Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
111
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d458cdbe83c720ed34bbfbf/katanya-sahabatan-begitu-punya-hutang-kok-menghilang-jangan
Berhutang akan menyebabkan kita hidup dalam kekhawatiran yang berujung pada penyakit jantung karena akan ditagih terus oleh sipemberi hutang apabila belum mampu membayarnya. Sedangkan pemberi hutangpun hidupnya hanya akan penuh amarah yang berujung pada penyakit darah tinggi apabila pinjaman yang diberikannya belum dikembalikan.
Lapor Hansip
03-08-2019 20:32

Katanya Sahabatan, Begitu Punya Hutang Kok Menghilang? Jangan!!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Katanya Sahabatan, Begitu Punya Hutang Kok Menghilang? Jangan!!

Berhutang akan menyebabkan kita hidup dalam kekhawatiran yang berujung pada penyakit jantung karena akan ditagih terus oleh sipemberi hutang apabila belum mampu membayarnya.

Sedangkan pemberi hutangpun hidupnya hanya akan penuh amarah yang berujung pada penyakit darah tinggi apabila pinjaman yang diberikannya belum dikembalikan.

Maka dari itu sebisa mungkin berhutang dan memberi hutang sebaiknya dihindari jika tidak dalam keadaan sangat terpaksa.

Satu hal yang biasa terjadi dalam kehidupan kita adalah hancurnya hubungan persahabatan gara - gara urusan hutang piutang.

Katanya Sahabatan, Begitu Punya Hutang Kok Menghilang? Jangan!!

Sipemberi hutang pada akhirnya seringkali merelakan uangnya karena sudah lelah menagih atau tidak enak menagih hutang ke teman sendiri. Bahkan terkadang ada pihak yang berhutang malah lebih galak daripada yang memberi hutang.

Sementara yang berhutang pada akhirnya bebas tidak membayar. Bahkan disaat punya uang seperti lupa pada hutangnya. Mungkin senang karena menganggap hutangnya sudah tidak perlu dibayar sekalipun tahu bahwa hubungan persahabatannya telah usai.

Katanya Sahabatan, Begitu Punya Hutang Kok Menghilang? Jangan!!

Hutang bisa menghancurkan hubungan apapun tapi hutang hanya memberi andil yang sedikit. Sikap dari yang berhutanglah sebenarnya yang memiliki andil paling besar. Berjanji terus berjanji palsu dan akhirnya menghilang bagai ditelan bumi.

Rugi besar kalau kita kehilangan teman, arti mereka lebih dari sekedar materi. Supaya tidak rusak hubungan persahabatan gara - gara hutang yang paling penting adalah,

Jangan menghilang, apapun alasannya tetaplah menjadi orang yang mudah dihubungi. Bersikaplah biasa seperti sebelumnya. Adalah wajar jika ditagih, karena bisa saja mereka sedang butuh.

Buat janji yang pasti kapan akan membayar. Bicarakan baik - baik dengan teman yang memberi pinjaman. Sebagai teman mereka pastinya sudah mengerti dan akan memberi tempo untuk melunasi hutang kepadanya.

Cicil jika tidak mampu membayar penuh. Ini ibaratnya daripada tidak sama sekali. Daripada nunggu ngumpul uangnya nanti takutnya malah terpakai untuk hal lain. Lebih baik hutang kepada teman kita bayar sedikit demi sedikit. Intinya adalah kita tetap berusaha menunjukan ithikad baik kepada teman.

Katanya Sahabatan, Begitu Punya Hutang Kok Menghilang? Jangan!!

Jauh dilubuk hati orang yang berhutang kepada temannya pastilah ada keinginan untuk membayar hutangnya, tapi karena berbagai alasan membuat hutang itu dinomor sekiankan.

Untuk itulah pentingnya kita pada saat punya hutang agar tidak menghilang, membuat janji yang pasti dan mencicil hutang kita jika belum mampu langsung melunasi agar tidak hancur persahabatan kita.

Kalau agan dan sista punya pendapat lain silahkan dishare.

Sekian, terimakasih.

