku yang masih anak baru teman-teman senior, mohon bimbingannya๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

Siip, lain kali kalo mo post trit alangkah baiknya bertanya dulu yaaemoticon-Shakehand2
profile-picture
rezaagustin memberi reputasi
1
06-08-2019 15:49
Quote:Original Posted By pleguk โ–บ
Pelajaran BI dulu ini.




Di-tempat
Disifat.


Quote:Original Posted By rezaagustin โ–บ
Jejak dulu


Quote:Original Posted By youdoyouknow โ–บ
Di sana tempat lahir beta.
Dibuai, dibesarkan bunda.

emoticon-I Love Indonesia


Hai om
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pleguk dan 2 lainnya memberi reputasi
3
06-08-2019 16:23
nah, akhirnya yaaa
ada yang bahas beginian.

sudah sejak lama dalam hati "kecil" ini "greget" dengan melihat kebiasaan orang-orang yang masih keliru menggunakan penulisan DI ini


hehehe
profile-picture
rezaagustin memberi reputasi
1
06-08-2019 16:28
Quote:Original Posted By adolfsbasthian โ–บ
Selalu diketahui Gan Yud...
emoticon-Ultah


Dikenal di daerah Kaskus, gan. emoticon-Cool
profile-picture
rezaagustin memberi reputasi
1
06-08-2019 16:51
Quote:Original Posted By delia.adel โ–บ
Hai om


Ke mana aja Del?
profile-picture
rezaagustin memberi reputasi
1
06-08-2019 17:03
Quote:Original Posted By k1iler โ–บ
Kalo penggunaan di (bahasa asing) contoh disearch, harusnya gimana ya? Kan kudu miring tuh, tetep sambung kah?


Dikasih tanda hubung "-" Gan & tulisan bahasa asingnya itu ditulis miring. Misalnya: Coba di-search dulu sebelum tanya.
Diubah oleh cadelistomark2
profile-picture
profile-picture
k1iler dan rezaagustin memberi reputasi
2
06-08-2019 18:45
Dikeloni rondo
profile-picture
rezaagustin memberi reputasi
1
06-08-2019 19:25
terkadang masih suka lupa
profile-picture
rezaagustin memberi reputasi
1
06-08-2019 22:39
terkesan sepele ya gan, tapi ngerubah makna
profile-picture
rezaagustin memberi reputasi
1
07-08-2019 06:05
Diana digenjot Dimas di rumah Dino disaat dingin
profile-picture
rezaagustin memberi reputasi
1
07-08-2019 13:31
Padahal yg ginian kan pelajaran sd, berarti gk lulus sd dong....
profile-picture
rezaagustin memberi reputasi
1
07-08-2019 15:34
emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
profile-picture
rezaagustin memberi reputasi
1
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
07-08-2019 16:38
Iya ini, padahal simpel, tapi banyak yg gatau.
Ane udah tau aja kadang suka kebablasan dan males bener buat delete, jadi ya udah, hantam aja
profile-picture
rezaagustin memberi reputasi
1
09-08-2019 04:53
Buat saya sih ga haram ya, tapi kalo buat dosen pembimbing saat bikin Tugas akhir/skripsi sih pasti. Ini bisa jadi cara ampuh agar mereka sah bentak-bentak agan, kalo agan masih salah untuk penulisan model gini,๐Ÿคฃ
profile-picture
rezaagustin memberi reputasi
1
09-08-2019 10:31
iya, pelajaran bahasa indonesia. trims udah diingatkan emoticon-Toast
profile-picture
rezaagustin memberi reputasi
1
09-08-2019 11:12
Ane malah sering ketemu orang yang nulis 'di'nya benar tapi masih suka nulis 'dan' di awal kalimat.
profile-picture
rezaagustin memberi reputasi
1
09-08-2019 11:36
kalo kata orang djawa

salah kaprah bener ora lumrah








Paket Umroh Promo | Paket Umroh Reguler | Jadwal Lengkap
profile-picture
rezaagustin memberi reputasi
1
Lapor Hansip
09-08-2019 21:17
Balasan post online.addict
Quote:Original Posted By online.addict โ–บ
Ane juga paling geli gan liat yang salah nulis 'di' Gan emoticon-Ngakak (S)

Adik ane termasuk ke dalam mereka yang selalu salah soal hal ini. Di poster/banner event yg dia adain, di status WA/IG story, di ketikan, pokonya kacau semua emoticon-Ngakak
Ntar ane share artikel indang ke dia ah, kalau ane tegor bisi pundung, suka tersinggungan soalnya anaknya ๐Ÿ˜‚




emoticon-Request


Ane kenal beberapa bos yang langsung nganggep cupu kalau ngeliat salah2 eja di proposal, iklan, penawaran, dsb.

  1. Tidak profesional.
  2. Kalaupun memang jenius di bidang yang dia tawarkan tapi jeblok di bahasa, minimal carilah karyawan, rekan, atau teman yang bisa. Kan cuma perlu lulusan SD untuk ngecek ginian.


Bilangin ke adek ente gan.
Diubah oleh Laler
profile-picture
profile-picture
rezaagustin dan online.addict memberi reputasi
2
Halaman 9 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
ยฉ 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.