mynicknameisbagAvatar border
TS
mynicknameisbag
Karma is real...or not?
hello guys, ini pertama kalinya aku pake kaskus.

Ga terlalu ngerti juga sih sebenernya fungsi kaskus apa, tapi dari sudut pandang aku, ini tempat dimana kamu bisa curhat ke orang random...? dan komentatornya pun random? bener ga?

Langsung aja ke cerita yang mau aku sharing.

Beberapa tahun yang lalu, pas aku SMA aku sempet kena depresi karena sekolah yang lumayan keras (maklum, swasta), orang tua bertentangan terus mengenai keputusan aku mau lanjut kuliah dimana, menemukan fakta bahwa salah satu orang tuaku ternyata selingkuh, dan tekanan ujian karena sudah kelas 3 SMA. Berat banget, aku sampai tiap malem ga pernah bisa tidur aka insomnia, kepala pusing terus, sekolah bawaannya ngantuk terus karena kurang tidur, kerjaannya nangis tiap waktu, dan selalu muntah tiap kali makan. Berat badanku turun sampai 3kg!

Sedihnya lagi, disekolah aku pun cukup dijauhi karena dianggap aneh, kacau, kerjaannya nangis terus, begitulah. Bahkan, orang yang akui sebagai sahabat karena dia adalah teman pertamaku ketika masuk SMA, pun ikut menjauh. sebenarnya aku sering main di kelasnya, sampai suatu hari dia minta aku jangan datang ke kelasnya (kita pisah kelas) karena dia sibuk mau mengerjakan tugas dan tidak mau diganggu. saya nurut aja, karena mau menghargai teman. Seminggu kemudian aku tanya apakah boleh aku datang ke kelasmu? jawabannya tetap tidak karena masih sibuk. ya mulai bingung emang ada tugas apa, walaupun kita beda kelas tapi tugas pasti kurang lebih sama. Beberapa hari kemudian aku menangkap dia jalan2 di koridor kelas, aku curiga sepertinya dia memang jaga jarak. ketika aku tanya salah satu teman yang sekelas dengannya, katanya ga ada tugas sama sekali. Disitu saya merasa sakit hati ketika saya butuh tempat sandaran dari orang yang aku sayang, ternyata dia bukan orang yang mau memberikan bahunya. dia malah ikut menjauhi... Sampai akhirnya aku pingsan dikelas karena terlalu lelah dengan ini semua. Dokter mengatakan aku mengidap gejala epilepsi karena terlalu stress dan banyak pikiran. Akhirnya selesai SMA aku memberi jeda satu tahun untuk menenangkan diriku sendiri dari semuanya dan memutus hampir semua hubungan dengan orang yang aku kenal di SMA, kecuali beberapa yang tetap berdiri disampingku ketika aku jatuh. Dia satu-satunya teman yang tidak akan pernah kulupakan.

Setahun kemudian, aku memulai kehidupan baru ku sebagai mahasiswi dengan orang-orang yang tidak aku kenal. Semua berjalan baik, sampai tidak sengaja aku bertemu dengan orang yang aku kenal dari SMA. menjadi sebuah trauma, aku langsung lari pura-pura tidak kenal atau tidak ingat karena kenangan masa SMA ku terlalu menyedihkan. beberapa teman di kampus yang tahu tentang masa laluku ikut berdiri disebelahku dan menawarkan pundaknya untuk menangis. Pelan tapi pasti, akhirnya aku mulai bisa bangkit berdiri dan melawan semua pikiran yang ada. Akhirnya aku bisa kembali seperti semula dan menjadi lebih kuat.

Beberapa tahun kemudian, satu-satunya teman SMAku cerita, 'mantan' sahabat SMA ku mengalami nasib yang kurang enak. semester 5, dia tiba-tiba menghilang dari kampus. Sesudah ditelusuri, ternyata dia nikah, karena hamil diluar nikah. Menurut temanku, dia pernah kelihatan nangis sama pacarnya di mobil, diduga itu nangis karena hamil. Sedihnya lagi, temanku yakin pasti orang tuanya marah besar karena ibunya yang memiliki watak keras dan ayahnya yang rohaniawan. Temanku menduga mantan sahabatku juga cerai setelah menikah 2 tahun karena keluarga dari pihak cowo sebenarnya gamau terima dia. Dia juga sempat stress karena terus-terusan curhat dan minta maaf kepada anaknya di insta story. In the end, dia ga pernah mendapatkan gelar S1 dan masa depannya tidak ada yang tahu.

Temanku mengatakan, bahwa itu adalah karma.

Ketika ada orang yang membutuhkan bahu untuk menyandar, dia tidak pernah mau memberikannya.

Dan ketika ia membutuhkan bahu untuk menyandar, tidak ada yang menawarkan bahu.

Tiap orang memiliki watak yang berbeda. Ada yang cocok satu sama lain, ada yang enggak.

Aku cuma mau sharing, ketika seseorang benar-benar percaya sama kamu, tolong hargai. dimata dia, kamu itu berharga. jangan di sia-siakan. Hargai. Karena ketika kamu jatuh, dia yang akan paling pertama datang untuk menolongmu. orang kayak gini itu langka. kita manusai punya perasaan, jadi jangan memperalat seenaknya orang lain demi ketenaran, membuang orang yang kamu rasa tidak berguna supaya tidak mengotori nama baikmu, jangan.

Hargai sebuah persahabatan. tidak peduli itu sesama jenis atau lawan jenis.

Hargai.

Terima kasih.
pinggirankali
drumble
anasabila
anasabila dan 14 lainnya memberi reputasi
15
3.6K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Stories from the Heart
Stories from the Heart
icon
31.5KThread41.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.