Salam IWAK.


Pict by google.

Pengalaman teman - teman kaskuser yang lain.
Quote:Original Posted By ahsilahk
seringkali yang ngutang doi tapi lebih galak doi daripada kita yang diutangin. makanya ane selalu milih banget mana temen yang bisa diutangin dan ngutangin, karena kalo gak deket2 banget berabe urusan, sama yg deket bgt aja bisa aja dikibulin apalagi yg ngga deket


Quote:Original Posted By intanraden
punya nih temen yg sering ngutang lebih tepatnya sering minta bayarin makan dulu
tapi ujung" nya lupa dan males juga sih nagihnya
mending bilang ga ada sih daripada di utangin mulu wkwk


Quote:Original Posted By raliakbarrr
dulu punya temen, pernah minjem duit ke ane. sampe sekarang mah belom dibalikin. ane pernah tagih katanya iya iya aja. pas liat stori ig nya malah selalu nongki-nongki di cafe,beuhh geregetan banget ane


Quote:Original Posted By Wongdan0297
kalo gua mending abis gajian lunasin utang dulu.... ntar tinggal sisa berapa kan... kalo kurang utang lagi.. emoticon-Cool


Quote:Original Posted By ipoenx19
dulu ane paling gampang minjamin uang kalo ada temen yg datang untuk pinjam,ane gak pernah berfikir untuk nagih,kadang ada yg bayar ,tp banyak jg yg enggak bayar,sebagai temen ane ikhlasin aja.tp beberapa tahun lalu ane dpt musibah bini ane sakit dah harus dirwat di rumah sakit bahkan harus masuk icu karena koma,berhubung keuangan keluarga ane udah ane pasrahin ke bini maka rekening dibank atas nama bini dan gak dibikinin atm(pertimbangannya klo pk atm nanti tu uang diambilin mulu),agan2 tau sendiri biaya rumah sakit gak murah,dan dirumah sakit tmpt bini ane mondok tiap 3 hari harus nitip uang buat jaminan,karena uang cadangan ane gak bisa diambil karena bini ane koma maka ane coba hubungi teman ane yg masih utang dan pernah utang ama ane,ane mau minta mereka bayar utang skalian mo pinjam uang,tp dari sekian temen ane,hanya satu doang yg bersedia minjemi ane uang,lainnya pada alesan aja,sejak saat itu ane mikir2 buat pinjamin uang ke orang


Quote:Original Posted By santaikalus
Yups ane juga pernah merasakan yg sama gan, sakit bgt rasanya dah ketika lagi butuh2nya kepepet banget rasanya pada ngehindar semua ntah kemana 😂 ane pun berharap klo pun emang gak ada dana buat pinjamin paling gak bisa bantu beri solusi nolong gitu malah pada nghindar, cukup sekali aja dah seumur2 rasanya 😂


Quote:Original Posted By superdede101
emoticon-Ngakak
Padahal sempat dekat bgt loh. Ntah kenapa abis nikah doi jadi aneh. Sampek meninggal. Tp yahh gpplah... ikhlaskn saja..
Makanya sampek sekarang ane nahan diri dari ngutang atau ngutangin apalg keluarga. Mending ngasih atau tidak sma skli dari pada ribut belakangan.
Uang ini sensitif....


Quote:Original Posted By Big Bholo
Makanya paling malas thu, kalau teman pinjam uang, mending dikasih aza kalau niat mau bantu. Sbb sering gara2 hutang yg bikin rusak persahabatan. Tp kalau keseringan, itu mah sdh tuman jd kudu dijauhin thu teman.


Quote:Original Posted By Cieks
Kappooooookkkkk emoticon-Cape d... (S)
Cukup sudah emoticon-Takut (S)
Jangankan sahabat,,,,,,,,,,
ah sudahlah,,, jangan mau bertransaksi pinjem meminjam klo mau awet


Quote:Original Posted By tokoalshop
itu lah teman,,gak dipinjam ntar dia fitnah gw ke teman2 yg lain,,diutangin malah hilang ditelan bumi.

Kan anj*ng!


Quote:Original Posted By 123qwerty123
persis kehidupan ane emoticon-Big Grin
sohib udah 15 taun, ibarat kata iler udah sebantal gegara duit ngilang orangnya








bangsad, pdhl gw gak pernah nagih emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By dewars12yo
Lebih baik langsung putus hubungan saat itu juga bila ada orang yg mau pinjam uang.
Dari pada putus hubungan saat nagih hutang


Quote:Original Posted By aguspriambodo
Prinsip ane dalam hal ada teman atau saudara yg mau ngutang bahwa kita hrs siap ikhlasin kalo uang yg kita pinjamkan gak kembali.
Bbrp teman yg ngutang malah menghilang pdhl ane gak pernah nanya, maunya gmn coba?


Quote:Original Posted By Arleneoctav
Banyak ni, teman saat butuhnya doang. Ya memang harusnya difilter dari awal gan, soalnya karakter orang beda2 dalam bertanggung jawab.


Quote:Original Posted By havis10a6
ane juga pengalaman gan. kalo udh diutangin orangnya malah gk tau diri seperti ngegampangin, dlm tanda kutip temen ane tau kalo ane bnyk duit. sebenernya ane bisa aja ngiklasin utangnya asal attitude dia kooperatif. seperti artis kevin aprilio tuh gan. itu yg dibutuhin


Quote:Original Posted By valvalis
gua sih ga mau minjemin uang ke temen kecuali yang jumlahnya ga seberapa/receh emoticon-Leh Uga
ngeliat dari pengalaman bokap gua, ngasih utang ke temen adalah kesalahan besar. ga semua kaya gitu, tapi tetep resiko terlalu besar.


Quote:Original Posted By jokerI88I
Jangan pernah kasih pinjem duit ke orang deh siapapun itu sedeket apapun itu bahkan saudara kandung u sendiri , sama aja kecuali ortu ente kalau minta duit yah kasih aja dari pada kasih pinjem orang mending duit itu kasih ortu lebih bermanfaat .
ane uda kapok pinjemin duit buat orang mending putusin pertemanan deh dari pada minjem duit sama w emoticon-Ngakak (S)


Quote:Original Posted By keybrott
Gpp menghilang jg gan, seleksi alam, mana teman yg baik, mana teman yg cuma nyari profit.
emoticon-Ngakak


Toh buktinya teman ane yg baik, hutang pun ga ditagih tapi tetap dibayar, lg ga sanggup bayar pada temponya tapi ada omongan blm bisa bayar, pas ane lg sulit pun masih mau bantu semampunya, meskipun hanya sekedar rasa prihatin sekalipun, apalagi sampe ada yg bawa doa, emejing bgt temen seperti itu.



Sisanya?
Pas ane seneng berani-beraninya say hi dan tetap lupa sama hutang, pas ane lg sulit, set dah, hilang.
emoticon-Leh Uga


Quote:Original Posted By Kaskus3010
Alhamdulillah blm pernah dapet temen yg begitu. Krn ane tipe orang yg gamau nyusahin dan gamau di susahin jg wkwkwk tp klo dpt temen yg gitu trs ya utangnya msh kecil, yaudh ikhlas in aja tp buat minjem kedua kalinya gabakal ane kasih


Quote:Original Posted By keybrott
Iya gan, mau gimana lg?
Kenyataannya ya seperti itu meskipun ane perlakukan sama untuk semua teman ane, mereka sendiri yg menyisihkan diri dari pertemanan.
Padahal apa susahnya sih ngomong klo blm bisa bayar pas temponya tiba?
Ngomong mau minjem aja bisa, masa ngomong mau telat bayar ga bisa?
Ane bukan rentenir lho padahal, ga kena bunga, ga kena sanksi juga. emoticon-Frown


Amin gan, semoga agan dijauhi dari teman yg cuma ngambil profit doang.
emoticon-2 Jempol


Quote:Original Posted By silvanyfatwa
Bangkay dah. Gue ngalamin.
Minjem manis kaya kucing
Pas gue tagih kaya ninja hatori.

Ilang3 mulu

.tapi gue tetap ganteng dan tak terkalahkan emoticon-Cool


Quote:Original Posted By gamingear
Masalah klasik orang sering lupa kalau memperhatikan karakteristik peminjam itu penting minimal si peminjam bisa cicil ketimbang ngeles, insting ane orang kayak gini perlahan bakal jadi musuh
emoticon-Ngakakemoticon-cystg


Quote:Original Posted By shotgunBlues
Buat Pemberi Hutang : Klo minjamin uang sebaiknya sejumlah.......yang klo dibayar entah kapan, masih belum mengganggu kestabilan perekonomian RT

Dan klo sanggup seperti di atas berikanlah Pinjaman sama saudaramu karena Pahalanya besar sekali : Pahala melepaskan kesulitan org + pahala memberikan pinjaman

Buat si Tukang Hutang : Tidak akan masuk surga seseorang, hingga terlunasi semua hutang - hutangnya

emoticon-Cool


Quote:Original Posted By aapuu
Kalo diliat liat ngutang malah bikin penyakit, pertemanan bisa rusak gegara duid. Pas minjem ngeliat mukanta mungkin gak tega kasian kalo nga dibantu, tp kalo udh waktu balikin bnyak alasan padahal yg minjemin duidnya dulu lg butuh butuhnya. Settt dahh emoticon-Hammer2


Quote:Original Posted By parto.klepat
Katanya Sahabatan, Begitu Punya Hutang Kok Menghilang? Jangan!!


Quote:Original Posted By abk3304157
sensitif klo masalah uang, makanya klo py temen gtu, sekali di tagih gak bayar, terus dia ngehindar terus, mending gak perlu ditemeninlah.. cape cape hati..


Quote:Original Posted By primawidhie
klo emang tuch duit gak bener2 nganggur, jangan sampe dilepas ato dipinjemkan, siapapun ituemoticon-Traveller


Quote:Original Posted By She.Art.Z
paling males tu uda lah ngutang pas di tagih susah
tapi instastory nya mewah bergelimang harta emoticon-Cape d... (S)


Quote:Original Posted By Saltiez
gara2 bolak balik nagih utang ke temen malah diblok kontak ane..emoticon-Hammer


Quote:Original Posted By alssheza
Kebetulan ada temen ane yg begitu emoticon-Frown . Suka banget minjem uang dengan nominal gede, dan minjem ga ke satu orang doang... Janjinya tgl brapa balikinnya, eh realisasinya pun beda. Justru malah yg dipinjemin jd kayak yg seakan2 ngemis :') . Menurut ane jauh2lah dari kata ngutang atau minjem, sebisa mungkin jgn dibiasakan


Quote:Original Posted By sonisme
jangan pernah minjemin uang kecuali yang minjem mau tanda tangan di depan notaris


Quote:Original Posted By FS9HELL
kan bukanny hal yg lumrah? dulu aja ada yg bilang, tinggal mau kerja atau tidak? u(t)angny sudah ada tinggal mau tambah lagi atau tidak


Quote:Original Posted By sheedzzz
apalagi temen di kantor. yg suka modus "titip beli makan" pas jam istirahat. giliran udah masuk perut lupa bayar deh emoticon-Leh Uga


Quote:Original Posted By breakpants
teman ane ada yang sifatnya seperti setan, mungkin lebih dari setan,
minjam duit ane katanya sih untuk makan dan segala macam, eh ternyata cuma buat bayar kredit mobilnya, waktu di tagih janji trrus, ane maki maki dia, eh malah nomer ane di blokir,


Quote:Original Posted By norain
Dari bulan 4 kemarin sampai skrng total ada sekitar 6 orang yg pinjem duit ma ane (orang2 yg sebelum2nya ane uda anggap sedekah aja) dan total nominal nya bisa buat dapatin ninja 250cc dan masih sisa.

Janjinya rata2 byr 1 bulan setelah minjem, hari H pas ktm mrk ane sengaja singgung satu per satu tp jawabannya simple, sorry bro blm ada dana. Selalu jawaban nya selalu gt. Ane jg kadang suka nyeletuk blng cicil aja byr per bln, tp kaya di anggap angin lalu, ada juga yg malah lebih galak bisa marah2 pas ane tagih ampun dah. Walau ane ga masalahin duit segitu, tp dongkol jg lihat mereka petatang petenteng bisa tiba2 ada motor baru or gadget baru.

Ane orang nya ga tegaan dan tahu rasanya hidup susah, dulu buat makan aja ane harus jadi tukang benerin lubang jamban yg mampet, cm sama beberapa orang yg ane blng "temen" di manfaatin. KWwokOWk suram...


Quote:Original Posted By deoxysclyde
jangan jadi kebiasaan sekali tagih utang langsung di diemin aja orangnya tunggu sampai sadar gitu kalau dia punya hutang?
soalnya malah yg ngutang jadi keenakan kalo di diamkan, kalo kamus ane hutang ya hutang, temen ya temen bisa bedain lah
dan tambahan pengalaman ane, ada yg pinjam uang tapi lagak stylenya sok" hepbis di tagih utang besok" sampe 6 bulan, eh malah beli sepatu yizi ori, kan minta di bacok orang yg ngutang begitu
Diubah oleh I.W.a.K
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alifrian. dan 9 lainnya memberi reputasi
10
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 6
Katanya Sahabatan, Begitu Punya Hutang Kok Menghilang? Jangan!!
04-08-2019 23:26
Banyak ni, teman saat butuhnya doang. Ya memang harusnya difilter dari awal gan, soalnya karakter orang beda2 dalam bertanggung jawab.
profile-picture
I.W.a.K memberi reputasi
1 0
1
Katanya Sahabatan, Begitu Punya Hutang Kok Menghilang? Jangan!!
05-08-2019 00:00
Iya gan kampret emang semenjak saat itu ane ga pernah jadi orang "baik" lagi emoticon-Hammer (S)
profile-picture
I.W.a.K memberi reputasi
1 0
1
Katanya Sahabatan, Begitu Punya Hutang Kok Menghilang? Jangan!!
05-08-2019 00:02
ane juga pengalaman gan. kalo udh diutangin orangnya malah gk tau diri seperti ngegampangin, dlm tanda kutip temen ane tau kalo ane bnyk duit. sebenernya ane bisa aja ngiklasin utangnya asal attitude dia kooperatif. seperti artis kevin aprilio tuh gan. itu yg dibutuhin
profile-picture
I.W.a.K memberi reputasi
1 0
1
Katanya Sahabatan, Begitu Punya Hutang Kok Menghilang? Jangan!!
05-08-2019 00:07
ketika ada temen ngutang dan butuh pasti alasannya buanyak pol tapi ketika ditagih auto amnesia , padahal terkadang yang ngutangin juga lagi butuh emoticon-Mewek
profile-picture
I.W.a.K memberi reputasi
1 0
1
Katanya Sahabatan, Begitu Punya Hutang Kok Menghilang? Jangan!!
05-08-2019 00:13
gua sih ga mau minjemin uang ke temen kecuali yang jumlahnya ga seberapa/receh emoticon-Leh Uga
ngeliat dari pengalaman bokap gua, ngasih utang ke temen adalah kesalahan besar. ga semua kaya gitu, tapi tetep resiko terlalu besar.
profile-picture
I.W.a.K memberi reputasi
1 0
1
Katanya Sahabatan, Begitu Punya Hutang Kok Menghilang? Jangan!!
05-08-2019 00:40
Jangan pernah kasih pinjem duit ke orang deh siapapun itu sedeket apapun itu bahkan saudara kandung u sendiri , sama aja kecuali ortu ente kalau minta duit yah kasih aja dari pada kasih pinjem orang mending duit itu kasih ortu lebih bermanfaat .
ane uda kapok pinjemin duit buat orang mending putusin pertemanan deh dari pada minjem duit sama w emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
I.W.a.K memberi reputasi
1 0
1
Katanya Sahabatan, Begitu Punya Hutang Kok Menghilang? Jangan!!
05-08-2019 01:06
Gpp menghilang jg gan, seleksi alam, mana teman yg baik, mana teman yg cuma nyari profit.
emoticon-Ngakak


