ceritanyaw.idAvatar border
TS
ceritanyaw.id
Game indie? Emang bagus?

Sebelum ane sharing-sharing ane mau mendoakan agan dan sista sekalian agar sehat selalu dan semua doanya bisa cepat terwujud. Amin.. 

:terimakasih


Mendengar kata indie mungkin agan dan sista sekalian terbayang akan tren bocah-bocah jaman now yang ngopi di kala senja sambil dengerin lagu yang kadang bingung aja gitu ane, maksudnya apa hahahaha. Tapi yang ane mau bahas bukan itu, melainkan "Game indie", apa sih game indie itu? Game indie adalah game yang di develop oleh perorangan atau tim kecil tanpa adanya publisher game. 
Mungkin agan dan sista sekalian lebih sering mendengar musik indie yaitu karya musik tanpa dinaungi oleh lable musik ternama, yang dimana produksi dan pemasarannya di lakukan sendri.
Di industri game sendiri juga punya segmentasi indie-nya sendiri, dimana developernya menggarap gamenya dengan skala tim yang kecil atau bahkan seorang diri dan pencarian dana untuk gamenya berasal dari crowdfunding dari website-website seperti itch.io dan kickstarter.
Game-game indie kebanyakan memang game yang alakadarnya namun semakin kesini game-game indie banyak yang mendapatkan award bergengsi dan tidak jarang kualitas yang di berikan juga bisa melebihi game-game AAA.


 
Terus game indie bagusnya dari segi apa? Kok bisa bagus? Kan duitnya dikit? Well ane bilang kualitas gamenya melebihi game AAA di atas bukan berarti game indie punya grafis serealistis mungkin, plis, jangan menjadikan grafis realistis menjadi patokan untuk game itu bagus atau enggak. Karena pada dasarnya fantasy dari tiap-tiap orang tuh beda dan maka dari itu para player game juga punya selera visual yang berbeda. Mungkin ada yang suka dengan grafis realistis tapi gak sedikit juga yang enek liat grafis yang realistis. Kalau menurut ane selama game itu bergerak dengan smooth dan fluid itu udah cukup, mau gambarnya kayak lukisan van gogh atau salvador dali ya oke-oke aja karena bentuk visual itu selera dan stop mengagung-agungkan soal grafis yang realistis.
 
Kualitas bagus pada suatu game bisa di tarik dari berbagai hal, ada story, art, gameplay, sound design, game mekanis dan banyak lagi.  Dan game-game indie yang bagus itu kebanyakan  mengedepankan kreatifitas karena bajet mereka terbatas. Berbeda dengan game-game AAA yang berlimpah dana dan selalu menggunakan formula yang sudah ada dengan sedikit perubahan demi mendapatkan keuntungan yang berlimpah. Tingginya kreatifitas para developer game indie membuat karya mereka bisa menjadi obat bagi industri game yang terus tergerus wrnanya oleh para perusahaan besar yang memeras player dan juga developer untuk keuntungan mereka.

 Kita ambil contoh game indie yang ane suka banget sampe sekarang, yaitu GRIS. Punya gameplay yang sederhana tanpa adanya sistem pertarungan bahkan tanpa ada satu katapun yang terucap di dalam game itu. Namun memberikan prespektif yang berbeda karena player di ajak untuk merasakan bukan hanya sekedar melihat dan memainkan. Punya visual sederhana namun sangat komplex, well mungkin kedua hal itu sangat berlawanan tapi memang itu adanya. Sederhana karena visual yang di hadirkan hanya 2D tok simple gak ada FXAA, Shadow, map render, view distance, Ray Tracing dan settingan lainya yang umum ada di game-game jaman skrg. Komplex karena visual yang ada mengedepankan seni yang tinggi, dengan gaya lukisan cat air dan perpaduan warna yang sempurna. Gak ada cerita namun bercerita, satu hal lagi yang menurut ane game GRIS sebagai game indie terbaik menurut ane. Gak ada satu kalimatpun yang tercuat dari narasi ataupun dari karakter yang ada di dalam game ini, namun mereka menghadirkan musik yang bersatu padu dengan visual yang ada membuat game ini seakan berbisik langsung ke rasa para playernya tanpa mengeluarkan kata-kata. 


Kita ambil contoh berikutnya yaitu game indie dengan gameplay yang smooth dan fluid yaitu crosscode. Game indie bergenre Action RPG yang satu ini mengalami tahap early access yang sangat panjang dan terbayar tuntas saat full releasenya, karena game yang di ciptakan sangat fun dan memiliki battle yang sangat fluid. Memiliki story yang cukup bagus walaupun bukan yang terbaik namun tetap sangat menyenangkan untuk terus dimainkan karena side quest yang ada cukup banyak untuk sebuah game indie. Memiliki grafis bergaya pixelated graphic yang terlihat ketinggalan jaman namun saat memainkanya terasa sekali game ini berada di paling atas kalau bicara soal movement. Memiliki combo Action RPG moderen dan skill tree yang banyak membuat game ini sekali lagi sangat fun untuk terus dimainkan. 


Apa lagi nih hal yang bikin game indie itu sangat menarik? masa cuma gitu doang?  Okey ane akan ngelist kenapa game indie layak dan harus agan dan sista coba, dekidot..!!!

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Well dari semua sisi positif yang banyak itu ada juga developer indie yang kelakuanya kayak 💩 Dimana udah dapet donatur banyak dengan memberikan janji dan trailer game yang memukau tapi setelah itu hilang tanpa jejak dan tanpa kejelasan kabar gamenya kapan rilis atau sudah sampai mana tahap pembuatannya. Tapi developer kayak gitu jumlahnya sangat sedikit kok, dan hal seperti itu tidak untuk jadi alasan kita untuk tidak mendukung para kreator terlebih kreator lokal. 
emoticon-Jempol
Jangan lupa bahagia 😁😁😁
dafdiv11
net.not
tata604
tata604 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2.6K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Games
Games
icon
38.9KThread15.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.