red1302
TS
red1302
Investasi Bodong, Apa Itu dan Bagaimana Cara Mencegahnya

Bicara tentang investasi maka kita harus memikirkan secara matang sebelum kita melakukan investasi. Bukan hanya karena mencegah kerugian akibat salah dalam berinvestasi tapi juga untuk menghindari investasi bodong.

Investasi bodong merupakan sebuah penipuan berkedok investasi dimana korbannya menyerahkan uang mereka kepada pelaku investasi bodong ini dengan iming-iming bagus tetapi ujung-ujungnya tertipu dan uangnya dibawah kabur oleh pelaku.

Investasi bodong juga sangat marak di Indonesia karena kurangnya literasi keuangan masyarakat Indonesia sehingga orang-orang dapat dengan mudah mengiming-imingi orang lain dengan janji uang yang sangat besar sehingga banyak orang yang tertipu.

Ada beberapa ciri-ciri yang dimiliki oleh investasi bodong seperti beberapa ciri-ciri dibawah ini :

Tidak Memiliki Badan Hukum Jelas

Setiap investasi harus memiliki ijin dari badan hukum yang jelas seperti OJK. Seperti namanya, investasi bodong merupakan investasi yang tidak memiliki badan hukum yang jelas sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti dana yang di bawa kabur kita tidak bisa mendapatkan jaminan hukum.

Lebih Fokus Pada Perekrutan Anggota

Pernah baca kalimat ini? "Kalau kalian ajak 3 teman kalian maka kalian langsung dapat 500 ribu per orangnya". Kalau kalian pernah maka hampir dipastikan bahwa itu merupakan investasi bodong atau MLM yang berfokus pada perekrutan orang.

Investasi seperti ini tentunya patut dicurigai karena mereka berupaya mengajak orang sebanyak-banyaknya agar lebih banyak orang yang ditipu oleh mereka dan mereka mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Too Good To Be True

Namanya investasi tentunya memiliki resikonya sendiri. Semakin tinggi resiko sebuah investasi maka akan semakin tinggi juga keuntungan yang kita dapat. Maka dari itu jika ada orang yang mengatakan bisa memberikan keuntungan tinggi kepada kita tanpa resiko sama sekali maka tentu kita harus curiga.

Jangan sampai kita tergiur iming-iming uang yang banyak tetapi malah tertipu bukannya mendapatkan untuk seperti yang kita bayangkan.

Cara Mencegahnya

Setelah mengetahui beberapa ciri-ciri diatas maka sebaiknya kalian yang baru ingin memulai investasi wajib mengecek terlebih dahulu tempat investasi kalian di tempat-tempat terpercaya seperti OJK. Jika mereka terdaftar disana maka bisa dipastikan tempat tersebut aman.

Selain itu jangan pernah terbujuk rayuan iming-iming keuntungan tinggi tapi tidak memiliki resiko sama sekali karena itu merupakan skema investasi bodong.

Sekian thread ane kali ini, semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua dan bagi orang-orang yang baru ingin memulai investasi.
sevenfivesevenunuk.unuk.mulihdanQe
danQe dan 6 lainnya memberi reputasi
7
9.8K
67
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.