Toh buktinya teman ane yg baik, hutang pun ga ditagih tapi tetap dibayar, lg ga sanggup bayar pada temponya tapi ada omongan blm bisa bayar, pas ane lg sulit pun masih mau bantu semampunya, meskipun hanya sekedar rasa prihatin sekalipun, apalagi sampe ada yg bawa doa, emejing bgt temen seperti itu.



Sisanya?
Pas ane seneng berani-beraninya say hi dan tetap lupa sama hutang, pas ane lg sulit, set dah, hilang.
emoticon-Leh Uga
profile-picture
I.W.a.K memberi reputasi
1 0
1
Katanya Sahabatan, Begitu Punya Hutang Kok Menghilang? Jangan!!
05-08-2019 02:03
Alhamdulillah blm pernah dapet temen yg begitu. Krn ane tipe orang yg gamau nyusahin dan gamau di susahin jg wkwkwk tp klo dpt temen yg gitu trs ya utangnya msh kecil, yaudh ikhlas in aja tp buat minjem kedua kalinya gabakal ane kasih
profile-picture
I.W.a.K memberi reputasi
1 0
1
Katanya Sahabatan, Begitu Punya Hutang Kok Menghilang? Jangan!!
05-08-2019 02:05
Quote:Original Posted By keybrott
Gpp menghilang jg gan, seleksi alam, mana teman yg baik, mana teman yg cuma nyari profit.
emoticon-Ngakak


Toh buktinya teman ane yg baik, hutang pun ga ditagih tapi tetap dibayar, lg ga sanggup bayar pada temponya tapi ada omongan blm bisa bayar, pas ane lg sulit pun masih mau bantu semampunya, meskipun hanya sekedar rasa prihatin sekalipun, apalagi sampe ada yg bawa doa, emejing bgt temen seperti itu.



Sisanya?
Pas ane seneng berani-beraninya say hi dan tetap lupa sama hutang, pas ane lg sulit, set dah, hilang.
emoticon-Leh Uga


Yooooii gannn, seleksi alam buat nyari temen. Kadang temen gatau diri pas butuh baru ngomong, pas ga butuh ga ada kabar. Dari situ keliatan mana temen yg tulus temenan sm dtg klo ada butuhnya doang wkwkkwk semoga anr dijauhin orang2 kaya gitu deehh
profile-picture
keybrott memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Katanya Sahabatan, Begitu Punya Hutang Kok Menghilang? Jangan!!
05-08-2019 02:07
Quote:Original Posted By aguspriambodo
Prinsip ane dalam hal ada teman atau saudara yg mau ngutang bahwa kita hrs siap ikhlasin kalo uang yg kita pinjamkan gak kembali.
Bbrp teman yg ngutang malah menghilang pdhl ane gak pernah nanya, maunya gmn coba?


Iyaa bener gan, ane klo diutangin jg ya siap siap ajaa ikhlasin wkwkwk kadang juga nagihnya gaenak. Kecuali klo lg butuh bgt ane tagih. Klo engga dan utangnya msh normal ga gede bgt, yaudh ikhlasin ajaaa lah. Mungkin dia emg lg butuh
0 0
0
Katanya Sahabatan, Begitu Punya Hutang Kok Menghilang? Jangan!!
05-08-2019 02:10
Quote:Original Posted By fansuku
Iya gan kampret emang semenjak saat itu ane ga pernah jadi orang "baik" lagi emoticon-Hammer (S)


Yang ngeselin tuh klo nitip pakr duit lu dulu tp ga dibayar wkwkk kadang udahhh dia nitip beliin sesuatu... Kita yang jalann.. Pake duit kita dulu.. Eh duitnya ga di ganti hahaha.. Sabar sabarin ajaa sih klo dapet yg kaya gitu
0 0
0
Katanya Sahabatan, Begitu Punya Hutang Kok Menghilang? Jangan!!
Lapor Hansip
05-08-2019 02:15
Balasan post Kaskus3010
Quote:Original Posted By Kaskus3010


