valkyr1Avatar border
TS
valkyr1
Ada Trotoar di DKI yang Diperbolehkan untuk Jualan Hewan Kurban
Hewan kurban dijual di atas trotoar daerah Tanah Abang, Jakpus (Foto: Rifkianto Nugroho)

Jakarta - Tidak semua trotoar di Jakarta menjadi tempat terlarang untuk berdagang hewan kurban. Ada beberapa lokasi trotoar yang diperbolehkan sesuai penataan wali kota hingga lurah.

"Yang namanya penjualan hewan kurban, sesuai dengan instruksi gubernur kan sudah jelas, nomor 46/2019. Ada instruksi di situ, para wali kota, camat, lurah, menginventarisasi. Inventarisasi para pedagang, fasilitasi, kalau di luar yang ditetapkan pasti kan kita tegur mereka. Melarang mereka menempatkan hewan kurbannya di tempat yang dilarang," ucap Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Arifin, saat dihubungi, Selasa (6/8/2019).

Salah satu lokasi yang ditetapkan untuk berjualan di Jalan KH Mas Mansyur, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Di beberapa titik jalanan tersebut, pedagang bisa menjajakan dagangannya.

"Tetapi untuk Tanah Abang, Koordinasi dengan Pak Wali, di Jalan KH Mas Mansyur itu memang diperbolehkan sementara waktu menjelang Hari Raya Idul Adha, jadi ada kebijakan yang memperbolehkan, di Jalan KH Mas Mansyur, tapi spot-spot sudah ditentukan. Artinya bukan sepanjang jalan itu boleh," kata Arifin.

Arifin menyebut tiap hari melakukan tindakan kepada pedagang kurban yang melanggar. Tindakan dilakukan dengan cara menghalau sampai memberi peringatan agar tidak berjalan di lokasi terlarang.

"Kalau setiap harinya, kegiatan menghalau, patroli, penjagaan dan sebagainya, ketika orang mau penempatan kurban sudah dihalau. Ada satu dua hari dia menempatkan hewan kurban sudah diberikan peringatan kemudian mereka pindah," kata Arifin.

Operasi itu, dilakukan atas koordinasi dengan pimpinan wilayah dari lurah sampai wali kota. "Kan tugas unsur wilayah, dalam hal ini camat dan pak lurah memfasilitasi tempat hewan kurban yang sekiranya bisa digunakan untuk berdagang," kata Arifin.

Satpol PP DKI Jakarta masih menghitung berapa banyak operasi dilakukan di tingkat wilayah.

"Sudah di beberapa tempat dilakukan, cuma parsial dilakukan di masing-masing wilayah, di kota, kecamatan. Secara keseluruhan, rekap laporan sedang di-input di Bidang Trantibum," ujar Arifin.

SUMBER


Kebe Rp ihakan ato keber wkwkwk an nih ??.. emoticon-Malu (S)



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr1 06-08-2019 06:35
0
1.5K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.