Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
75
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d3dc9da6df23153ef63fcd1/apa-sebenarnya-arti-sastra
Banyak orang yang salah pemahaman tentang bagaiman kerja seorang sastrawan. Apa itu, yang kita sebut sebagai, sastra. Bahkan orang-orang yang mengaku diri mereka seorang sastrawan atau seniman pun tidak tahu apa itu sastra  yang semestinya. tidak heran jika  apa yang mereka hasilkan lebih banyak yang tidak sesuai dengan apa yang disebut sastra secara benar.
Lapor Hansip
28-07-2019 23:14

Apa Sebenarnya Arti Sastra?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Apa Sebenarnya Arti Sastra?
Banyak orang yang salah pemahaman tentang bagaiman kerja seorang sastrawan. Apa itu, yang kita sebut sebagai, sastra. Bahkan orang-orang yang mengaku diri mereka seorang sastrawan atau seniman pun tidak tahu apa itu sastra  yang semestinya. tidak heran jika  apa yang mereka hasilkan lebih banyak yang tidak sesuai dengan apa yang disebut sastra secara benar.

Quote:

sebelum melanjutkan, di sini saya tidak mmberikan standar tertentu atau penjelasan yang mutlak benarnya, tapi hanya pandangan saya yang lebih spesifik tentang pengertian sastra yang tidak banyak orang pahami dan ketahui




Yang saya tulis kali ini tentang pengalaman saya yang baru-baru ini sedang semangat untuk mencari teman untuk berdiskusi tentang sastra. apa yang dianamakan sastra? dan seluk-beluk tentang sastra.

Saya memiliki teman yang sudah berkecimpung di dunia tulis-menulis. Dia sudah memiliki beberapa buku yang secara resmi sudah terbit. Dan semua yang dia tulis adalah sastra. Yaitu kumpulan puisi dan cerita pendek. Namun ketika saya bertanya tentang apa itu sastra, dia menjawab dengan penuh mendayu-dayu. Saya coba menggali lebih dalam tentang pengetahuannya dalam dunia sastra dan tulis-menulis, tapi saya tidak puas karena dia memberikan jawaban yang kurang greget. Saya tidak puas akan jawabannya, tentang sastra.

Lalu saya menanyakan tentang motivasi dia menulis puisi (sastra). Dia menulis bukan karena dia mengetahui tentang apa itu sastra, tapi lebih karena dia mencari jalan yang mudah dalam dunia tulis menulis. seakan-akan dia menganggap bahwa sastra adalah sebuah tulisan yang remeh-temeh dan semua orang dapat melakukannya. semua orang dapat menjadi sastrawan. Tanpa harus mengetahui apa itu sastra secara benar.

Mungkin banyak orang berfikiran sama, bahwa sastra adalah janis tulisan yang semua orang dapat menulisnya tanpa berfikir. Tanpa pengetahuan khusus. Atau bahkan tanpa harus membaca sesuatupun. Dan pemahaman seperti itu adalah pemahaman yang salah.

Sastra adalah  seni dengan media bahasa yang ditulis atau dalam bentuk tulisan.


kalau kita menganggap bahwa sastra adalah sebuah karya seni, berarti kita harus mempersiapkan segala hal untuk menciptakan karya tersebut. seluk-beluk maupun apapun yang berhubungan dengan karya kita. Kita harusnya tahu tentang apa itu sastra dan seluk-beluknya untuk menampilkan sebuah karya yang memang kita sendiri hargai sebagai karya. 

karena kita membuat sebuah karya yang bermediuamkan bahasa, kita laiknya mengetahui tentang apapun tentang bahasa. Bagaimana cara menuliskannnya dan bagaimana cara menampilkannya untuk dibaca. 

Jangan jadikan sastra sebagai sesuatu yang remeh-temeh, sesuatu yang tidak memiliki arti lebih daripada sebuah tulisan yang hanya digunakan untuk menghabiskan waktu. Sastra lebih dari itu. Sastra  adalah karya seni, yang dibuat bukan hanya untuk menghabiskan waktu dengan sia-sia. 


Pembahasan ini akan saya perluas dalam tulisan saya yang lain. Tunggu tulisan saya jika penasaran dan ingin tahu lebih dalam tentang sastra. berikan komentar tentang pandangan kalian  terhadap tulisan saya.



AKqrim<><><
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ikhwan.abas dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 3
Apa Sebenarnya Arti Sastra?
05-08-2019 09:10
Sekadar sharing gan.

Membahas sastra secara definitif dari satu pengertian ke pengertian lain itu kurang memuaskan jika tidak dibarengi dengan membaca karya-karya sastra seperti puisi, novel, cerpen, drama, dll.

Asal-usul kata sastra dari bahasa Sansekerta itu sendiri bisa diartikan sebagai ajaran/pedoman. (Kitab suci juga bisa dikatakan sebagai sastra).

Sastra berkembang seiring perkembangan jaman. Istilah barat sastra disebut "Literature/Art". Yang notabene, sastra adalah seni dengan bahasa sebagai mediumnya.

Ada juga penyebutan yg termasuk karya sastra dan 'bukan' sastra. Klasifikasi sekarang membagi jenis-jenis sastra dengan sastra lama dengan baru (populer).

Para pengarang di masa lampau banyak melahirkan karya sastra hebat yg sampai saat ini masih dijadikan referensi belajar sastra. Seperti novel Sitti Nurbaya, Bumi Manusia, dll. Ataupun puisi, seperti "Aku" karya Chairil Anwar. Karya tersebut banyak mengangkat tema-tema perjuangan yg sarat makna dan mengandung nilai-nilai kehidupan yg membuat karya tersebut abadi.

Sementara saat ini, seiring jaman, banyak muncul karya-karya populer. Sebut saja "Dilan" karya Pidi Baiq yg mengangkat tema anak muda, walaupun latar waktunya di tahun 90an. Novelis Dee Lestari dengan sekuel Supernova-nya.

Lalu di mana perbedaannya karya-karya tersebut? Tentu jawabannya ada pada pembaca itu sendiri. Mungkin anak-anak sekarang kurang meminati sastra lama sebab jaman mereka hidup di jaman sekarang. Mereka butuh referensi bacaan yg terkait dengan karya sastra jaman dulu.

Jadi, tidak ada kesimpulan bagaimana sastra tersebut apakah memiliki definis mutlak atau tidak. Sastra dan ilmu-ilmu lain berkembang seiring jaman dan tugas kita adalah terus belajar dan tidak berhenti pada satu titik itu.

Salam emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
dafdiv11 dan eltwoama memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apa Sebenarnya Arti Sastra?
05-08-2019 09:18
Sastra adalah bahasa yang indah.

Btw, jangan lupa mampir ke thread terbaru ane ya:
Agustus Asik di Jogja! Pencinta Buku, Musik, dan Seni Wajib Masuk!
https://kask.us/iChLs
0 0
0
Apa Sebenarnya Arti Sastra?
05-08-2019 09:29
seni bermain kata² atau bahasa yg kadang maksudnya gk jelas.......emoticon-Leh Uga
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apa Sebenarnya Arti Sastra?
05-08-2019 09:46
Quote:Original Posted By adolfsbasthian
Ane sukak membaca...
emoticon-Ultah

Membaca apa aja... Terutama isi hati seorang gadis...
emoticon-Cool


Baca isi hatiku coba gan emoticon-Ngakak
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Apa Sebenarnya Arti Sastra?
05-08-2019 09:53
bener banget, sastra itu ya seni.

bagaimana membuat sebuah karya tulis mempunyai unsur keindahan, bagi mereka yg mengerti tentu saja
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apa Sebenarnya Arti Sastra?
05-08-2019 10:12
Inget sastra, inget pujangga baru pujangga lama, dan sering ketiduran di kelas
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Apa Sebenarnya Arti Sastra?
05-08-2019 10:35
wih mantap
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apa Sebenarnya Arti Sastra?
05-08-2019 12:02
Ane sendiri masih bingung, apa semua karya sastra harus terkesan indah saja atau berseni bahasa, atau justru karena hal lain. Padahal ane udah sampai baca karya sastrawan seperti Dostoyevsky, Ernest Hemmingway, John Steinbeck, Ahmad Tohari, sampai Y.B. Mangunwijaya dan Budi Darma ane masih bingung maksudnya sastra.🤔
emoticon-Bingung
Ditunggu thread sambungannya, gan emoticon-Traveller
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apa Sebenarnya Arti Sastra?
05-08-2019 12:17
sasindo UM '10emoticon-Cool
0 0
0
Apa Sebenarnya Arti Sastra?
05-08-2019 12:32
sastra itu seni tulisan, atau disebut juga kesusastraan. bahasa inggrisnya "literature" jadi segala bentuk tulisan yang mengandung seni dan keindahan adalah sastra. bahkan lirik lagu termasuk dalam sastra, itulah kenapa nama lain lirik lagu adalah syair. karena itu adalah puisi yang dinyanyikan atau dimasukkan nada. sastra itu adalah seni karena mengandung keindahan. itulah mengapa penulis juga disebut seniman. semoga menambah wawasan, salam literasi.
profile-picture
scoria07 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apa Sebenarnya Arti Sastra?
05-08-2019 13:07
entah kenapa satra indo & inggris ane gak tekuni. untuk sekarang2 ane lebih meminati satra arab.

sastra arab berkalimat fusha yang udah buat hati ane tergelincir jatuh kedalamnya. Wallahi, Ana uhibbuka Fillah emoticon-Malu

Nikmat mana lagi yang engkau dustaken genk
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apa Sebenarnya Arti Sastra?
05-08-2019 13:43
Bener banget gan masyarakat kita perlu didoktrin pengembangan kemampuan literasinya agar tidak terlalu menerima hoaks
Diubah oleh goal481
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apa Sebenarnya Arti Sastra?
05-08-2019 14:24
ngedenger kata sastra = membaca, ane sendiri minat baca skrg udah berkurang, lebih suka mendengar.
0 0
0
Apa Sebenarnya Arti Sastra?
05-08-2019 18:03
Quote:Original Posted By rykenpb
Baca isi hatiku coba gan emoticon-Ngakak


Gelap nih...
emoticon-Takut
0 0
0
Apa Sebenarnya Arti Sastra?
05-08-2019 21:59
Menulis sastra yang menghasilkan karya yang bagus emang butuh ide dan pemikiran yang luar biasa...
Namanya tujuan menulis kan biar pembaca "terhipnotis" dengan karya kita yang akhirnta bisa diapresiasi...
0 0
0
Apa Sebenarnya Arti Sastra?
05-08-2019 22:01


Quote:Original Posted By shylo96
sastra itu seni tulisan, atau disebut juga kesusastraan. bahasa inggrisnya "literature" jadi segala bentuk tulisan yang mengandung seni dan keindahan adalah sastra. bahkan lirik lagu termasuk dalam sastra, itulah kenapa nama lain lirik lagu adalah syair. karena itu adalah puisi yang dinyanyikan atau dimasukkan nada. sastra itu adalah seni karena mengandung keindahan. itulah mengapa penulis juga disebut seniman. semoga menambah wawasan, salam literasi.

Mantap gan ilmunya nih... Iya sastra emang banyak percabangannya, dan semua sastraa harus membuat penikmatnya jatuh cinta pda karya seni itu ya gan.. Contoh lagu pasti lirik yang bagus bikin pendengar semakin terhipnotis
0 0
0
Apa Sebenarnya Arti Sastra?
05-08-2019 22:03


Quote:Original Posted By santaikalus
Andai budaya gemar baca buku masyarakat indonesia bagus dan baik seperti di negara2 maju mungkin banyak yg gak remehin sastra bahasa,... Ayo budayakan gemar membaca buku 😂

Masalah ini emang jadi masalah serius di Indonesia, makin menunjukkan arti sesungguhnya buku adalah jendela dunia, kalau minat baca aja kurang ya wawasannya segitu gitu aja
0 0
0
Apa Sebenarnya Arti Sastra?
05-08-2019 22:31
gitu ye gan...
nice sharenya ye...jarang tau
profile-picture
DulKarimKu memberi reputasi
1 0
1
Apa Sebenarnya Arti Sastra?
05-08-2019 23:22
sastra tuh buat ane kadang terlalu berat dan gayampe... tapi kadang asik juga dibacanya
0 0
0
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia