benben1404Avatar border
TS
benben1404
5 Kejadian Mati Lampu Terparah dalam Sejarah
Pemadaman listrik, atau yang biasa kita sebut dengan ‘mati lampu’ adalah kejadian nggak terduga yang pastinya bikin jengkel semua orang. Saat peristiwa yang nggak bisa dihindarin ini terjadi,kita cuma bisa pasrah, berharap pemadaman listrik yang terjadi nggak berlangsung terlalu lama, apalagi sampai malam hari. 

Biasanya, pemadaman listrik atau mati lampu terjadi secara regional, alias hanya berdampak pada sebagian wilayah kecil aja. Namun ternyata, sejarah mencatat, ada beberapa kejadian pemadaman listrik yang nggak biasa, yang dampaknya dirasakan bahkan sampai hampir seluruh wilayah negara!  Wah, gimana kejadiannya tuh?

Ini dia 5 kejadian pemadaman listrik atau mati lampu terparah yang pernah terjadi dalam sejarah. Yuk disimak.

5. Pemadaman Listrik di Jawa-Bali – 18 Agustus 2005



Kejadian “mati lampu” terparah ke 5 dalam sejarah terjadi di Indonesia, tepatnya di wilayah Jawa-Bali pada tahun 2005. Penyebab pemadaman ini  adalah kerusakan pada jaringan transmisi Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 KV di  Saguling, Cibinong, dan Cilegon.
Pemadaman ini merupakan yang terparah dalam sejarah Indonesia. Saat itu, PLN memperkirakan pemadaman listrik dialami oleh 120 juta pelanggan atau sekitar separuh penduduk Indonesia, dan kerugian diperkirakan mencapai Rp200 juta.

4.  Pemadaman Listrik  di Pakistan -25 Januari 2015



Pemadaman listrik terparah dalam sejarah Pakistan ini diakibatkan oleh serangan kelompok pemberontak yang meledakkan dua menara transmisi listrik di Baluchistan pada malam sebelumnya, yaitu pada tanggal 24 Januari 2015. Akibat ledakan tersebut, 80% wilayah Pakistan—termasuk kota-kota besar, serta  Ibu kota mereka, Islamabad—harus mengalami pemadaman listrik. Sebanyak 140 juta orang terkena dampak kejadian ini.
Serangan pemberontak ini bukan yang pertama kali terjadi. Sebelumnya, para pemberontak Baluchistan telah melakukan penyerangan ke berbagai infrastruktur negara seperti perlintasan kereta, serta  pipa-pipa gas.

3. Pemadaman Listrik di Bangladesh - 1 November 2014



Sebanyak 150 juta orang di Bangladesh mengalami pemadaman listrik massal pada 1 November 2014. Pemadaman ini terjadi selama 10 jam  secara merata di seluruh wilayah Bangladesh akibat matinya seluruh pembangkit listrik di negara tersebut. Pemadaman listrik atau mati lampu sudah sering terjadi di Bangladesh, umumnya diakibatkan oleh infrastruktur yang belum memadai dan perawatan jaringan listrik yang belum maksimal.
 
2. Pemadaman Listrik di India - 2 Januari 2001



Pemadaman listrik terparah kedua dalam sejarah terjadi pada tanggal 2 Januari 2001. Pemadaman listrik ini berlangsung selama 12 jam dan dirasakan oleh sekitar seperempat populasi India (230 juta orang). Nggak hanya listrik, aliran air pun juga terhenti pada kejadian ini.
Akibat kejadian ini, 80 kereta terpaksa berhenti beroperasi selama 15 jam dan para pelaku bisnis di hari itu mengalami kerugian total 107 juta dolar atau sekitar  1,5 triliun rupiah!
 
1. Pemadaman Listrik di India - 31 Juli 2012



Masih di India, nggak tanggung-tanggung, pemadaman listrik  ini menimpa 620 juta orang sekaligus! Sehari sebelumnya, pada tanggal 30 Juli 2012, udah terjadi pemadaman yang cukup besar, yang menimpa 27% wilayah di India.  Keadaan ini menjadi semakin parah sehari setelahnya, saat pemadaman meluas hingga menimpa 38% wilayah India. Secara keseluruhan, 22 dari 28 negara bagian di India terdampak oleh pemadaman listrik ini.
Besarnya tuntutan listrik yang terjadi akibat panasnya musim kemarau di India saat itu diduga menjadi penyebab utama pemadaman listrik. Banyak negara bagian yang menggunakan tenaga listrik lebih besar dari kapasitas maksimal untuk memenuhi tuntutan masyarakat.

 
Itu tadi kejadian-kejadian pemadaman listrik terparah dalam sejarah. Gimana menurut agan? Semoga pemadaman listrik kaya gini nggak sering-sering terjadi ya.

Spoiler for Source:


0
921
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.