Sports
Batal
KATEGORI
link has been copied
174
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4190f482d495523c1ce542/didik-atlet-berprestasi-kok-kpai-tuding-djarum-eksploitasi-anak
Audisi Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2019 menjaring anak berbakat di usia 11 hingga 13 tahun
Lapor Hansip
31-07-2019 20:00

Didik Atlet Berprestasi, Kok KPAI Tuding Djarum Eksploitasi Anak?

Past Hot Thread
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
31 Juli 2019

Quote:Didik Atlet Berprestasi, Kok KPAI Tuding Djarum Eksploitasi Anak?


KPAI menstempel seleksi Djarum Beasiswa bulu tangkis 2019 sebagai bagian dari eksploitasi anak.


Quote:tirto.id - Seleksi Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2019 yang berlangsung di GOR KONI, Bandung, Jawa Barat, Ahad (28/7/2019), berbuntut panjang. Sehari setelah audisi, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan Lentera Anak menstempel kegiatan itu sebagai bagian dari eksploitasi anak.

Komisioner KPAI, Siti Hikmawati menyebut dua alasan mengapa acara itu disebut mengeksploitasi anak. Pertama, Siti menilai kegiatan itu bertentangan dengan PP Nomor 109 tahun 2012 yang menyatakan pelarangan penyebutan brand dalam iklan rokok. Menurut Siti, Djarum Foundation telah memanfaatkan anak-anak untuk melanggar peraturan tersebut.

Kedua, lanjut Siti, kegiatan ini berpotensi membikin anak mengesampaikan bahaya rokok.

"Anak, kan, bingung dalam konteks itu, katanya rokok berbahaya tapi dia baik, kok, ke saya. Memberikan jalan saya untuk berprestas [beasiswa]. Suatu saat, dia akan berpikir rokok baik buat saya, jadi merokok pun tidak masalah buat saya," jelas dia kepada reporter Tirto, Selasa (30/7/2019).

Ini bukan kali pertama KPAI menyebut kegiatan yang digelar Djarum sebagai upaya eksploitasi anak. Februari 2019, mereka juga mengimbau Djarum untuk menghilangkan brand rokok dalam seleksi beasiswa karena dinilai bertentangan dengan Pasal 47 ayat (1) dan Pasal 37 (a) PP 109/2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan (PDF).

Dalam olahraga sepakbola, KPAI juga pernah mengkritik program PSSI yang disponsori Djarum, yakni Garuda Select dengan alasan yang sama. Saat itu, KPAI bahkan menyebut Garuda Select tak hanya melanggar perundang-undangan, tapi juga bertentangan dengan aturan induk sepakbola dunia, FIFA.

Aturan yang dimaksud KPAI yakni pembebasan industri sepakbola dari sponsor rokok melalui The Tobacco-Free Policy for FIFA Events (PDF), yang mensyaratkan seluruh acara FIFA harus benar-benar bebas dari tembakau.

Bukan Merek Rokok

Djarum Foundation selaku penyelenggara Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2019 menampik dicap mengeksploitasi anak. Direktur Program Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin berkata, tidak ada kampanye produk berupa rokok kepada anak-anak dalam acara tersebut.

"Kami murni pembinaan olahraga. Kami tidak hanya bulu tangkis, ada SSB, ada panahan, ada voli, semuanya adalah murni pembinaan olahraga." kata Yoppy saat dihubungi reporter Tirto, Selasa (30/7/2019).

"Silakan ditanya sama orangtuanya, apakah ada pemaksaan, ada ajakan promosi rokok. Langsung saja ditanya. Mereka di lapangan itu ada banyak," lanjut dia.

Yoppy mencoba meluruskan persepsi publik tentang Djarum Foundation. Ia menegaskan Djarum Foundation bukanlah perusahan rokok. Kendati sama-sama bernama Djarum, Djarum Foundation bergerak di bidang pengembangan olahraga dan tak ada sangkut pautnya dengan industri tembakau.

Oleh karena itu, Yoppi berharap KPAI melihat seleksi beasiswa ini dengan sudut pandang yang lebih bijak.

"Djarum yang di situ adalah Djarum Badminton Club, Djarum Foundation, bukan produk rokok," ujarnya.

Seperti kata Yoppi, Djarum Foundation memang terpisah dari perusahaan rokok Djarum. Organisasi ini adalah lembaga non-profit yang didirikan kakak beradik perintis perusahaan rokok Djarum, Michael Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono. Organisasi ini bergerak di bidang sosial, pendidikan, dan olahraga.