Yooooii gannn, seleksi alam buat nyari temen. Kadang temen gatau diri pas butuh baru ngomong, pas ga butuh ga ada kabar. Dari situ keliatan mana temen yg tulus temenan sm dtg klo ada butuhnya doang wkwkkwk semoga anr dijauhin orang2 kaya gitu deehh


Iya gan, mau gimana lg?
Kenyataannya ya seperti itu meskipun ane perlakukan sama untuk semua teman ane, mereka sendiri yg menyisihkan diri dari pertemanan.
Padahal apa susahnya sih ngomong klo blm bisa bayar pas temponya tiba?
Ngomong mau minjem aja bisa, masa ngomong mau telat bayar ga bisa?
Ane bukan rentenir lho padahal, ga kena bunga, ga kena sanksi juga. emoticon-Frown


Amin gan, semoga agan dijauhi dari teman yg cuma ngambil profit doang.
emoticon-2 Jempol
profile-picture
I.W.a.K memberi reputasi
1 0
1
Katanya Sahabatan, Begitu Punya Hutang Kok Menghilang? Jangan!!
05-08-2019 02:38
Kalau memang sudah berhutang pas ditagih menghindar...nah ini teman ga bener...
profile-picture
I.W.a.K memberi reputasi
1 0
1
Katanya Sahabatan, Begitu Punya Hutang Kok Menghilang? Jangan!!
05-08-2019 02:50
Bangkay dah. Gue ngalamin.
Minjem manis kaya kucing
Pas gue tagih kaya ninja hatori.

Ilang3 mulu

.tapi gue tetap ganteng dan tak terkalahkan emoticon-Cool
profile-picture
I.W.a.K memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Katanya Sahabatan, Begitu Punya Hutang Kok Menghilang? Jangan!!
05-08-2019 03:46
jangan kan sahabat, penyakit ini melanda banyak persaudaraan yang hilang 👦
profile-picture
I.W.a.K memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Katanya Sahabatan, Begitu Punya Hutang Kok Menghilang? Jangan!!
05-08-2019 06:05
hmm bayar lah
profile-picture
I.W.a.K memberi reputasi
1 0
1
Katanya Sahabatan, Begitu Punya Hutang Kok Menghilang? Jangan!!
05-08-2019 06:06
Quote:Original Posted By hancurlebur99
"""Artikel Yang Bagus Gan Mohon izin Comment nya ^_^ ,,,
Mari kita toton bersama Live Streaming Bola nya dan berita-berita terbaru seputar sepak bola
Katanya Sahabatan, Begitu Punya Hutang Kok Menghilang? Jangan!!
Prediksi Bola dan Togel
[url=http://[sensor spam]/]Mix Parlay[/url]
[url=http://[sensor spam]/]Bola Jalan[/url]
Bandar Bola
Prediksi Parlay

Bisa juga hubungi kami melalui LiveChat dan WhatsApp yang akan melayani Anda 24 jam nonstop.
♛ Group FB Prediksi Parlay = [url=https://www.facebook.com/[sensor spam]]Markas Prediksi[/url]
♛ Instagram = [url=https://www.instagram.com[sensor spam]]IG Bolapelangi[/url]
♛ Pinterest = [url=https://[sensor spam]]Pin Bolapelangi[/url]
✆ Line = [sensor spam]
✆ WA 1 = +62[sensor spam]
✆ WA 2 = +62[sensor spam]a"


Ada lagi
0 0
0
Katanya Sahabatan, Begitu Punya Hutang Kok Menghilang? Jangan!!
05-08-2019 06:29


Quote:Original Posted By I.W.a.K
True story tuh. Haha
Malah klo ditagih ga di bales gan 😆

Kagak di read malah iya
profile-picture
I.W.a.K memberi reputasi
1 0
1
Halaman 3 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
The Lounge
stop-coli
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia