ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Kenapa awan bisa berwarna hitam?


Coba lihat ke langit, dilangit yang berwarna biru layaknya kanvas itu memiliki bercak bercak putih di mana mana. Bercak bercak putih itu biasa kita sebut sebagai awan.

Awan merupakan kumpulan uap air yang saling berkumpul hingga berbentuk seperti kapas putih yang melayang di udara.



Pertama tama kenapa awan berwarna putih?

Awan terbentuk dari uap air yang mengkristal di udara sehingga membentuk kristal es yang dapat menyebarkan cahaya yang terdiri dari 7 panjang gelombang. 7 warna yang dapat disebarkan itulah yang kita sebut dengan warna pelangi. Gabungan dari ketujuh warna pelangi adalah putih, karna itulah awan biasanya terlihat berwarna putih.

Jika biasanya berwarna putih pasti ada keadaan tidak biasa dimana awan tidak berwarna putih. Keadaan itu biasa terjadi saat matahari sudah terbenam atau hendak turun hujan.

Coba perhatikan saat saat sebelum hujan turun, langit akan gelap meski masih siang dikarenakan awan hitam yang menutupi langit beserta sambaran petir yang diiringi suara guntur.

Sekarang, kenapa awan bisa berwarna hitam?

Kita semua tau kalau awan terbentuk dari kumpulan uap air yang akan semakin membesar dan membesar sampai akhirnya akan menjatuhkan isinya atau dengan kata lain hujan.

Semakin awan membesar maka semakin banyak pula kristal es yang ditampungnya, semakin banyak kristal es yang berkumpul maka awan akan semakin padat dan berat.

Jika jumlah dari kristal es sudah terlalu banyak dan terlalu padat maka cahaya yang melewati awan bukannya disebarkan justru tertahan oleh tebalnya kristal es di dalam awan sehingga intensitas cahaya yang melewati awan berkurang. Hal inilah yang menyebabkan bagian bawah awan terlihat gelap karna hanya sedikit cahaya yang dapat lewat.

Beda lagi dengan di bagian atas awan. Bagian atas awan akan terus memantulkan cahaya sehingga tidak akan terlihat gelap.



Karna itulah awan mendung bukan berarti benar benar hitam atau uap air di dalamnya yang kotor tetapi karna tak ada cahaya yang dipantulkan ke mata kita sehingga kita akan melihatnya sebagai gelap atau hitam.

***

Jadi kalo ada yang bertanya sebenarnya warna awan itu apa, jawabannya warna awan itu putih hanya saja uap air yang membentuk kristal es akan terus menumpuk sehingga menghalangi cahaya menyebar dari bagian bawah awan. Karna itu awan terlihat gelap.

Sekian dari saya mei bertemu di thread saya yang lainnya.
aipnugraha
kumaniaks
aslavinovic
aslavinovic dan 39 lainnya memberi reputasi
40
13.8K
139
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
icon
15.5KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.