Di bidang olahraga, atau lebih spesifiknya bulu tangkis, organisasi ini telah menjalankan aktivitas sejak medio 1950-an, meski secara formal, pondasinya terbangun sejak terbentuknya PB Djarum pada 1969.

Lewat berbagai bentuk kegiatan, PB Djarum menjadi ‘kawah candradimuka’ bagi para pebulutangkis kelas wahid dunia. Selain mencetak atlet lewat PB Djarum, Djarum Foundation juga membangun pusat pelatihan atlet, mengadakan turnamen Djarum Badminton All Stars, melaksanakan coaching clinic dan mabar (main bareng) secara rutin, serta mengadakan seleksi beasiswa bulu tangkis.

"Audisi itu adalah pencarian bibit atlet-atlet muda, setiap tahun. Kami sudah lebih dari 50 tahun, kan, selalu begitu,” kata Yoppi.

Gelaran di Bandung kemarin diikuti setidaknya 530 pendaftar dari level usia di bawah 11 tahun (U-11) dan di bawah 13 tahun (U-13). Selain di Bandung, seleksi Djarum Beasiswa Bulu Tangkis juga diselenggarakan di Purwokerto, Surabaya, Solo, dan Kudus.

Cetak Atlet Sejak Usia Dini

KPAI boleh punya dalil sendiri terhadap Beasiswa Djarum Bulu Tangkis. Namun faktanya, tanpa Djarum, barangkali kiprah atlet bulu tangkis Indonesia tak akan sejauh sekarang.

Bahkan sejak sebelum abad 21, Djarum telah melahirkan atlet-atlet yang bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Sebut saja Liem Swie King, Alan Budikusuma, Ardy B. Wiranaya, Hariyanto Arbi, Hastomo Arbi, Ivana Lie, Minarti Timur, dan masih banyak lagi.

Hingga kini, PB Djarum masih melahirkan atlet-atlet berprestasi. Kevin Sanjaya Sukamuljo, misalnya, atlet ganda putra yang berhasil menyabet medali emas Asian Games 2018, merupakan jebolan asli klub bulu tangkis ini.

Saat berhasil menjuarai All England dua musim beruntun bersama Marcus Gideon pada 2018, Kevin bahkan tidak segan mengucapkan terima kasih pada PB Djarum.

"Keberhasilan saya tak lepas dari dukungan banyak pihak. Mulai dari pelatih dan tempaan mental, serta ilmu yang saya dapat selama bergabung di PB Djarum sehingga bisa meraih hasil yang terbaik," ujar Kevin.

Kontribusi Djarum untuk karier Kevin memang tidak sembarangan. Sejak berusia 11 tahun dan lolos audisi beasiswa bulu tangkis, Kevin mengaku dapat banyak pelajaran. Untuk menemukan bakat sejatinya sebagai atlet ganda putra, dia bahkan pernah beberapa kali dicoba sebagai atlet tunggal putra.

PB Djarum juga selalu punya orientasi jelas dalam membina atletnya, yakni diarahkan menuju pelatnas untuk kemudian berkontribusi bagi bulu tangkis nasional. Tidak banyak organisasi yang bisa membangun jalur ini secara konsisten. Atas dasar itu, mantan pemain bulu tangkis yang pernah mengantarkan Indonesia meraih empat Piala Thomas, Hariyanto Arbi menyesalkan sikap KPAI.

"Tanpa PB Djarum apalah artinya saya? Apakah KPAI sudah pernah menghitung berapa banyak prestasi yang telah diukir atlet binaan PB Djarum?," tanya Haryanto.

"Apakah semua prestasi, hasil yang membanggakan, dan contoh hidup yang diperlihatkan atlet bulutangkis tidak menjadi pertimbangan KPAI?," sambungnya.

Saran KPAI

Ketika disinggung reporter Tirto soal fakta Djarum Foundation terpisah dari perusahaan rokok Djarum, KPAI tak berkelit. Komisioner KPAI Siti Hikmawati tetap menilai kegiatan yang diselenggarakan Djarum Foundation berbahaya bagi pemahaman anak terhadap rokok.

Siti mengklaim penilaian tersebut bukan asal-asalan. KPAI dibantu berbagai pihak dari beragam kampus telah menggelar penelitian terhadap anak-anak dan menyimpulkan stigma mereka terhadap Djarum Foundation tetap mengarah pada rokok.

"Ada empat dari lima anak yang ditanya mengatakan kalau Djarum itu pasti rokok, Djarum
Foundation itu rokok. Walaupun dia [Djarum] sebut ini, kan, beda, tapi survei yang kami lakukan pada anak menyimpulkan begitu," tutur Siti.

