whitehatsAvatar border
TS
whitehats
5 Tips Naik Motor Agar Aman, No 4 Cara Pintar dan Kekinian!

Pasti Kaskuser pada setuju deh yak kalau yang namanya berkendara motor itu keselamatan jadi hal paling utama, ya kan? Meskipun kadang karena terburu-buru atau suatu alasan lain kita pun secara nggak sadar sudah mengesampingkan faktor penting tersebut. Sebagai info tambahan aja nih gan, kalau selama musim lebaran kemarin aja masih banyak kecelakaan lalu lintas lhooo.. dari sumber yang ane baca di Kompas, bahwa jumlah kecelakaan lalu lintas selama libur Lebaran 2019 terhitung sejak 29 Mei 2019 hingga Jumat (7/6/2019) mencapai 471 kejadian. Jumlah tersebut mengalami penurunan sebesar 63 persen dibanding tahun 2018. Pasti kita semua nggak mau kan jadi salah satu yang ngalamin kecelakaan lalu lintas? Makanya nih gan kalau sedang bawa kendaraan harus perhatiin faktor keselamatan jadi hal yang super duper penting!
emoticon-Ngacir2
Lewat thread ini kembali ane mau ngingetin buat seluruh agan sista di segala penjuru nusantara yang memang tiap hari selalu menggunakan kendaraan bermotor sebagai mode transportasi pilihan. Misalnya agan sista yang berangkat sekolah atau pergi ke kampus bawa motor, atau mungkin juga agan yang tiap hari memanfaatkan ojek online buat sampe ke tujuan.. Sebelum mengaspal untuk tempuh aktivitas harian yang pada, jaman udah canggih maka agan pun juga harus jaga keamanan dengan pintar emoticon-2 Jempol

Pastikan Surat Kendaraan Lengkap

Jangan bilang kalau agan sista tiap hari mondar-mandir pake motor tapi ternyata belum punya Surat Ijin Mengemudi (SIM)? emoticon-Cape d.... Hmmm... Sebelum meluncur di jalanan wajib agan perhatikan untuk tetap membawa surat-surat kendaraan bermotor, diantaranya STNK, SIM, dan jangan lupa bawa kartu identitas buat jaga-aga aja. Nanti kalau nggak bawa surat-surat malah ujung-ujungnya agan bisa di-tilang kalau ketemu dengan razia emoticon-Wow. Waduhhh... ane baru kelas 1 SMA gan, umur nya belum sampe kalau buat bikin SIM?!Kalau memang belum punya SIM, mendingan agan naik angkutan umum atau boleh juga manfaatkan ojek online yang sekarang udah ada hadir berbagai kota.

Jangan Lupa Kenakan Kelengkapan Berkendara (Helm)

Jangan sampe diabaikan nih, karena faktanya banyak manfaat pake helm ketika naik motor lhoo... mulai dari melindungi kepala apabila terjadi kecelakaan, menghindari mata terkena kotoran atau terkena angin ketika malaju, bahkan sampai melindungi kepala saat terjadi hujan emoticon-Big Grin. Jadi, ketika naik motor agar selalu melengkapi dengan helm, kalau perlu pakai jaket ataupun baju yang agak tebal biar nggak masuk angin emoticon-Selamat. Kalau saran ane sih,, boleh juga tuh pake sarung tangan biar tangan nggak kapal-an karena keseringan narik gas emoticon-Malu (S).

Patuhi rambu-rambu lalu lintas yah, Gan...

Sekali lagi gan, berkendara sepeda motor wajib mengedepankan yang namanya ‘keselamatan’, dimana nggak cuman pake helm namun penting banget untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Tentu ini nggak cuman buat keselamatan kita saat di jalan raya saja, tapi juga demi ketertiban lalu lintas dan menghindari sikap saling mengutamakan diri sendiri saat berada di jalanan. emoticon-2 Jempol

Jadilah Pengendara yang Pintar, dan Jangan Teledor!

