LaditachudaAvatar border
TS
Laditachuda
Jajanan Seger Buat Dompet Akhir Bulan
Jajanan seger ala backpacker



Quote:


Kebetulan ane tinggal di Bandung yang kata orang surganya kuliner, tapi ane yakin di kota lain pun banyak kuliner yang menarik. Nah, karena tema kali ini jajanan seger, ane mau ngajak Agan ke tempat-tempat yang bisa bikin perut seger dan juga isi dompet tetep seger.

Agan tahu batagor? Batagor singkatan dari baso tahu goreng. Katanya, sih, camilan ini dipengaruhi makanan dari Cina, dim sum siumay.Batagor ini berupa tahu putih yang diisi campuran adonan tepung tapioka dan ikan tenggiri. Tahu isi adonan itu lalu digoreng, dan jelas beda dengan baso tahu yang hanya dikukus. Batagor biasanya memakai bumbu kacang yang ditambah perasan jeruk nipis di atasnya.


Batagor


Selain baso tahu goreng, ada juga siomay gorengnya. Siomay sendiri dibuat dari kulit pangsit yang diisi campuran adonan tepung tapioka dan ikan tenggiri. Siomay pun sama digoreng seperti batagor. Jadilah, batagor itu terdiri dari dua macam, tahu dan siomay goreng.

Nah, berdasar perkembangannya, batagor tidak hanya memakai bumbu kacang saja. Sekarang ada juga batagor yang disiram dengan kuah bakso. Rasanya juga pas banget buat segala cuaca, mau dingin ataupun panas.

{thread_title}


Ane suka banget jajan batagor kuah ini pas cuaca panas. Apalagi, kalau kuahnya ditambah saus dan sambal yang makin bikin seger. Biasanya ane mampir di Batagor Pungkur. Tempatnya memang di trotoar dan dagangan kaki lima, tapi rasanya dijamin bisa bersaing dengan batagor bermerek lainnya. Batagor kuah di tempat ini biasanya disiram kuah bakso lengkap dengan bawang goreng, seledri dan saus sambal. Kalau ingin lengkap, biasanya dihargai sepuluh ribu, dan isinya ditambah bakso juga tulang ayam.


Batagor kuah


Cukup murah, 'kan? Murah dan mengenyangkan. Batagornya sendiri dihargai 2000 rupiah satu buah.


Daftar harga


Batagor Pungkur ini ada di Jalan Pungkur dekat terminal Kebun Kelapa. Tempatnya memang di trotoar, tapi pelanggannya banyak. Letak gerobak batagornya sendiri sebelum Gang Muncang.



Sebenarnya, banyak batagor terkenal lain di Bandung. Seperti batagor Ihsan, Yunus, Riri, Kopo 155, dan yang lainnya. Tapi, ane lebih seneng jajanan kaki lima kayak Batagor Pungkur ini. Coba, deh, Gan, pasti enggak nyesel.

Habis makan batagor Ane pasti haus, dan ada tempat jajan minuman di pusat kota yang asyik menurut versi ane. Pernah denger es goyobod?Nah, ke situlah tempat jajan ane berikutnya.


Es goyobod sebelum diaduk


Es goyobod memang tidak terlalu terkenal seperti es campur, tapi isinya hampir sama dengan es itu. Es goyobod asalnya dari Garut, hanya saja minuman ini tidak asing untuk warga Bandung. Yang membedakan es ini dengan es campur adalah goyobod. Goyobod dibuat dari tepung hunkweyang dicampur santan kemudian dipanaskan hingga mengental. Adonan goyobod biasanya dicetak dalam loyang persegi empat. Setelah adonannya dingin dan padat, goyobod lalu dipotong-potong berbentuk kotak. Goyobod biasanya berwarna abu-abu pudar.


Es goyobod setelah diaduk


Isi es goyobod enggak kalah seru dengan es campur. Nah, es goyobod Mang Adar ini termasuk yang lengkap menurut ane. Ada kelapa muda, kolang-kaling, alpukat, pacar cina, tape, tape ketan manis item. Semua isi es itu lalu diguyur air santan plus susu kental manis.

{thread_title}


Selain es goyobod, Mang Adar ini menjual es cendol durian. Es goyobod dijual dua jenis porsi, besar dan kecil. Porsi kecil dihargai sepuluh ribu, kalau yang besar lima belas ribu rupiah. Karena menu yang dijualnya enggak terlalu banyak, Mang Adar hanya membuat daftar harga secara lisan saja. Hanya saja ada kartu nama yang biasa dibagikan untuk para pelanggan.



Kebetulan gerobak es Mang Adar letaknya di depan Toko Subur Jalan Kalipah Apo. Jadinya, Agan enggak perlu bingung nyarinya. Hampir semua orang tau Toko Subur itu dimana. Agan cuma perlu nyari mallYogya Kepatihan sebagai patokan awalnya, terus bisa tanya sama orang-orang letak tokonya.



Selain es goyobod Mang Adar, ada juga tempat es lain yang sudah punya nama dari zaman baheula.Ada es gokil alias goyobod Jalan Kliningan Buah Batu. Terus ada juga goyobod kuno 1949 di Jalan Pasar Utara Bandung. Cuma, Gan, ane memang biasa jajan di kaki lima, jadinya es goyobod Mang Adar inilah yang jadi favorit.

Gimana, penasaran enggak, Gan? Itu jajanan seger versi ane di musim kemarau ini. Jajanan seger yang pas buat kantung akhir bulan. Seger di dompet, seger di perut.


Sumber : dokumen pribadi
Diubah oleh Laditachuda 26-07-2019 08:28
sriwijayapuisis
febrianaryna
codegger
codegger dan 31 lainnya memberi reputasi
32
3.3K
124
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread12.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.