Dalam kasus Djarum Beasiswa Bulu Tangkis, KPAI menyarankan agar Djarum Foundation menghilangkan font dan logo mereka yang mengarah ke produk rokok.

"Saya bilang ke mereka: kalau memang betul-betul mau sponsorship, ibaratnya charity atau kegiatan sosial boleh enggak kalau enggak dimunculkan logo djarumnya?” jelasnya.

Bagi Siti, hal itu sangat mungkin dilakukan mengingat saat ini Djarum telah melakukan ekspansi ke berbagai lini usaha di luar rokok.

(tirto.id - zan/glr)

Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Gilang Ramadhan
Sumur


Komen TS
Dikira jualan rokok doang si Djarum

Padahal banyak atlet berprestasi dicetak Djarum ahelah KPAIemoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alitopan549 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 10
Didik Atlet Berprestasi, Kok KPAI Tuding Djarum Eksploitasi Anak?
02-08-2019 17:52
Japremny kurang nih
0 0
0
Didik Atlet Berprestasi, Kok KPAI Tuding Djarum Eksploitasi Anak?
02-08-2019 17:57
ini mah minta jatah, anak2 jadi atlet berprestasi kok malah dibilang exploitasi, menurut KPAI mungkin anak2 harusnya jadi begal ga usah jadi atlet, baik!!!
profile-picture
pretendalone memberi reputasi
0 1
-1
Didik Atlet Berprestasi, Kok KPAI Tuding Djarum Eksploitasi Anak?
02-08-2019 18:00
Alah, KPAI lebay.. emoticon-Najis emoticon-Najis emoticon-Marah
0 0
0
Didik Atlet Berprestasi, Kok KPAI Tuding Djarum Eksploitasi Anak?
02-08-2019 18:03
laper paling ini mah... byk urusan lain yg lebih urgent.... exploitasi anak jalanan, pengemis, dll bagaimana? menurunkan tingkat kekerasan pd anak dll...
0 0
0
Didik Atlet Berprestasi, Kok KPAI Tuding Djarum Eksploitasi Anak?
02-08-2019 18:08
Ini djarum sudah menggantikan kewajiban pemerintah untuk mendidik generasi muda yg berprestasi. Toh kalau sudah mendunia nama indonesia yg tenar. Kok malah di larang. Aneh KPAI, pengen kelihatan exist ato gmn
profile-picture
pretendalone memberi reputasi
0 1
-1
Didik Atlet Berprestasi, Kok KPAI Tuding Djarum Eksploitasi Anak?
02-08-2019 18:09
alahh kepret aja tuh KPAI


go go go djarum emoticon-Big Grin
0 0
0
Didik Atlet Berprestasi, Kok KPAI Tuding Djarum Eksploitasi Anak?
02-08-2019 18:14
lagi nyari duit nih KPAI, padahal mah karyawan nya juga ngisep djarum wkwkwk emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
0 0
0
Didik Atlet Berprestasi, Kok KPAI Tuding Djarum Eksploitasi Anak?
02-08-2019 18:18
Manusia munafik mempermasalahkan nama
0 0
0
Didik Atlet Berprestasi, Kok KPAI Tuding Djarum Eksploitasi Anak?
02-08-2019 18:18
Quote:
"Ada empat dari lima anak yang ditanya mengatakan kalau Djarum itu pasti rokok, Djarum
Foundation itu rokok. Walaupun dia [Djarum] sebut ini, kan, beda, tapi survei yang kami lakukan pada anak menyimpulkan begitu," tutur Siti.


Klo gw mau bikin survey di kaskus bahwa KPAI lembaga yang gak penting dan seharusnya dibubarkan, bisa terima gak Bu Siti?
0 0
0
Didik Atlet Berprestasi, Kok KPAI Tuding Djarum Eksploitasi Anak?
Lapor Hansip
02-08-2019 18:25
Balasan post filusufkentang
Quote:Original Posted By filusufkentang


Itu kan kata anda.. Nalar anda..

Jangan terlalu mudah mengatakan orang lain salah dan anda benar..

Apa yg di sampaikan KPAI itu sesuai kompetensi mereka sebagai komite perlindungan anak, tentu mereka pakai sudut pandang anak2..

Sementara di berita di atas, yang di pakai adalah sudut pandang harianto arbi dan kevin yang sudah dewasa..

Kita ga pernah tau apa yg terjadi di benak anak2 yang ikut latihan ini, apakah dia bener2 menikmati latihannya atau dia melakukannya dengan terpaksa karena mau menyenangkan kedua ortunya?