Salah satu faktor yang bikin kecelakaan nih gan, adanya keteledoran ‘Si Pengendara’ itu sendiri, beberapa contohnya adalah misalkan agan yang suka menerobos palang pintu (di jalur kereta), tetap melaju meskipun lampu menunjukan merah, kebut-kebutan, bahkan sampai dengan belok se-enak sendiri tanpa memberikan lampu sein. Salah satu yang nge-hits lagi nih gan, sering ada pemotor yang naik motornya sambil mainin hp emoticon-Cape d.... Sakti bener yak nih cewek di atas, tangan satu pegang hp dan tangan satunya lagi masih bisa narik gas emoticon-Ngakak!


Padahal jaman udah canggih yah gan.. dimana fitur smartphone sudah dilengkapi dengan fitur Smart Driving, seperti yang ada di OPPO A1K. Udah ada yang tau belum nih gan? Fitur ini jadi salah satu yang ada pada smartphone yang dijual 1.8 juta. Dengan begitu maka menjadikan agan tetap aman meskipun saat sedang bawa motor ataupun lagi naik ojek online.


Dengan aktifin fitur Smart Driving  maka apabila ada pesan yang masuk bisa dibalas secara otomatis lewat reply content yang bisa agan setting sendiri. Selain itu, fitur ini juga dilengkapi dengan mode “Ring for Repeated Calls” agar agan tetap dapetin informasi jika pesan tersebut masuk secara berulang-ulang.

Selalu Pastikan Ponsel Aktif Agar Tetap Bisa Dihubungi

Saat berkendara, sebisa mungkin jangan berkomunikasi; teleponan, apalagi chatting, bisa bahaya. Tapi sebisa mungkin ya tetep selalu aktif dong supaya bisa dihubungi. Lhooo.. apa hubungannya naik motor dengan smartphone bisa dihubungi???.. Hmmm.. jelas ini sangat berkaitan gan, karena kalau terjadi hal yang nggak ngenakin maka kondisi handphone kudu stand by  agar bisa dihubungi. Bagi anak muda kayak kita sih gan, aktivitas yang padat saat di sekolah/kampus, belum lagi buat nge-game, dan kadang masih mainin hp buat cek medsos meskipun lagi ngobrol sama temen emoticon-Cape d.... Aktif banget mainin hp tentu bikin baterai cepet habis, ehhh giliran pas naik motor dan ketemu kejadian bensin habis atau motor mogok maka bikin berabe karena nggak bisa menghubungi orang lain. emoticon-Mewek


Inilah salah satu alasan kenapa OPPO A1K  ngedukung kita gan, karena ponsel ini dilengkapi dengan baterai sebesar 4.000 mAh yang tahan lama sehingga bisa nemenin agan seharian (17 jam pemakaian normal). Sehingga daya tahan baterai yang lama bikin aman kalau orang tua menghubungi, dan kita pun bisa berkabar kepada teman atau keluarga apabila terjadi sesuatu hal yang tak diinginkan.. emoticon-Cool.
emoticon-2 Jempol
Sebenarnya masih ada banyak hal yang bisa ditempuh untuk berkendara motor dengan aman dan pintar, mulai dari menghormati pengendara yang lain sampai dengan selalu biasakan cek BBM biar nggak kehabisan bahan bakar yang berujung ngedorong motor, capek Gan! emoticon-Mewek...
Bagi agan sista yang tiap hari berangkat ke kampus/sekolah naik motor atau ojek online, yuk share pengalaman atau tips versi kalian demi menjaga keamanan saat berkendara..

Komeng Dibawah Yah Gan...

emoticon-Shakehand2
:nulisah
:monggo

Diubah oleh whitehats 28-06-2019 08:40
calais103
anasabila
4iinch
4iinch dan 17 lainnya memberi reputasi
10
14.8K
153
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.