dompetjadipeciAvatar border
TS
dompetjadipeci
Wah Di Negara Ini Halte Bus Disulap Menjadi Surganya Lebah


Manisnya buah dan segarnya sayur-sayuran tanpa disadari merupakan peranan dari lebah. Bagaimana tidak? Lebah membuat penyerbukan pada tanaman bisa terjadi. Bila hanya mengandalkan angin sebagai media perantara penyerbukan tanaman, mungkim bumi kita tidak sehijau ini. Sepele bukan? Organisme yang kecil ini justru memberi impact yang luar biasa besar bagi bumi tercinta kita ini. Oleh sebab itu kita harus senantiasa menjaga populasi lebah di bumi agar tidak habis.

Ts sendiri merasakan besarnya peranan lebah pada pohon mangga dibelakang rumah ts dimana sebelumnya ada sarang lebah dan pohon mangganya berbuah banyak. Namun karena ts kurang memperhatikan tiba-tiba sarang lebahnya hancur lebur dan dari tahun ketahun buahnya semakin sedikit bahkan bisa dihitung jari.
Oleh karena besarnya peranan lebah pada dunia, para ilmuwan di belanda menyulap halte bus di sana agar memiliki multifungsi disamping sebagai tempat menunggu kedatangan bus, halte tersebut dijadikan surganya lebah. Wahh penasaran bukan bagaimana indahnya, yuk check thread berikut ;




Sebuah perusahaan di Belanda punya terobosan terbaru untuk menjaga populasi lebah yairu dengan menambahkan tumbuh-tumbuhan khusus di tiap atap-atap halte bus. Tumbuh-tumbuhan yang ditanam di atas halte bus tersebut merupakan tumbuhan yang sangat disukai lebah, sehingga banyak lebah akan menyerbuk benang sari disana untuk mendapatkan bahan-bahan pembuatan madu.

Kalian pasti berpikir, “Wah kalau begitu nanti lebahnya bikin sarang dong di Halte?, serem ihh”. Sayang sekali jawabannya tidak, halte tersebut sudah didesain sedemikian rupa lewat bahan pelapis kerangka yang tidak adhesi sehingga lebah hanya menjadikan halte tersebut sebagai surga untuk mencari sari-sari bunga kemudian kembali ke sarang untuk membuat madu.




Yups di Belanda sana sudah dibangun halte terbarukan ini dengan nama “Green Roofs”. Green roofs sendiri sudah dibangun di 316 halte di Belanda. Green roofs atau atap hijau tersebut ditanami dengan bunga sedum dan tanaman lain, yang bertindak sebagai oasis bagi lebah. Tanaman hijau lainnya yang ditambahkan ke atas atap tersebut juga memiliki efek positif terhadap lingkungan disekitarnya seperti menimbulkan aroma-aroma “Surga” yang tidak dapat ditemui di halte manapun — Aroma-aroma wangi alami bunga-bungaan kecil yang akan meningkatkan semangat bekerja.




Tanaman yang ada pada Green Roofs juga akan membantu menyerap air hujan, menangkap debu atau polutan dari udara, dan mengatur suhu. Belum lagi, menambahkan tanaman di ruang kota memiliki banyak manfaat lain, termasuk: mengurangi polusi suara, mengurangi stres, meningkatkan keanekaragaman hayati, mempercantik kota, menyerap karbon, dan meningkatkan kualitas udara. Sungguh banyak sekali nilai positif dari penambahan green roofs padahal sebenarnya cukup sepele.




Pemasangan green roofs tersebut bukan tanpa sebab melainkan karena proses yang panjang dari para ilmuwan di Belanda yang mengetahui dengan jelas bahwa sebagai penyerbuk, lebah memainkan peran yang sangat penting di Bumi, yaitu dalam hal produksi makanan bagi manusia. Menurut USDA, penyerbukan lebah membantu menghasilkan satu dari setiap tiga gigitan makanan yang kita ambil di AS. Banyak makanan yang kita nikmati secara teratur tidak akan mungkin terjadi tanpa lebah. Menurut NRDC, 42% koloni lebah AS runtuh pada 2015, sehingga membahayakan persediaan pangan negara kita. Oleh sebab melihat adanya prediksi penurunan populasi lebah yang terjadi di Amerika Serikat sontak membuat ilmuwan di Belanda akhirnya sadar bahwa harus sesegera mungkin membuat suaka bagi lebah agar populasinya jangan sampai menurun.




Wah indah sekali ya penerapan Green Roof yang harmonis antara kepentingan alam dan manusia. Kalau begini bukan cuman lebah saja yang diuntungkan melainkan kita sebagai masyarakat yang menunggu di Halte akan senantiasa terpapar wangi-wangian bunga kecil yang akan menjadi sarana refreshing tiap kali kita keletihan setelah bekerja. Kalau bisa diterapkan di Jakarta wew bakal worth it banget nih melihat tingginya tingkat polusi dan kurangnya sarana refreshing. Gimana pendapat agan? Tulis aja di kolom komentar!


Sumber : Disinidan Disini
Sumber gambar : bing.com
mei2016
anasabila
4iinch
4iinch dan 23 lainnya memberi reputasi
24
10.1K
169
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.