Kalo dia melakukan dengan suka rela tanpa paksaan siapa2, baru bisa kita katakan itu bukan eksploitasi.. Tapi di artikel beritanya kan sama sekali ga ada di sampaikan apa pendapat si anak yg ikut bea siswa.. Apakah dia melakukannya karena senang, atau karena perintah orang tuanya.. emoticon-Smilie


Kok masi nanya eksploitasi itu seperti apa? Ente punya anak ga?

Kalo anak ente itu ente pake untuk cari uang dengan paksaan dan tanpa kerelaan dia, ya itu namanya eksploitasi.. Paham ga? emoticon-Smilie


Kalau yang ane cetak miring yang jadi patokan, berarti banyak banget orang tua yang melakukan eksploitasi anak. Coba aja survey anak-anak sekarang yang ada di:
1) Les Gambar
2) Les Musik
3) Ikutan bimbel
4) Les bahasa Inggris
5) Les Nyanyi
6) Les Paduan suara.

Berapa banyak mereka yang sebenernya dipaksa sama orang tuanya, padahal mereka gak mau.emoticon-Wowcantik
emoticon-Wowcantik emoticon-Wowcantik emoticon-Wowcantik
profile-picture
FlaMezOne memberi reputasi
1 0
1
Didik Atlet Berprestasi, Kok KPAI Tuding Djarum Eksploitasi Anak?
02-08-2019 18:25
pt jarum ama djarum foundation itu sama kah??
0 0
0
Didik Atlet Berprestasi, Kok KPAI Tuding Djarum Eksploitasi Anak?
02-08-2019 18:31
kaga dapet jatah

0 0
0
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Didik Atlet Berprestasi, Kok KPAI Tuding Djarum Eksploitasi Anak?
02-08-2019 18:39
KPAI NORAK! dari situ udah banyak atlet yg bawa nama negara emoticon-Cool

tegur plis yg ada di shitnetron eaaaa emoticon-Traveller
0 0
0
Didik Atlet Berprestasi, Kok KPAI Tuding Djarum Eksploitasi Anak?
02-08-2019 18:50
KPAI tau ga sih djarum itu apaan? Kok cetek amat otaknya emoticon-Ngakak
0 0
0
Didik Atlet Berprestasi, Kok KPAI Tuding Djarum Eksploitasi Anak?
02-08-2019 18:56
kapeai minta uit dari jurum eh ga dikasih
akhirnya
tuding.

mirip kaya oknum minta jatah ke proyek pemerintah,eh ga dikasih
akhirnya
demo.
dikasih diem.

pola ini berulang2 dari ane mahasisi *eh
sampe dah jadi netijen tetep di pakai.
penasaran ama yg nemuin formulanya
0 0
0
Didik Atlet Berprestasi, Kok KPAI Tuding Djarum Eksploitasi Anak?
02-08-2019 19:09
"Ada empat dari lima anak yang ditanya mengatakan kalau Djarum itu pasti rokok, Djarum
Foundation itu rokok. Walaupun dia [Djarum] sebut ini, kan, beda, tapi survei yang kami lakukan pada anak menyimpulkan begitu," tutur Siti.

Kalian merasa tolol gak sih baca ini? Mereka survei cuma nanya ke bocah2 djarum itu apa, terus bocah2 tsb jawab itu rokok. Nah sekarang emang bocahnya tau di djarum itu ada apa aja? Emang cuma rokok doang?
Sorry gua agak tersinggung karna gua juga binaan sana.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Didik Atlet Berprestasi, Kok KPAI Tuding Djarum Eksploitasi Anak?
02-08-2019 19:27
berarti beasiswa dari sampoerna grup juga mengarahkan anak ke rokok dong emoticon-Hammer (S)

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0 0
0
Didik Atlet Berprestasi, Kok KPAI Tuding Djarum Eksploitasi Anak?
02-08-2019 19:31
Quote:Original Posted By amasaki
Lah ini berita kemana,bahasannya kemana..

Yg diberita ttg perusahaan satu group dgn nama sama yg mensponsori kegiatan olah raga...

Ini malah bahas orang tua yg eksploitasi anak...


Udah 3 aja yg quote gue dengan omongan kaya gini...

Ya gue juga tau isi beritanya itu... Tapi apa yg gue bahas kan masalah eksploitasi...

Lu kalo ga suka dengan postingan gue yg oot, ya ga ush quote..

Susah amat idup lu.. emoticon-Smilie
0 0
0
Didik Atlet Berprestasi, Kok KPAI Tuding Djarum Eksploitasi Anak?
02-08-2019 20:06
Kpai cari panggung doang
Segitu aja tulisan ane
emoticon-Cool
0 0
0
Halaman 6 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia